Ini 5 Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi & Dengan App (Simple!)

kolamgue.com Screenshot atau menangkap layar di laptop memang memiliki berbagai cara. Dari cara menekan shortcut keyboard hingga menggunakan aplikasi. Cara screenshot di laptop juga sangat mudah dan cepat untuk dipraktekkan. Bukan hanya smartphone saja yang bisa menangkap layar dengan mudah.

Screenshot atau bisa disebut juga dengan screen capture merupakan sarana untuk menangkap gambar layar pada laptop. Jika kamu ingin menyimpan gambar atau mengabadikan gambar yang terpampang pada layar laptop kamu bisa melalukan screenshot untuk menangkap gambar layar.

Jadi buat kamu yang mungkin saja baru tahu bahwa laptop juga bisa melalukan proses screenshot maka simak baik-baik penjelasan di bawah ini. Akan dijelaskan berbagai cara untuk melakukan proses screenshot atau screen capture pada laptop.

👉 Trending  Tdomino Boxiangyx Com : Alat Mitra Higgs Domino Cara Daftar Agen Terbaru

5 Cara Mudah Screenshot di Laptop Tanpa App & Dengan App

Ada 6 cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk menangkap gambar layar di laptop kamu. Tidak perlu ribet karena prosesnya yang cukup simpel dan mudah untuk kamu praktekkan.

1. Gunakan Tombol PrintScreen

Cara pertama dan yang paling sering digunakan untuk menangkap layar di laptop adalah dengan menggunakan tombol PrintScreen. Dengan tombol ini kamu akan menangkap layar secara penuh pada laptop. Semua gambar pada layar akan tertangkal dengan tombol ini.

  • Langkah pertama adalah kamu pastikan dulu isi layar yang akan di capture. Jika sudah kamu bisa langsung tekan tombol PrintScreen yang ada pada keyboard laptop kamu. Letaknya di atas pada paling atas pada tombol keyboard.
  • Apabila kamu sudah menekannya dengan pasti, langsung saja menuju ke aplikasi Paint. Di sini kamu paste hasil screenshot tadi dengan menekan CTRL + V. Nantinya gambar hasil tangkapan akan muncul di Paint.
  • Kamu bisa edit terlebih dahulu sebelum di Save. Kamu bisa crop, menambahkan tulisan, dan lain-lain. Jika sudah langsung saja klik menu File lalu pilih Save. Pilih tempat penyimpanan dan ganti nama sesuai yang kamu mau.
👉 Trending  Tips Mudah Belanja di TikTok Shop

2. Kombinasi Tombol Alt + PrintScreen

Cara kedua memang masih berhubungan dengan PrintScreen namun kali ini dikombinasikan dengan tombol Alt. Apa bedanya dengan yang sebelumnya? Jika hanya menggunakan tombol PrintScreen maka tangkapan layar akan penuh namun jika dikombinasikan dengan tombol Alt maka hanya menangkap program yang masih aktif..

  • Caranya hampir sama dengan hanya menggunakan tombol PrintScreen namun kamu harus menentukan program apa yang kamu mau screenshot. Jika sudah arahkan kursor kamu ke program atau aplikasi pilihan kamu lalu kamu tekan Alt dan PrintScreen secara bersamaan.
  • Jika langkah itu sudah kamu lakukan tinggal masuk ke Paint dan tempel hasil screenshot. Kamu bisa edit jika dibutuhkan atau bisa langsung Save.
👉 Trending  Aplikasi Penghasil Uang Dengan Membaca Novel

3. Menggunakan PhotoScape

Cara screenshot di laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi PhotoScape.  Memang aplikasi yang satu ini lebih terkenal untuk editing foto namun fungsi lainnya juga bisa digunakan untuk menangkap layar pada laptop.

Aplikasi ini bukan bawaan dari Windows ataupun Apple jadi kamu harus download dan instal aplikasi ini terlebih dahulu. Manfaatnya aplikasi sangat banyak jadi kamu tidak akan sia-sia jika memasang aplikasi PhotoScape di laptop kamu.

