Media-Gambar

Media Gambar adalah

Media Gambar – Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan & Contoh – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Media Gambar yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis, manfaat, kelebihan, kekurangan dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Media-Gambar

Pengertian Media Gambar

Media gambar adalah suatu media visual yang hanya dapat dilihat saja,, akan tetapi tidak mengandung unsur suara atau audio. Atau definisi Media gambar yang lainnya adalah segala sesuatu yang dapat diwujudkan secara visual kedalam bentuk 2 “dua” dimensi sebagai curahan ataupun pemikiran yang bermacam-macam misalnya seperti: potret, slide, lukisan, film, strip, opaque proyektor dan sebagainya.


Sedangkan pengertian media gambar seri ialah suatu urutan dari gambar yang mengikuti suatu percakapan dalam hal memperkenalkan ataupun menyajikan arti yang terdapat pada gambar tersebut.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Media Komunikasi


Dan disebut dengan gambar seri,, sebab gambar satu dengan gambar lainnya memiliki hubungan atau saling berkaitan. Yang tujuannya ialah agar media gambar tersebut dapat membantu dalam menyajikan suatu kejadian atau peristiwa yang kronologisnya dengan menghadirkan benda, orang dan juga latar.

👉 Trending  11 Contoh Makalah Penelitian

Berikut ini terdapat beberapa pengertian media gambar menurut para ahli, terdiri atas:


  1. Menurut Association for Education and Communication Technology (AECT) sebagaimana disebutkan oleh Asnawir, mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Apabila media itu membawa pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran, maka media itu disebut media pembelajaran.
  2. Menurut Gagne yang dikutip oleh Arief S. Sadiman bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar.

Karakteristik Media Gambar

Menurut Rahadi ( 2003 : 27-28) ada beberapa karakteristik media gambar :

  • Harus autentik, artinya dapat menggambarkan obyek atau peristiwa seperti jika siswa melihat langsung.
  • Sederhana, komposisinya cukup jelas menunjukkan bagian-bagian pokok dalam gambar tersebut
  • Ukuran gambar proporsionsl, sehingga siswa mudah membayangkan ukuran yang sesungguhnya benda atau objek yang digambar.
  • Memadukan antara keindahan dengan kesesuiannya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Gambar harus message. Tidak setiap gambar yang bagus merupakan media yang bagus. Sebagai media yang baik, gambar hendaklah bagus dari sudut seni dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
👉 Trending  Contoh Obligasi

Fungsi Media Gambar

Secara garis besar fungsi utama penggunaan media gambar adalah :

  1. Fungsi edukatif artinya mendidik dan memberikan pengaruh positif pada pendidikan.
  2. Fungsi sosial artinya memberikan informasi yang autentik dan pengalaman berbagai bidang kehidupan dan memberikan konsep yang sama kepada setiap orang.
  3. Fungsi ekonomis artinya memberikan produksi melalui pembinaan prestasi kerja secara maksimal.
  4. Fungsi politis yakni berpengaruh pada politik pembangunan.
  5. Fungsi seni budaya dan telekomunikasi, yang mendorong dan menimbulkan ciptaan baru, termasuk pola usaha penciptaan teknologi kemediaan yang modern (Hamalik, 1994 : 12).

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : 24 Pengertian Media Menurut Para Ahli


Fungsi-fungsi tersebut diatas terkesan masih bersifat konseptual. Fungsi praktis yang dijalankan oleh media pengajaran adalah sebagai berikut :

  1. Mengatasi perbedaan pengalaman pribadi peserta didik, misalnya kaset video rekaman kehidupan di luar sangat diperlukan oleh anak yang tinggal didaerah pegunungan.
  2. Mengatasi batas ruang dan kelas, misalnya gambar tokoh pahlawan yang dipasang diruang kelas.
  3. Mengatasi keterbatasan kemampuan indera
  4. Mengatasi peristiwa alam, misalnya rekaman peristiwa letusan gunung berapi untuk menerangkan gejala alam.
  5. Menyederhanakan kompleksitas meteri.
👉 Trending  Sastra adalah

Gambar sebagai media pendidikan tentunya mempunyai fungsi yang diharapkan dalam proses belajar mengajar antara lain:


Di sini media visual atau gambar merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Misalnya: Gambar yang diproyeksikan melalui Overhead Projector dapat menenangkan dan mengarahkan perhatian siswa atau peserta didik kepada pelajaran yang akan mereka terima. Dengan demikian kemungkinan untuk memperoleh dan mengingat isi pelajaran semakin besar.


