Khusus-untuk-Anda-yang-ingin-mendapatkan-SMS-pemberitahuan-setiap-bulan-dari-PLN-otomatis-tentang-jumlah-tagihan-listrik-Anda

5 Cara Cek Tagihan Listrik PLN dan Bayar via SMS, E-Commerce, App

Tak seperti 15 atau 20 tahun silam, kini PLN tidak lagi mewajibkan pelanggan untuk datang ke kantor guna membayar tagihan listrik. Karena di era digital seperti saat ini, cek tagihan listrik PLN dan bayar bisa Anda lakukan hanya dari hp secara online atau lewat SMS.

Cara Cek dan Bayar Tagihan Listrik dari HP

Listrik telah menjadi salah satu kebutuhan dasar kehidupan saat ini, tak hanya dalam rumah tangga tapi juga untuk segala keperluan mesin besar di industri. Karena memiliki kepentingan sedemikian besar dalam hidup, Anda perlu membayar tagihan listrik tepat waktu agar pasokan listrik tidak terputus.

Untungnya, mengecek dan membayar tagihan listrik di kantor PLN bukan lagi satu-satunya pilihan di zaman serba teknologi seperti sekarang ini. Inilah beberapa pilihan cara untuk cek dan bayar tagihan listrik tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor PLN:

1. Lewat SMS

Cek tagihan listrik PLN nomor satu ini adalah yang paling gampang, karena cukup dengan SMS. Dibilang paling gampang karena Anda tidak perlu konek ke internet, sehingga bisa dijangkau oleh pelanggan PLN yang berada di daerah yang mungkin sinyal internetnya kurang stabil.

👉 Trending  Cara Transfer Pulsa Smartfren

Cara ini juga termasuk paling cocok untuk Anda yang jarang mengisi kuota paket internet di smartphone, atau bagi Anda yang suka berkunjung ke tempat-tempat yang jauh dari perkotaan dan tidak ada jaringan internet tapi harus membayar tagihan listrik pada saat itu juga.

Sayangnya, bayar listrik lewat SMS juga memiliki sejumlah kekurangan. Karena prosesnya lewat SMS, server PLN biasanya akan merespon lebih lama, nomor pelanggan PLN Anda tidak langsung terbaca oleh sistem, atau bahkan terjadi error yang membuat SMS Anda tidak langsung masuk ke server PLN.

Kekurangan lainnya adalah biaya SMS ke PLN sedikit lebih mahal dibanding SMS ke nomor biasa, misal ke teman atau keluarga. Tarifnya sekitar Rp 500/SMS untuk operator, Telkomsel, Indosat, XL, dan T-Flexi. Tapi, tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan operator masing-masing.

  • SMS untuk cek tagihan listrik harus Anda kirim ke nomor Sedangkan format SMSnya adalah REG (spasi) ID pelanggan Anda
  • Khusus untuk Anda yang ingin mendapatkan SMS pemberitahuan setiap bulan dari PLN otomatis tentang jumlah tagihan listrik Anda, maka Anda bisa kirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) ID pelanggan Anda, dan kirim ke nomor yang sama seperti di atas.
👉 Trending  2 Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10

Khusus-untuk-Anda-yang-ingin-mendapatkan-SMS-pemberitahuan-setiap-bulan-dari-PLN-otomatis-tentang-jumlah-tagihan-listrik-Anda

  • Jika nantinya Anda ingin berhenti mendapat pemberitahuan ini, maka Anda bisa kirim SMS dengan format PLN (spasi) OFF(spasi) ID pelanggan, kirim ke

Selain bisa digunakan untuk mengecek tagihan listrik, Anda juga bisa membayar tagihan lewat SMS. Tapi, sebelumnya nomor hp Anda sudah harus terhubung dengan layanan Mobile banking dari bank yang bekerja sama dengan PLN, seperti BNI, Mandiri, BRI, atau bank lainnya.

