Aplikasi-Get-Windows-10

3 Cara Upgrade Windows 8.1 ke Windows 10

Memiliki gadget dengan tampilan menarik atau terbaru adalah impian banyak orang. Tak hanya itu saja, mungkin sebagian orang tak cukup hanya dengan windows 8.1. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari bagaimana agar cara upgrade Windows 8.1 ke Windows 10 bisa berhasil?

Pastinya untuk upgrade ini bisa dilakukan secara gratis. Anda bisa menggunakan fitur-fiturnya tak terbatas sama halnya ketika Anda mendapatkannya dengan membeli di toko Windows.

Cara Upgrade Windows 8.1 ke Windows 10

Untuk mendapatkan update an Windows ini maka Anda harus memastikan bahwa Komputer atau Laptop Anda sudah siap. Banyak orang yang mengharapkan dengan menginstal windows baru maka data atau aplikasi tidak hilang. Akan tetapi, apakah proses instal ulang atau upgrade bisa menjaminnya?

👉 Trending  4 Cara Update Windows 10 Versi Terbaru

Sebelum ke proses instal ulang tanpa kehilangan data maka Anda bisa berkenalan terlebih dahulu dengan beberapa cara di bawah untuk upgrade windows 8.1 ke windows 10.

1. Aplikasi Get Windows 10

Aplikasi-Get-Windows-10

Windows secara resmi telah merilis aplikasi Get Windows 10 yang memiliki tujuan untuk melakukan pengecekan hardware, software, serta status aktivasi Windows PC apakah bisa dilakukan upgrade ke Windows 10 secara gratis atau tidak.

Biasanya Get Windows 10 ini biasa dikenal sebagai GWX. Jika PC Anda menunjukkan bahwa memenuhi syarat untuk dapat upgrade ke Windows 10 maka ikon kecil akan muncul pada kanan bawah taskbar pada area notifikasi. Jika Anda mengklik ikon tersebut maka proses upgrade akan dimulai.

👉 Trending  Cara Mengganti Font Windows 10, 8, dan 7 Secara Keseluruhan

Jika Anda menyetujui peraturan dan persyaratannya maka secara otomatis aplikasinya akan memulai download file untuk instalasi windows tersebut. Selain langsung proses upgrade, Anda juga bisa mengatur kapan jadwal yang pas untuk menginstal Windows 10 tersebut.

Tak jarang pengguna windows mengalami gagal dalam update dan instal ulang windows 10. Oleh sebab itu, terdapat cara kedua untuk menginstalnya yaitu dengan Windows 10 Media Creation Tool.

2. Windows 10 Media Creation Tool

Windows-10-Media-Creation-Tool

Windows juga merilis aplikasi Windows 10 Media Creation Tool untuk dapat mengupdate ke Windows 10. Aplikasi ini digunakan untuk mendownload ISO Windows 10 serta mengupgrade Windows Anda. Jika sudah maka Anda bisa upgrade otomatis atau menyimpannya di USB Flashdisk.

👉 Trending  Cara Membersihkan File Sisa Uninstall Software di Windows 10

Dengan menyimpan di penyimpanan eksternal seperti Flashdisk atau Harddisk maka Anda bisa melakukan proses instalasi di waktu yang akan datang dan tidak harus di saat itu juga.

Saat Anda sudah berhasil mendownload aplikasi ini maka untuk menjalankan prosesnya akan ada 2 pilihan, yaitu:

  • Upgrade this PC now, atau
  • Create installation media for another PC.

Jika ingin melakukan upgrade secara langsung maka bisa memiliki Upgrade this PC now. Lalu, aplikasi akan mulai melakukan download file setup untuk Windows 10.

3. Cara Upgrade Windows 8.1 ke Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

Sangat mungkin untuk melakukan upgrade atau instal ulang ke Windows 10 tanpa kehilangan data atau bahkan aplikasi Anda. Biasanya beberapa data seperti dokumen, foto, musik, dan aplikasi penting tidak ingin terhapus.

👉 Trending  Cara Mempercepat Windows 10 Yang Lambat – No Lag No Lemot!

Tak hanya menginstal ulang tanpa kehilangan data. Langkah-langkah di bawah bisa digunakan saat Windows 10 Anda sedang mengalami masalah. Contohnya saja jika Windows sangat lambat dan tidak ada solusi lain maka tidak ada pilihan selain instal ulang.

Dengan mengikuti langkah di bawah maka Anda tidak memerlukan lagi product key sehingga Anda bisa melakukan instalasi sebanyak yang Anda inginkan.

