20 Aplikasi Edit Video

Mengedit video dengan menggunakan handphone (hp) bagi kebanyakan orang dianggap lebih mudah dan praktis. Oleh sebab itu, tidak heran jika jumlah aplikasi edit video hp yang diunduh sangatlah banyak baik itu aplikasi gratis maupun berbayar.

Bahkan, saking banyaknya aplikasi yang tersedia kadang membuat orang bingung menentukan aplikasi mana yang sebaiknya dipilih. Sebab, setiap aplikasi tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing baik yang dibuat khusus untuk Android maupun Iphone.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video HP Android

Sebenarnya, cukup banyak aplikasi edit video yang bisa digunakan baik oleh pengguna Android maupun Iphone. Namun, karena pengguna Android jauh lebih banyak di tanah air maka deretan aplikasi yang direkomendasikan di bawah ini khusus untuk pengguna hp tersebut.

1. FilmoraGo

FilmoraGo

Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengubah video menjadi kualitas HD lalu langsung membagikannya melalui berbagai platform media sosial populer. Dengan begitu, hasil akhirnya akan terlihat lebih menarik dan profesional.

πŸ‘‰ Trending  Call Center Bank Mega

Aplikasi ini sangat praktis digunakan sehingga tidak heran jika sudah diunduh lebih dari 10 juta kali. Untuk fiturnya sendiri sebenarnya aplikasi ini memiliki fitur standar untuk versi gratis serta fitur yang lebih lengkap untuk versi berbayar.

2. KineMaster

KineMaster

Software satu ini sudah sangat terkenal karena memiliki fitur yang cukup lengkap. Bahkan,banyak yang berpendapat jika software ini bisa digunakan untuk membuat mengedit video seperti profesional karena cocok digunakan untuk Anda yang menyukai penggunaan green scene.

Beberapa fitur menarik yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah memasukkan teks dengan berbagai format atau tulisan tangan, membuat efek yang menarik, serta memberikan musik langsung dari hp Anda. Dengan begitu,proses penyuntingan akan menjadi jauh lebih cepat dan efisien.

3. Quik

Quik

Sesuai namanya, aplikasi edit video hp ini membantu Anda mengedit video hanya dalam beberapa ketukan saja. Aplikasi ini sangat terkenal karena mampu mengimpor foto dan video dalam jumlah yang besar serta menyediakan puluhan tema berbeda yang bisa dipilih sesuka hati.

πŸ‘‰ Trending  188 Nomor Apa

Kualitas video yang disimpan juga lumayan karena aplikasi ini sudah mendukung penyimpanan video berkualitas tinggi atau HD. Tidak hanya itu, bagi Anda yang sangat menyukai musik maka Anda bisa memasukkan hingga 100 lagu ke dalam video yang tengah diedit.

4. Power Director

Power-Director

Mirip dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, fitur yang dimilikinya juga termasuk lengkap. Namun, kelebihan yang paling disukai dari aplikasi ini adalah kemampuan ekspor videonya yang sangat bagus karena mampu menghasilkan video dengan kualitas ultra HD yang memiliki resolusi 4K.

Namun, agar hasil video yang diedit lebih bagus Anda sebaiknya menggunakan hp dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Sebab hal ini akan memudahkan proses penyuntingan dan transfer data.

5. VivaVideo

Viva-Video

Aplikasi ini dikenal karena mampu memberikan efek yang cukup menarik baik untuk versi gratis maupun berbayar. Bahkan, aplikasi ini sering dikategorikan sebagai salah satu aplikasi edit video terbaik. Untuk yang versi gratis saja Anda sudah diberikan berbagai fitur serta efek yang menarik.

πŸ‘‰ Trending  Alamat Bank BCA

Dengan berbekal fitur serta efek tersebut maka tidak heran jika aplikasi ini mampu memberikan hasil akhir yang bagus dan menarik. Hanya saja, jika Anda menggunakan aplikasi ini akan ada watermark yang sulit untuk dihilangkan.

6. Adobe Premiere Clip

Adobe-Premiere-Clip

Aplikasi ini diketahui menawarkan berbagai fitur editing yang otomatis berasal dari koleksi foto dan video Anda di galeri hp. Meski begitu, Anda masih bisa melakukan editing manual seperti membuat teks, menyisipkan musik, dan sejenisnya. Sangat cocok untuk membuat konten di media sosial.

