Apa Itu FUP Indihome dan Cara Cek FUP Indihome (Lengkap)

Kolamgue.com – Kamu adalah salah satu pelanggan setia internet IndiHome? Tentunya penasaran kenapa kecepatan internet semakin menurun di tengah bulan maupun akhir bulan? Salah satu alasannya mungkin karena batas FUP IndiHome sudah terpenuhi.

Hal tersebut membuat kecepatan internet Indihome jadi menurun atau tidak bisa digunakan secara maksimal lagi. IndiHome merupakan salah satu penyedia internet yang masih memakai sistem batas pemakaian wajar atau yang dikenal dengan nama  FUP.

Sayangnya, banyak pengguna yang kurang tahu berapa banyak paket FUP yang mereka miliki. Sehingga banyak yang beranggapan jika IndiHome mengalami gangguan ketika kecepatan internet menurun.

Apa Itu FUP IndiHome?

Apa-Itu-FUP-IndiHome

FUP adalah istilah yang sangat populer bagi pengguna internet. Ini adalah singkatan dari Fair Usage Policy. Ini merupakan kebijakan khusus tentang pemakaian normal internet ketika pengguna Indihome memakai layanan internet.

Sebenarnya masih banyak provider internet yang menyediakan batasan ini. Salah satunya Indihome yang sedang kita bahas kali ini.. Sebenarnya sangat disayangkan karena ada banyak provider internet yang sudah menyediakan akses internet unlimited.

Sistem ini dipakai supaya memastikan bahwa pengguna internet Indihome tidak memakai internet secara berlebihan. FUP Indihome sendiri menerapkan batas pemakaian sesuai dengan jenis paket yang digunakan pelanggan Indihome.

Sederhananya dengan aturan ini, kecepatan internet lambat laun akan mengalami penurunan kecepatan jika pemakaian internet telah mencapai batas penggunaan tertentu. Bahkan jika paket internet IndiHome yang sedang digunakan saat itu adalah unlimited.

👉 Trending  Viral Mengklaim Bagikan 10000 Diamond Gratis, Apakah Real? Download Diamond FF Gratis 10000 APK

Karena banyak paket internet Indihome, tentu saja besaran FUP yang diterapkan untuk setiap paket juga berbeda. Biasanya disesuaikan dengan jenis paket yang digunakan serta kecepatan yang digunakan pelanggan Indihome.

Mengenal Batas FUP Indihome

Mengenal-Batas-FUP-Indihome

Seperti yang sudah disebutkan bahwa batas FUP di Indihome disesuaikan dengan jenis paket dan juga kecepatan internet yang dipilih. Sekarang kamu sudah paham mengenai apa itu FUP.

Selain itu juga sudah paham kenapa FUP dapat mempengaruhi kecepatan internet saat digunakan. Yang tak kalah penting di sini adalah berapa batas FUP di Indihome. IndiHome sendiri tidak hanya menggunakan satu batas FUP untuk setiap paket layanan yang diberikan.

Namun menggunakan 2 FUP sekaligus yang nantinya akan disesuaikan dengan paket kecepatan, kecuali paket kecepatan 100 Mbps. Artinya, kecepatan internet yang kamu gunakan bisa turun sampai 2 kali jika pemakaian internet sudah melampaui batas FUP Indihome.

Setelah melampaui batas FUP, penurunan kecepatan juga langsung ter-reset otomatis untuk bulan selanjutnya. Dua batas FUP yang kami maksud disini perlu diperhatikan dengan baik agar pengguna bisa mengantisipasi penurunan kecepatan internet.

Agar semakin paham dan mengerti, berikut adalah daftar FUP paket IndiHome yang perlu dipahami sebelum memakai paket internet :

👉 Trending  Kapan Sepatu Jordan FF Rilis di Indonesia dan Cara Dapatnya?

1. FUP paket IndiHome 10Mbps

Untuk paket IndiHome berkecepatan 10 Mbps, batas pemakaian wajar internet yang dapat kamu gunakan adalah 300GB. Namun, apabila pemakaian internet sudah mencapai 300GB, maka kecepatan internetnya langsung otomatis diturunkan menjadi 75% atau sekitar 7.5Mbps.

Berikutnya setelah pemakaian internet sudah menyentuh 400GB, kecepatan internet akan kembali diturunkan jadi 40% atau setidaknya menjadi 4 Mbps.

2. FUP paket IndiHome 20Mbps

Bagi yang menggunakan paket IndiHome 20Mbps tentu saja menawarkan kuota FUP IndiHome yang jauh lebih besar dari paket sebelumnya. FUP untuk paket IndiHome 20Mbps yang pertama adalah 500GB.

Setelah melebihi batas tersebut, kecepatan internet akan langsung diturunkan menjadi 75%. Untuk batas FUP keduanya adalah 40%. Jika batas pemakaian internet sudah lebih dari 800GB, maka kecepatan internetnya akan dikurangi jadi 40%.

