kelebihan dan kekurangan spesifikasi redmi note 7

[Review] Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 7

Redmi Note 7 sekarang tidak lagi disebut Xiaomi Redmi Note 7 karena Xiaomi secara resmi merilis merek Redmi untuk berdiri sendiri, tetapi masih di bawah payung Xiaomi. Jadi smartphone ini akan kita sebut dengan nama Redmi Note 7.

Dengan otoritasnya sendiri, Redmi menggerakkan pasar smartphone dengan meluncurkan seri Redmi Note 7 yang mengusung spesifikasi luar biasa mewah tetapi dengan harga yang cukup murah.

Jika kemarin seri Redmi adalah seri “murah” dari Xiaomi, sekarang istilah tersebut tampaknya tidak lagi layak untuk Redmi Note 7. Spesifikasi pada Redmi Note 7 ini tidak terlihat seperti seri “murah” tetapi sebaliknya dapat menjadi dikatakan sebagai seri “mewah”.

Meskipun spesifikasi yang diusung cukup garang, Redmi Note 7 hanya dibanderol 2 juta (harga di China). Harga 2 juta sudah terbilang cukup murah dibandingkan dengan kemampuan yang ditawarkannya.

👉 Trending  Infinix Zero X Series resmi rilis di Indonesia

Smartphone pertama yang diproduksi di China biasa disebut versi Cina, dan yang kedua adalah smartphone yang diproduksi di luar China atau yang biasa disebut versi Global (misalnya di Indonesia, India, Eropa, dll.)

Berikut ini adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi Note 7:

1. SPESIFIKASI REDMI NOTE 7

kelebihan dan kekurangan spesifikasi redmi note 7

Saatnya kita mengulas spek dari Redmi Note 7. Dalam hal prosesor, Redmi Note 7 memakai chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE (14 nm).

Snapdragon 660 didukung oleh 8 core (4 × 2,2 GHz Kryo 260 & 4 × 1,8 GHz Kryo 260). Kryo adalah salah satu teknologi yang digunakan pada seri unggulan Xiaomi sebelumnya, kini telah mulai merambah ke seri Redmi, mulai dari Redmi Note 5.

👉 Trending  Pola pikir yang harus diubah soal gawai

Chipset Snapdragon 660 kemudian dipasangkan dengan GPU Adreno 512 yang sudah sangat memenuhi syarat untuk digunakan untuk bermain game berat. Snapdragon 660 sebelumnya digunakan oleh seri unggulan Xiaomi, Mi A2 dan Mi 6x. Sekarang seri Redmi juga tampaknya bersaing dengan seri Mi.

Hasil benchmark menggunakan aplikasi benchmark Antutu, Redmi Note 7 mendapatkan skor 137 ribu, cukup meningkat, di atas seri Redmi Note 5 dan Redmi Note 6. Dan setelah digunakan untuk memainkan game PUBG Mobile kita bisa mengatur grafis HD dan HIGH framerate.

Untuk digunakan bermain game kelas PUBGM atau Asphalt 9 sangat lancar tanpa jeda sama sekali. Mainkan game cepat panas?? Oh tentu saja tidak, karena ketika memainkan game PUBG Mobile hanya menghangatkan bagian punggung hp sedikit saja.

👉 Trending  vivo Y21s resmi hadir di Indonesia, Ini Harganya

2. DESAIN REDMI NOTE 7

kelebihan dan kekurangan desain redmi note 7

Ponsel ini juga memiliki kelebihan dari segi desain. Redmi Note 7 seperti smartphone premium untuk Xiaomi di kelas Mi-8. Tubuh belakang Redmi Note 7 menggunakan kaca, sehingga layar depan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, bagian belakangnya sama, jadi semoga tubuh Redmi Note 7 akan tahan terhadap goresan.

Warna-warna yang disediakan juga sangat premium. Untuk warna Neptunus Biru dan Twilight Emas memang membawa gradasi warna (dua warna) tetapi untuk warna Hitam tidak ada gradasi. Sekilas, jika Anda melihat tubuh Redmi Note 7, banyak yang tidak akan percaya bahwa harganya hanya 2 jutaan saja.

Layar Redmi Note 7 adalah layar berfitur lengkap dengan rasio 19,5: 9. Rasio ini membuat Redmi Note 7 memiliki bezel lebih tipis dari seri Redmi Note sebelumnya.

👉 Trending  Apple Bermitra Dengan Banyak Pemasok China Untuk iPhone

Layar Redmi Note 7 membentang sepanjang 6,3 inci full HD + 1080 × 2340 resolusi dengan kepadatan 409 ppi. Desain layar Redmi Note 7 juga memiliki takik (poni) tetapi poni tidak memanjang seperti pada seri Redmi Note 6, tetapi dalam bentuk tetesan air. Sehingga layar akan terlihat lebih lega

3. KAMERA REDMI NOTE 7

hasil foto redmi note 7
Hasil foto dengan kamera Redmi Note 7

Sisi kamera adalah salah satu dari banyak fitur kontroversial. Alasan Redmi mengklaim bahwa kemampuan kamera Redmi Note 7 bisa mencapai 48MP, dan di bawah kamera belakang tertulis 48MP AI DUAL CAMERA label.