Dari segi fitur aplikasi ini sebenarnya menawarkan berbagai fitur yang cukup menarik untuk ukuran aplikasi gratis. Tampilan antarmuka atau user interface yang dimilikinya juga terkesan ramah bagi pemula karena mudah dipahami dan digunakan.

7. VideoShow

VideoShow

Salah satu aplikasi terbaik untuk Android ini mampu mempercantik video Anda dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Fitur yang dimilikinya memang sekilas terlihat standar seperti menambahkan berbagai efek,gambar,teks dan sejenisnya.

πŸ‘‰ Trending  Daftar Ukuran ID Card

Meski gratis tetapi aplikasi ini mampu memberikan hasil akhir yang berkualitas dengan bantuan sekitar 50 jenis tema yang bisa dipilih. Video Anda dijamin akan terlihat lebih cantik tanpa perlu khawatir soal durasi. Sebab, Anda bisa mengkompres ukuran video yang diedit tanpa khawatir kualitasnya berkurang.

8. Funimate

Funimate

Mirip dengan namanya, aplikasi ini bisa membuat video tampak lebih lucu dan menyenangkan. Video yang terlihat biasa bisa langsung diubah menjadi lebih unik dan kreatif. Meskipun gratis tetapi hasilnya tampak cukup bagus dan menghibur. Sangat cocok digunakan untuk video berdurasi pendek.

9. Film Maker Pro

Film-Maker-Pro

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa membuat video seperti seorang profesional. Meskipun baru pemula tetapi fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini cukup bisa diandalkan untuk membuat video berkualitas tinggi. Terdapat berbagai fitur seperti menambah efek, teks, musik dan melakukan transisi.

10. Movie Maker for YouTube & Instagram

Movie-Maker-for-YouTube-Instagram

Sesuai namanya, aplikasi ini memang khusus diciptakan untuk Anda yang suka membuat video singkat di kedua media sosial tersebut. Meskipun aplikasi ini gratis tetapi fitur yang dimilikinya lumayan bagus sehingga cukup diminati.

πŸ‘‰ Trending  7 Cara Cek Nomor Indosat

Aplikasi ini memberikan berbagai efek untuk membuat video tampak lebih keren dan terlihat menarik. Sangat cocok digunakan bagi para content creator atau influencer yang ingin membuat video dengan tampilan yang sedang tren.

Aplikasi Edit Terbaik HP Iphone

Selain Android, pengguna Iphone atau Ipad di tanah air sebenarnya juga cukup banyak terutama dari kalangan profesional. Jadi, jika Anda pengguna Iphone dan ingin mengedit atau edit video menggunakan Iphone makam deretan aplikasi di bawah ini perlu Anda coba.

1. iMovie

iMovie

Aplikasi ini merupakan software resmi buatan Apple yang bisa digunakan secara gratis bagi para pengguna perangkat Apple. Meskipun gratis tetapi hasilnya lumayan bagus akan Anda bisa menggunakannya untuk mengedit video beresolusi 4K.

πŸ‘‰ Trending  Call Center BPJS Kesehatan 24 Jam

Dengan 14 template trailer, 10 filter berbeda, dan 8 tema yang unik membuat aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat video yang unik. Tidak hanya itu, salah satu kelebihan yang banyak disukai dari aplikasi ini adalah video yang Anda buat tidak akan memiliki Watermark yang mengganggu.

2. Videoshop

Videoshop

Aplikasi ini banyak disukai karena selain bisa edit video Anda juga bisa sekalian merekam video secara langsung. Fitur yang dimilikinya juga banyak seperti penambah teks, mempercantik hasil akhir, hingga menambah layer secara terpisah lalu digabungkan menjadi satu. Sangat praktis dan efisien digunakan.

Pada dasarnya aplikasi ini bisa diunduh secara gratis namun jika Anda menginginkan berbagai filter dan efek yang lebih menarik maka Anda harus membelinya agar hasil akhir video terlihat semakin bagus.

3. Pinnacle Studio Pro

Pinnacle-Studio-Pro

Meskipun Anda harus membayar jika ingin menggunakan aplikasi ini tetapi aplikasi ini dijamin memberikan hasil yang lebih baik. Meski fitur yang dimilikinya sangat lengkap tetapi tampilan antarmuka atau interface yang dimilikinya sangat sederhana sehingga cepat dan mudah digunakan.

