bahasa-pemrograman

Bahasa Pemrograman

Latar Belakang

Bahasa Pemrograman – Pengertian, Jenis, Macam, Tingkatan & Contoh – Informatika adalah disiplin ilmu teknik yang menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta simbolik dengan menggunakan komputer melalui proses-proses logika. Membahas tentang informatika, bahasaannya tidak akan jauh dari bahasa pemrograman atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer.


Sejak dulu hingga sekarang, tentu kita mengetahui bahwa di dunia komputer terdapat beraneka ragam bahasa pemrograman. Karena begitu banyaknya jenis-jenis bahasa pemrograman, bahasabahasa tersebut juga dikelompokan berdasarkan kriteria tertentu. Ada yang mengelompokkannya menjadi 3 level bahasa yaitu: high level (Seperti Pascal dan Basic), middle level (Seperti Bahasa C), dan low level (Seperti Bahasa Assembly). Ada juga yang mengelompokkannya menjadi procedural/functional programming, object oriented programming, dan sebagainya.


Namun pada dasarnya, bahasa-bahasa pemrograman tersebut memiliki bagian-bagian yang serupa.Yang membedakan hanyalah tata bahasa yang digunakan. Seperti halnya belajar bahasa Indonesia, bahasa Jawa, ataupun bahasa asing. Masing-masingnya memiliki bagian-bagian yang sama, yang membedakan hanyalah istilah/simbol yang digunakan dan dialek bahasa tersebut.


Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini adalah satu set aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer.

bahasa-pemrograman

Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan mana yang data yang akan diproses oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan langkah-langkah apa yang persis jenis yang akan diambil dalam berbagai situasi.


Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari :

  • Bahasa mesin, yang memberikan perintah ke komputer dengan menggunakan kode bahasa biner, misalnya 01100101100110.
  • Bahasa tingkat rendah, atau dikenal sebagai bahasa assembly (bah.Inggris Assembly), yang memberikan perintah ke komputer dengan menggunakan kode pendek (kode mnemonic), misalnya [kode_mesin | MOV], SUB, CMP, JMP, JGE, JL , LOOP, dll.
    Inggris Intermediate, yang merupakan bahasa komputer yang menggunakan campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia lihat contoh di bawah Bahasa Tingkat Tinggi  dan instruksi yang bersifat simbolik, misalnya, {,},?, > , &&, ||, dll.
  • Bahasa tingkat tinggi, yang merupakan bahasa komputer yang menggunakan instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, misalnya, mulai, akhir, jika, sementara, dan, atau, dll Komputer dapat memahami compiler bahasa manusia atau penerjemah program yang dibutuhkan.

Kebanyakan bahasa pemrograman diklasifikasikan sebagai High Level Languages, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Menengah dan Majelis Bahasa yang merupakan Rendah Bahasa.


Sejarah Bahasa Pemrograman

Penemuan bahasa pemrograman di mulai bersamaan dengan kemunculan komputer itu sendiri.Bahasa pemrograman dan komputer merupakan dwitunggal yang tidak terpisahkan karena sebuah komputer hanya bisa berfungsi jika ada program.

👉 Trending  Topologi Bus – Karakteristik, Cara, Kelebihan & Kekurangan

Sementara itu, sebuah program yang dibuat dengan bahasa pemrograman hanya  bisa hidup dengan menggunakan komputer sebagai media. Bahasa pemrograman telah mengalami berbagai proses perkembangan. Kondisi bahasa pemrograman saat ini telah berbeda jauh dengan bahasa pemrograman di tahun 40-an. Dahulu progammer memrintah komputer secara fisik menggunakan metode pengkabelan / wiring secara manual.


Metode wiring kemudian berkembang hingga menjadi bahan pemrograman sederhana.Kualitas dan fitur berkembang dan bertambah dengan pesat. Bahasa pemrograman di awal kemunculannya hanya dapat digunakan untuk satu keperluan saja/ one purpose only, tetapi kini dapat digunakan untuk bermacam-macam keperluaan.


Tokoh pertama yang di anggap memperkenalkan bahasa pemrograman pada komputer adalah Charles Babbage.Charles Babbage adalah seorang ilmuwan yang hidup di Inggris pada abad pertengahan.Beliau adalah orang yang pertama kali mendesain mesin menyerupai komputer. Mesin tersebut diisi beberapa program yang dapat berjalan di dalamnya  (identik seperi bahasa assembly sekarang ini). Pembuat program tersebut adalah Byron Countess of Lovelace, putri dari Lord Byron.