3. FUP paket IndiHome 30 Mbps

Paket IndiHome 30 Mbps juga memberi dua batas FUP untuk para pelanggannya. Untuk paket ini, kecepatan internet langsung diturunkan menjadi 22.5Mbps ketika pemakaian internet sudah mencapai 700GB.

IndiHome langsung menurunkan kecepatan internet menjadi 12 Mbps atau sekitar 40% apabila pemakaian internet sudah mencapai 1.200 GB.

4. FUP IndiHome 40Mbps

Sudah berlangganan paket WiFi IndiHome 40 Mbps, tapi belum tahu batas FUP yang kamu dapatkan di paket ini? Di paket IndiHome ini, batas FUP pertama yang diberikan adalah 900GB.

👉 Trending  Event Team Rank Star Protection Mobile Legends

Dimana apabila pemakaian internet kamu di FUP pertama telah melampaui batas, membuat kecepatan internet langsung diturunkan menjadi 30 Mbps atau setidaknya sekitar 75% dari paket awal yang diberikan.

Sedangkan untuk batas FUP paket IndiHome kedua, kecepatan internet langsung diturunkan jadi 40% atau sekitar 16 Mbps apabila telah menyentuh pemakaian 1.600GB.

5. FUP paket IndiHome 50Mbps

Buat yang bekerja dari rumah tentu saja kebutuhan internet sangat penting. Hampir setiap saat selalu berkutat dengan internet dan selalu download file dalam jumlah besar.

Hal tersebut membuat batas FUP paket internet IndiHome di atas terasa sangat kurang. Untung saja ada paket IndiHome yang masih menawarkan kuota serta batas FUP yang jauh lebih besar yakni 50 Mbps.

Paket ini memiliki FUP yang lebih besar sehingga sangat menolong pengguna yang kerja dari rumah. Batas FUP yang pertama adalah 1200 GB.

Setelah dibatasi pemakaian tersebut terlampaui maka akan dikurangi menjadi 75% atau kira-kira 37.5 Mbps. Untuk batas FUP yang kedua adalah 2000 GB.

Jika melebihi batas tersebut, kecepatan internet akan langsung berkurang jadi 20 Mbps. Masih kurang dengan batas FUP IndiHome di atas?  Tenang saja karena ada batas pemakaian internet yang lebih besar.

👉 Trending  Download Lords Mobile 2.15 Full Apk Mod: Fast Skill Recovery

6. FUP IndiHome 100Mbps

Berbeda dengan paket IndiHome sebelumnya, IndiHome dengan kecepatan 100Mbps memang menawarkan kuota serta kecepatan internet yang jauh lebih kencang dibanding sebelumnya.

Paket IndiHome ini menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin menggunakan internet dengan kecepatan tinggi untuk segala aktivitas harian. Yang paling menarik, paket IndiHome ini hanya memberi batas FUP sekali saja.

Jadi, pengguna IndiHome harus memperhatikan batas dengan baik agar kecepatan internet tidak berkurang drastis. Batas FUP yang diberikan di sini adalah 2000 GB.

Bagi pengguna yang pemakaian internetnya sudah menyentuh 2.000GB, kecepatan internetnya langsung diturunkan menjadi 50 Mbps atau kira-kira 50% dari penggunaan internet selanjutnya.

Cara Mudah Cek FUP IndiHome 2021 Terbaru

Sekarang, kamu sudah paham berapa batas pemakaian internet IndiHome yang tertera dalam FUP. Intinya, semakin besar paket yang dipilih di sini, akan semakin besar pula batas FUP yang diberikan pihak IndiHome.

Setelah sebelumnya mengetahui berapa batasan Fair Usage Policy Indihome terbaru tahun 2021, kamu wajib tahu bagaimana cara cek Fair Usage Policy paket IndiHome yang sedang digunakan. Tujuannya agar dapat mengatur pemakaian internet IndiHome dengan baik dan bijaksana.

Agar saat memakai internet tidak kecolongan, kamu juga perlu tahu bagaimana dan cara melakukan pengecekan pemakaian internet IndiHome. Jangan lupa mengeceknya setiap hari. Jangan lupa juga untuk melakukan perhitungan kira-kira kapan batas Fair Usage Policy habis atau terpenuhi.

👉 Trending  Download Script Diamond FF Gratis 9999 Apk Versi Terbaru 2021

Menurut sumber resmi, setidaknya ada tiga cara yang dapat kamu gunakan untuk mengecek berapa batas Fair Usage Policy IndiHome di paket internet yang tersisa. Tentunya bisa disesuaikan dengan pilihan masing-masing pengguna IndiHome saja.

