RPCS3

7 Emulator PS3

Menggunakan emulator PS3 adalah solusi bagi Anda yang ingin memainkan game PlayStation 3 tetapi tidak memiliki konsol. Meskipun PS 5 sudah rilis di tahun 2021 ini, aneka game yang ada di PS 3 masih menarik untuk Anda mainkan.

Untuk memainkan PS3 melalui emulator, jangan lupa mengecek dan mempersiapkan spesifikasi dari perangkat yang Anda gunakan. Pastikan perangkat yang digunakan memiliki spesifikasi memadai agar bisa digunakan untuk memainkan PS3 dengan lebih optimal.

Rekomendasi Emulator PS3 untuk PC

Memainkan PS 3 di perangkat komputer atau laptop bisa dilakukan dengan lancar dan mudah. Saat ini sudah ada berbagai emulator yang bisa Anda pilih untuk memainkan PS3 dari perangkat laptop atau komputer Anda.

Tentunya pilih yang sebisa mungkin sesuai dengan spesifikasi perangkat yang Anda miliki agar bisa digunakan dengan baik. Ada beberapa rekomendasi emulator yang bisa digunakan untuk memainkan PS3 di PC.

Berikut ini beberapa pilihan emulator yang bisa Anda gunakan untuk menikmati berbagai game dari PS 3:

πŸ‘‰ Trending  2 Cara Mengetahui WA Disadap Teman/Orang Tak Dikenal, Hati-hati!

1. RPCS3

RPCS3

Pilihan emulator pertama untuk menikmati aneka game di PS3 adalah RPCS3. Emulator ini sudah banyak digunakan oleh para pecinta PS3 yang tidak memiliki konsol namun tetap ingin bermain game di PS 3 melalui media lain.

Anda bisa menggunakan RPCS3 di komputer atau laptop dengan spesifikasi yang mendukung. Agar bisa menggunakan RPCS3, berikut ini langkah yang harus Anda lakukan:

  • Langkah pertama tentu saja Anda harus mendownload software emulator RPCS3. Lengkapi pula dengan mendownload LLE Modules agar emulator yang dibutuhkan lengkap.
  • Buka emulatornya, kemudian arahkan ke bagian config lalu pilih setting. Pada bagian ini Anda harus melakukan enable pada 4 file dengan extension prx. Yaitu libresc, librtc, libsre, dan libspurs_jq.
  • Lanjutkan dengan pemilihan kartu VGA pada bagian kolom β€˜D3D Adapter’. Lebih baik jika Anda memilih VGA yang sesuai dan dilengkapi dengan spesifikasi PC yang Anda gunakan.
  • Kemudian, jangan lupa untuk mengunduh Firmware PS3 lalu install.
  • Setelah semuanya selesai Anda sudah langsung dapat menikmati berbagai permainan yang ada di PS3Β dengan menggunakan PC.
πŸ‘‰ Trending  185.63 l53 2001 Indo, Korea, Japanese Video Bokeh Full

2. ESX PS3

ESX-PS3

Selanjutnya ada ESX PS3 yang bisa menjadi andalan bagi Anda yang ingin bermain PS3 di PC atau laptop. Emulator satu ini memiliki keunggulan dengan fiturnya yang sangat kompatibel dengan berbagai game PS3 yang populer.

Spesifikasi dari perangkat yang Anda gunakan untuk menggunakan emulator ini maksimal Windows 7. Pastikan perangkat yang Anda gunakan memiliki RAM minimal 1 GB. Processor yang digunakan juga minimal menggunakan Intel serta processor dengan kualitas diatas Intel.

Jika diperhatikan lagi, emulator game yang satu ini bisa menjadi pilihan yang paling ideal dengan perangkat yang dimiliki banyak orang. Ditambah lagi dengan kondisi saat ini semakin banyak yang memiliki perangkat dengan spesifikasi lebih tinggi.

Bisa dikatakan, ESX adalah emulator yang sangat mudah di install pada berbagai komputer atau perangkat masa kini. Karena didukung dengan spesifikasi dari perangkat yang memadai.

πŸ‘‰ Trending  Aplikasi Snow Kartun

3. RetroArch

RetroArch

Yang ketiga ada emulator RetroArch yang dikenal sebagai emulator multifungsi. Karena emulator ini tidak hanya bisa digunakan untuk memainkan permainan di PS3 tetapi juga bisa digunakan untuk konsol lainnya. Contohnya yaitu bisa digunakan untuk konsol game Wii U ataupun Xbox.

