HP Tiba-Tiba Mati? Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasinya

HP Tiba-Tiba Mati? Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasinya –

HP Tiba-Tiba Mati

Kenapa hp tiba-tiba mati sendiri padahal sebelumnya baik-baik saja? Apakah penyebab dan bagaiman cara mengatasinya? Tenang saja sob, kalian tidak perlu cemas karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Hp mati sendiri secara tiba-tiba memang sering dikeluhkan oleh beberapa pengguna. Baik di hp Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan Lenovo semuanya memiliki kemungkinan untuk mengalami masalah tersebut.

Bermacam masalah yang dialami mulai dari hp tiba-tiba mati, mati hidup sendiri, restart terus menerus dan bahkan yang sampai parah hp mati total.

Lalu apa kira-kira penyebab hp mati sendiri tersebut? Sebelum kita melangkah ke cara mengatasinya, tentu saja kita harus pahami terlebih dahulu faktor yang menjadikan hal tersebut sebagai masalah.

Penyebab HP Tiba-Tiba Mati Sendiri

Kenali apa saja faktor yang dapat menyebabkan hp tiba-tiba mati sendiri biar dapat dihindari dan tidak terulang kembali.

👉 Trending  Download 5 Aplikasi Bokeh Full HD Khusus Dewasa Saja

Jarang di Restart: Hp yang jarang di restart atau reboot akan cepat error dan panas. Coba bayangkan saja apabila sistem hidup terus menerus apakah akhirnya tidak akan error?

Sama seperti manusia jika tidak tidur atau istirahat sama sekali akan cepat lelah, maka sebaiknya lakukan restart sekali sehari agar hp tetap memiliki performa yang baik.

Baterai Bermasalah: Hal ini biasanya disebabkan karena umur baterai yang sudah tua. Biasanya jika hp sudah berumur 3 sampai 5 tahun akan minta untuk diganti agar performa tidak menurun.

Namun ini tergantung dengan pengguna dan cara perawatannya, untuk baterai tanam sendiri biasanya sampai 5 tahunpun tidak masalah, hanya saja kadang baterai akan kembung walau sedikit.

Komponen Bermasalah: Meskipun kasus ini jarang terjadi, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa hp yang sering mati sendiri disebabkan oleh komponen yang sudah rusak entah itu karena penggunaan atau rusak dengan sendirinya.

👉 Trending  5 Aplikasi Kunci Gitar di Android yang Cocok untuk Pemula

Jika masih dalam masa garansi, biasanya kalau kerusakan tidak disebabkan oleh pengguna dan murni karena sistem maka masih bisa mengajukan garansi ke toko resmi.

Sistem Rusak: Sering terjadi pada hp yang tidak pernah di update baik dari segi firmware ataupun aplikasi. Biasanya hal ini ditandai dengan hp lag, macet dan sejenisnya. Terutama pada hp jadul, dikarena spesifikasi yang sudah tertinggal sedangkan aplikasi terus mnuntut agar hardware hp tetap tinggi.

Overheat: Hati-hati buat yang sering hpnya dipake buat main game, apalagi digunakan sambil di charger karena itu bisa menyebabkan overheating yang berlebihan.

Terutama pada hp yang sistem pendinginannya terbatas, yaitu hp dengan bahan body karet dan bukan metal. Maka dengan begitu perangkat akan cepat panas dan itu bisa menular ke komponen yang lain.

👉 Trending  Cara Menyembunyikan / Menghilangkan Komentar di WeTV

Efek Root: Root adalah aktivitas dimana pengguna ingin mendapatkan akses penuh kedalam smartphone maupun aplikasi yang terinstal, termasuk aplikasi sistem.

Hal inilah yang terkadang menyebabkan aplikasi tertentu bebas untuk mengakses kedalam sistem sehingga kadang mengakibatkan sistem menjadi error. Itulah mengapa pihak pabrik tidak menyarankan Android kamu untuk di root.

Baca juga: Redmi 3 No Signal

Diatas adalah penyebab yang paling banyak ditemukan pada perangkat Android, meskipun tidak hanya diatas penyebab pastinya, masih ada beberapa penyebab yang tidak bisa kita prediksi.

