Cara Reset HP Xiaomi (Instal Ulang) untuk Semua Tipe

Cara Reset HP Xiaomi (Instal Ulang) untuk Semua Tipe –

Cara Reset HP Xiaomi

Lupa sandi atau pola pada smartphone MIUI? Tidak perlu panik, begini cara reset hp Xiaomi atau biasa juga disebut dengan cara restart hp Xiaomi yang akan kami bahas secara tuntas dan lengkap di artikel ini.

Xiaomi adalah salah satu brand smartphone yang cukup populer di Indonesia. Produsen ponsel ini menarget kalangan menengah kebawah untuk dapat menikmati ponsel pintar dengan spesifikasi mumpuni yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Dengan mengusung sistem operasi Android dengan antarmuka MIUI, Xiaomi telah sukses menarik banyak perhatian para pecinta gadget tanah air. Dan bahkan sampai sekarang ada banyak penggemar brand tersebut yang diberi nama Mi Fans dan tergabung dalam forum online.

👉 Trending  Mangakuri Apk, Download versi Terbaru Baca Manga Online

Dengan adanya forum online atau komunitas ini tentu kita bisa mencari apa saja baik tips dan trik seputar handphone yang kita gunakan mulai dari cara root, tips hemat baterai sampai dengan cara factory reset xiaomi.

Di artikel ini Anda bisa lakukan dengan semua tipe perangkat yang digunakan, akan kami bahas mengenai cara reset hp xiaomi 5a, 4a, 4x, redmi 3, 6a, redmi 5, redmi 4a, redmi note 8, redmi 4x dan tipe lainnya dengan berbagai masalah seperti lupa pin atau password.

Mengingat sekarang rata-rata ponsel Xiaomi keluaran terbaru sudah disisipi dengan fitur Google FRP dimana perangkat membutuhkan verifikasi akun Google yang sebelumnya digunakan.

👉 Trending  Cara Menggunakan Photomath, Jawab Soal Matematika Lewat Foto

Maka dari itu sebelum melakukan reset sebaiknya kamu sudah tau dengan detail akun Google yang digunakan mulai dari email, password dan nomor hp untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Fungsi dari FRP sendiri sebenarnya untuk mengamankan perangkat dari tangan maling sehingga tidak dapat digunakan oleh orang selain yang memilikinya. Namun tetap saja, yang namanya sistem pasti selalu ada celahnya.

Dan buat kalian yang ingin mereset hp Xiaomi bisa menggunakan dua cara yaitu melalui pengaturan hp dan melalui recovery mode dengan menekan kombinasi beberapa tombol.

Cara Reset HP Xiaomi Melalui Setelan

Cara mereset hp Xiaomi yang pertama dan paling mudah dilakukan adalah melalui menu Setelan. Untuk selengkapnya silahkan simak langkah-langkah dibawah ini:

👉 Trending  Aplikasi Tuman APK : Cara Membuat Gambar Meme TUMAN Lucu

1. Buka menu Setelan

cara mereset hp xiaomi

2. Gulir kebawah dan pilih Setelan tambahan

cara instal ulang hp xiaomi

3. Selanjutnya pilih Buat cadangan & setel ulang

cara factory reset xiaomi

4. Pilih Kembalikan ke setelan pabrik

cara reset hp xiaomi lupa sandi

5. Lanjut dengan pilih Setel ulang telepon

cara reset xiaomi lupa sandi

6. Tunggu sampai proses reset berjalan

Waktu lama proses reset tergantung dengan jumlah file yang akan dihapus pada memori internal telepon.

NB: Jika terdapat file yang penting silahkan backup terlebih dahulu melalu menu Cadangan lokal. Gunakan SD Card sebagai media untuk menyimpan file backup. Saat akan melakukan proses reset, silahkan lepaskan SD Card yang telah berisi file backup tadi.

Dalam proses ini yang akan dihapus adalah semua berkas mulai dari data, termasuk data akun, kontak, foto dan aplikasi. Juga file media yang tersimpan seperti musik, foto, video dan data pengguna lainnya.

👉 Trending  5 Cara Mempercepat Jaringan 3G Hp Biar Ngebut Secepat 4G!

Pokoknya semua yang ada di memori telepon (Penyimpanan Internal) semua akan dihapus termasuk akun Google yang sudah kita gunakan di hp tersebut, maka dari itu sangat penting untuk mengingat email dan password sebelum akhirnya kita diminta untuk memverifikasi akun saat selesai melalukan factory reset.