Komputer modern yang menggunakan tenaga listrik pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an. Ketika itu, komputer masih menjadi barang mewah dan hanya dimiliki oleh pihak-pihak yang memerlukan perhitungan data yang sangat banyak, seperti pihak militer dan universitas.Komputer pada waktu itu berukuran sangat besar sehingga memakan banyak tempat. Meskipun besar, komputer dianggap lambat menjalankan proses komputasi. Di awal penciptaannya hanya sedikit tokoh yang menyarankan untuk membuat program pada komputer.


Dunia pemrograman kemudian mengalami perkembangan yang sangat pesat setelah ditemukan komponen-komponen elektronika.Penggunaan komponen elektromika menyebabkan komputer menjadi komputer berukuran kecil karena ditemukannya teknologi Integrated Circuit (IC) dan teknologi pembuatan chip lainnya. Selain ukuran yang mengecil, kelebihan komputer setelah revolusi elektronika terdapat pada kemampuan komputasinya yang meningkat tajam. Oleh karena itu kemampuannya meningkat, secara otomatis komputer mampu menangani pemrosesan algoritma dangan lebih cepat.Hal tersebut mendorong di buatnya berbagai macam bahasa pemrograman tingkat tinggi.


Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa adalah suatu sistem untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis menggunakan simbol (yaitu huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer, bahasa manusia disebut bahasa alamiah, dimna komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer.


Program merupakan sekumpulan instruksi yang merupakan penyelesaian masalah. Program ‘dmasukkan’ ke dalam komputer, komputer mengerjakan instruksi-instruksi di dalam program tersebut, lalu memberikan hasil atau keluaran yang diinginkan. Agar program dapat dilaksanakan oleh komputer, programtersebut harus ditulis dalam suatu bahasa yang dapat dimengerti komputer. Karena komputer adalah mesin, maka program harus ditulis dalam bahasa yang khusus dibuat untuk berkomunikasi dengan komputer. Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program dinamakan bahasa pemrograman.

👉 Trending  File Adalah

Bahasa pemrograman (bahasa pemrograman) adalah instruksi standar untuk memerintah komputer yang memiliki fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini adalah satu set aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer.


Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan mana yang data yang akan diproses oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan / diteruskan, dan langkah-langkah apa yang persis jenis yang akan diambil dalam berbagai situasi.


Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsi dari bahasa pemrograman yang memerintahkan komputer untuk mengolah data sesuai dengan logika yang kita inginkan. Output dari bahasa pemrograman dalam bentuk program / aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal atau supermarket, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll


Bahasa pemrograman yang kita tahu ada banyak orang di dunia, sekitar ilmu komputer dan teknologi saat ini. Pengembangannya mengikuti inovasi tinggi dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita ketahui, antara lain, adalah untuk membuat aplikasi permainan, anti-virus, web, dan teknologi lainnya.


Baca Juga : “Steganografi” Pengertian & ( Prinsip – Kriteria – Aspek – Jenis )


Bahasa pemrograman komputer yang kita tahu termasuk Java, Visual Basic, C ++, C, Cobol, PHP, Net, dan ratusan bahasa lain. Tapi tentu saja, bahasa harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.

Secara bahasa pemrograman umum dibagi menjadi empat kelompok, yaitu :

  • Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C);
  • Level Language tinggi (seperti Pascal dan Basic);
  • Tingkat Tengah Language (seperti C);
  • Level Language rendah (seperti bahasa assembly);

Tingkat Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman ini masuk ke level sebagai bahasa dekat dengan bahasa manusia. Sebagai contoh, bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java dan lainnya.dsb dan tidak lagi pada pemula sulit dimengerti.

Disebut tingkat menengah karena dapat masuk ke dalam bahasa tingkat rendah tinggi dan. Misalnya dalam bahasa program C.


Bahasa pemrograman masuk ke level ini karena bahasa masih jauh dari bahasa manusia. Contoh bahasa Assembly.