Di sini media visual atau gambar dapat terlihat dari tingkat  kenikmatan siswa ketika belajar atau membaca teks yang bergambar.  Misalnya: Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa, misalnya informasi yang menyangkut masalah sosial atau ras.

👉 Trending  Sentralisasi, Desentralisasi Dan Dekonsentrasi – Pengertian, Kelemahan, Dampak, Contoh, Bentuk, Hakekat

Di sini media visual atau gambar terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.


Di sini media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual atau gambar yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal.


Selain untuk menyajikan pesan sebenarnya ada beberapa fungsi lain yang dapat dilakukan oleh media. Namun jarang sekali ditemukan seluruh fungsi tersebut terpenuhi oleh media. Sebaliknya media tunggal seringkali dapat mencakup beberapa fungsi sekaligus antara lain:

  • Memotivasi siswa
  • Menyajikan informasi
  • Merangsang diskusi

Jenis-Jenis Media Gambar

Adapaun untuk jenis-jenis media gambar yaitu:

  • Realita merupakan benda-benda yang nyata yang digunakan sebagai bahan belajar,, misal pemandangan dari alam dan lain-lain.
  • Model merupakan benda 3D atau tiga dimensi yang dalam hal representasi dari benda yang sebenarnya misalnya rumah-rumahan,, mobil-mobilan dan sebagainya.
  • Benda grafis merupakan suatu gambar atau visual yang penampilannya tidak diproyeksikan.
  • Display merupakan bahan dari pameran ataupun display yang dipasang di tempat tertentu.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Aliran Seni Lukis – Ciri, Jenis, Tokoh dan Contoh Gambar


Manfaat Media Gambar

Adapun manfaat penggunaan gambar sebagai media pendidikan antara lain sebagai berikut:

  1. Media gambardapat menjelaskan pengertian-pengertian yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. “one picture is worth athousand words” atau satu gambar sama nilainya dengan seribu kata. Dengan alat bantu gambar siswa akan lebih mudah dalam memahami pelajaran yaitu dengan memperlihatkan gambar-gambar dari pada kata-kata atau pengertian verbal.
  2. Gambar dapat membangkitkan minat untuk sesuatu yang baru yang akan dipelajari. Dengan menggunakan media gambar, horison pengalaman anak semakin luas, persepsi semakin tajam, dan konsep-konsep dengan sendirinya semakin lengkap, sehingga keinginan dan minat baru untuk belajar selalu timbul.
  3. Gambar dapat memperbaiki pengertian-pengertian yang salah Media gambardapat menyampaikan pengertian-pengertian atau informasi dengan cara yang lebih konkret atau lebih nyata dari pada yang dapat disampaikan oleh kata-kata yang di ucapkan, di cetak atau di tulis. Karena itulah gambar membuat sesuatu pengertian atau informasi menjadi lebih berarti. Kesanggupan berfikir abstrak hanya diperoleh dengan latihan dan dibangun diatas pengalaman-pengalaman terdahulu dengan realita yang nyata. Dengan melihat sekaligus mendengar, orang yang menerima pelajaran, penerangan dan penyuluhan, keragu-raguan atau salah pengertian dapat dihindarkan secara efektif.
  4. Gambar dapat mengatasi batas ruang dan waktu. Melalui gambar dapat diperlihatkan kepada siswa gambar-gambar benda yang jauh atau yang terjadi beberapa waktu lalu.
  5. Gambar dapat mengatasi kekurangan daya mampu panca indera manusia Misalnya: benda-benda kecil yang tidak dapat di lihat dengan mata dapat di perbesar sehingga dapat di lihat dengan jelas.
👉 Trending  Asuransi Jiwa adalah

Adapun manfaat media gambar dalam proses instruksional adalah penyampaian dan penjelasan mengenai informasi, pesan, ide dan sebagainya dengan tanpa banyak menggunakan bahasa-bahasa verbal, tetapi dapat memberi kesan.