Tetapi sebenarnya sensor yang digunakan hanya hingga 12MP, sedangkan 48MP hanya hasil dari perangkat lunak yang diproses, sehingga Anda dapat mengatakan kalau ini adalah salah satu dari kekurangan Redmi Note 7. Juga prosesor Snapdragon 660 hanya dapat dipasangkan dengan kekuatan kamera maksimum 24MP. Jadi jelas 48MP bukan kekuatan sensor yang sebenarnya.

👉 Trending  Oppo A16 chipset Helio G35 baterai 5.000 mAh

Secara default, juga, jika kita mengambil gambar melalui kamera Redmi Note7, sensor 12MP juga digunakan, untuk 48MP itu dapat diaktifkan secara manual melalui mode kamera. Untuk hasilnya terlihat sama antara kamera 12MP dengan mode 48MP.

Tetapi jika diperbesar (zoom) maka memang terlihat mode 48MP terlihat lebih detail dan tidak rusak dibanding mode 12MP. Kamera utama Redmi Note 7 menggunakan kamera dual 12MP dan 5MP dengan flash LED nada ganda. Sedangkan kamera depan 13MP tanpa flash.

kelebihan dan kekurangan kamera redmi note 7
Hasil foto malam hari dengan kamera Redmi Note 7

Sensor pada kamera belakang Redmi Note 7 menggunakan sensor Samsung, tetapi sensor Samsung di sini tidak seperti sensor Smasung pada seri sebelumnya. Sensor kamera Redmi Note 7 sudah menggunakan sensor Samsung ISOCELL GM1, yang diklaim hampir setara dengan sensor Sony IMX586.

👉 Trending  iPad 9 resmi diluncurkan, memiliki chip A13 Bionic hingga fitur center stage

ISOCELL GM1 adalah teknologi terbaru dari Samsung dengan ukuran 1/2 inci. Kamera Redmi Note 7 juga dilengkapi dengan fitur eksposur panjang hingga 32 detik. Fitur lain dari kamera Redmi Note 7 adalah teknologi AI yang diklaim mampu mengenali objek tertentu sehingga foto yang dihasilkan akan lebih detail.

Setelah dicoba, fitur AI pada kamera Redmi Note 7 dapat mengenali wajah, daun, rumput, bunga, awan, siang dan malam. Mungkin masih ada beberapa objek yang dapat dikenali, tetapi untuk saat ini apa yang saya temukan masih terbatas pada objek itu.

hasil foto menggunakan kamera redmi note 7
Hasil tangkapan warna kamera Redmi Note 7

Untuk berbicara tentang fitur kamera pada Redmi Note 7 ini, jika dapat dilanjutkan, ini bisa sangat lama karena kamera merupakan fitur superior di Redmi Note 7. Dan secara default, kamera di Redmi Note 7 sudah aktif, jadi bagi mereka yang suka menggunakan Google Camera (GCAM) maka Anda tidak perlu membuka kunci bootloader, cukup instal GCAM dan segera gunakan.

👉 Trending  LG resmi luncurkan “sound bar” untuk audio rumah

Anda dapat menggunakan GCAm dengan fitur Nightsight yang sudah cukup populer dengan hasil kamera dalam kondisi cahaya rendah yang sangat baik. Mungkin fitur yang paling menonjol dari Redmi Note 7 adalah kamera dan prosesor, yang merupakan fitur yang cukup bagus untuk smartphone senilai 2 juta.

4. BATERAI REDMI NOTE 7

Redmi Note 7 juga memiliki kelebihan dari segi baterai. Seperti pada seri Redmi Note sebelumnya, Redmi Note 7 juga masih dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4000 mAh.

Dengan kapasitas yang cukup besar, diharapkan pengguna akan lebih puas menggunakan multimedia dan game pada Redmi Note 7 tanpa harus sering mengisi baterai. Dan Redmi Note 7 sudah menggunakan port USB tipe C yang mungkin juga menjadi daya tarik.

👉 Trending  Samsung pertahankan posisi teratas di pasar smartphone pada Q2

Selain itu, pengisian baterai juga mendukung Quick Charge 4. Sayangnya, meskipun mendukung QC4, paket penjualannya hanya menyertakan pengisi daya biasa seperti pengisi daya ponsel pintar Xiaomi secara umum dengan output 5V 2A. Ya, masuk akal jika Anda melihat lagi dari harga murah.

Itulah review mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi Note 7 yang bisa teknosentrik berikan pada kesempatan kali ini, apakah Anda tertarik?