4 Cara Mengganti Background Zoom di HP dan Laptop Meeting

Seiring aplikasi Zoom sering digunakan untuk keperluan sekolah maupun kerja, maka cara mengganti background Zoom juga akan menjadi salah satu jenis informasi yang sering dicari oleh kebanyakan orang. Penggantian background Zoom ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang merasa latar belakang videonya saat itu tidak sesuai atau tidak ingin diketahui oleh orang lain, sehingga untuk mengganti background pada videonya, mereka harus menerapkan cara ini.

Fitur ini termasuk salah satu fitur unggulan yang ada di dalam aplikasi Zoom. Maka dari itu, tidak mengherankan jika semakin hari semakin meningkat pengguna aplikasi ini. Sementara itu, untuk cara mengganti background Zoom sendiri sebenarnya cukup beragam.

Ada yang bisa dilakukan melalui HP, ada juga yang bisa dilakukan melalui laptop, dan ada juga yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur aplikasi tertentu. Yang terpenting, kamu mengetahui cara-caranya dengan baik.

Ini Cara Mengganti Background Zoom Tanpa Kendala

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang cara mengganti background Zoom, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu aplikasi Zoom. Aplikasi Zoom adalah jasa konferensi video online yang dapat digunakan untuk melakukan pertemuan/meeting secara virtual.

Dengan era digital yang semakin canggih seperti sekarang ini, tentu aplikasi yang sejenis ini akan sangat dibutuhkan. Apalagi, Zoom sendiri memiliki beberapa fitur menarik di dalamnya, dan salah satunya adalah penggantian background pada video ini. Lalu, bagaimana cara mengganti background Zoom?

👉 Trending  KRWhatsApp V8.0

1. Cara Mengganti Background Zoom Menggunakan Perangkat Laptop

Laptop memang menjadi salah satu jenis perangkat yang sering digunakan oleh banyak orang ketika hendak melakukan pertemuan virtual melalui aplikasi Zoom. Sehingga, ketika kamu sedang mencari cara terkait hal ini, maka kamu juga perlu mencari cara yang bisa dilakukan langsung lewat perangkat laptop.

Biasanya, penggantian background ini juga sering dilakukan dengan alasan pihak penyelenggara ingin masing-masing anggota menggunakan background yang seragam atau sama semua. Maka dari itu, kamu perlu memahami cara-caranya berikut ini:

  • Buka aplikasi Zoom yang sudah terpasang di perangkat laptop yang akan digunakan dalam pertemuan virtual itu.
  • Setelah mengakses aplikasi Zoom pada perangkat laptop, sekarang kamu bisa langsung login dengan mengisi data akun Zoom milikmu yang sudah terdaftar. Jadi, untuk kamu yang belum pernah mendaftar, kamu wajib mendaftar terlebih dahulu.
  • Ketika kamu sudah melakukan tahapan login, nanti kamu akan diperlihatkan halaman utama aplikasi, dan di tahapan ini kamu perlu mengklik opsi pengaturan yang bersimbolkan gear.
  • Kemudian pilih menu yang bernama “Background & Filters” untuk melanjutkan tahapan penggantian background ini.
  • Setelah memasuki menu tersebut, kamu bisa memilih opsi lain yang bernama “Virtual Background”. Nantinya, kamu akan diberi pilihan yang sangat beragam, sehingga kamu bisa memilih sendiri latar belakang video yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.
👉 Trending  Download Real Moto v1.1.42 Apk + Mod (Unlimited Fuel + Data)

Setelah-memasuki-menu-tersebut-kamu-bisa-memilih-opsi-lain-yang-bernama-Virtual-Background

  • Namun, jika ketika kamu melihat-lihat pilihan tersebut dan tidak kunjung mendapat gambar atau background yang sesuai, dan lebih puas ketika menggunakan background milik sendiri, maka kamu bisa mengklik simbol “+”.
  • Selanjutnya, kamu bisa mencari file foto yang ada di dalam perangkatmu, untuk kamu jadikan virtual background pada pertemuan di aplikasi Zoom tersebut.
  • Background sudah berhasil terganti sesuai dengan kebutuhan serta keinginanmu.

2. Cara Mengganti Background Zoom Menggunakan Perangkat HP

Selain laptop, kamu juga bisa mengakses aplikasi Zoom dengan menggunakan perangkat HP. Biasanya, metode ini akan digunakan oleh orang-orang yang tidak memiliki laptop atau malas ribet dengan menyalakan perangkat laptop yang dimilikinya.