πŸ‘‰ Trending  2 Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Online dan Offline

Bahkan bisa dikatakan jika hasil dari aplikasiedit ini terlihat lebih profesional karena memiliki fitur yang lebih canggih. Tidak hanya itu, Anda juga bisa langsung mengunduh video tersebut ke berbagai media sosial yang dimiliki.

4. Magisto

Magisto

Meskipun gratis tetapi aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik sehingga memudahkan Anda untuk mengedit serta mengunggah video tersebut. Ada banyak tema, musik, filter, dan sebagainyaΒ  yang bisa dipilih sesuka hati. Menariknya, aplikasi ini bisa digunakan mulai untuk Iphone 6 hingga tipe terbaru.

5. LumaFX

LumaFX

Fitur yang dimiliki aplikasi ini sangat kompleks terutama fitur yang berguna untuk mengoreksi dan menyesuaikan warna video. Terdapat berbagai efek warna seperti blur,gaya, distorsi, dan efek pixel yang bisa membuat video Anda lebih menarik.

Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa menggunakan keyfarming serta parameter individu untuk setiap warna dan efek yang digunakan. Didukung dengan kapasitas video yang besar dengan berbagai fps membuat aplikasi berbayar ini menjadi salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk dicoba.

πŸ‘‰ Trending  5 Cara Setor Tunai Bank BCA

6. Splice

Splice

Aplikasi gratis ini mampu memberikan hasil editan yang bagus serta tanpa memberikan tanda watermark apa pun. Fitur yang dimilikinya lumayan sederhana namun jika Anda ingin yang lebih kompleks maka Anda perlu memasukkannya sendiri secara manual.

Karena jumlah fitur yang dimilikinya cukup banyak maka banyak yang beranggapan jika aplikasi ini lumayan mirip dengan aplikasi edit di komputer atau PC. Dengan ini Anda tidak hanya bisa memotong video tetapi juga memberikan filter, musik, serta masih banyak lagi.

7. Videoleap Editor by Lightricks

Videoleap-Editor-by-Lightricks

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang sering digunakan oleh editor profesional. Dengan begitu,kualitas video yang diedit menggunakan software ini tentu akan lebih terjamin. Jika Anda menginginkan fitur yang lebih baik maka Anda bisa memilih versi berbayar dengan membayar sekitar US$150 per tahun.

πŸ‘‰ Trending  Kertas Ukuran A2: Jenis, Harga dan Penggunaannya

8. Adobe Premiere Rush for Video

Adobe-Premiere-Rush-for-Video

Aplikasi ini merupakan versi yang lebih ringan dari Adobe Premiere Pro. Meski begitu tatapi fitur-fitur yang dimilikinya cukup beragam dan mudah dipahami sehingga sangat cocok digunakan untuk pemula. Tampilannya juga sangat user friendly sehingga mudah digunakan.

Meskipun aplikasi ini bisa diunduh secara gratis tetapi Anda tidak bisa sembarangan menggunakannya. Anda harus memiliki akun Adobe lebih dahulu. Setelah itu baru Anda bisa mulai membuat video baik secara manual maupun otomatis.

9. Video Crop

Video-Crop

Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi memotong video agar durasinya berkurang. Meskipun fungsi utamanya sederhana tetapi aplikasi ini bisa menjadi pelengkap aplikasi edit yang Anda miliki sekarang. Selain gratis, ukurannya sangat ringan sehingga tidak memberatkan perangkat dan mudah digunakan.

10. InShot

InShot

Aplikasi ini sangat cocok bagi pemula karena ringan dan mudah digunakan. Meski begitu,fitur-fitur yang dimilikinya sebenarnya cukup standar tetapi ada fitur yang sangat menarik yaitu fitur membagikan video ke media sosial dengan resolusi tinggi alias High Definition (HD).

πŸ‘‰ Trending  CIMB Niaga Call Center

Jika Anda ingin fitur yang lebih banyak dan lebih menarik, tersedia opsi berbayar yang bisa dipilih dengan membayar sekitar US$35 saja.

Sebenarnya ada banyak aplikasi edit video di hp yang bisa digunakan. Meskipun aplikasi yang berbayar memberikan fitur dan efek yang lebih banyak tetapi ada juga aplikasi gratis yang memiliki fitur tidak kalah menarik. Hanya saja Anda masih harus mencari aplikasi mana yang tepat untuk digunakan.

Β