Ada Kuota Tapi Tidak Bisa Internet Telkomsel? Ini Cara Mengatasinya

Ada Kuota Tapi Tidak Bisa Internet Telkomsel? Ini Cara Mengatasinya –

Ada Kuota Tapi Tidak Bisa Internet Telkomsel

Ada kuota tapi tidak bisa internet Telkomsel? Sebenarnya apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Tenang saja, karena yang mengalami hal ini tidak hanya satu atau dua orang saja, bahkan semua pengguna pasti pernah mengalami hal ini.

Seperti yang kita tau bahwa Telkomsel merupakan salah satu provider tanah air yang sudah memiliki pengguna diseluruh Indonesia. Dan bahkan menjadi operator seluler nomor satu dengan data pelanggan yang banyak.

Maka dari itulah perusahaan BUMN ini terus berupaya untuk meningkatkan kualitas jaringan agar dapat memberikan kepuasan bagi pelanggannya. Namun bukan berarti tidak ada masalah sama sekali pada kartu ini, tentu ada beberapa masalah yang sering dialami oleh pengguna seperti tidak bisa konek ke internet misalnya.

👉 Trending  Cara Mendapatkan IMPoin Indosat, Berbagai Penawaran Menarik

Kartu yang tidak bisa konek ke jaringan internet biasanya ditandai dengan menghilangnya sinyal 4G Telkomsel, Data seluler tidak muncul. Atau kalau tidak begitu, kartu tetap memunculkan sinyal 4G hanya saja saat digunakan untuk browsing atau membuka situs-situs tertentu, cuma muncul gambar Dinosaurus, begitu juga bila digunakan ke situs-situs internet yang lain.

Sebenarnya apa penyebab dari permasalahan ini?

Kemungkinan ada 6 penyebab yang membuat kartu Telkomsel tidak bisa terhubung ke internet:

  • Anda belum membayar tagihan paket internet yang ditagih dalam bentuk pulsa (tidak memiliki cukup pulsa)
  • Anda tidak mempunyai paket kuota Flash
  • Konfigurasi APN Anda kurang tepat
  • Lokasi Anda tak mendukung layanan internet Telkomsel super cepat
  • Mungkin situs yang Anda gunakan untuk berselancar di internet yang bermasalah. Coba cek dengan membuka situs-situs yang lain
  • HP Anda bermasalah
👉 Trending  Kenapa Tidak Bisa Cek Pulsa Telkomsel? Begini Solusinya

Jika yang bermasalah adalah kartunya, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya. Tapi bila ponsel Anda yang bermasalah, maka Anda harus membawanya ke tukang service.

Cara Mengatasi Ada Kuota Tapi Tidak Bisa Internet Telkomsel

Mengisi Pulsa atau Membayar Tagihan Kartu Telkomsel

Telkomsel memiliki 2 macam kartu, yaitu prabayar dan pascabayar. Perbedaan keduanya terletak pada cara pembayarannya. Jika prabayar, pembayarannya dilakukan sebelum menggunakan layanan. Sementara pascabayar, pembayarannya dilakukan setelah menggunakan layanan.

Jika Anda adalah pengguna prabayar, wajib mengecek tagihan Anda ini. Cara mengeceknya dengan membuka aplikasi My Telkomsel atau kode *888#. Pastikan kode yang Anda masukkan sudah benar atau nanti akan muncul notifikasi kode mmi tidak valid.

👉 Trending  3 Cara Menggunakan Pulsa Onnet Indosat Ooredoo 2021

Dengan begitu Anda bisa tahu besar tagihan yang harus Anda bayar dengan mengisi kartu dengan pulsa.

Atur APN Anda dengan Benar

Penyebab lain dari permasalahan ada kuota tapi tidak bisa internet Telkomsel juga bisa dipengaruhi oleh APN (Acces Point Name). Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa mengkonfigurasikan APN Telkomsel dengan cara berikut:

  • Buka menu pengaturan, lalu cari opsi ‘Network and Internet’
  • Pilih ‘Mobile Network’, kemudian klik APN (Acces Point Name)
  • Kemudian masukkan setting APN yang menurut Anda tepat

Kami memiliki beberapa setting APN Telkomsel yang cocok untuk perangkat Android maupun IOS yang mendukung jaringan 4G.

Name: Telkomsel 4G
APN: internet
Proxy: Not Set
Port: Not Set
Username: Not Set
Password: Not Set
Server: Not Set
MMSC: Not Set
MMS Proxy: Not Set
MMS Port:Not Set
MCC: 510
MBC: 10
Authentication Type: Not Set
APN Type: default
APN Protocol: Ipv4
APN Roaming Prptocol: Ipv4
Enable/Disable APN: APN Enabled
Bearer: Unspecified
MVNO Type: None
MVNO Value: Not Set

👉 Trending  7 Cara Cek Nomor Indosat dan IM3 Paling Praktis

Cek Apakah Anda Masih Memiliki Kuota Flash Telkomsel

Ini adalah cara paling sederhana mengatasi kenapa Telkomsel tak mau menghubungkan Anda ke internet. Mereka membagi kuotanya ke dalam beberapa bagian. Ada kuota Flash (kuota untuk semua layanan internet), kuota hanya untuk Facebook, kuota Chatting dan kuota sosial media.

Coba cek dulu, apakah kuota yang tersisa masih ada kuota Flash atau tidak. Pasalnya bila kuota Flash sudah habis, Anda tak akan bisa melakukan browsing atau berseluncur di situs-situs internet lainnya mengingat kuota utama sudah habis.

Cara mengecek kuota Flash bisa dilakukan lewat aplikasi My Telkomsel atau kode *888#

Hubungi Customer Service Telkomsel

Bila cara di atas masih tidak bisa memperbaiki permasalahan ada kuota tapi tidak bisa internet Telkomsel, maka segera hubungi kontak customer service kartu Telkomsel.

👉 Trending  Cara Menggunakan Paket Kuota CloudX Telkomsel Terbaru

Telkomsel sendiri memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk menghubungi mereka kapan saja. Anda bisa menghubungi melalui sosial media Faceboo, Twitter dan Instagram.

Baca juga: Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Untuk pertanyaan seputar produk telkomsel Anda bisa menggunakan Virtual Asssistant miliki telkomsel yang ada di Line, Facebook Messenger, Telegram dan langsung dari situs telkomsel sendiri.

Jika sifatnya sangat mendesak, Anda juga bisa menghubungi via telepon di 188 (300 perpanggilan setiap terhubung ke CS), 08071811811 (berlaku biaya telepon lokal), +628110000333 (gratis) atau juga bisa langsung datang ke GraPARI Telkomsel terdekat yang ada di kotamu.

Dengan cara menghubungi customer service telkomsel kalian bisa menanyakan hal apa saja yang terkait dengan kartu Anda seperti tidak bisa mengakses internet, kartu sim tidak ada layanan, paket ada tapi tidak bisa konek dan berbagai hal lainnya.

👉 Trending  5 Penyebab Kenapa Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Digunakan