Jika Anda menggunakan Mobile Banking Bank Mandiri misalnya, inilah cara membayar tagihan listrik Anda lewat SMS:

  • Tulis SMS dengan format BYR PLN (spasi) kode rekening (spasi) ID pelanggan PLN Contoh: BYR PLN 1 534300342523, kirim ke 3355.

Tulis-SMS-dengan-format-BYR-PLN

  • Anda akan mendapatkan SMS balasan untuk melakukan konfirmasi transaksi, dengan cara memasukkan PIN rekening bank Anda.
  • Setelah memasukkan PIN dan jika proses ini berhasil, Anda akan mendapatkan SMS berisi “Transaksi …… telah berhasil”.
👉 Trending  5 Cara Menghapus Password Windows 10

 2. Gunakan Aplikasi PLN

Perusahaan Listrik Negara Indonesia terus tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik, serta berinovasi dan selalu update dengan perkembangan zaman dan teknologi. Hal ini terbukti dengan adanya aplikasi PLN sebagai bagian dari pelayanannya.

Aplikasi ini bernama “PLN Mobile”, yang bisa Anda download secara gratis dari Google Play atau Apps Store. PLN Mobile memiliki beragam fitur bermanfaat untuk para pelanggan, seperti:

  • Cek tagihan listrik.
  • Cek status pengaduan dan permohonan.
  • Melihat riwayat token.
  • Perubahan daya.
  • Permohonan pasang baru.
  • Penyambungan sementara.
  • Informasi pemeliharaan / pemadaman listrik.
  • Informasi tarif listrik terkini.
  • Berita terupdate mengenai PLN.

Tak hanya itu, dengan PLN Mobile Anda juga bisa menghubungi customer service PLN 123 dengan lebih mudah tanpa harus menggunakan pulsa hp atau telepon rumah.

👉 Trending  5 Cara Ganti Password Wifi First Media D-Link, Cisco, Huawei

Dengan kata lain, satu aplikasi saja sudah bisa membantu Anda melakukan banyak hal terkait PLN tanpa harus datang dan mengantri di kantor PLN. Jika ingin cek tagihan listrik PLN lewat aplikasi PLN Mobile, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Download aplikasi dan buka, lalu lakukan registrasi dengan cara tab “Daftar”.

Download-aplikasi-dan-buka-lalu-lakukan-registrasi-dengan-cara-tab-Daftar

  • Isi semua informasi yang diminta seperti nama lengkap, IDPEL/nomor meteran, alamat Anda sesuai KTP, nomor hp Anda yang mudah dihubungi, email, dan password.
  • Tab “Simpan” jika semua data yang Anda masukkan sudah benar.
  • Setelah masuk ke akun Anda, tab menu “Informasi” yang ada di bagian atas, lalu pilih sub menu “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.

Setelah-masuk-ke-akun-Anda-tab-menu-Informasi-yang-ada-di-bagian-atas

  • Selanjutnya input IDPEL (nomer pelanggan) Anda, lalu tab “Cari”.
  • Total listrik yang harus dibayar beserta status pembayaran akan langsung muncul di layar smartphone Anda.
👉 Trending  Solusi Bluetooth Gagal Mengirim dan Menerima File di Windows 10

Meskipun dilengkapi dengan banyak fitur, tapi aplikasi ini sebelumnya tidak bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik. Tapi sejak Juni 2020, tepatnya karena pandemi yang terjadi, developer aplikasi ini menambahkan fitur bayar pada PLN Mobile agar para pelanggan bisa membayar dari rumah.

Namun caranya sedikit berbeda dari beberapa cara sebelumnya, karena proses pembayaran dimulai dengan pelanggan mengirimkan foto meteran listrik terlebih dulu ke PLN lewat aplikasi.

Baru kemudian petugas PLN yang ada di kantor akan menghitung tagihan listrik Anda dan mengirimkan jumlahnya. Setelah itu, Anda bisa membayar lewat transfer bank atau dengan Layanan Satu Pintu (LSP).

