3 Cara Mengatasi IDM yang Minta Serial Number untuk Registrasi

3 Cara Mengatasi IDM yang Minta Serial Number untuk Registrasi –

Cara Mengatasi IDM yang Minta Serial Number

Selalu muncul pop up registrasi saat membuka Internet Download Manager? Begini cara mengatasi IDM yang minta serial number dengan mudah dan ampuh terbaru.

Salah satu hal yang cukup menyebalkan tiap kali kita menggunakan PC adalah adanya notifikasi dari IDM yang selalu muncul dan menanyakan serial number.

Apakah Anda mengalaminya? Tenang saja, karena ada beberapa cara mengatasi IDM yang minta serial number secara terus-menerus.

Internet Download Manager sendiri merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mempercepat proses download yang Anda jalankan.

Berbagai fitur yang ada di dalamnya juga membuat proses pengunduhan lebih mudah. Langsung saja, ini cara untuk mengatasi permasalahan IDM di atas.

👉 Trending  Cara Mengubah Partisi Harddisk RAW Menjadi NTFS

Cara Mengatasi IDM yang Minta Serial Number

Pada dasarnya Anda harus berlangganan untuk bisa menggunakan semua fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Hanya saja, penggunaan crack untuk bisa menggunakan IDM tanpa perlu membeli sering mengalami masalah. Jika hal itu sedang Anda alami, maka simak cara berikut untuk mengatasinya:

1. Mengubah Nama File

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah nama file. Ada file yang harus Anda rename dan letaknya berada di dalam folder tempat IDM terinstall. Agar lebih jelas, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama, keluarkan seluruh jendela aplikasi IDM yang terbuka di Windows, termasuk aplikasi yang aktif di sistem system tray (sudut kanan bawah) di dekat penunjuk waktu dan tanggal.
  2. Selanjutnya silakan masuk ke dalam folder tempat IDM terinstall, biasanya di Disk C > Program Files > Internet Download Manager.
  3. Jika sudah berada di dalamnya, silakan cari file bernama IDMGrHlp.exe, lalu ubah nama file tersebut menjadi idmhelp-old.exe.
  4. Setelah itu, silakan Anda restart komputer agar perubahan yang sudah dilakukan dapat bekerja.
  5. Setelah komputer kembali menyala, buka kembali folder IDM.
  6. Carilah file bernama idmBroker.exe, kemudian rename file tersebut menjadi IDMGrHlp.exe.
  7. Restart kembali komputer Anda.
  8. Selesai. Kini Internet Download Manager di komputer Anda akan menjadi Full Version.
👉 Trending  6 Router Wifi Terbaik Untuk Kebutuhan Bisnis dan Personal

Notes: Jika permasalahan yang sama masih terulang, silakan ulangi cara di atas untuk mengatasinya. Seharusnya cara ini sudah bisa menghilangkan notifikasi serial number dalam waktu yang lama.