Proses pembuatan program yang kita tulis kode sumber dalam editor teks seperti notepad dan kemudian mengubahnya menjadi bahasa mesin yang dapat dieksekusi oleh CPU. Proses konversi kode sumber (source code) ke dalam bahasa mesin (bahasa mesin) terdiri dari dua jenis kompilasi dan interpretasi.

👉 Trending  Sistem Operasi Jaringan

Kompilasi (Compilation)

Dalam proses kompilasi source code untuk membacanya pertama dan jika tidak ada kesalahan dalam penulisan, program ini akan mengatur kode mesin sehingga program dapat dijalankan. Program yang melakukan tugas ini disebut Compiler.


Program ini akan mengkompilasi hasil dalam bentuk yang dapat dieksekusi. Program ini dapat dijalankan tanpa harus langsung memiliki compiler pada komputer yang menjalankan program. Bahasa menggunakan teknik kompilasi Ulasan seperti bahasa C, C ++, Pascal, Assembly dan banyak lagi.


Interpretasi (Interpretation)

Bahasa menggunakan teknik interpretasi akan membaca kode sumber dan dieksekusi per baris per baris. Jika ditemukan kesalahan dalam penulisan program dalam kesalahan garis bahwa program akan dihentikan. Program yang melakukan tugas ini disebut Interpreter.


Dalam tidak ada teknik interpretasi akan menghasilkan program mandiri, artinya menjalankan program kita harus memiliki kode sumber setelah juru Program. Bahasa yang menggunakan bahasa teknik interpretasi Ulasan seperti Perl, Python, Ruby dan banyak lagi.


Baca Juga : E-Banking adalah


Kompilasi Sekaligus Interpretasi

Ada juga sebuah bahasa pemrograman yang menghasilkan teknik penyusunan Program serta interpretasi. Sebagai contoh, bahasa java. Dalam membuat java kode sumber program diubah menjadi bytecode. Meskipun terlihat seperti bahasa mesin, tapi ini bukan bahasa mesin dan tidak dapat dieksekusi. Untuk menjalankan bytecode kita perlu Java Runtime Environment (JRE), yang yang menjabat sebagai juru dari program bytecode yang dihasilkan.


Meskipun setiap bahasa pemrograman dibuat untuk membuat program tetapi call now bahasa dibuat dengan tujuan dan fungsi yang berbeda. Misalnya, untuk membuat driver hardware kita tidak bisa menggunakan bahasa Visual Basic.


Untuk membuat sistem berbasis program Ulasan seperti driver kita dapat menggunakan C atau bahasa assembly. Sebagai contoh, sistem operasi Linux adalah open source. Jika Anda melihat kode sumber Anda akan menemukan bahwa Linux dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C. Adapun desktop kita dapat menggunakan Visual Basic. Bahasa ini dirancang oleh Microsoft untuk pemrograman GUI desktop dengan tampilan yang mempesona.


Generasi Bahasa Pemrograman

    1. Generasi Pertama : Bahasa Mesin

Bahasa Mesin adalah bahasa internal komputer yang mengeksekusi  secara langsung tanpa terjemahan (translation). Disebut generasi pertama karena merupakan jenis yang paling awal dikembangkan, tahun 1940-an dan awal 1950-an semua program harus dikodekan dalam bahasa mesin.


Pemrograman dalam bahasa mesin :

  1. Akan menyita waktu dan kondusif untuk membuat kesalahan
  2. Berbeda untuk setiap jenis komputer, sehingga bergantung pada komputer dan tidak standar
👉 Trending  Sistem Informasi Geografis

  1. Generasi Kedua : Bahasa Assembly

Penggunaan komputer secara komersial tahun 1950-an mengakibatkan dikembangkannya bahasa assembly.

Ciri-Ciri Bahasa Assembly :

  1. Kode ditandai dengan nama yang mudah diingat sepert ADD, SUB, dan MULT.
  2. Alamat penyimpanan (storage addresses) nyata di mana data ditempatkan dapat didefinisikan dengan nama-nama seperti AMT1 dan AMT2 untuk memudahkan rujukan.

  1. Generasi Ketiga : Bahasa Tingkat Tinggi

Penggunaan komputer dalam bisnis berkembang sangat dramatis pada tahun 1950-an. Bahasa mesin dan assembly terlalu sulit, sehingga muncul third-generation languages (3GLs) yang lebih mudah untuk program dan portable. Disebut tingkat tinggi karena mudah dipelajari dan program tingkat tinggi memerlukan proses penerjemahan oleh komputer yang sangat rumit yang disebut compiler dan interpreter.


