2 Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Online dan Offline

Ada dua cara berhenti berlangganan IndiHome, yaitu datang langsung ke kantor atau by phone. IndiHome sendiri termasuk salah satu layanan komunikasi dan data yang paling populer di Tanah Air, yang menyediakan internet, telepon rumah, dan televisi interaktif.

Namun, IndiHome juga dikenal memiliki sejumlah masalah yang kerap membuat sebagian pelanggan menjadi geram dan akhirnya ingin stop berlangganan. Apakah Anda termasuk salah satunya? Maka inilah yang bisa Anda lakukan untuk berhenti menggunakan IndiHome.

Alasan Berhenti Langganan IndiHome

Alasan-Berhenti-Langganan-IndiHome

Alasannya sebenarnya sangat bermacam-macam tergantung masing-masing orang, tapi berdasarkan informasi online yang ada saat ini, kebanyakan pengguna IndiHome berhenti langganan karena beberapa hal seperti berikut:

  • Biaya tagihan dalam 1-3 bulan aman sesuai dengan perjanjian, tapi tiba-tiba bulan keempat dan selanjutnya naik tiba-tiba dan tanpa ada pemberitahuan. Kadang juga ada rincian tagihan yang detailnya tidak jelas atau tidak transparan.
  • Internet mati di jam-jam tertentu dan rutin, misalnya setiap jam 7 malam atau setiap jam 8 pagi dan hampir setiap hari atau selama 3 hari berturut-turut dalam seminggu.
  • FUP (Fair Usage Policy) berubah-ubah dalam beberapa bulan atau hampir setiap bulan, jadi tidak sesuai dengan perjanjian awal.
  • FUP sendiri adalah batas kuota yang diberikan oleh pihak IndiHome kepada Anda. Jika Anda menggunakan internet lebih dari batas ini, biasanya kecepatan internet akan otomatis melambat / lemot karena memang dikurangi oleh pihak provider.
  • Saat cuaca sedang tidak bersahabat, koneksi internet menjadi tidak stabil dan bahkan down.
  • Kecepatan internet menjadi lambat padahal FUP masih banyak.
๐Ÿ‘‰ Trending  19 Situs Nonton Drakor

Beberapa hal di atas sebenarnya masih dapat diatasi dengan cara komunikasi yang baik antara pihak pelanggan (Anda) dengan pihak provider (IndiHome). Anda bisa coba konfirmasi dulu via telepon atau datang langsung ke kantor dan tanyakan kejelasannya.

Jika sudah melakukan konfirmasi tapi masalah yang sama masih terus berulang, mungkin memang sebaiknya Anda berhenti berlangganan dan ganti provider.

๐Ÿ‘‰ Trending  188 Nomor Apa

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

1. Secara Offline

Secara-Offline

Jika kebetulan jarak rumah Anda cukup dekat dengan kantor cabang Telkom, atau mungkin Anda sering melewatinya saat perjalanan ke tempat kerja, maka Anda bisa berhenti berlangganan IndiHome secara offline dengan terlebih dulu menyiapkan beberapa persyaratan berikut ini:

  • Fotocopy atau scan e-KTP milik Anda atau anggota keluarga di rumah yang terdaftar sebagai pelanggan Indihome (satu lembar saja).
  • Lampirkan satu lembar bukti pembayaran tagihan Indihome Anda saat bulan terakhir.
  • Bawa satu atau beberapa perangkat Indihome yang saat awal pemasangan memang hanya dipinjamkan, bukan diberikan. Biasanya, perangkat yang dimaksud berupa modem atau router. Sedangkan untuk Anda yang juga berlangganan TV kabel, ada perangkat lain yang juga perlu dikembalikan yaitu STB Box.
  • Jika semua persyaratan di atas sudah lengkap, Anda bisa langsung datang ke kantor Telkom dan mengambil nomor antrian seperti pada umumnya.
  • Lalu setelah tiba giliran Anda, silahkan langsung sampaikan maksud Anda kepada CS dan Anda akan dipandu oleh CS yang bersangkutan. Secara keseluruhan, prosesnya tidak akan lama. Justru biasanya waktu mengantrinya yang memakan waktu.
๐Ÿ‘‰ Trending  CIMB Niaga Call Center

2. Secara Online

Secara-Online

Cara berhenti berlangganan IndiHome via online sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengantri atau memang jarak rumah dan kantor cukup jauh. Secara online, ada beberapa cara nih yang bisa pilih, yaitu:

Hubungi Call Center

Call center umumnya tersedia 24 jam sehingga Anda bisa menghubunginya kapan saja, tidak seperti pegawai kantor yang hanya bisa didatangi saat jam kerja.