Cara Reset HP Xiaomi Melalui Recovery Mode

Menggunakan fitur recovery mode atau yang biasa disebut juga dengan hard reset Xiaomi ini akan menghapus semua file yang ada di hp. Proses ini biasanya memakan waktu yang lebih lama daripada cara pertama, untuk lengkapnya silahkan simak tutorial dibawah ini:

1. Pertama matikan ponsel

2. Masuk ke Recovery Mode dengan cara tekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan

👉 Trending  Aplikasi O2 Meter – Oximeter di Android Hanya Tipe Hp Tertentu

3. Lepaskan kedua tombol saat muncul logo Xiaomi

cara restart hp xiaomi

4. Beberapa saat akan muncul tampilan recovery mode, pilih Wipe Data (gunakan tombol volume untuk bergulir dan tombol power untuk memilih)

5. Tunggu proses wipe data berjalan sampai selesai.

Banyak yang bilang bahwa dengan metode ini lebih ampuh dalam menghapus semua file yang ada didalam memori internal. Namun prosesnya akan berjalan lebih lama daripada cara nomor 1.

Metode ini juga sering disebut sebagai cara reset 3 jari dimana menggunakan beberapa kombinasi tombol untuk masuk ke menu rahasia atau recovery mode.

Bagaimana dengan hp yang tombol powernya rusak? Tidak jarang juga yang bertanya cara restart hp xiaomi tanpa tombol power. Untuk kasus umum seperti ingin mematikan perangkat mungkin kalian bisa menggunakan aplikasi pengganti tombol power.

👉 Trending  Cara Mudah Atasi Wifi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP

Namun beda lagi jika sudah kasusnya dimana harus mematikan hp dan menghidupkannya, maka tetap harus menggunakan tombol power. Namun solusi bagi yang tombol powernya rusak, kalian bisa gunakan cara pertama karena dapat dilakukan melalui menu pengaturan dan itu tidak dibutuhkan menekan tombol power.

Perbedaan Reset dan Restart

Banyak yang salah kapra dalam mengartikan restart bahwa itu sama dengan reset. Padahal arti restart yang sebenarnya adalah Reboot, yaitu dimana ponsel akan dimatikan dan dihidupkan kembali tanpa menghapus file yang berada didalam handphone.

Sedangkan reset lebih ke menghapus semua file yang ada dalam smartphone sehingga tidak akan ada file yang tersisa. Jadi kami disini hanya meluruskan bahwa reset dan restart itu tidak sama, dan itu tidak pantas untuk disamakan.

👉 Trending  Simple Notch Apk, Download dan Cara Membuat Wallpaper Viral

Melakukan reset pada ponsel Xiaomi tentu memiliki resiko dan sudah kami rangkum dalam kelebihan dan kekurangan melakukan reset hp Xiaomi dibawah ini.

Manfaat Reset

Performa hp kembali seperti awal

Banyak dari pengguna Xaomi yang ingin mengembalikan performa hp mereka agar tidak lag kembali dengan cara melakukan reset. Sebab saat setelah hp di instal ulang semua berkas akan dihapus dan pengaturan hp menjadi seperti setelan pabrik pada saat awal kita baru membelinya.

Penyimpanan telepon kembali lega

Setelah semua file didalam internal storage terhapus dan hanya menyisakan aplikasi default bawaan Xiaomi, otomatis hp kamu akan kembali lega dan nyaman digunakan. Penyimpanan yang awalnya hampir penuh, kini bisa di isi dengan file atau aplikasi lain.

👉 Trending  Download Mobile Legends Mod Apk Unlimited Diamond/Skins

Menghilangkan Virus dan Malware

Jangan kira karena Android berbasis Linux maka kalian menganggap bahwa tidak akan ada virus yang diam di smartphone kalian, tentu saja kemungkinan itu masih ada. Dengan melakukan factory reset semua virus dan malware akan di sapu bersih sampai tidak tersisa.

Bahaya Reset

Jika melihat beberapa manfaat diatas pastinya kamu akan langsung tertarik untuk melakukan reset, namun kamu juga harus tau beberapa bahaya melakukan reset yang bisa ditimbulkan.

Bootloop

Ini adalah masalah yang sering ditemui, proses reset tidak berjalan normal sehingga membuat hp menjadi bootloop dan harus di flash ulang.

Masalah ini biasanya diakibatkan oleh hp dengan kondisi baterai yang minim sehingga saat proses reset berjalan dan belum selesai, ponsel mati karena baterai habis.

👉 Trending  Mi Message: Cara Kirim SMS Gratis Antar Pengguna Xiaomi

Semua Aplikasi Terhapus

Saat kamu menekan kembalikan ke pengaturan awal, itu artinya kamu sudah paham bahwa semua aplikasi yang terinstal di hp tersebut akan dihapus tanpa kecuali. Namun tidak masalah, bukannya masih bisa instal lagi atau minta temen?

Nah, itu dia beberapa manfaat dan resiko melakukan reset. Semoga artikel cara reset hp Xiaomi ini dapat membantu atas permasalahan yang kamu alami semisal lupa password / sandi, lupa pola dan semacamnya yang mengharuskan melakukan install ulang.