Aplikasi-PicsArt

11 Aplikasi Edit Foto Kekinian untuk Android & Iphone

kolamgue.com – Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, masyakarat semakin mudah dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Salah satunya di bidang fotografi, yang dahulunya memerlukan aplikasi berat baik itu untuk laptop atau handphone, namun sekarang sudah dipermudah dengan aplikasi edit foto.

Aplikasi yang dikhususnya untuk mengedit foto memiliki berbagai jenis kelebihan dan yang lebih menguntungkan ialah aplikasinya tidak hanya ada satu jenis namun berbagai jenis telah dikembangkan untuk mempermudah segala kegiatan kamu di bidang fotografi.

Selain itu, kamu juga tidak memerlukan laptop untuk melakukan bisa mengedit sebuah foto, melalui ponsel yang kamu punya, edit foto akan terasa nyata dan hasilnya setara dengan tools yang ada di laptop. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi edit foto yang kamu bisa gunakan.

Daftar Aplikasi Edit Foto Kekinian

1. Aplikasi PicsArt

Aplikasi-PicsArt

Merupakan satu dari sekian aplikasi edit foto yang banyak digunakan oleh kalangan pecinta fotografi. Dengan adanya aplikasi PicsArt, kamu bisa melakukan editing foto secara mudah dan tidak memerlukan waktu lama.

Ada berbagai fitur yang bisa kamu pakai dalam aplikasi PicsArt. Seperti menghapus atau remove background, memotong bagian foto, menambahkan beberapa kata sampai mengubah warna dari gambar aslinya.

Pada umumnya, seseorang menggunakan aplikasi PicsArt untuk menggunakan overlays. Teknik overlays merupakan salah satu teknik mengedit atau berkreasi agar foto terlihat memiliki shadow atau bayangan.

👉 Trending  Aplikasi Edit Video

Fitur – Fitur Aplikasi PicsArt

  • Tool : Di bagian tool biasanya terdapat beberapa bagian yang bisa kamu pakai untuk mempercepat proses editing.
  • Effect : Dalam fitur effect kamu bisa memilih berbagai jenis warna yang menurut kamu cocok dipakai.
  • Add photo : Fitur ini berfungsi untuk menambka foto yang ingin kamu edit selain foto pertama
  • Crop : Kamu bisa menghilangkan bagian foto yang tidak kamu kehendaki menggunakan fitur crop.
  • Rotate : Untuk mengubah atau mengatur ulang posisi, kamu bisa menggunakan fitur rotate mulai dari 0 derajat sampai 269 derajat.
  • Adjust Color : Selain fitur effect, kamu juga bisa menggunakan fitur adjust color untuk mengatur lebih detail warna yang ingin dipakai.
  • Frame : Dalam proses editing, penting untuk kamu memahami frame atau bingkai. Fitur ini bukanlah fitur wajib, namun di dalamnya ada berbagai jenis bingkai yang bisa kamu pakai.
  • Stiker : Layaknya melakukan chattingan, kamu bisa mengedit foto dengan menambahkan stiker.
  • Teks : Selain stiker, kamu juga memiliki kesempatan untuk mencoba fitur teks agar fotomu bisa memiliki kata ataupun kalimat.
  • Grafik clipart : Berguna untuk mengimpor berupa foto ataupun file ataupun dokumen ke dalam dokumen lain atau format lain.
👉 Trending  Download – Guardian APK Tanpa Root Mod Terbaru 2021

2. Aplikasi Adobe Photoshop Express

Aplikasi-Adobe-Photoshop-Express

Merupakan aplikasi edit foto yang dirancang untuk masyarakat umum dan digunakan secara gratis. Aplikasi Adobe Photoshop Express tersedia di sistem operasi Andoroid dan juga iOS. Selanjutnya, aplikasi Adobe Photoshop Express juga mensupport ketika digunakan.

Versi sistem operasi Windows 8 dan sistem operasi di atasnya. Aplikasi Adobe Photoshop Express juga mempunyai fitur unggulan untuk memudahkan kamu dalam mengolah foto di perangkat kamu.

Apabila dibandingkan dengan software PC, sudah pasti Adobe Photoshop Express lebih ringan dengan software sederhana mampu menyesuaikan pengguna perangkat mobile.