๐Ÿ‘‰ Trending  10 Situs Download Film Indonesia

Meski termasuk lebih praktis dan tidak perlu memikirkan uang bensin, tapi ada pulsa yang harus Anda sediakan ya, setidaknya sekitar Rp 25.000. Hal ini karena biaya telepon ke call center termasuk mahal, yaitu lebih dari Rp 1.000 per menitnya.

Jika Anda membutuhkan sekitar 20 menit saja, maka sudah menghabiskan lebih dari Rp 20.000. Hal penting lain yang perlu Anda disiapkan adalah ID pelanggan Anda dan KTP. Selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Hubungi call center IndiHome di nomor โ€œ147โ€.
  • Jika sudah tersambung, Anda bisa langsung sampaikan maksud dan tujuan kepada petugas yang menerima telepon Anda.
  • Biasanya, petugas akan melakukan verifikasi data terlebih dulu dengan menanyakan nama lengkap Anda, ID pelanggan Anda, nomor KTP Anda, nomor hp yang aktif / bisa dihubungi, alasan mengapa Anda ingin berhenti berlangganan, dan beberapa pertanyaan terkait yang lain.
  • Selain itu, petugas biasanya juga akan mengajukan pertanyaan terkait tagihan IndiHome Anda di bulan tersebut, apakah sudah lunas atau belum dibayar.
  • Selanjutnya petugas akan memberikan informasi terkait aturan pembatalan dan tata cara pengembalian peralatan yang dipinjamkan pihak IndiHome. Biasanya ada dua opsi nih, yaitu Anda kembalikan sendiri ke kantor atau minta petugas untuk datang ke rumah.
  • Jika semuanya sudah beres, proses pemutusan biasanya tidak akan lama setelah Anda menutup telepon.
๐Ÿ‘‰ Trending  Daftar Ukuran ID Card

Lewat Media Sosial

Instagram dan Twitter adalah dua aplikasi media sosial yang paling aktif digunakan oleh IndiHome, jadi jika Anda ingin melakukan pemutusan langganan tapi tidak ingin kehilangan banyak pulsa, bisa banget nih mencoba cara ini.

Tapi tunggu dulu, sebelumnya Anda juga harus tahu bahwa cara ini memiliki kekurangan, yaitu respon dan proses yang tidak instan.

๐Ÿ‘‰ Trending  20 Aplikasi Edit Video

Hal ini karena jumlah pelanggan atau non pelanggan yang menghubungi akun media sosial IndiHome pastinya ada banyak sekali, jadi Anda harus mengantri untuk mendapat balasan. Caranya sendiri sangat mudah kok, Anda hanya perlu lakukan dua langkah berikut ini:

  • Jika memilih menggunakan Twitter, Anda bisa cari username @IndiHome, dan jika lebih suka menggunakan Instagram, maka Anda bisa temukan akun IndiHome dengan mengetik @indihome.
  • Jika sudah menemukan akunnya, langsung saja kirim pesan (DM) dan sampaikan maksud Anda.
  • Pada balasan pertama, biasanya petugas akan meminta Anda untuk mempertimbangkan lebih dulu tentang keputusan Anda berhenti berlangganan dan apa alasannya. Jika memang sudah yakin, langsung saja sebutkan alasan Anda dan petugas akan memberikan panduan berikutnya.
  • Sedangkan untuk alat-alat yang dipinjamkan, Anda bisa pastikan dulu apakah Anda yang harus mengembalikannya ke kantor atau ada petugas yang nantinya datang ke rumah untuk mengambil, dan selesai. Mudah banget, kan?
๐Ÿ‘‰ Trending  5 Cara Setor Tunai Bank BCA

Sebagai informasi tambahan, sebelum mengembalikan alat-alat tadi sebaiknya Anda cek dulu dengan lengkap ya, perhatikan apakah ada yang kotor atau rusak.

Jika kotor bisa Anda bersihkan terlebih dulu tapi jika ada yang rusak sebaiknya siapkan uang jika nantinya Anda diminta untuk mengganti rugi. Jumlahnya sendiri tergantung dari seberapa kerusakan yang ada dan tergantung kebijakan dari pihak IndiHome.

๐Ÿ‘‰ Trending  Alamat Bank Mandiri

Satu lagi, jika dalam 1 x 24 jam setelah Anda melakukan pengajuan berhenti langganan ternyata internet Anda masih menyala, maka Anda harus segera melapor kembali terutama jika waktu pengajuan adalah akhir bulan. Karena jika sudah ganti bulan, biasanya Anda akan dikenakan tagihan bulan berikutnya.

Berdasarkan informasi di atas, bisa disimpulkan bahwa cara berhenti berlangganan IndiHome sebenarnya sangat mudah, baik secara offline atau pun online. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang selanjutnya bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kondisi Anda masing-masing.

๐Ÿ‘‰ Trending  Call Center BPJS Kesehatan 24 Jam

ย 

ย 

ย 

Situs Pendukung :