Cara Mengatasi HP Tiba-Tiba Mati Sendiri

Kalau kamu jago oprek soal hp pastinya dapat dengan mudah mengetahui apa yang kira-kira jadi penyebab hp mati sendiri secara tiba-tiba. Dan bahkan dapat mengatasinya dengan mudah.

👉 Trending  Link Download Xingtu Apk, Edit Foto Viral di TikTok

Namun dengan catatan bahwa kerusakan yang diakibatkan ringan dan tidak menyangkut ke komponen, soalnya kalau sudah kena ke komponen itu malah urusan beda lagi, itu urusan tukang service.

Tidak ada salahnya kita lakukan beberapa cara mengatasi hp tiba-tiba mati dibawah ini sebelum datang ke tukang service, nah daripada ngeluarin uang mending dicoba-coba perbaiki sendiri dulu saja kan?

1. Kalibrasi Baterai

Baterai bisa menjadi penyebab utama dan umum terjadi. Maka dari itu sebelum kita mencari tau lebih dalam tentang hp yang tiba-tiba mati, coba kita mulai dari kalibrasi baterai terlebih dahulu.

Tujuan dilakukan kalibrasi adalah untuk mengetahui kondisi baterai apakah masih dalam keadaan bagus atau tidak. Karena sering terjadi baterai sudah terisi penuh tapi saat digunakan tiba-tiba mati sendiri dan menjadi 0%.

👉 Trending  [TOP] 5 Aplikasi Antivirus Terbaik Android Paling Ampuh

Ada dua cara untuk melakukan kalibrasi baterai, yaitu dengan cara otomatis dan manual.

A. Cara Otomatis

Kalibrasi Baterai

Cara pertama dan paling gampang adalah kalibrasi baterai dengan aplikasi secara otomatis, simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Pertama download Battery Repair Life PRO
  2. Jalankan aplikasi dan pilih Start / Mulai
  3. Charge hp sampai penuh (100%)
  4. Buka lagi aplikasi dan lakukan kalibrasi dengan tekan Calibrate Battery
  5. Cabut charger

Menurut beberapa pengalaman pengguna terutama yang tidak dapat charger hp sampai full 100%, dengan menggunakan aplikasi ini perlahan baterai terepair sehingga sekarang sudah lebih baik dari sebelumnya.

B. Cara Manual

Cara kalibrasi baterai secara manual tanpa aplikasi juga bisa dilakukan dengan mudah. Langkah pertama cukup biarkan hp sampai benar-benar mati kondisi baterai 0%.

Lalu cas sampai penuh dalam keadaan mati, kemudian nyalakan lalu charge kembali sampai indikator baterai menunjukkan angka 100%.

👉 Trending  Beat.ly MOD Apk 2021, Ini Dia Link Download Versi Terbarunya

Anda bisa mengulangi langkah ini setiap minggu agar keadaan baterai perlahan pulih seperti semula.

2. Bersihkan File Sampah

Setiap proses yang kita lakukan dengan smartphone seperti membuka internet, browsing, sosial media dan bahkan menggunakan WhatsApp dapat menghasilkan file sampah (cache).

Bahkan bila dibiarkan terus menerus jumlah tersebut akan terus bertambah sehingga membuat kinerja hp menjadi lambat dan error. Juga beresiko membuat hp tiba-tiba mati jika jumlahnya sampai membuat memori penuh.

Untuk menghapus cache dapat dilakukan dengan cara manual atau menggunakan bantuan aplikasi seperti CCleaner, SD Maid, NOX Cleaner dan NC Cleaner.

3. Update Firmware HP

Update Firmware HP

Kalau sudah melakukan perbaikan pada baterai dengan cara dikalibrasi dan juga sudah menghapus file sampah yang ada, sekarang coba dengan mengupdate sistem operasi yang ada pada smartphone.

  1. Masu ke Setelan / Pengaturan
  2. Cari Pembaruan Sistem
  3. Klik Update jika tersedia
  4. Dan silahkan download
👉 Trending  Gamers Wajib Tahu, Ini 5 HP Xiaomi Harga 2 Jutaan Cocok untuk Gaming

Update yang berlangsung biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa 30 menit sampai satu jam tergantung dengan besar file dan kecepatan internet yang kita gunakan.