Fitur – Fitur Aplikasi Adobe Photoshop Express

  • Frame : Kamu bisa menggunakan fitur frame untuk menambahkan bingkai di foto yang ingin kamu edit.
  • Teks : Dengan fitur text kamu bisa menambahkan kata ataupun kalimat di foto kamu serta mengatur ukuran dan jenis fontnya.
  • Crop : Fungsi fitur crop adalah memotong bagian tertentu dari foto yang kamu edit.
  • Filter : Di fitur filter kamu akan menemukan berbagai jenis warna gambar yang bisa kamu pakai untuk mengganti warga foto kamu sesuai dengan warga yang tertera di filter.
  • Blemish Removal : Berfungsi untuk menghilangkan bintik-bintik pada foto yang ingin kamu edit.
👉 Trending  Rekomendasi – Kode Reedem Genshin Impact 2021

3. Aplikasi Adobe Photoshop Lightroom

Aplikasi-Adobe-Photoshop-Lightroom

Aplikasi edit foto ini merupakan salah satu aplikasi keluarga adobe yang dirilis pada tanggal 19 September 2017 yang mendukung sistem operasi Windows 10, Android, Mac OS dan iOS. Adobe sengaja merancang aplikasi yang ringan di bidang pengeditan foto.

Aplikasi Photoshop Lightroom sering dikenal dengan istilah Adobe lightroom. Fitur utama dari aplikasi ini ialah mampu melakukan import export, penyempurnaan fitur mengelola, memberikan tanda, support for new cameras and lenses, menyimpan, melihat.

Lightroom automatically helps you pick your best photos editing, control shadows, midtones, and highlights dengan color grading dan fungsi lainnya.

Kelebihan Aplikasi Adobe Photoshop Lighroom

  • Adanya fitur web sharing.
  • Lightroom presets
  • Fasilitas tool atau fitur yang sangat lengkap.
  • Mensupport format file RAW.
  • Pembuat galeri foto.
  • Fitur pendukung Fotografi.
  • Adanya data terkait history di aplikasi Lighroom.
  • Photo editing.
  • Photo storage and management.

4. Aplikasi VSCO

Aplikasi-VSCO

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Selain aplikasi di atas, para penggembar fotografi juga menggunakan aplikasi VSCO dalam proses editing foto. Uniknya, apabila kamu menggunakan kamera bawaan dari aplikasi VSCO untuk mengambil foto.

Maka foto tersebut akan langung tersimpan di gallery kamu. Berbeda halnya, apabila kamu menggunakan kamera bawaan ponsel, maka ketika kamu ingin menggunakan aplikasi VSCO, kamu harus mengimpor foto dari gallery terlebih dahulu.

👉 Trending  Ini Cara Cheat Higgs Domino Mod Apk Tanpa Root Terbaru 2021

Sederhananya, untuk melakukan import kamu cukup mengklik icon + dan pilih foto yang ingin kamu edit. Selain kesederhanaan tersebut, kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur dari aplikasi ini.

Fitur – Fitur Aplikasi VSCO

  1. Temperatur : Berfungsi untuk memfokuskan warna suhu agar dapat memberi impresi cold atau warm di foto yang kamu edit.
  2. Shadow Save : Berfungsi untuk menyamarkan ataupun memperjelas efek shadow di foto.
  3. Exposure : Berfungsi untuk mensetting pencahayaan di foto kamu yang sedang di edit.
  4. Crop : Memotong bagian foto yang sedang kamu edit sesuai dengan keinginan kamu.
  5. Vertical Perspective : Berfungsi sebagai pilihan terbaik mengoreksi foto yang sedang di edit apabila kamu mengarahkan kamera ke atas ataupun ke bawah.
  6. Horizontal Perspective : Berfungsi untuk mensetting perspektive foto dari kiri atau kanan.
  7. Tint atau Warna : Berfungsi untuk menambah warna hijau apabila kamu menggeser slide ke kiri dan akan berubang menjadi warga ungu apabila kamu menggeser slide ke kanan.
  8. Skin Tone atau Warna Kulit : Berguna untuk memberikan penyesuaian terhadap warna kulit antara menjadi warna kuning atau pink.
  9. Vignette : Berguna untuk merekomendasikan efek vignette di foto kamu yang sedang di edit.
  10. Grain atau Bintik : Tools ini berguna untuk memberikan efek noise di foto.
  11. Fade : Berguna memberikan efek pudar di foto.
  12. Save atau Simpan : Menyiman semua hasil editing.
  13. Higlight Tint : Tool ini berguna untuk memberikan tambahan warna namun hanya mempengaruhi di bagian bayangan.
👉 Trending  Google rancang sendiri chipset untuk Pixel

5. Aplikasi Snapseed

Aplikasi-Snapseed

Untuk selanjutnya, aplikasi edit foto berasal dari Snapseed. Sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Google. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya. Snapseed juga memiliki beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk edit foto.