  • Pertama-tama kamu pastikan dulu isi layar yang akan kamu simpan gambarnya. Setelah itu kamu buka saja aplikasi PhotoScape. Disana akan muncul berbagai pilihan tapi kamu pilih saja menu “ Screen Capture “.
  • Jika kamu sudah memilih menu tersebut maka akan muncul opsi pilihan. Disini ada opsi menangkap layar penuh, menangkap jendela, menangkap area, dan juga mengulang tangkapan akhir. Pilih sesuai yang kamu mau atau kamu butuhkan..
  • Setelah memilih maka isi layar akan tercapture dan di sini kamu bisa edit dahulu sebelum kamu simpan.
👉 Trending  Cara Download Reels Instagram

4. Menggunakan Snipping Tool

Screenshot atau menangkap layar di laptop dengan menggunakan Snipping Tool merupakan cara yang banyak orang gunakan. Selain mudah digunakan ada berbagai macam pilihan screenshot yang unik. Aplikasi ini memang cukup populer untuk media screen capture.

Untuk sistem Windows biasanya aplikasi ini sudah menjadi aplikasi bawaan. Namun jika belum ada atau kamu tidak menemukannya maka kamu bisa download dan instal terlebih dahulu. Ukurannya kecil dan mudah didapatkan di internet.

  • Langkah pertama jelas kamu harus tentukan layar yang akan kamu simpan gambarnya.
  • Buka aplikasi Snipping Tool dan pilih jenis capture. Pada opsi Menu kamu bisa menekan simbol di samping tulisannya. Di situ akan muncul pilihan screenshot mulai dari Free-form Snip, Rectangular Snip, Windows Snip, dan Full-screen Snip.
  • Kamu pilih saja sesuai yang kamu mau jika belum paham kamu bisa mencoba satu persatu agar tahu jenisnya.
  • Jika sudah maka hasil screenshot akan tampak dan kamu bisa langsung menyimpannya. Klik opsi File lalu pilih Save As dan simpan di lokasi yang kamu mau.
👉 Trending  Call Center Kartu Halo Terbaru (Prabayar/Pascabayar) Bebas Pulsa

5. Menggunakan LightShot

Menggunakan aplikasi LightShot sebagai cara screenshot di laptop memang sangat direkomendasikan buat kamu. Dengan memasang aplikasi ini proses penangkapan layar akan makin mudah. Kamu juga bisa membagikan hasil tangkapan layar langsung dari aplikasi ini.

  • Jika kamu sudah pasang aplikasi ini pada laptop kamu maka langkah pertama adalah dengan langsung menekan tombol PrintScreen.
  • Nantinya kamu akan langsung dihadapkan pada tampilan dimana kamu bisa mengatur ukuran screenshot. Caranya tinggal kamu tekan dan drag saja bagian sisi dari editor layar.
  • Sesuaikan yang kamu mau dan jika sudah kamu bisa mulai mengedit hasil tangkapan layar jika kamu mau. Jika tidak perlu edit maka langsung saja kamu simpan dan otomatis hasil tangkapan layar akan berada di folder default yaitu Pictures.
👉 Trending  Begini Cara Mengatasi Jika Lupa Password Instagram

Keunggulan Screenshot di Laptop

Jika kamu sudah tahu tentang cara apa saja yang bisa digunakann untuk screenshot layar di laptop. Tentunya kamu harus tahu juga beberapa keunggulan screenshot di laptop.

1. Mudah

Screenshot di smartphone sangat mudah namun begitu juga dengan di laptop. Sekarang ini masih banyak orang yang belum tahu cara screenshot di laptop padahal caranya sangat mudah. Selain mudah kamu juga banyak pilihan cara screenshot yang bisa kamu gunakan sesuai yang kamu mau.

2. Banyak Jenisnya

Jika screen capture pada smartphone hanya ada satu pilihan yaitu menangkap semua layar secara penuh maka berbeda dengan di laptop. Kamu bisa menentukan jenis screnshot yang kamu butuhkan misal screenshot bagian tertentu, screenshot layar penuh hingga kamu bisa menyeleksi sesuai yang kamu mau.

👉 Trending  Ide Kamar Tidur Minnie Mouse untuk Masa Kecil yang Menyenangkan

Ada banyak pilihan yang bisa kamu gunakan. Berbagai aplikasi juga menyediakan fitur yang sangat menarik. Selain banyak jenisnya kamu juga bisa mengedit hasil tangkapan layar. Menambahkan tulisan, simbol, hingga warna bisa dilakukan dengan bantuan berbagai aplikasi.

Seperti itulah penjelasan cara screenshot di laptop dan sedikit tentang keunggulannya. Jika kamu baru tahu banyak cara untuk screenshot layar di laptop, kamu bisa memilih cara mana yang menurutmu paling mudah dan nyaman. Sesuaikan saja dengan kebutuhan tangkapan layar kamu.

Daftar Isi