4. Setting Ulang Preferensi Aplikasi

Setting Ulang Preferensi Aplikasi

Hp yang tiba-tiba mati sendiri juga bisa disebabkan karena kelemahan pada aplikasi. Terutama aplikasi yang berasal dari play store dan belum terbukti keamanan dari aplikasi tersebut.

Untuk meminimalisir terjadinya error pada konfigurasi aplikasi, Anda bisa melakukan setting ulang preferensi aplikasi dengan cara dibawah ini:

  1. Masuk ke Setelan > Manajemen Aplikasi
  2. Buka menu 3 titik disamping kanan atas
  3. Pilih Setel ulang preferensi apl
  4. Lalu konfirmasi dengan tekan OK

Dengan menekan opsi tersebut otomatis semua aplikasi yang telah terinstal akan kembali diatur ulang.

👉 Trending  MSA Terus Berhenti Xiaomi, Penyebab dan Cara Mengatasi

5. Reset Ulang Ponsel

Jika melakukan langkah-langkah diatas masih saja tidak membuahkan hasil dan hp tetap saja mati sendiri secara tiba-tiba, coba sekarang lakukan reset atau wipe data pada hp yang bermasalah.

Hard reset akan menghapus semua data yang ada pada memori internal hp termasuk aplikasi, game, video dan semua file yang ada pada telepon.

Langkah-langkahnya:

  1. Backup data-data penting
  2. Masuk ke Pengaturan
  3. Pilih menu Backup dan Reset
  4. Klik Factory Date Reset
  5. Biasanya akan diminta memasukkan pola atau sandi
  6. Tunggu sampai proses reset selesai

6. Ganti Baterai

Ganti Baterai

Seperti yang sudah kita jelaskan diatas bahwa penyebab yang paling umum adalah disebabkan oleh aplikasi atau baterai. Dan pada beberapa kasus kebanyakan adalah karena baterai yang sudah expired.

Bisa itu karena baterai yang kembung, ngedrop dan lain sebagainya. Kalau sudah terlalu parah, sebaiknya Anda cepat mengganti baterai sebelum benar-benar parah dan sampai bocor. Karena jika sudah bocor, bisa-bisa terkena ke komponen lain yang bisa berakibat fatal.

👉 Trending  5 Aplikasi Cek Ongkir Semua Ekspedisi Lengkap (JNE, J&T, Tiki dll)

Beberapa hari yang lalu kami juga telah menerbitkan artikel mengenai cara memperbaiki baterai yang cepat habis. Anda bisa membacanya jika masih ingin mencoba dengan alternatif lain.

Untuk harga baterai sendiri tidak terlalu mahal, bahkan Anda bisa mendapatkannya di marketplace mulai dari harga yang murah dengan kualitas standar sampai harga yang agak mahal dikit dengan kualitas yang lebih bagus.

7. Bawa ke Service Center

Service Center

Jika Anda tidak ingin ribet, serahkan saja langsung pada ahlinya yaitu service center. Namun perlu hati-hati, pastikan hanya menempatkan hp Anda pada service center resmi yang lebih terjamin dalam urusan memperbaiki smartphone.

Karena service center pastinya memiliki komponen yang lengkap pastinya original dari pabrik. Berbeda dengan tukang service di pinggir jalan yang part-partnya kebanyakan kurang bagus dan palsu (bukan ori dari pabrik handphone).

👉 Trending  Download 5 Aplikasi Bokeh Full HD Khusus Dewasa Saja

Namun untuk masalah ringan seperti misalnya mic mati dan sebagainya tidak apa-apa kalau diperbaiki di tukang service pinggir jalan.

Kesimpulan

Hp tiba-tiba mati umumnya disebabkan karena baterai yang sudah jadul. Semakin tua umur smartphone, maka semakin berpotensi baterai menjadi drop dan tidak bisa digunakan dengan baik sehingga membuat hp menjadi sering bermasalah.