13 Aplikasi Edit Video PC Terbaik untuk Pemula Sampai Pro

Kolamgue.com – Para content creator sudah memang sudah seharusnya memakai aplikasi pengeditan video yang mumpuni dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Kamu juga membutuhkan aplikasi edit video PC menawarkan banyak filter otomatis, sehingga mudah dalam pengaplikasiannya.

Aplikasi editing video di PC pun terdapat berbagai jenis, mulai dari mudah digunakan serta ringan untuk perangkat. Kamu bahkan dapat memilih aplikasi tersebut berdasarkan fitur yang dibutuhkan untuk pembuatan konten-konten video.

Perlu diingat bahwa kamu juga harus memperhatikan spesifikasi PC saat hendak memilih aplikasi pengeditan video. Hal ini akan membuat aktivitas mengedit menjadi lancar tanpa adanya kendala lag yang bisa membuat kamu emosi dibuatnya. Simak beberapa aplikasi editing video di PC di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC yang Mudah dan Hasil Bagus

Kamu bisa memperoleh hasil editing bagus dengan memilih salah satu aplikasi di antara beberapa yang direkomendasikan. Aplikasi ini dapat dipakai secara gratis atau bahkan perlu membeli lisensi terlebih dahulu. Adapun rekomendasi aplikasi editing video PC terbaik di antaranya sebagai berikut:

1. Wondershare Filmora

Wondershare-Filmora

Aplikasi edit video PC Wondershare Filmora tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi iOs iMac maupun Windows. Aplikasi satu ini mempunyai peningkatan signifikan dalam hal kinerja secara keseluruhan, lebih kuat dan membuat produk lebih cepat memproses.

πŸ‘‰ Trending  Download Zombie City : Survival 1.9 Apk + Mod (Money) + Data

Selain itu, Wondershare Filmora juga memberikan pengalaman mengedit ke dalam tingkat berbeda dan baru kepada para penggunanya. Hal ini tentu sangat cocok dalam membantu pemula saat mengedit video di PC, bahkan untuk pengguna tingkat menengah.

Kelebihan Wondershare Filmora di antaranya sebagai berikut:

  • Rendering video secara real time sehingga membuat pengalaman mengedit video menjadi tetap lancar, bahkan apabila kamu mengedit rekaman 4K.
  • Memiliki berbagai efek video tingkat atas, termasuk seperti musik yang bebas hak cipta, elemen gerak, transisi, dll.
  • Memungkinkan kamu untuk bisa memangkas, memotong, menggabungkan, hingga membagi video hanya dalam beberapa klik saja.
  • Menyempurnakan suara dengan adanya keyframing audio, equalizer audio, serta penghapusan kebisingan dari latar belakang.
  • Terdapat alat penyetelan warna membuat hasil rekaman tampak seperti film Hollywood.
  • Mendukung format yang berbeda-beda, seperti AVI, MKV, AVCHID, MOV, dan MP4.

2. Windows Movie Maker

Windows-Movie-Maker

Windows Movie Maker pernah menjadi aplikasi edit video PC gratis yang paling terkenal untuk pengguna Windows. Aplikasi satu ini bahkan berisi beberapa fitur seperti transisi, efek, trek audio, narasi garis waktu, dll.

Kamu pun bisa membagikan hasil video langsung ke platform media sosial selesai melakukan editing video, misalnya seperti YouTube, Facebook, dll. Apabila kamu tidak mengetahui tentang spesifikasi perangkat, maka disarankan untuk mencoba Windows Movie Maker di dalam PC.

πŸ‘‰ Trending  Download Zombie Tsunami Apk +Mod v4.2.1 (Unlimited Diamonds)

Perlu diketahui bahwa Windows Movie Maker sebagai aplikasi edit video PC telah dihentikan oleh Microsoft, sehingga perlu mengunduhnya melalui situs unduhan terpercaya.

3. Microsoft Windows 10 Photos

Microsoft-Windows-10-Photos

Kamu bisa mencoba aplikasi edit video PC Microsoft Windows 10 Photos, terutama bagi yang mencari alat mengedit video gratis bawaan Windows 10 dan telah terpasang pada perangkat. Sehingga kamu tidak perlu mengunduhnya lagi, apabila belum ada maka dapat diunduh di Microsoft Store.

Software aplikasi pengeditan video ringan yang gratis ini bisa mengubah foto menjadi video secara otomatis dalam mode Video Otomatis. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih menghemat waktu apabila tidak sanggup untuk melakukan pengeditan apapun.