Contoh bahasa tingkat tinggi, diantaranya FORTRAN (FORmula TRANslator), Cobol, Pascal, Basic, Modula-2, ADA, Object-oriented programming laguage. Bahasa C disebut bahasa “tingkat menengah” karena format instruksinya dengan bahasa tingkat tinggi sekaligus bisa berinteraksi sekaligus bisa berinteraksi langsung dengan hardware.


  1. Generasi Keempat

Ciri-Ciri :

  1. Mudah untuk dipelajari dan dipahami
  2. Tepat untuk pengaksesan database
  3. Memfokuskan pada memaksimalkan produktivitas manusia dari pada minimasasi waktu computer
  4. Nonprosedural
  5. Tersedia dalam software paket yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang diinginkan

Contoh generasi keempat, diantaranya Query language seperti SQL (structured query language), QBE (query-by-example), dan INTELLECT, Report generator.


Baca Juga : “Open Source” Pengertian & Contoh ( Kelebihan – Kekurangan )


  1. Generasi Kelima

Sering digunakan untuk akses database atau membuat sistem pakar (expert system) atau knowledge-based system. Dalam konsep ditunjukkan untuk bahasa alami (natural language) yang semirip mungkin denganhubungan kemanusiaan.


  • Contoh generasi keempat, diantaranya LISP dan Prolog

Sekarang ini banyak sistem pakar dikodekan baik dalam LISP maupum Prolog, meski untuk hal yang sama bisa ditulis dalam C atau C++. Usaha yang sekarang dilakukan adalah memperbaiki bahasa AI (Artificial Intellegence) dengan mengkombinasikan kemampuan terbaik dari LISP dan Prolog.


Macam-Macam Bahasa Pemrograman


Bahasa Pemrograman HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.

Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

👉 Trending  Steganografi adalah

Bahasa Pemrograman PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.


PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).


ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.

ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.


Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.

XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.
XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.


WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).

WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.


Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.


Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.


Baca Juga : “Close Source” Pengertian & Contoh ( Kelebihan – Kekurangan )


  • Bahasa Pemrograman Javascript

Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.


Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).


  • Pascal

  • Dirancang oleh Prof. Nicklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerlandtahun 1971.
  • Nama Pascal berasal dari Blaise Pascal, nama ahli matematika dan philosopi dari Perancis (abad 17).
  • Pengembangan dari bahasa Algol 60 dan Algol W (turunan Algol 60).
  • Memiliki beberapa versi, seperti : Turbo Pascal, Ms Pascal (Microsoft), Apple Pascal,UCSD (University of California at San Diego Pascal), dll.
  • Turbo Pascal yang dibuat oleh Borland Inc. adalah versi yang paling banyak digunakan karena menggunakan Compiler untuk menterjemahkannya dan juga mengikuti standard bahasa Pascal yang dibuat oleh Nicklaus Wirth dan K. Jensen.
  • Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) dan terstruktur (Structured Programming language).
  • Bahasa Pascal, secara garis besar mempunyai struktur sebagai berikut :
    1. Judul program,
    2. Blok program yang terdiri dari :
      • Bagian deklarasi, meliputi :
  1. deklarasi label,
  2. deklarasi konstanta,
  3. deklarasi tipe,
  4. deklarasi variabel,
  5. deklarasi prosedur dan/atau fungsi.
👉 Trending  Brainware adalah

Bagian pernyataan, berisi perintah-perintah.

Bahasa Pascal adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) yang cukup populer, khususnya di Indonesia.Hal ini disebabkan bahasa Pascal lebih mudah dipahami dibanding bahasa pemrograman lainnya, seperti bahasa C, bahasa assembler, dan lain sebagainya.Selain itu, bahasa Pascal adalah bahasa pemrograman yang terstruktur dan lebih mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga sangat cocok diterapkan dalam dunia pendidikan.


Baca Juga : “DBMS ( Database Management System ) Pengertian & ( Macam – Contoh – Tujuan – Komponen )


Tidak fleksibel penggunaannya.