3. Cek dari Website

Ada beberapa website aman yang bisa Anda gunakan untuk mengecek tagihan listrik. Tiga website yang bisa Anda coba adalah website resmi milik PLN, website cekbill.com, dan website ceebydith.com. Tapi ketiganya hanya bisa digunakan untuk mengecek tagihan listrik, bukan membayar. Cara ceknya adalah:

  • Buka browser Anda dan buka salah satu dari “cekbill.com” atau “ceebydith.com”.
  • Pada halaman beranda, pilih menu dengan tulisan “Cek Tagihan Listrik”.
  • Input “Nomor pelanggan PLN” Anda pada kotak yang sudah ada.
👉 Trending  5 Cara Melacak HP Yang Hilang dalam Keadaan Mati

Input-Nomor-pelanggan-PLN-Anda-pada-kotak-yang-sudah-ada

  • Lalu isi kode captcha yang muncul di layar untuk verifikasi.
  • Terakhir, klik “Cek Tagihan” dan detail tagihan listrik pada bulan tersebut akan ditampilkan secara lengkap di layar perangkat Anda.

Sedangkan untuk cek tagihan lewat website resmi PLN, caranya agak sedikit berbeda, yaitu:

Klik-menu-Pelayanan-Pelanggan

  • Klik “Masuk” dengan cara memasukkan email dan password jika Anda sudah memiliki akun, dan klik “Daftar” jika belum memiliki akun.
  • Setelah login, masukkan nomor “ID pelanggan”, dan jumlah tagihan yang harus Anda bayar akan ditampilkan.

Setelah-login-masukkan-nomor-ID-pelanggan

4. Lewat E-Commerce

Selain meluncurkan aplikasi dan bisa diakses lewat website, PLN Indonesia juga menjalin kerjasama dengan beberapa e-commerce besar yang beroperasi 24/7 untuk memudahkan para pelanggan melakukan pembayaran atau sekedar cek tagihan listrik. Beberapa pilihan e-commerce ini adalah:

a. Tokopedia

Salah satu e-commerce aman dan terpercaya yang bisa Anda gunakan untuk cek tagihan listrik PLN, atau sekaligus untuk membayarnya secara online adalah Tokopedia.

👉 Trending  Cara Sembunyikan Root Sepenuhnya Menggunakan Magisk

Selain proses yang mudah dan cepat, Tokopedia biasanya juga memiliki voucher cashback atau diskon yang bisa Anda pakai untuk menghemat tagihan listrik. Cara mengecek dan membayar tagihan listrik lewat Tokopedia adalah:

  • Buka aplikasi Tokopedia seperti biasa dan langsung pilih menu top-up & tagihan > listrik PLN > tagihan listrik.

Buka-aplikasi-Tokopedia-seperti-biasa-dan-langsung-pilih-menu-topup-tagihan-listrik-PLN-tagihan-listrik

  • Silahkan masukkan nomor pelanggan PLN, dan tunggu beberapa saat sampai muncul jumlah tagihan listrik yang perlu dibayar.
  • Jika ingin melakukan pembayaran, tinggal klik “Bayar” dan ikuti proses selanjutnya sesuai petunjuk yang diberikan.

b. Bukalapak

Aplikasi lain yang bisa Anda coba adalah untuk cek tagihan listrik PLN tanpa perlu ke kantor PLN adalah dengan Bukalapak. Selain menyediakan fitur cek dan pembayaran untuk pelanggan listrik PLN prabayar, Bukalapak juga bisa digunakan untuk isi ulang pulsa listrik bagi pelanggan listrik pascabayar.