Selain itu, kamu bisa memakai mode Video Custom untuk mengubah ukuran video, memangkas, menambahkan filter, mengubah volume audio, gerakan, teks, maupun efek 3D sekalipun. Kamu masih dapat menemukan paket instalasi Windows Movie Maker di situs resmi pihak ke-3.

Hal ini berlaku apabila kamu tidak ingin upgrade sistem ke Windows 10. Aplikasi editing video dari foto bawaan Windows ini menyertakan beberapa fitur seperti di bawah ini:

  • Memiliki format keluaran DV AVI atau WMV (Windows Media Video)
  • Format masukan yaitu AVI, ASF, M1V, MP2V, MPG, MPV2, WM, dll
πŸ‘‰ Trending  Download Bike Race Pro 7.7.18 Unlocked Apk Mod Games Android

Selain itu aplikasi edit video PC satu ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan, kelebihannya yaitu penggunaan gratis untuk mengedit video dasar. Sedangkan kekurangannya yaitu tidak terdapat dukungan format file modern, serta tidak memiliki koreksi efek visual, warna, dll.

4. Avidemux

Avidemux

Avidemux merupakan suatu aplikasi edit video PC gratis yang dibuat untuk memotong, menambahkan filter, serta edit sederhana pada perangkat Windows. Aplikasi ini bahkan mendukung berbagai jenis file seperti MPEG kompatibel terhadap ASF, MP4, serta DVD bahkan termasuk file AVI memakai codec.

Seluruh desain Avidemux memiliki banyak fungsi dalam hal penggunaannya yang praktis, bukuan untuk tujuan lainnya selain itu juga mempunyai tampilan IU sangat jelas.

Kamu dapat menjadikan Avidemux sebagai aplikasi editing video untuk kebutuhan mendasar. Kabar baiknya adalah kamu bisa menggunakan Avidemux dengan lancar serta mempelajarinya cepat, bahkan jika kamu merupakan pengguna baru (pemula) dalam hal editing video sekalipun.

Adapun keuntungan Avidemux yaitu mempunya opi encoding solid serta IU mudah untuk digunakan. Sedangkan kelemahan aplikasi ini yaitu tidak terdapat transisi dan efek untuk video.

5. OpenShot

OpenShot

Aplikasi edit video PC OpenShot menawarkan fitur editing video dasar seperti memangkas dan memotong. OpenShot bahkan menyediakan banyak efek audio dan transisi untuk membantu kamu dalam membuat video sederhana.

πŸ‘‰ Trending  CCleaner Pro APK

Editing video PC gratis satu ini bisa menawarkan trek video tanpa batas di timeline. Kamu juga bisa menambahkan banyak klip audio maupun video. Kegiatan mengedit video akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi OpenShot karena menawarkan lebih banyak sentuhan dalam video.

Tapi perlu diketahui bahwa kamu perlu memperbaiki masalah atau bug sendiri, karena OpenShot adalah editor video sumber terbuka. Selain itu efek video yang tersedia juga terbatas dan perlu instal add ons apabila OS tidak memenuhi syarat sistem pada software.

6. AVS Video Editor

AVS-Video-Editor

AVS Video Editor dapat kamu jadikan sebagai aplikasi edit video PC yang ringan dan pilihan terbaik. Apabila spesifikasi perangkat PC milikmu tidak terlalu tinggi, maka AVS pun sangat cocok untuk digunakan. Salah satu kelebihan pada aplikasi ini yaitu adanya fitur video cache.

Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk mengedit suatu video beresolusi tinggi Full HD, sehingga hasilnya sangat memanjakan mata yang melihatnya. Tidak hanya itu saja, kecepatan editing dalam aplikasi juga patut untuk diacungi jempol. AVS bahkan sangat layak dipilih karena tidak membebani memori.

Amu bisa menyematkan video, memisahkan video, memberikan teks, memotong, dan lain sebagainya menggunakan aplikasi ini. Perlu diketahui juga bahwa AVS Video Editor mempunyai transisi sebanyak 300 buah yang bisa menghasilkan video menjadi lebih atraktif.

πŸ‘‰ Trending  Paket Data Xtra Combo Lite Terbaru 2021 – kolamgue.com

7. VideoPad Video Editor

VideoPad-Video-Editor

VideoPAd Video Editor bisa dikatakan sebagai aplikasi edit video PC untuk pemula. Versi gratis aplikasi ini membatasi pilihan ekspor video hanya ke dalam 2 jenis format file. IU Videopad tidak memerlukan banyak waktu untuk membiasakan diri saat pengeditan & sangat disesuaikan kebutuhan pemula.