Borland Delphi atau biasa disebut Delphi saja, merupakan sarana pemrograman aplikasi visual.Bahaa pemrograman yang disunakan adalah bahasa pemrograman Pascal atau yang kemudian disebut bahsa pemrograman Delphi.Delphi merupakan generasi penerus dari Turbo Pascal. Turbo Pascal yang diluncurkan pada tahun 1983 dirancang untuk dijalankan pada sistem operasi DOS ( yang merupakan sistem operasi yang paling banyak disunakan pada saat itu ). Sedangkan Delphi yang diluncurkan pertama kali tahun 1995 dirancang untuk beroperasi dibawah sistem operasi Windows.


Borland Delphi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang semenjak diluncurkan pertama kali langsung dilirik dan diminati oleh para programmer komputer.Hal ini disebabakan karena Delphi menyediakan fasilitas untuk pembuatan aplikasi dengan antarmuka visual secara mudah dan dapat memberikan hasil yang memuaskan. Pada Delphi terdapat 2 macam struktur yaitu struktur projrk dan struktur unit program Delphi.


  1. Sifatnya freeware
  2. Dikembangkan dengan bahasa Pascal, sehingga pagi pengguna yang terbiasa dengan dasar pemrograman turbo Pascal akan lebih familiar.
  3. Komponen yang disediakan sudah cukup lengkap tanpa harus add component dari sumber lain.
  4. Dokumentasi cukup lengkap.

Kelemahan :

  1. Pengguna yang tidak memiliki dasar pemrograman dengan bahasa Pascal akan mengalami kesulitan untuk pertama kalinya.
  2. Setiap komponen yang dimasukkan dalam form tampilan, akan diikutsertakan kode deklarasi dan inisialisasinya dalam list code. Sehingga apabila terjadi perubahan komponen, penamaan maupun kesalahan penulisan kode, program tidak mau membetulkan otomatis.
  3. Apabila terdapat form/list code lain yang di-include-kan, harus dituliskan code/nama dari form/lost code di bagian “uses” dan juga inisialisasi variablenya.
👉 Trending  Pengembangan Sistem Informasi

Visual Basic 6 merupakan salah satu tool untuk pengembangan aplikasi yang banyak diminati oleh orang.Di sini Visual Basic 6 menawarkan kemudahan dalam pembuatan aplikasi dan dapat menggunakan komponen-komponen yang telah disediakan.Untuk memulai Visual Basic 6 anda perlu menginstall Visual Basic 6.0.Program ini biasanya dalam satu paket dengan Visual Studio 6.0.Dengan menggunakan Visual Basic 6 kita bisa menghasilkan berbagai macam jenis program.Dari aplikasi yang mengintegrasikan database, jaringan, office automation, dan web application.


Baca Juga : “File” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Contoh – Jenis )


  1. Bahasa yang sederhana. Banyak hal yang mungkin sulit dilakukan jika kita menggunakan bahasa pemrograman lainnya, akan dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Visual basic.
  2. Karena Visual basic sangat populer, maka sangat banyak sumber-sumber yang dapat kita gunakan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan kau baik berupa buku, web site dll.
  3. Kita bisa memperoleh banyak tools baik gratis maupun tidak di Internet yang akan sangat membantu menghemat waktu kita dalam pemrograman.

  1. Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang powerful, tetapi sebenarnya tidak terlalu bagus untuk membuat game-game yang benar-benar memuaskan.
  2. Lebih lambat dibandingkan bahasa pemrograman lain.

Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967.Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1972-an di Bell Telephone Laboratories Inc.( sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).


Baca Juga : E-Learning adalah


  1. Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer
  2. Kode bahasa C sifatnya adalah portable

Aplikasi yang ditulis dengan bahasa C untuk suatu komputer tertentu dapat digunakan di komputer lain hanya dengan sedikit modifikasi.


  • Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci
  • Proses executable program bahasa C lebih cepat
  • Dukungan pustaka yang banyak

Keandalan bahasa C dicapai dengan adanya fungsi-fungsi pustaka.


  • C adalah bahasa yang terstruktur

Bahasa C mempunyai struktur yang baik sehingga mudah untuk dipahami.C mempunyai fungsi-fungsi sebagai program bagiannya.

  • Selain bahasa tingkat tinggi, C juga dianggap sebagai bahasa tingkat menengah.
👉 Trending  Fungsi Kapasitor

Bahasa C mampu menggabungkan kemampuan bahasa tingkat tingkat tinggi dengan bahasa tingkat tingkat rendah.