Berikut kami rangkumkan cara mengecek sisa pemakaian internet IndiHome berdasarkan Fair Usage Policy paket internet yang kamu gunakan :

1. Cara mudah mengecek kuota FUP IndiHome melalui  MyIndiHome

Cara-mudah-mengecek-kuota-FUP-IndiHome-melalui-MyIndiHome

Cara untuk tahu sisa Fair Usage Policy paket IndiHome yang pertama adalah dengan mengandalkan aplikasi MyIndiHome. Aplikasi ini memang sangat memudahkan setiap pengguna untuk memantau pemakaian internet IndiHome.

Untuk mengecek melalui aplikasi ini bisa dibilang sangat gampang dan tentunya sangat cepat. Cara mengeceknya juga nggak kalah dengan mengecek sisa kuota di Simpati. Adapun langkah mengeceknya sebagai berikut :

  • Langkah pertama, kamu harus download aplikasi ini terlebih dahulu.
  • Setelah aplikasi terdownload, silahkan buka aplikasi MyIndiHome.
  • Login memakai akun IndiHome terlebih dahulu.
  • Pilih ikon titik tiga di bagian menu Internet.
  • Selanjutnya pilih Lihat Penggunaan.
  • Di informasi tersebut, kamu bisa tahu jumlah penggunaan Fair Usage Policy IndiHome yang sedang digunakan.

Setelah tahu jumlah penggunaan internet di IndiHome, kamu bisa membandingkan pemakaian internet yang sudah dihabiskan dengan batas FUP paket yang digunakan.

👉 Trending  Sensitivitas Frontal Gaming Auto Headshot Game Free Fire Terbaru 2021

Lihat apakah pemakaian internet yang kamu lakukan sudah melebihi batas FUP tersebut atau masih di batas aman sehingga tidak menurunkan kecepatan internet yang kamu lakukan.

2. Cara Melihat FUP Paket Indihome menggunakan akses Website

Cara-Melihat-FUP-Paket-Indihome-menggunakan-akses-Website

Selain mengandalkan aplikasi yang telah didownload sebelumnya, kamu juga bisa langsung memantau pemakaian internet IndiHome via website resmi yang dapat diakses dari aplikasi browser, baik melalui perangkat HP ataupun laptop.

Bagi yang ingin memantau FUP IndiHome melalui website, silahkan ikuti tutorial berikut supaya tidak bingung :

  • Sebelumnya, kunjungi terlebih dahulu situs IndiHome yang beralamat di https://www.indihome.co.id/.
  • Selanjutnya bisa login ke website menggunakan akun IndiHome masing-masing.
  • Pilih opsi menu Lihat rincian di paket IndiHome yang sedang kamu gunakan.

Cara ini punya banyak kelebihan. Misalnya yang paling umum adalah bisa digunakan tanpa harus mendownload aplikasi terlebih dahulu. Cocok untuk kalian yang tidak mau ribet harus download aplikasi untuk cek pemakaian internet IndiHome.

3. Cara Cek FUP Paket Indihome via SMS

Cara-Cek-FUP-Paket-Indihome-via-SMS

Cara untuk cek pemakaian internet dengan FUP paket IndiHome yang terakhir adalah memanfaatkan layanan SMS. Bisa dibilang ini adalah cara paling mudah karena tidak membutuhkan akses internet untuk melakukannya.

👉 Trending  Benarkah PUBG Pinjam Dana ke Garena Free Fire? Ini Faktanya

Cara ini juga dapat menjadi alternatif tambahan bagi yang sedang tidak berada di rumah. Namun tetao ingin melakukan pengecekan batas pemakaian internet dari jarak jauh.

Pengecekan FUP IndiHome menggunakan cara ini juga tergolong sangat mudah dan tidak ribet sama sekali. Bagi yang mau coba bisa langsung cek caranya berikut :

  • Terlebih dahulu buka aplikasi Pesan di perangkat ponsel masing-masing terlebih dahulu.
  • Buat pesan baru memakai format :ISPIHKode Area + Nomor Telepon IndiHome.
  • Setelah itu bisa langsung mengirim pesan tersebut ke 98108.

Setelah mengirim pesan di atas, yang perlu kamu lakukan cukup menunggu beberapa saat sampai mendapat jawaban seputar informasi status paket internet yang sudah digunakan di IndiHome.

Termasuk berapa pemakaian internet yang kamu gunakan selama ini. Cara untuk melihat FUP menggunakan SMS ini tentu saja membutuhkan biaya SMS dasar.

Di mana biaya yang diperlukan di sini adalah Rp350 untuk satu SMS yang kamu lakukan. Jadi, sebelum melakukan pengecekan menggunakan cara ini, pastikan pulsa yang kamu gunakan di ponsel mencukupi.

Jika tidak ada pulsa, maka cara ini tidak dapat dipakai. Gunakan cara lain yang sudah kami berikan di atas.  Tentunya dengan menggunakan kuota internet masing-masing.