Kelebihan dan Kekurangan Media Gambar

Berikut ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan media gambar, terdiri atas:


1. Kelebihan Media Gambar

Terdiri atas:

  • Sifatnya konkrit. Gambar/ foto lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibanding dengan media verbal semata.
  • Gambar dapat mengatasai masalah batasan ruang dan waktu. Tidak semua benda, objek atau peristiwa dapat dibawa ke kelas, dan tidak selalu bisa, anak-anak dibawa ke objek tersebut. Untuk itu gambar atau foto dapat mengatasinya. Air terjun niagara atau danau toba dapat disajikan ke kelas lewat gambar atau foto. Peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau, kemarin atau bahkan menit yang lalu kadang-kadang tak dapat dilihat seperti apa adanya. Gambar atau foto sangat bermanfaat dalam hal ini.
  • Media gambar dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita. Sel atau penampang daun yang tak mungkin kita lihat dengan mata telanjang dapat disajikan dengan jelas dalam bentuk gambar.
  • Dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia beberapa saja, sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalah pahaman.
  • Murah harganya, mudah didapat, mudah digunakan, tanpa memerlukan peralatan yang khusus ( Sadiman; 1996: 31 ).
👉 Trending  Seni Dekoratif adalah

2. Kelemahan Media Gambar

Terdiri atas:

  1. Hanya menampilkan persepsi indera mata, ukurannya terbatas hanya dapat dilihat oleh sekelompok siswa.
  2. Gambar diinterpretasikan secara personal dan subyektif.
  3. Gambar disajikan dalam ukuran yang sangat kecil, sehingga kurang efektif dalam pembelajaran

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Batik Lukis adalah


Contoh Media Gambar Dalam Pembelajaran

Adapun untuk contoh dalam media pembelajaran yaitu:

  • Poster ialah media gambar yang berbentuk ilustrasi gambar yang disederhanakan yang dibuat dengan ukuran besar supaya dapat dilihat dengan jelas yang tujuannya yakni menarik perhatian dan juga kandungannya berupa bujukan,, memotivasi dan lain sebagainya.
  • Kartun ialah suatu media gambar yang merupakan media yang unik untuk mengemukakan suatu gagasan.
  • Komik ialah suatu media gambar selain kartun yang bersigat unik,, perbedaannya yakni pada komik terdapay karakter atau yang memerankan suatu cerita dalam urutan-urutan.
  • Gambar fotografi ialah suatu media gambar yang dihasilkan dengan cara diambil gambarnya “benda atau yang lainnya” dengan suatau alat digital seperti kamare foto dan lainnya.
  • Grafik ialah media gambar yang bertujuan untuk penyajian data berupa angka-angka,, grafik memberikan berbagai informasi inti dari suatu data yang berupa hubungan antar bagian-bagian data tersebut.
  • Bagan ialah kombinasi dari media grafis dan foto yang dirancang untuk memvisualisasikan suatu fakat pokok ataupun gagasan dengan cara yang logis dan juga teratur. Fungsi dari bagan sebagai media gambar yaitu untuk memperlihatkan perbandingan, perbandingan,, jumlah relaytif, proses, perkembangan,, klasifikasi dan juga organisasi.
  • Diagram ialah suatu gambaran yang berguna untuk memperlihatkan ataupun menerangkan suatu data yang akan disajikan.
👉 Trending  Desain adalah

Daftar Pustaka:

  1. Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran.Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2008.” Strategi Memanfaatkan Media Gamba
  2. Arief S. Sadiman, dkk. (2006).  Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom. Dikbud. dan PT. Raja Grafindo Persada
  3. Tim Penyusun Kamus Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  4. Ahmad Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Demikianlah pembahasan mengenai Media Gambar – Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan & Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan

Daftar Isi