Keunikan selanjutnya dari emulator ini adalah RetroArch memiliki sifat sebagai emulator yang open source. Jadi Anda tidak hanya bisa menggunakan emulator ini pada perangkat Windows saja. Tetapi juga bisa digunakan pada sistem operasi Linux maupun lainnya.

Hal ini tentu saja menjadi sesuatu yang menguntungkan untuk Anda yang memiliki perangkat dengan berbagai sistem operasi. Begitu pula bagi Anda yang suka memodifikasi sistem operasi pada perangkat yang dimiliki namun tetap ingin bermain PS3.

4. Short Waves

Short-Waves

Pilihan emulator PS3 selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah Short Waves. Pengembangan game ini dimulai sejak tahun 2012 dan memiliki lisensi freeware. Tapi yang disayangkan ternyata emulator ini hanya bertahan hingga tahap pengembangan saja.

πŸ‘‰ Trending  Download World Conqueror 4 v1.2.36 Full Paid Apk Mod Android

Sehingga Anda bisa menjalankannya sebagai homebrew apps namun dengan fitur yang terbatas. Meski demikian, Short Waves telah menjalankan rangkaian tes yang cukup rumit dan cenderung kompleks.

Bahkan jika dibandingkan dengan RPCS3, Short Waves lebih unggul. Jadi bagi Anda yang ingin mencoba sensasi bermain gamePlaystation 3 yang baru, Anda bisa mencoba emulator ini. Meskipun memiliki keterbatasan fitur di dalamnya.

5. Mednafen Dan PS3emu

Mednafen-Dan-PS3emu

Emulator Mednafen ini dulunya dikenal dengan nama Nintecer yang kemudian semakin berkembang. Bahkan saat ini menjadi salah satu perangkat lunak gratis untuk bermain emulator Playstation3 terbaik. Keunggulan dari emulator ini adalah bisa menyesuaikan dengan tombol di PS3.

Lalu Anda bisa memetakannya dengan menggunakan keyboard atau joystick.Sementara PS3emu memiliki fungsi sebagai pembawa framework untuk melakukan porting pada game di PS3 menuju x86_64 Linux. Namun PS3emu semakin banyak mendapat keluhan dari pengguna.

πŸ‘‰ Trending  Picsay Pro 2021

Alasannya, emulator ini dianggap berbahaya karena menjadi pembawa virus bagi Windows. Jika Anda ingin mencoba menggunakan emulator ini di Windows sebaiknya tetap waspada terhadap serangan virus yang bisa terjadi.

6. Nucleus

Nucleus

Emulator terakhir yang direkomendasikan digunakan pada PC untuk bermain PS3 adalah Nucleus. Nucleus juga merupakan emulator open source seperti halnya RetroArch. Pengembangan emulator ini dilakukan sendiri oleh Alex Altea.

Saat ini Ales juga tengah mengembangkan emulator untuk PS4 bekerja sama dengan Orbital. Karena hal ini pula pengembangan Nucleus tidak lagi diprioritaskan karena Alex lebih fokus membuat emulator bersama Orbital.

Rekomendasi Emulator PS3 untuk Android

Setelah emulator untuk PC dan laptop, berikut ini beberapa pilihan emulator Playstation 3 yang bisa Anda gunakan di Android:

1. PS3 Emulator For Android

PS3-Emulator-For-Android

Pilihan emulator pertama untuk android ini bisa digunakan secara offline pada smartphone Anda. Untuk menggunakannya Anda juga tidak memerlukan rooting sehingga lebih mudah. Tapi, pastikan kapasitas memori dari perangkat yang Anda gunakan cukup memadai.

πŸ‘‰ Trending  Motorola Edge S Pro dikabarkan meluncur pada 2021

Namun untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak bisa menemukan dan mengunduhnya lagi melalui Google Play Store. Tetapi Anda bisa menemukan aplikasi ini di situs penyedia berbagai aplikasi android lainnya.

Penggunaan emulator ini untuk bermain PS 3 juga sangat mudah dilakukan. Setelah menginstall aplikasi ini di perangkat Anda, siapkan file game dari PS 3 yang ingin Anda mainkan. Misalnya tersedia dalam format .bin.