Cara Untuk Reset FUP IndiHome Paling Mudah

Cara-Untuk-Reset-FUP-IndiHome-Paling-Mudah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa batas FUP yang diterapkan di IndiHome sangat mempengaruhi kecepatan internet yang kamu gunakan. Jika batasnya sudah melebihi FUP, tentunya membuat kecepatan internet juga berkurang.

👉 Trending  Cara Mendapatkan Telur Hijau di Free Fire (FF)

Batas FUP paket internet yang kamu gunakan tinggal sedikit? Tentu saja kecepatan internet IndiHome juga berkurang. Nah, agar aktivitas browsing yang kamu lakukan tidak terganggu karena kuota terkuras habis, pengguna bisa melakukan reset FUP paket IndiHome sesuai keinginan.

Tenang saja karena cara resetnya sangat mudah dan tidak ribet sedikitpun. Bagi yang masih bingung silahkan ikuti cara berikut :

  • Langkah pertama, silahkan buka terlebih dahulu aplikasi MyIndiHome yang sudah didownload di perangkat.
  • Selanjutnya, langsung saja login ke aplikasi memakai akun yang sudah didaftarkan.
  • Pilih menu bergambar titik tiga di bagian Internet.
  • Selanjutnya tinggal pilih Lihat Penggunaan di opsi berikutnya.
  • Ketuk untuk tombol Renew Speed.
  • Selanjutnya pilih paket internet Indihome yang sedang dibutuhkan.
  • Ketuk atau pilih tombol Beli.

Dengan melakukan reset pada paket IndiHome, tentu saja paket yang sebelumnya langsung diakumulasikan. Sehingga kecepatan internet menjadi bertambah dan tidak lagi lemot ketika digunakan.

Cara Mudah Hemat FUP IndiHome Yang Harus Kamu Tahu

Cara-Mudah-Hemat-FUP-IndiHome-Yang-Harus-Kamu-Tahu

Merasa FUP paket IndiHome kalian boros atau tidak sesuai dengan pemakaian yang diharuskan? Tenang saja karena ada cara mudah untuk menghemat pemakaian FUP. Bagi yang belum tahu, simak caranya berikut :

👉 Trending  Game Lucky Plinko Apk Penghasil Uang Apakah Membayar?

1. Menggunakan Mikrotik dan Proxy Server

Agar lebih hemat FUP paket IndiHome yang kamu pilih, salah satunya bisa memakai mikrotik. Layanan ini digunakan untuk manajemen bandwidth sehingga bisa menghemat pemakaian internet IndiHome.

Selanjutnya juga bisa memakai proxy server yang memang telah terbuktikan bisa menghemat bandwidth. Caranya bisa dibilang sangat mudah sehingga cocok untuk pemula sekalipun.

2. Dengan membatasi kecepatan WiFi

Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur pembatasan kecepatan pada WiFi yang sedang digunakan. Cara ini bisa dibilang lebih akurat karena biasanya ada notifikasi yang muncul setelah kecepatan WiFi terpenuhi.

Dengan memberi batas kecepatan pada WiFi IndiHome yang kamu gunakan, bisa dipastikan  lebih menghemat FUP IndiHome.

3. Tidak download file berlebihan

Menurut pengalaman, banyak pengguna IndiHome yang memakai paket unlimited tapi menggunakan paket tersebut secara sembarangan. Bahkan banyak juga yang malah mendownload file yang tidak diperlukan.

Jadi ada baiknya dalam 1 hari memakai kuota IndiHome yang tidak lebih dari 10 GB. Menurut kami itu adalah batas yang sangat bijak agar kecepatan internet tidak menurun karena masalah FUP.

4. Mematikan Streaming Video jika tidak digunakan

Banyak pengguna IndiHome yang memiliki kebiasaan tetap membiarkan streaming video berjalan meskipun saat itu video yang sebelumnya sudah dilihat tidak ingin didengarkan atau dilihat kembali.

👉 Trending  Download Rebel Racing 1.26.9450 (Full) Apk + Mod + Data

Kebiasaan buruk tersebut ternyata juga mempengaruhi pemakaian internet terhadap FUP. Dimana akan mempercepat pemakaian internet ke batasannya.

Lalu bagaimana solusi terbaiknya? Tenang saja karena saat ini aplikasi Youtube telah menerapkan jeda video yang sangat membantu untuk memberi batas pemakaian internet. Jadi, pemakaian kuota IndiHome yang kamu gunakan tidak akan sia-sia.

Sekarang kamu sudah tahu informasi mengenai batasan FUP IndiHome dan cara mengeceknya hingga tips bagaimana menghemat pemakaian internet agar tidak melampaui batas FUP. Semoga informasi ini membantu pengguna IndiHome.

 

Lihat Juga :