Fitur – Fitur Aplikasi Snapseed

  1. Tune Image.
  2. Crop.
  3. Transform.
  4. Selective.
  5. Rotate.

6. Aplikasi Pixlr

Aplikasi-Pixlr

Ada berbagai keluhan yang ditimbulkan akibat berada di depan komputer. Tentunya hal tersebut sering dialami oleh editor foto. Untuk mengatasi permasalah tersebut, ada kecanggihan teknologi yang membantu kamu supaya bisa memanfaatkan waktu lebih baik lagi yaitu kehadiran aplikasi.

Pixlr. Merupakan aplikasi edit foto yang tidak jauh beda dengan aplikasi lainnya. Namun kelebihannya, aplikasi ini tidak mengambil banyak ruang di ponsel kamu, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi tentang ruang penyimpanan.

Fitur – Fitur Aplikasi Pixlr

  1. Crop : Berguna untuk memotong atau memangkas bagian foto yang tidak diinginkan.
  2. Autofix : Tools ini berfungsi untuk memutuskan posisi gambar kamu tanpa bantuan editing manual.
  3. Rotate : Kamu bisa memutar posisi foto kamu dari 0o – 269o sesuai keinginan kamu.
  4. Double Exposure & Brushes : Tools ini berguna untuk memberikan efek serta mengubah tampilan foto kamu supaya terlihat berbeda dari sebelumnya.
  5. Remove Background : Kamu bisa menghapus latar belakang dari foto yang kamu edit.
👉 Trending  Download Hot Wheels Infinite Loop 1.3.6 Apk + Mod + Data

7. Aplikasi Photo Lab

Aplikasi-Photo-Lab

Merupakan salah satu aplikasi yang mudah dipahami dan user friendly. Dengan memakai aplikasi ini kamu bisa dengan mudah melakukan editing foto di ponsel kamu. Cukup bermodalkan foto yang akan diedit, kamu bisa menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan Aplikasi Photo Lab

  • User Friendly.
  • Terdapat lebih dari 500 efek dan 16 filter warna.
  • Bisa memakai aplikasi ini tanpa mengeluarkan biaya.
  • Mampu menggabungkan beberapa foto menjadi satu bagian.
  • Menyediakan fitur bokeh atau blur dibagian backgroundnya saja.

8. Aplikasi Canva

Aplikasi-Canva

Sepertinya, semua orang sudah mengetahui aplikasi yang satu ini. Selain menjadi aplikasi edit foto, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk design grafis. Terlebih lagi, aplikasi ini bisa digunakan dalam versi mobile atau desktop.

Canva memberikan kamu dua pilihan yaitu penggunaan aplikasi gratis dan juga berbayar. Tentu kamu bebas untuk memilihnya. Aplikasi gratis belum tentu memiliki fitur yang buruk. Sebagai bukti, aplikasi canvas yang gratis memiliki fitur yang menarilk.

👉 Trending  Koin TikTok Lite Tidak Muncul

Fitur – Fitur Menarik dari Aplikasi Canva

  • Terdapat lebih dari 8000 templete yang disediakan secara gratis.
  • Kustomisasi Teks.
  • Lebih dari 100 icon dan ilustrasi.
  • Pilihan Background yang menarik.

9. Aplikasi Unfold

Aplikasi-Unfold

Merupakan aplikasi edit foto yang umumnya dipakai untuk konten dan story instagram. Bagi kamu yang ingin menginstal aplikasi ini, kamu bisa mendownloadnya di playstore atau appstore. Selain dipakai untuk edit foto, aplikasi ini juga digunakan untuk editing video.

Kelebihan Aplikasi Unfold

  • Bisa mengedit foto dengan cara yang minimalis.
  • Tidak berbayar atau gratis.
  • Fitur yang disediakan terimplementasi berbagai jenis kratifitas.
  • Tidak memakan ruang penyimpanan yang besar.

10. Aplikasi Prisma

Aplikasi-Prisma

Tidak jauh beda dengan aplikasi edit foto lainnya, Prisma merupakan salah satu jenis aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mempermudah kinerja kamu di bagian editing foto. Dengan beberapa filter yang telah disediakan, kamu bisa melakukan berbagai jenis kreatifitas.