Jika Anda tidak memiliki aplikasi Tokopedia di hp Anda dan hanya ada Bukalapak misalnya, maka Anda bisa cek dan bayar tagihan listrik sesuai panduan berikut:

  • Buka aplikasi Bukalapak dan pilih menu “Tagihan Listrik”.
  • Input ID pelanggan PLN Anda dan tagihan listrik Anda akan segera muncul pada layar hp.
  • Jika ingin membayar, langsung saja klik “Bayar” dan pilih metode pembayaran yang disediakan oleh Bukalapak.
👉 Trending  Urutan Versi Android

Jika-ingin-membayar-langsung-saja-klik-Bayar-dan-pilih-metode-pembayaran-yang-disediakan-oleh-Bukalapak

c. Shopee

Shopee

Aplikasi belanja online populer ini juga menyediakan fitur pembayaran listrik prabayar dan pascabayar. Cara mengaksesnya tidak jauh berbeda dengan dua cara sebelumnya, yaitu buka aplikasi > pilih menu “tagihan” > pilih “Listrik PLN”, dan klik “Bayar” jika Anda ingin membayar.

  1. Transfer ATM atau Gunakan Aplikasi Bank

Opsi terakhir untuk cek tagihan listrik PLN sekaligus membayarnya adalah aplikasi bank atau transfer lewat mesin ATM. Cara ini tidak kalah cepat dan mudah dengan beberapa cara sebelumnya. Berikut detailnya:

d. Lewat Mesin ATM

Mesin ATM adalah mesin modern yang memungkinkan setiap pemilik kartu ATM dari bank bisa mengambil uang, menyetorkan, dan melakukan berbagai transaksi lain tanpa harus lewat teller bank.

👉 Trending  5 Cara Ganti Password Wifi First Media D-Link, Cisco, Huawei

Transaksi lain tersebut termasuk untuk membayar listrik PLN, pajak, tagihan telepon rumah / kantor, PDAM, internet, dan banyak lagi. Cara mengecek atau membayar listrik lewat mesin ATM adalah:

  • Bawa kartu PLN Anda atau catat nomor pelanggan di hp sebelum Anda menuju ke mesin ATM.
  • Masukkan kartu ATM Anda seperti biasa, lalu pilih “Bayar” atau “Beli”.
  • Kemudian pilih sub menu “Listrik”, lalu pilih jenis listrik yang Anda gunakan di rumah (Pascabayar atau Prabayar).

Kemudian-pilih-sub-menu-Listrik-lalu-pilih-jenis-listrik-yang-Anda-gunakan-di-rumah

  • Selanjutnya masukkan “nomor pelanggan PLN” Anda dengan benar, dan akan muncul informasi lengkap mengenai jumlah tagihan, nama pelanggan, dan lainnya di layar ATM.
  • Jika ingin langsung dibayar, silahkan pilih “Bayar” dan ikuti instruksi yang ada di layar ATM.

e. Lewat Internet Banking

Jika ingin cek tagihan listrik PLN dengan internet banking, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka website bank dan masukkan “Username beserta kode PIN” internet banking milik Anda.
  • Pilih menu “Bayar”.> layanan PLN > listrik > input ID Pelanggan PLN > klik “Konfirmasi”.
👉 Trending  3 Cara Root Asus Zenfone 5 Lemot dengan PC, MTP, Tanpa PC (Mudah)

Pilih-menu-Bayar-layanan-PLN-listrik-input-ID-Pelanggan-PLN-klik-Konfirmasi

  • Setelah beberapa detik, tagihan listrik pada bulan tersebut akan muncul di layar gadget Anda. Jika ingin membayar, Anda bisa klik “Bayar” dan ikuti instruksi yang ada di layar.

Cek dan bayar listrik PLN di zaman sekarang menjadi sangat mudah bagi hampir setiap orang. Anda bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja hanya melalui smartphone atau tablet. Cukup hubungkan perangkat Anda dengan internet dan Anda bisa memilih salah satu cara dalam daftar di atas.

 

Lihat Juga :

  1. Nomor Call Center BCA Pusat 24 Jam, Tarif, dan Layanan Lengkap
  2. 5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS, Online, ATM, dll