Platform pengeditan video satu ini intuitif, mudah digunakan, serta kaya fitur. Pemula bisa menikmati proses mengedit mudah dengan banyak fitur efek & transisi. Bahkan penyesuaian kecepatan membuat penyesuaian video menjadi lebih mudah.

VideoPad ini menyertakan transisi lebih dari 50 efek, tentu sangat cocok terutama jika menyukai pemakaian transisi maupun terdapat banyak klip video. Kamu bahkan juga bisa menyesuaikan kecepatan video untuk membuat suatu efek gerakan slow motion maupun kecepatan yang cepat.

Dalam hal audio, kamu bisa merekam narasi untuk pembuatan video lebih detail, terutama bagi yang menyukai efek suara tambahan. Sayangnya aplikasi edit video PC satu ini tidak dapat dipakai membuat suatu tayangan menjadi slide.

8. Corel Video Studio

Corel-Video-Studio

Corel sebagai vendor yang menawarkan aplikasi edit video PC juga mengeluarkan produk bernama Corel Video Studio. Aplikasi satu ini sangat cocok dipakai oleh para editor video pemula maupun sudah profesional. Bahkan kamu tidak perlu khawatir meskipun masih baru belajar dalam hal editing video.

πŸ‘‰ Trending  Download Audio TikTok

Tampilan Corel Video Studio ini terbilang sederhana, selain itu fitur yang ada di dalamnya juga mudah untuk dimengerti. Aplikasi Corel Video bahkan menawarkan berbagai fitur canggih, meskipun interface di dalamnya termasuk ringan.

Beberapa fitur tersebut misalnya seperti creativity options, clearer audio, freeze frame, convert title to alpha channel, 4k hardware acceleration, dan masih banyak lagi lainnya. Fitur clear audio tersebut akan membuat suara di dalam video menjadi lebih jelas & jernih.

Maka kamu pun dapat membuat suatu video sesuai keinginan dengan fitur canggih tersebut. Tapi perlu diingat juga bahwa aplikasi edit video PC ini tidak dapat dinikmati secara gratis. Sehingga kamu perlu membeli lisensi terlebih dahulu supaya bisa memakainya untuk keperluan pengeditan video.

9. VirtualDub

VirtualDub

VirtualDub adalah suatu perangkat lunak atau aplikasi edit video PC gratis serta ringan ketika digunakan. Aplikasi ini pun didesain khusus bagi para pengguna OS Windows. Selain itu, VirtualDub juga menawarkan tampilan interface tidak berkesan berat dan simple.

Kamu disarankan untuk menggunakan aplikasi yang ringkas seperti VirtualDub, terutama bagi yang masih pemula dalam hal mengedit video. Meskipun aplikasi satu ini sangat ringan, namun jangan salah karena menawarkan berbagai fitur cukup fungsional di dalamnya.

πŸ‘‰ Trending  Ini 12 Cara Mendapat Skin Gratis FF Tanpa Lulubox, TERUPDATE 2021 !!!

Hal menarik yang akan kamu temukan di dalam aplikasi edit video gratis ini adalah terdapat fiur merekam layar. Sehingga memungkinkan kamu untuk pembuatan video tutorial dalam hal mengedit video.

10. Adobe Premiere Pro

Adobe-Premiere-Pro

Adobe memang cukup terkenal sebagai vendor yang mengembangkan perangkat lunak maupun aplikasi editing video PC. Aplikasi cukup populer miliknya yaitu Adobe Premiere Pro. Kemampuan aplikasi ini memang tidak perlu diragukan lagi dalam menghasilkan video indah dan keren.

Sehingga tidak mengehrankan apabila sudah banyak para editor profesional yang mengandalkan produk dari Adobe ini. Fitur di dalam aplikasi bahkan terbilang cukup lengkap serta mudah untuk digunakan. Kamu dapat mengandalkan Adobe Premiere Pro untuk berbagai keperluan sederhana hingga rumit.

Keperluan sederhana tersebut misalnya seperti trim, capture, tittle, dan sebagainya. Aplikasi ini bahkan mempunyai fitur-fitur penunjang, apabila ingin mengedit sebuah video lebih rumit. Hal ini tentunya bisa membuat kamu dapat memperoleh video dengan kualitas tinggi.

Bahkan kualitas videonya dapat mencapai resolusi 4K. Tidak hanya itu saja, format yang didukung Adobe Premiere Pro juga cukup banyak. Hal tersebut karena codec dalam aplikasi dapat dikatakan lengkap.