Selanjutnya bisa langsung Anda pasangkan dengan PS3 Emulator For Android untuk bisa dimainkan. Syarat untuk menggunakan emulator ini di perangkat android Anda diantaranya:

Spesifikasi Standar PS3 Emulator For Android
OS Android Hanya bisa digunakan pada Android versi 4.0 ke atas
Ukuran 2 MB
Versi aplikasi Versi 3.0.1
RAM HP 2 GB
Processor Dual Core

Cara Menggunakan PS3 Emulator For Android

Berikut ini beberapa langkah atau cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan PS3 Emulator For Android:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu saja mendownload atau mengunduh file APK beserta Bios. File tersebut dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi PS3 emulator for Android.
  • Selanjutnya cari file BIOS, jika belum ditemukan Anda perlu mengunduhnya.
  • Selanjutnya Anda bisa mencari file BIOS menggunakan PS BIOS file.
  • Setelah BIOS ditemukan dan sudah terdeteksi, emulator ini siap digunakan untuk memainkan PS3 di smartphonekesayangan Anda.
πŸ‘‰ Trending  Aplikasi Kasir Android dan PC Terbaik Untuk Toko Sembako

2. PPSSPP

PPSSPP

Ada pilihan emulator lainnya selain Emulator for Android yang bisa Anda gunakan untuk memainkan PS 3 di smartphone. Anda bisa menggunakan PPSSPP, meski dikenal sebagai emulator untuk PSP tapi emulator ini juga bisa digunakan untuk konsol PS 3.

Sejak pertama kali dirilis, PPSSPP sudah mendapat respon positif dari penggunanya. Terutama bagi mereka para penikmat PSP yang merasa bisa bernostalgia dengan berbagai game di PSP yang seru.

Menggunakan emulator ini, para pengguna bisa menikmati kembali game kesayangan mereka di PSP. Emulator ini cukup solid sehingga bisa digunakan dengan lancar. Ukurannya juga cenderung ringan, yaitu sekitar 14 MB.

Anda sudah bisa menggunakan emulator ini pada android dengan OS 2,3 ke atas. PPSSPP bisa digunakan pada komputer maupun pada handphone.

Bagi Anda yang ingin menggunakan emulator ini pada smartphone android, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store. Berikut ini beberapa informasi umum seputar emulator PS3 PPSSPP:

πŸ‘‰ Trending  Modern Warship Mod Apk, Download Gratis Latest 2021
Detail Emulator PPSSPP
OS Android yang dibutuhkan Minimal versi 2.3 ke atas
Ukuran aplikasi 14 MB
Developer Henrik Rydgard
Jumlah pengunduh Sudah diunduh lebih dari 100.000.000 kali
Rating Google Play 4.4 / 5.0

3. EmuPs3-Ps3 Emulator Project

EmuPs3-Ps3-Emulator-Project

Selanjutnya masih ada emulator PS3 yang bisa mendukung kebutuhan Anda untuk bermain PS 3 di perangkat android. EmuPs3-Ps3 Emulator Project adalah emulator yang dikembangkan oleh pihak developer F.B.

Anda bisa memainkan berbagai game populer dari PS 3 di perangkat android melalui emulator ini. Karena semua permainan menarik yang ada di PS 3 juga bisa Anda nikmati setelah menginstall EmuPs3-Ps3 Emulator Project.

Emulator ini sudah bisa digunakan untuk mendukung berbagai format dalam game. Dari format .iso, .bin, .mdf, .pbp, .m3u, .img, .cbn, .cue, .zip, bahkan hingga format file 7z. Untuk memainkan game PS 3 melalui emulator ini Anda harus mengambil file gameΒ PS 3 terlebih dahulu.

πŸ‘‰ Trending  10 Aplikasi Adzan Terbaik di Android, Akurat dan Tanpa Iklan Menggangu

Lalu dipasangkan dengan emulator EmuPs3-Ps3 Emulator Project untuk dimainkan. Popularitas emulator ini sebagai media bermain PS 3 di perangkat android sudah cukup populer. Pengunduh aplikasi emulator ini sudah lebih dari 1 juta orang.

Ukuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar yaitu hanya 4,7 MB sehingga cukup ringan. Dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan terlalu besar pada perangkat android Anda.

Dari seluruh emulator yang sudah disebutkan, Anda bisa menyesuaikan untuk memilih menggunakan emulator apa. Tapi yang harus diingat dan menjadi perhatian utama adalah pastikan Anda memiliki perangkat yang mendukung.

Baik itu laptop, komputer, maupun handphone dengan OS android, pastikan spesifikasi yang dibutuhkan sudah sesuai. Karena hal itu sangat penting agar saat menggunakan emulator PS3 Anda tidak mengalami hang atau gangguan-gangguan sejenisnya.

πŸ‘‰ Trending  185.63 l53 2001 Indo, Korea, Japanese Video Bokeh Full

Kelancaran penggunaan emulator yang Anda pilih juga berkaitan dengan spesifikasi dari perangkat yang Anda gunakan. Semakin tinggi spesifikasi dari perangkat yang digunakan, akan lebih nyaman pula saat memainkan game melalui emulator yang Anda pilih.

Β