Untuk mengganti background Zoom dengan menggunakan perangkat HP, juga memiliki cara yang tidak kalah mudah. Jadi, hal ini tidak akan menyulitkanmu ketika harus melakukan metode ini. Berikut adalah berbagai macam tahapan yang perlu kamu lakukan untuk mengganti background Zoom melalui HP:

  • Pastikan aplikasi Zoom yang terpasang di perangkat HPmu sudah dalam versi yang terbaru, dan khusus untuk para pengguna HP berbasis Android, fitur ini hanya bisa digunakan untuk HP Android yang sudah dalam versi 8 ke atas.
  • Setelah memastikan hal tersebut, sekarang kamu bisa langsung membuka dan mengakses aplikasi Zoom dengan melakukan login menggunakan akunmu.
  • Kemudian kamu bisa bergabung dengan pertemuan virtual yang sesuai tujuanmu, dan disini kamu bisa mengklik tombol titik 3 atau “More”. Biasanya opsi ini akan terletak di bagian bawah kanan.
  • Pilih menu “Virtual Background” untuk mencari pilihan background yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginanmu.
👉 Trending  Download – Free Fire MAX MOD APK v2.65.1 Terbaru 2021

Pilih-menu-Virtual-Background-untuk-mencari-pilihan-background-yang-sesuai-dengan-kebutuhan-serta-keinginanmu

  • Jika kamu masih belum mendapatkan pilihan yang sesuai, kamu bisa mengunggah dan menggunakan gambar background yang kamu miliki. Caranya dengan mengklik tombol “+” dan pilih file dari dalam HPmu.
  • Selesai, secara otomatis background pada aplikasi Zoom akan terganti.

3. Cara Memperbaiki Background Zoom yang Terbalik

Fitur di dalam aplikasi Zoom, tidak hanya bisa untuk mengganti background saja, tapi ada juga fitur yang dapat membantumu dalam memperbaiki background Zoom yang terbalik. Jadi, cara ini juga tidak kalah penting dengan cara mengganti background Zoom.

Biasanya, kendala yang seperti ini akan terjadi ketika sistem mirroring pada aplikasi Zoom milikmu diaktifkan. Memang tidak jarang dari para pengguna tidak menyadari akan hal ini. Maka dari itu, ketika kamu mengalami permasalahan seperti ini, kamu tidak perlu khawatir, segera saja lakukan cara ini:

  • Buka aplikasi Zoom pada perangkat yang akan kamu gunakan. Dalam tahapan ini, kamu bisa melakukannya dengan perangkat laptop maupun HP.
  • Ketika halaman utama aplikasi sudah terlihat, kamu bisa login dengan menggunakan akunmu, dan langsung ikut atau join dengan pertemuan virtual yang sesuai tujuanmu.
  • Kemudian klik tombol yang berbentuk panah ke atas, biasanya akan terletak di sambil simbol video.
  • Jika sudah ketemu, kamu bisa langsung mengklik opsi “Pengaturan Video” untuk mengatur background yang terbalik ini.
👉 Trending  10 Aplikasi Remot Kontrol TV

Jika-sudah-ketemu-kamu-bisa-langsung-mengklik-opsi-Pengaturan-Video-untuk-mengatur-background-yang-terbalik-ini

  • Untuk memperbaiki kendala background ini, kamu bisa mengklik opsi “Mirror My Video”. Pastikan ketika kamu mengkliknya, tombol sudah menunjukkan tanda bahwa fitur tersebut sudah tidak aktif lagi. Sebab, jika fitur tersebut masih aktif, maka background pada videomu akan tetap terbalik.

4. Cara Memperbaiki Background Zoom yang Menyatu dengan Wajah

Kendala ini juga sering terjadi. Biasanya, kendala ini bisa membuat anggota pertemuan tidak fokus, ketika ada salah satu pembicara atau anggota lain yang wajahnya tertutup dengan background yang digunakannya.

Jika kendala ini muncul dalam pertemuan yang tidak terlalu formal, atau di pertemuan sekitar teman-teman saja, maka tidak akan menjadi masalah. Namun, hal ini akan berbeda jika kendala ini muncul ketika kamu sedang menghadiri pertemuan yang formal. Maka dari itu, simak dengan baik cara-cara berikut ini:

  • Langkah utama untuk menghindari kendala ini bisa terjadi kepada videomu, kamu perlu menggunakan latar belakang atau background yang rata dan bersih. Misal seperti kain atau dinding yang polos.
  • Setelah memastikan background yang digunakan rata dan bersih, sekarang kamu perlu menekan tombol atau opsi “Pick Colour”.
👉 Trending  Aplikasi Edit PDF Online dan Offline

Setelah-memastikan-background-yang-digunakan-rata-dan-bersih-sekarang-kamu-perlu-menekan-tombol-atau-opsi-Pick-Colour.