Adobe Premiere membuat aplikasi edit video PC berbeda daripada yang lain, karena terkadang mempunyai format penyimpanan video terbatas. Kamu juga dapat membuat video dengan memberikan efek-efek unik di dalamnya, karena aplikasi satu ini telah menyediakan efek cukup lengkap.

πŸ‘‰ Trending  8 Ball Pool Mod Apk Download Ada Garis Panjang Tanpa Root

Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini ada kemungkinan kurang ramah terhadap editor video pemula. Kamu perlu mempelajarinya secara pelan-pelan dikarenakan berbagai menu yang ada di dalamnya memang cukup rumit untuk dioperasikan pemula.

11. Sony Vegas Pro

Sony-Vegas-Pro

Aplikasi edit video PC Sony Vegas Pros ternyata telah dirilis oleh vendor Sony dan lebih direkomendasikan untuk editor video yang telah profesional di bidangnya. Mengingat bahwa berbagai fitur di dalamnya terbilang cukup kompleks, serta butuh teknik khusus saat pengoperasiannya.

Tapi apabila kamu cukup familiar dengan aplikasi editing video, aka aplikasi Sony Vegas Pro dapat dijadikan pilihan tepat. Aplikasi satu ini memang sangat membantu dalam pembuatan video keren. Perlu diketahui juga bahwa ada salah satu fitur di dalamnya yang banyak disukai orang-orang.

Ditur tersebut adalah fitur animasi yang telah tersedia secara otomatis di dalam aplikasi. Hal tersebut memungkinkan kamu untuk tidak perlu membuat animasi mandiri ketika sedang membutuhkannya. Tapi sayangnya aplikasi Sony Vegas Pro perlu membayar lisensi agar pengguna dapat memakainya.

πŸ‘‰ Trending  Whatsapp Parallel Space

12. Pinnacle Studio

Pinnacle-Studio

Kamu dapat mengandalkan Pinnacle Studio apabila ingin mulai belajar mengedit, sehingga tidak perlu khawatir harus memilih aplikasi edit video PC seperti apa yang tepat bagi pemula. Sehingga semua editor video pemula tidak merasa kebingungan ketika hendak mulai proses pengeditan sebuah video.

Pinnacle Studio ini mempunyai interface yang bisa dikatakan sederhana, tapi berbagai fitur di dalam aplikasi edit video PC cukup fungsional untuk digunakan. Aplikasi satu ini bahkan menyediakan berbagai jenis fitur mengedit dasar dan baik untuk dipelajari oleh pemula.

Kamu dapat membuat sebuah video dengan kualitas bagus tanpa memakai aplikasi edit video yag rumit. Selain itu kamu bisa merealisasikan semua kreativitas di dalam kepala menjadi hasil video, yaitu Β dengan membuatnya semenarik mungkin.

Meskipun aplikasi Pinnacle Studio disebut-sebut sebagai aplikasi editing bagi pemula, namun kamu tidak perlu lagi meragukan hasil video yang sudah diedit di dalam aplikasi ini. Hal itu karena Pinnacle Studio memberikan hasil video berkualitas terbilang cukup baik.

13. CyberLink PowerDirector

CyberLink-PowerDirector

Aplikasi edit video PC terakhir yang direkomendasikan khusus buat kamu adalah CyberLink PowerDirector. Kamu akan mengoperasikan aplikasi untuk editing video satu ini dengan mudah. Apalagi terdapat banyak tools yang sangat fungsional dan membuatnya tetap mudah untuk dipahami.

Bahkan meskipun kamu masih baru pertama kali memakai aplikasi untuk mengedit video. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah beradaptasi dengan berbagai fitur maupun berbagai alat yang ditawarkan di dalam aplikasi CyberLink PowerDirector.

πŸ‘‰ Trending  V Gaming Apk Mod FF Aplikasi Hack Akun Free Fire Download Disini

Kamu tidak perlu ragu untuk mencoba aplikasi satu ini, terutama jika sedang mencari aplikasi pengeditan video pada PC yang cukup ringan. Maka jadikan CyberLink PowerDirector sebagai aplikasi edit video terbaik.

Kamu dapat menghasilkan suatu video yang atraktif dengan memakai aplikasi mengedit video yang tepat. Hal ini tentu menjadi alasan kuat mengapa kamu harus mencoba aplikasi Cyberlink PowerDirector saat masih mempelajari hal baru dalam edit video.

Aplikasi edit video PC memang sangat menentukan hasil akhir dari suatu video yang bagus selain karena masalah faktor keahlian yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini disebabkan karena fitur satu aplikasi dengan aplikasi lainnya memiliki perbedaan kualitas, sehingga berpengaruh pada hasil akhirnya.

Β 

Lihat Juga :