Fitur – Fitur Menarik dari Aplikasi Prisma

  1. Exposure : Berguna untuk mengatur cahaya yang akan digunakan pada foto dengan tujuan seberapa terang atau gelap suatu foto yang di edit.
  2. Contrast : Berbeda dengan fitur ini, kamu bisa menggunakannya ketika memilih komposisi pencahayaan warna yang akan kamu gunakan di dalam foto.
  3. Brightness : Berguna untuk mengatur kecerahan suatu cahaya pada warna.
  4. Saturnation : Berguna untuk mengatur intesitas warna pada foto yang kamu sedang edit.
  5. Vibrance : Fitur ini sebelas duabelas dengan fitur saturnation. Letak perbedaannya ialah fitur ini akan hanya meninggikan intensitas warna pada warna yang memiliki tidak tinggi di dalam foto yang sedang di edit.
  6. Crop : Memangkas bagian foto yang tidak ingin kamu tampilkan.
  7. Text : Menambahkan huruf, kata ataupun kalimat pada foto yang kamu sedang edit.
👉 Trending  Cara Mendapatkan Skin Senjata Scar Titan L Full Scar Incubator Gratis 2021

11. Aplikasi PicSay

Aplikasi-PicSay

Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengedit foto kekinian. Aplikasi PicSay mampu memanipulasi gambar atau melakukan proses editing sama canggihnya dengan jenis aplikasi lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang berbayar dan juga gratis.

Fitur – Fitur Aplikasi PicSay

  • Resize : Berfungsi untuk mengatur kembali ukuran foto yang akan di edit.
  • Crop : Berguna untuk memotong foto yang tidak berguna atau tidak dipakai.
  • Menambahkan Text : Kamu bisa menggunakan fitur text untuk kata hingga kalimat di dalam foto.
  • Blur : Fitur ini bisa kamu gunakan untuk menyamarkan background atau bagian foto yang ingin kamu samarkan dengan tujuan objek utamanya akan terlihat lebih tajam.
  • Rotate : Kamu bisa menggunakan tools ini untuk mengubah posisi foto dengan hitungan derajat.
  • Menambahkan Stiker : Layaknya melakukan chattingan, kamu bisa mengedit foto dengan menambahkan stiker.
  • Filter dan Effect : Bisa dibilang fitur ini merupakan fitur yang diinginkan oleh semua orang, pasalnya dengan menggunakan fitur ini kamu tidak memerlukan waktu yang lama dalam proses editing, sebab fitur tersebut memberikan kamu berbagai jenis kreatifitas.
👉 Trending  Download – Twerk Race 3D v1.0.15 APK Terbaru 2021

Cara Mendownload Aplikasi Edit Foto

  • Pastikan perangkat kamu terhubung ke internet dan memiliki koneksi yang stabil.
  • Buka Appstore atau Playstore.
  • Ketikkan nama aplikasi yang ingin kamu pasang di perangkat kamu.
  • Setelah muncul aplikasi yang ingin kamu download, klik unduh atau download.
  • Selanjutnya kamu tinggal menunggu aplikasi tersebut selesai di unduh.
  • Kemudian klik open atau buka ketika proses unduh selesai.
  • Buat akun baru diaplikasi tersebut dan verifikasi akun.
  • Selamat kamu sudah siap menggunakan aplikasi edit foto.

 

Link Download Aplikasi Edit Foto

Link-Download-Aplikasi-Edit-Foto

  1. Aplikasi PicsArt
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.picsart.studio
  2. Aplikasi Adobe Photoshop Express
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.adobe.psmobile
  3. Aplikasi Adobe Photoshop Lightroom
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.adobe.lrmobile
  4. Aplikasi VSCO
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vsco.cam
  5. Aplikasi Snapseed
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.niksoftware.snapseed
  6. Aplikasi Pixlr
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pixlr.express
  7. Aplikasi Photo Lab
    https://play.google.com/store/apps/details?id=vsin.t16_funny_photo
  8. Aplikasi Canva
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.canva.editor
  9. Aplikasi Unfold
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.moonlab.unfold
  10. Aplikasi Prisma
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.neuralprisma
  11. Aplikasi PicSay
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shinycore.picsayfree
👉 Trending  Kode Undangan Heat Up

 

Dari beberapa jenis aplikasi edit foto di atas, semoga ada yang kamu sukai dan bisa kamu pakai secara berkelanjutan. Sebab dengan meminimalisir penggunaan aplikasi yang berat, kinerja kamu dalam bekerja atau berkreatifitas akan semakin meningkat.

Oleh sebab itu, beberapa orang merancang aplikasi agar segalanya terasa mudah dan cepat tanpa mengurangi nilai dari karya yang ingin kamu buat. Selamat mencoba dan berkreasi.

 

Lihat Juga :