  • Jika sudah berhasil menekan opsi tersebut, sekarang kamu bisa menonaktifkan fitur green screen, dengan mengklik opsi “I Have Green Screen” di bagian bawah opsi “Pick Colour”. Pastikan kamu benar-benar menghilangkan simbol centang pada bagian tersebut.
  • Ketika simbol centang sudah dihilangkan dan fitur green screen telah dinonaktifkan, maka kamu bisa kembali lagi ke halaman video pertemuan tadi. Nanti, hasil akhir dari pengaturan virtual background ini bisa langsung kamu lihat.

Panduan dalam Menyiapkan Background Zoom

Setelah memahami cara mengganti background Zoom di atas, sekarang kamu bisa memahami cara menyiapkan background Zoom dengan tepat. Sebab, kedua tahapan ini termasuk dasar dalam penggunaan aplikasi Zoom, sehingga para penggunanya wajib mengetahui informasi ini dengan jelas.

Ketika kamu menerapkan cara-cara ini ke dalam video pertemuanmu, maka hasil akhir virtual background yang kamu gunakan akan terlihat lebih menarik dan bagus. Jadi, simak dengan baik tahapan-tahapannya berikut ini:

👉 Trending  PicsArt Pro Mod Apk

1. Mempersiapkan Background Zoom yang akan Digunakan

Mempersiapkan-Background-Zoom-yang-akan-Digunakan

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan background Zoom yang bagus. Tips-tips di bawah ini bisa kamu lakukan ketika sedang mempersiapkan background Zoom yang akan kamu gunakan, yaitu:

  • Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam penggunaan background Zoom, biasanya aplikasi ini akan merekomendasikan penggunaan latar yang berkontras tinggi dengan warna yang solid. Dalam hal ini, kamu perlu memilih warna latar matt, karena jenis warna ini tidak akan memantulkan cahaya.
  • Pastikan latar belakang yang kamu gunakan berada di dekatmu, supaya hasilnya tidak akan terlihat aneh.
  • Pastikan warna baju yang kamu gunakan tidak sama dengan warna background dari videomu, supaya kamu tidak akan tertutup dengan background tersebut.

2. Memastikan Kualitas Kamera

Memastikan-Kualitas-Kamera

Kualitas kamera juga akan berpengaruh dengan hasil background Zoom yang akan kamu gunakan. Maka dari itu, sebelum kamu masuk ke pertemuan virtual tujuanmu, kamu perlu menyiapkan background videomu dengan memperhatikan kualitas kamera yang sedang kamu gunakan.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ke kehidupan nyata, ketika sedang mempersiapkan background Zoom untuk menghadiri pertemuan virtual di aplikasi ini, yaitu:

  • Baik ketika kamu menggunakan kamera komputer, laptop, maupun HP, kamu wajib memastikan kamera tersebut tidak terhalang kotoran atau sesuatu yang mengganjal lainnya. Pastikan kamera dalam keadaan yang bersih dan tidak terganggu oleh jenis kotoran apapun itu.
  • Semakin kualitas kamera memiliki level yang tinggi, maka background virtual pada aplikasi Zoom juga akan menunjukkan hasil yang lebih bagus. Idealnya, kamu bisa menggunakan sebuah produk webcam external yang bisa kamu beli dengan harga yang cukup terjangkau.
  • Pastikan kamera tidak sedang dalam keadaan rusak, dan masih memiliki kualitas yang mumpuni.
👉 Trending  Aplikasi Quotes

3. Memastikan Pencahayaan Sesuai dengan yang Dibutuhkan

Memastikan-Pencahayaan-Sesuai-dengan-yang-Dibutuhkan

Tidak hanya kualitas background dan kamera saja yang perlu kamu perhatikan dalam tahapan ini, tapi kualitas pencahayaan pun juga wajib kamu atur sebaik mungkin. Biasanya, beberapa orang akan mengabaikan hal ini, sehingga hasil background yang digunakan tidak terlalu memuaskan.