Karena C sifatnya adalah kompiler, maka akan menghasilkan executable program yang banyak dibutuhkan oleh program-program komersial.


  1. C adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi.
    Program C yang kita tulis untuk satu jenis platform, bisa kita kompile dan jalankan di platform lain dengan tanpa ataupun hanya sedikit perubahan. Ini bisa diwujudkan dengan adanya standarisasi ANSI untuk C.
  2. C adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci (keyword) sedikit.
    Kata kunci disini adalah merupakan fungsi ataupun kata dasar yang disediakan oleh kompiler suatu bahasa pemrograman. Hal ini membawa pengaruh semakin mudahnya kita menulis program dengan bahasa tingkat rendah. Pengaruh lain dari sedikitnya kata kunci ini adalah proses eksekusi program C yang sangat cepat.

Baca Juga : Desing Grafis


Mulai awal tahun 1980, Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C. Pada tahun 1985, lahirlah secara resmi bahasa baru hasil pengembangan C yang dikenal dengan nama C++. Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi.C++ yang pertama, dirilis oleh AT&T Laboratories, dinamakan cfront.C++ versi kuno ini hanya berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C.


Pada evolusi selanjutnya, Borland International Inc. mengembangkan kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mampu mengubah C++ langsung menjadi bahasa mesin (assembly).Sejak evolusi ini, mulai tahun 1990 C++ menjadi bahasa berorientasi obyek yang digunakan oleh sebagian besar pemrogram professional.

C++ itu kan pada dasarnya bahasa C juga, nah kemampuan C yang utama itu adalah seperti :

  1. mampu mengakses komponen hardware komputer dengan syntax yang lebih manusiawi dibanding Assembly bahasa Standard-nya.
  2. ANSI bisa dipakai diberbagai platform
  3. kecepatan program jika dibanding dengan program yang sama buatan bahasa lain, relatif lebih cepat.

C++ mencakup semua kelebihan C namun dengan tambahan seperti misalnya yang utama penanganan kompleksitas dengan OOP


Kekurangan :

Salah satu kelemahan C++ adalah kurangnya library built in, sehingga untuk proses-proses tertentu kita harus membuat sebuah program nearly built from scratch, atau dari dasar sekali. Terlebih lagi bahasa C++ dewasa ini kurang begitu popular karena kita masih memikirkan pemrograman dari sisi mesin ketimbang memikirkan probis (proses bisnis) yang seharusnya menjadi tujuan kita.


Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat luinak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Kita lebih menyukai menyebut Java sebagai sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional. Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:

👉 Trending  Desing Grafis

  • Programming-language specification
    • Application-programming interface
    • Virtual-machine specification

Bahasa Java dapat dikategorikan sebagai sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek, pemrograman terdistribusi dan bahasa pemrograman multithrreaded .Objek Java dispesifikasi dengan membentuk kelas. Untuk masing-masing kelas Java, kompiler Java memproduksi sebuah file keluaran arsitektur netral yang akan jalan pada berbagai implementasi dari Java Virtual Machine (JVM). Awalnya Java sangat digemari oleh komunitas pemrograman internet, karena Java mendukung untuk applets, dimana program dengan akses sumber daya terbatas yang jalan dalam sebuah web browser.


Java juga menyediakan dukungan level tinggi untuk networking dan objek terdistribusi. Java juga dianggap sebagai sebuah bahasa yang aman.Tampilan ini pada khususnya penting menganggap bahwa sebuah program Java boleh mengeksekusi silang sebuah jaringan terdistribusi.Sehingga bahasa Java saat ini termasuk bahasa pemrograman yang relatif mudah untuk dipelajari karena banyaknya contoh dan konsep yang beredar luas, baik berupa buku maupun di internet.Tetapi program yang dibuat dalam bahasa Java juga relatif lebih banyak membutuhkan waktu saat di eksekusi (lebih lama) dikarenakan untuk menjalankan programnya dibutuhkan JVM (perantara antar program dan sistem operasi).


Baca Juga : Topologi Jaringan adalah


Ruby adalah bahasa pemrogaman scripting yang berorientasi objek.Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa pemrogaman scripting yang ada di dunia.Ruby ditulis dengan bahasa C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Phyton. Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto.Penulisan Ruby dimulai pada February 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari ruby.Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro meulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengkotribusikan Ruby.


