cara mengatasi internet explorer terbuka sendiri

Solusi Internet Explorer Sering Terbuka Sendiri

Internet Explorer di laptop atau PC kamu sering terbuka sendiri dan merasa terganggu karena hal tersebut? Ikuti tips pada postingan ini untuk mengatasinya.

Internet Explorer adalah browser bawaan dari sistem operasi Windows yang biasanya hanya digunakan pada saat awal-awal setelah install ulang (sebelum ada browser lain). Mirisnya lagi, beberapa orang bahkan hanya menggunakan Internet Explorer hanya untuk download browser lain seperti Mozilla Firefox atau Google Crhrome, setelah itu IE tidak pernah digunakan lagi.

Hal ini memang bukan tanpa alasan, bila dibandingkan dengan browser lainnya, Internet Explorer memang sedikit tertinggal. Tampilannya terlihat lebih jadul dan fitur-fitur di dalamnya juga masih kalah jauh dari browser populer lain seperti Mozilla Firefox dan Chrome.

👉 Trending  [Review] WonderFox DVD Converter Terbaik Untuk PC

Selain itu, add on dan extensions dari Mozilla Firefox dan Chrome yang berbasis komunitas juga lebih banyak bila dibandingkan dengan IE. Jadi wajar saja kalau pengguna Internet Explorer (terutama di Indonesia) sangat sedikit jumlahnya.

Kita balik lagi ke topik utama, mengapa Internet Explorer sering terbuka sendiri, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Internet Explorer sering terbuka sendiri

1. Virus

Salah satu penyebab paling umum yang membuat Internet Explorer sering terbuka sendiri adalah virus dan malware. Coba ingat-ingat lagi, apakah kamu akhir-akhir ini pernah menginstall program crack (bajakan) di komputer? Ini adalah jalan masuk virus dan malware yang paling mudah.

👉 Trending  [Review] WonderFox DVD Ripper Pro Untuk Convert DVD ke Video Digital

Para pembajak software bisa menyisipkan program yang bisa merugikan kita dan menguntungkan mereka seperti adware yang biasanya sering menyebabkan pop up internet explorer muncul sendiri.

2. Sembarangan klik link

Selain karena install program crack, virus dan malware juga bisa masuk ke komputer kita karena kita sembarangan klik link dari sumber yang tidak terpercaya.

3. Add on

Add on adalah aplikasi yang ada di dalam Internet Explorer yang berguna untuk melakukan interaksi dengan konten-konten web seperti video dan game, contohnya seperti Adobe Flash, Quick Time, atau Live Streaming IG Story. Menginstall Add on dari developer yang tidak terpercaya juga bisa menjadi penyebab Internet Explorer sering terbuka sendiri.

👉 Trending  3 Cara Upgrade Windows 8.1 ke Windows 10

Cara mengatasi Internet Explorer sering terbuka sendiri

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah Internet Explorer yang sering terbuka sendiri:

1. Masuk ke Safe Mode (Clean boot)

Pertama kita masuk dulu ke Safe Mode agar Windows hanya memuat program dan service basic yang dibutuhkan saja, agar sistem jadi bersih.

Caranya bisa lihat di sini: Cara masuk ke Safe Mode Windows

2. Cek apakah masalah masih muncul

Setelah masuk ke Safe Mode kalian bisa cek lagi apakah Internet Explorer masih sering terbuka sendiri? Jika tidak, maka bisa diasumsikan kalau penyebabnya adalah program tidak diinginkan (virus, malware, adware) yang terinstall di komputer.

👉 Trending  Cara Mengganti Font Windows 10, 8, dan 7 Secara Keseluruhan

3. Hapus program-program mencurigakan yang terakhir diinstall

Masih di Safe Mode, buka Control Panel > Programs and Features.

Di sana akan terlihat list semua program yang terinstall di komputer, coba amati satu per satu, apakah ada program yang mencurigakan?

Sortir berdasarkan tanggalnya dan lihat yang paling terbaru. Jika ada program dengan nama aneh, atau kita merasa tidak pernah menginstallnya maka hapus program tersebut.

Setelah itu bersihkan komputer dengan aplikasi PC Cleaner terbaik ini untuk menghapus semua file sampah yang masih tersisa.

Setelah itu restart komputer dan masuk ke mode normal (booting seperti biasa). Apakah masalah Internet Explorer sering terbuka sendiri ini masih juga muncul? Kalau masih lanjut ke langkah selanjutnya.

👉 Trending  Cara Cek Driver Yang Belum Terinstall di Windows 10, 8, 7

4. Matikan add on dan reset settingan Internet Explorer

Langkah yang keempat ini harus dilakukan satu per satu. Pertama coba dulu matikan add on.

Caranya buka Internet Explorer > Klik pada icon gear (Tools) > Manage add on.

Di sana akan terlihat add on yang terpasang di Internet Explorer, pilih add on yang terakhir kali diinstall. Untuk memilih lebih dari satu caranya dengan klik sambil tahan tombol CTRL.

Setelah itu klik Disable.

Jika add on sudah dimatikan tapi Internet Explorer masih sering terbuka sendiri maka langkah selanjutnya adalah reset settingan IE.

Catatan: cara ini akan menghapus semua favorites, bookmarks, history, dan saved passwords. Mungkin lebih baik kalau kamu membuat backup terlebih dahulu.

👉 Trending  Cara Memunculkan Notifikasi Download Update Windows 10

Setelah itu reset IE dengan cara masuk ke Tools > Internet options > pilih tab Advanced > Reset Internet Explorer Settings > Reset.

cara mengatasi internet explorer terbuka sendiri

Nanti akan muncul pertanyaan Are you sure you want to reset all Internet Explorer settings? pilih Reset.

5. Scan komputer dengan anti-malware

Langkah terakhir adalah membersihkan komputer dari malware. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya kalau Internet Explorer yang sering terbuka sendiri berulang kali itu bisa disebabkan karena virus, malware, adware dan program-program nakal lainnya.

Cara terbaik untuk membersihkannya adalah menggunakan aplikasi anti-malware. Ada banyak aplikasi pembersih malware yang bagus dan gratis, tapi saya akan rekomendasikan dua aplikasi ini:

Download Roguekiller

👉 Trending  Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Windows 10, 8, 7

Download Malwarebytes

Install aplikasi di atas lalu scan komputer secara menyeluruh, lihat apakah ada malaware yang terdeteksi. Jika ada hapus semuanya hingga bersih.

Itulah beberapa tips yang akan saya lakukan kalau mengalami masalah Internet Explorer sering terbuka sendiri. Semoga bisa membantu.