Untuk menghasilkan background Zoom yang memuaskan dan bagus, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Usahakan untuk memiliki cahaya yang merata di seluruh ruangan dimana kamu mengambil video tersebut. Dalam hal ini, kamu tidak boleh menggunakan pencahayaan yang sebelah gelap dan sebelah terang, begitu pun juga sebaliknya.
  • Jangan mengambil video atau mengikuti pertemuan virtual melalui Zoom di tempat yang dekat jendela. Sebab, cahaya matahari dapat membuat layar buram, sehingga hasil background akan terlihat jelek. Selain itu, kamu juga perlu mengingat bahwa matahari akan terus bergerak.
  • Usahakan untuk menempatkan lampu kecil yang terang di depanmu, supaya kamu bisa mendapatkan tampilan yang memberikan kesan profesional. Sekarang, kamu bisa menemukan macam-macam lampu seperti ini di toko-toko online.
👉 Trending  Download Real Moto v1.1.42 Apk + Mod (Unlimited Fuel + Data)

4. Pemilihan Gambar Background yang akan Digunakan

Pemilihan-Gambar-Background-yang-akan-Digunakan

Supaya tidak terlalu sering menggunakan cara mengganti background Zoom, kamu bisa lebih memperhatikan gambar background yang akan digunakan. Meskipun cara mengganti background Zoom tergolong mudah, tapi hal ini akan terasa ribet jika dilakukan di sela-sela pertemuan virtual yang penting.

Untuk tips dalam pemilihan gambar background yang akan digunakan adalah seperti berikut ini:

  • Usahakan untuk menggunakan gambar yang berkualitas tinggi serta resolusinya juga harus tepat.
  • Biasanya, pihak aplikasi akan memberikan rekomendasi gambar background dengan rasio aspek 16:9 dengan minimal resolusi 1280 x 720 piksel. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan rekomendasi ini dengan baik.
  • Selain itu, untuk penggunaan video background, umumnya pihak aplikasi akan merekomendasikan file MP4 atau MOV, dengan resolusi minimum 480 x 360 piksel sampai angka maksimalnya adalah 1920 x 1080 piksel. Dalam hal ini kamu juga bisa mengikuti rekomendasi ini.
  • Semisal gambar background yang akan kamu gunakan mengandung teks, maka kamu bisa mengosongkan simbol centang di opsi “Mirror My Video”. Tahapan ini bertujuan supaya background tidak terbalik.
  • Jika kamu lupa melakukan tahapan-tahapan di atas dan menggunakan gambar background yang tidak sesuai, kamu bisa menggantinya dengan mengikuti cara mengganti background Zoom yang telah kami sebutkan sebelumnya. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan background yang sesuai.
👉 Trending  Like Share Apk

Pentingnya Mengatur dan Mengganti Background Zoom yang Tidak Sesuai

Pentingnya-Mengatur-dan-Mengganti-Background-Zoom-yang-Tidak-Sesuai

Mengapa sejak awal bisa kami katakan cara mengatur background Zoom termasuk salah satu jenis informasi yang penting untuk diketahui oleh para pengguna aplikasi ini? Sebab, tak disangka background Zoom akan memengaruhi berjalannya pertemuan virtual yang sedang kamu lakukan.

Ketika kamu menggunakan background Zoom yang tidak sesuai atau terlalu terang misalnya, hal ini dapat membuat anggota pertemuan lainnya merasa tidak fokus. Sebab, background yang kamu gunakan terlalu mencolok dan mungkin berbeda sendiri.

Namun, ketika kamu sejak awal sudah mempersiapkan dan mengatur background Zoom yang akan kamu gunakan, hal ini tidak akan terjadi. Sehingga, pertemuan akan berjalan dengan lebih lancar, dan tidak ada gangguan yang dapat membuyarkan fokus dari setiap anggota disana.

Maka dari itu, jika kamu sudah terlanjur menggunakan background yang ternyata membuat anggota lain kehilangan fokus, kamu bisa langsung menggantinya dengan menerapkan cara-cara mengganti background Zoom yang ada di atas. Pastikan kamu melakukan tahapan-tahapannya secara tepat.

👉 Trending  GTA SA Lite Apk Download + OBB Bahasa Indonesia 2021

Akhir Kata

Kesimpulan dari artikel ini adalah, cara mengganti background Zoom termasuk tahapan yang sangat mudah untuk dilakukan oleh semua kalangan, karena untuk melakukannya kamu tidak membutuhkan ilmu khusus yang terlalu rumit.

Hanya dengan memahami cara-cara di atas, kamu sudah bisa mengganti background Zoom yang sedang kamu gunakan dengan gambar lainnya. Dengan demikian, background dapat lebih sesuai dengan kebutuhan pertemuan yang sedang kamu ikuti.

Sampai disini saja pembahasan kita mengenai cara mengganti background Zoom. Kami harap dengan adanya artikel ini, banyak orang akan merasa terbantu.

 

Lihat Juga :