  1. Sintaks sederhana
  2. Memiliki Exception Handling yang baik
  3. OOP
  4. Single inheritance
  5. Didukung oleh OS Linux, Windows, MacOS X, OS/2, BeOs, dan Unix.
  6. Merupakan bahasa pemrograman scripting yang berorientasi objek
  7. Memiliki garbage collector yang secara otomatis akan menghapus informasi tak terpakai dari memori

Kekuranagan :

  1. Implementasi thread di ruby masih berupa green thread, bukan native thread. Hal ini membuat aplikasi GUI (desktop) dengan background thread tidak mungkin diimplementasikan di ruby.
  2. Virtual Memory, ruby masih fully interpreted sehingga program ruby cenderung lebih lambat.
  3. saat ini spesifikasi ruby (syntax, behaviour, dll) adalah implementasi ruby yang asli dari matz.
  4. Saat ini kualitas IDE untuk ruby masih jauh daripada .net dan java. Tapi dengan bermunculnya IDE ruby yang dibuat dengan java.net, kondisinya agak berubah. Tapi karena ruby bahasa yang sangat dinamis, sulit untuk bisa mendapatkan informasi secara lengkap mengenai struktur sebuah program ruby secara statis.
👉 Trending  Augmented Reality

Salah seorang putra Indonesia berhasil membuat sebuah trobosan baru tentang konsep bahasa pemrograman. Bernaridho Imanuel Hutabarat, dia membuat bahasa pemrograman yang lebih mudah yang kemudaian ia namai dengan Nusaptel. Dia adalah alumnus Jurusan Teknik Informatika (ITB) dan Conventry University (Ingris).


Ide pembuatan Nusaptel bermula ketika Bernan (panggilan akrab) merasa konsep pemrograman dengan bahasa C++ terlalu rumit dan terlalu bertele-tele dan dia sangat tidak suka terhadap itu.Berawal pada ketidak sukaannya itu, ketika dia bekerja di sebagai Dosen pada tahun 1999, dia kemudian mulai merancang dan membuat bahasa Nusaptel ini.Pada saat itu pembuatannya hanya terbatas pada syntax hirarki type.


  • Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsinya adalah menyuruh komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan.Keluaran dari bahasa pemrograman adalah berupa program/aplikasi.Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan.


Penentuan jenis bahasa tidak ditentukan oleh trend namun lebih kepada kesesuaian antara masalah yang hendak dipecahkan dengan kelebihan dari suatu bahasa pemrograman.Misalkan, untuk membuat suatu aplikasi mengenai kecerdasan buatan, lebih tepat jika menggunakan bahasa pemrograman logik, seperti Prolog.


Baca juga : Pengertian PT Dan CV Menurut 6 Para Ahli


Daftar Bahasa Pemrograman

Berikut adalah daftar bahasa pemrograman komputer :

  1. Aro
  2. Ada
  3. ALGOL
  4. Applescript
  5. Assembly
  6. BASIC:
  7. ASP
  8. BASIC
  9. COMAL
  10. Visual Basic
  11. Visual Basic for Applications
  12. VBScript
  13. BAIK
  14. Batch (MS-DOS)
  15. COBOL
  16. UNIX shell script:
  17. Bourne shell (sh) script
  18. Bourne-Again shell (bash) script
  19. Korn shell (ksh) script
  20. C shell (csh) script ™
  21. C:™
  22. C++™
  23. C#™
  24. Visual C++
  25. ColdFusion
  26. dBase dkk.:
  27. Clipper
  28. Foxbase
  29. Visual FoxPro
  30. Eiffel
  31. Fortran
  32. Go
  33. Haskell
  34. Java
  35. JavaScript
  36. JSP
  37. Lisp
  38. Logo
  39. Pascal
  40. Delphi
  41. Perl
  42. Prolog
  43. Python
  44. PHP
  45. Pike
  46. R
  47. REXX
  48. REBOL
  49. RPG
  50. Ruby
  51. Simula
  52. Smalltalk
  53. Scheme
  54. SQL

Baca Juga : Augmented Reality


Demikian Pembahasan Tentang Bahasa Pemrograman – Pengertian, Jenis, Macam, Tingkatan & Contoh Semoga bermanfaat buat para sahabat Dosenpendidikan.Com 😀

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan