Zoom Error Code 5: Penyebab dan Cara Mengatasi

Zoom Error Code 5: Penyebab dan Cara Mengatasi –

Zoom Error Code 5

Apakah anda pernah mengalami kesulitan meeting online dengan layanan Zoom? Salah satu masalah adalah tampilan notifikasi Zoom error code 5, simak pembahasannya berikut!

Ketika anda hendak menggunakan aplikasi Zoom anda pasti memastikan semua berjalan dengan baik, bukan? Tidak hanya koneksi yang harus stabil saja.

Anda juga harus memastikan tidak ada kendala pada aplikasi tersebut. Namun, bagaimana jadinya jika aplikasi menampilkan pesan error? Misalnya adanya tampilan error code 5 pada aplikasi zoom ini. Nah, mati simak pembahasannya berikut.

Apa Sebenarnya Error Code 5 Pada Zoom?

Pertama-tama, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab masalah ini. Tentu saja setelah anda mengetahui apa penyebab masalah tersebut, maka anda bisa memikirkan solusinya bukan?

👉 Trending  Apa Arti Ganchar di RP Telegram? Ini Dia Penjelasannya

Tidak hanya solusi, anda juga bisa memikirkan bagaimana langkah pencegahan agar error tersebut tidak lagi muncul saat anda harus menggunakan aplikasi Zoom.

Sebenarnya, jika error ini yang anda dapatkan saat mencoba menggunakan layanan tersebut. Maka, anda tidak harus panik berlebihan.

Sebab, ini bukan masalah serius yang harus ditangani oleh ahli IT loh. Hal ini terjadi akibat konektivitas anda yang tidak stabil atau buruk.

Jadi, anda pasti tahu cara utama mengatasi error ini, bukan? Yang sangat dibutuhkan ketika kode ini muncul adalah perbaikan konektivitas. Namun, anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang akan mimin jabarkan di bawah ini.

Cara Mengatasi Zoom Error Code 5

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi error ini. Cara-cara tersebut adalah:

  1. Pengecekkan Setting Firewall/Proxy : Mungkin tanpa anda sadari ada kesalahan pada pengaturan firewall atau proxy yang anda gunakan. Sebab, sebagian orang memang menggunakan jenis proxy tambahan agar koneksinya makin lancar seperti air mengalir. Apalagi, jika anda adalah gamer yang tentunya membutuhkan koneksi kencang dan stabil. Sayangnya, pengaturan proxy tambahan ini tidak bisa sinkron dengan beberapa layanan internet. Salah satunya adalah layanan yang harus digunakan oleh aplikasi Zoom. Untuk itu, cek dengan teliti bagaimana pengaturan yang anda gunakan.
  2. Periksa Pengaturan Antivirus : Anda juga harus tahu jika Antivirus yang anda gunakan pada perangkat anda terkadang memblokir sejumlah layanan. Misalnya saja layanan yang diberikan oleh pihak Zoom. Jika Zoom dilarang oleh antivirus yang anda gunakan maka matikan sementara agar bisa meeting dengan lancar.
  3. Gunakan Koneksi Cadangan : Anda harus tahu kode error ini disebabkan oleh jaringan internet yang buruk. Jika 2 cara di atas masih belum mampu mengatasi masalah anda, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada koneksi internet yang anda gunakan. Jika hal ini yang terjadi, maka anda setidaknya harus mencari atau menggunakan koneksi cadangan lainnya. Ini juga memastikan apakah kesalahan memang ada pada jaringan anda atau tidak?
  4. Muat Ulang Perangkat Yang Anda Gunakan : kemudian anda bisa restart HP atau PC yang anda gunakan untuk meeting pakai Zoom ini.
  5. Update OS Perangkat dan Aplikasi : Jika masalah ini masih berlanjut, maka cek versi aplikasi tersebut. Apakah sudah versi terbaru? Cek juga OS perangkat yang anda gunakan. Jika sudah out of date maka lakukan? Update secepatnya.
  6. Pasang Ulang Aplikasi : Jika masih saja muncul masalah tersebut. Maka anda bisa mencopot pemasangan dan pasang ulang aplikasi tersebut.
👉 Trending  5 Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Terbaca

Nah, dengan 6 cara di atas mimin harap bisa mengatasi Zoom error code 5 yang anda alami, ya! Semoga bermanfaat!