Baca juga: Cara Masuk BIOS Laptop

2. Menggunakan IDM Fake Serial Remover

Cara berikut ini termasuk cara yang mudah dilakukan. Hanya saja Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah IDM yang digunakan merupakan IDM versi paling update.
  2. Selanjutnya, silakan download terlebih dahulu aplikasi IDM Fake Serial Remover melalui link berikut: https://bit.ly/IDM_FS_Remover
  3. Pastikan juga antivirus di komputer Anda sudah dinonaktifkan. Silakan cek di bagian system tray. Jika belum, langsung saja klik kanan pada ikon antivirus, lalu pilih Disable.
  4. Setelah Anda berhasil mengunduh file dari link di atas, silakan langsung ekstrak saja file tersebut ke dalam sebuah folder. Nanti akan ada sejumlah file yang akan muncul.
  5. Jalankan dan install file bernama TrashReg.exe.
  6. Jika sudah berhasil diinstall, langsung saja jalankan aplikasi tersebut dan hapus file dengan nama Visual Protect 3.5+.
  7. Selanjutnya buka Task Manager. Caranya tekan Ctrl+Shift+Esc. Jika jendela Task Manager sudah terbuka, pilih tab Process.
  8. Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di sana. Carilah file bernama IDMan.exe. Klik pada aplikasi tersebut, lalu klik kanan dan pilih End Process.
  9. Sekarang kembali ke folder tempat Anda mengekstrak file hasil unduhan tadi. Cari file bernama IDM Trial Reset.exe dan jalankan.
  10. Di dalam aplikasi tersebut, pilih tab Trial reset dan ceklis opsi Automatically. Silakan tunggu beberapa saat hingga proses berhasil.
  11. Setelah selesai proses di atas, selanjutnya copy file Patch.exe, IDMGrHlp.exe dan juga Registration.reg. Paste ketiga file tersebut di folder tempat IDM diinstall.
  12. Jika muncul jendela notifikasi, pilih saja replace/overwrite.
  13. Setelah itu, klik kanan pada file Patch.exe > Pilih Run as Administrator > Klik Patch > Kemudian isi kolom nama depan dan juga nama belakang sesuai keinginan Anda.
  14. Setelah itu, close menu Patch. Selanjutnya, double klik pada file dengan nama Registration.reg.
  15. Selesai. Kini Anda bisa menggunakan IDM dengan nyaman tanpa diminta serial number lagi.
👉 Trending  Download Mi PC Suite China [inggris] versi Baru dan Lama

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot

3. Mengedit File Host

Cara yang ketiga untuk mengatasi permasalahan IDM di atas adalah dengan mengedit file host pada Windows yang Anda miliki. Untuk melakukan ini setidaknya Anda harus cukup teliti. Silakan simak langkah-langkah untuk melakukannya berikut ini:

  1. Pertama-tama, buka Windows Explorer terlebih dahulu dengan menekan tombol Windows + E.
  2. Masuk ke dalam folder file Host yang terletak di C:WindowsSystem32driversetc.
  3. Klik kanan pada file Host tersebut, kemudian pilih Open with > Notepad. Tidak lama kemudian file tersebut akan terbuka menggunakan aplikasi notepad.
  4. Selanjutnya, Anda akan menemukan tulisan 127.0.0.1 localhost. Di bawah tulisan tersebut silakan masukkan tulisan berikut:
  • 127.0.0.1 tonec.com
  • 127.0.0.1 www.tonec.com
  • 127.0.0.1 registeridm.com
  • 127.0.0.1 www.registeridm.com
  • 127.0.0.1 secure.registeridm.com
  • 127.0.0.1 secure.internetdownloadmanager.com
  • 127.0.0.1 mirror.internetdownloadmanager.com
  • 127.0.0.1 mirror2.internetdownloadmanager.com
  • 127.0.0.1 www.internetdownloadmanager.com
👉 Trending  Cara Menampilkan Preview Gambar (Thumbnail) di Windows 7

Setelah itu, simpan file ini dan kemudian ubah properties pada file ini, pada bagian Attributes di bawah silakan ceklis Read-only.

Selesai. Sekarang notifikasi yang mengganggu sudah berhasil Anda hilangkan.

Notes : Agar berjalan dengan lancar, sebaiknya Anda matikan terlebih dahulu antivirus dan juga koneksi internet ketika menjalankan cara ini. Pasalnya, kadangkala cara ini tidak bisa dilakukan jika antivirus aktif, sebab bisa terdeteksi sebagai virus.

Baca juga: Cara Mengatasi IDM yang Tidak Bisa Download

Cara mengatasi IDM yang minta serial number umumnya menggunakan ketiga cara di atas. Meski begitu, Anda tidak akan mengalami masalah jika berlangganan IDM secara resmi. Hanya saja, bagi mereka yang menggunakan IDM versi crack, masalah-masalah di atas akan terus membayangi.

👉 Trending  5 Aplikasi Driver Updater Terbaik Untuk Windows