Untuk mengikuti langkah di bawah ini pastikan bahwa Anda masuk bisa masuk pada desktop komputer atau Laptop Anda. Proses selanjutnya untuk cara instal ulang Windows 10 tanpa kehilangan data yaitu:

  • Menyambungkan USB atau Flashdisk Windows 10 ke PC atau Laptop yang ingin dilakukan instal ulang.
  • Jika ingin menggunakan ISO maka bisa mencari file ISO Windows 10 dan klik kanan. Pilihlah Mount yang nantinya akan menyimulasikan konten menjadi optical drive.
  • Buka My Computer atau This PC, kemudian klik kanan yang memiliki pilihan instalasi Windows 10 kemudian pilih opsi New Window.
  • Klik dua kali pada file setup.exe kemudian klik Yes pada pertanyaan User Account Control yang muncul.
👉 Trending  Cara Memunculkan Notifikasi Download Update Windows 10

Klik-dua-kali-pada-file-setup.exe-kemudian-klik-Yes-pada-pertanyaan-User-Account-Control-yang-muncul

  • Beberapa detik kemudian akan muncul halaman update untuk Windows 10 dan terdapat dua pilihan yaitu Download and Install updates (recommended) dan Not right now. Anda bisa memilih pilihan pertama jika memiliki koneksi internet yang baik.
  • Lalu, Anda bisa menghilangkan centang pada kolom I want to help make the installation of Windows better. Ini dilakukan agar tidak ada pengiriman data anonim setelah instalasi.
  • Kemudian klik tombol Next.
  • Selanjutnya, instalasi akan mengecek update yang tersedia dan membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 30 menit.
  • Anda akan diberikan halaman Syarat Ketentuan kemudian Anda bisa mengklik tombol Accept.
  • Setelah itu, instalasi akan kembali mencari update an dan mendownloadnya secara langsung, jika proses pengecekan sudah selesai memperbarui maka dilanjutkan pengecekan PC apakah mumpuni untuk menjalankan Windows 10 dengan memastikan penyimpanan yang cukup.
  • Selanjutnya, akan diberikan beberapa pertanyaan mengenai data apa yang ingin Anda disimpan.
  • Saat halaman Ready to install maka Anda bisa mengklik label Change what to kepp kemudian memilih Keep personal files only. Untuk melanjutkannya Anda bisa mengklik tombol Next.
👉 Trending  Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Windows 10, 8, 7

Saat-halaman-Ready-to-install-maka-Anda-bisa-mengklik-label-Change-what-to-kepp-kemudian-memilih-Keep-personal-files-only

  • Kemudian, akan muncul halaman Choose what to keep dengan tiga opsi seperti Keep personal files and apps, Keep personal files only, atau nothing.
  • Dengan mengklik pilihan Keep personal files and apps maka dengan begitu Anda akan menginstal ulang Windows 10 tanpa kehilangan data maupun aplikasi pada PC atau Laptop.
  • Lalu Anda bisa mengklik Next dan instalasi akan mengecek data yang telah diinput.
  • Setelah itu, akan muncul kotak pilihan Ready to Install kemudian lanjutkan dengan tombol Install.
  • Biasanya untuk proses install maka Windows akan restart beberapa kali sehingga Anda harus menunggunya.
  • Jika proses sudah selesai maka akan diberikan opsi untuk memilih negara, bahasa, layout keyboard, juga zona waktu yang sesuai dengan keadaan di lokasi Anda.
  • Anda akan diberikan tampilan berupa Get going fast maka bisa mengklik Customize settings agar bisa mengubah pengaturan privasi pada Laptop atau PC.
👉 Trending  Suara Headset Bluetooth Hilang Saat Menghidupkan Microphone di Windows 10 (Solved)

Anda-akan-diberikan-tampilan-berupa-Get-going-fast-maka-bisa-mengklik-Customize-settings-agar-bisa-mengubah-pengaturan-privasi-pada-Laptop-atau-PC

  • Sesuaikan pengaturan dengan keinginan Anda kemudian juga bisa memilih Use Express Settings yang bisa mengubah settingan pada Settings App.
  • Jika sudah berhasil masuk maka bisa menggunakan Akun Microsoft kemudian bisa membuat akun lokal untuk Windows 10.

Dengan begitu Anda bisa menggunakan Windows 10 dengan sendirinya. Anda tidak akan ditanyai mengenai product key saat sudah menggunakan Windows 10 yang sudah teraktivasi sebelumnya. Jika mengalami kendala maka bisa memakai aplikasi Contact Support.

Saat sudah mengikuti cara upgrade windows 8.1 ke windows 10 seperti di atas, maka Anda bisa memastikan terlebih dahulu apakah file dan aplikasi Anda masih tersedia di PC atau Laptop. Jika masih ada maka Anda bisa memastikan bahwa cara di atas work 100%.

👉 Trending  7 Aplikasi Download Video YouTube Untuk PC Tercepat dan Terbaik

 

Lihat Juga :