Macam Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, jadi kita tahu bahwa ada komponen biotik (hidup) dan juga komponen abiotik(tidak hidup) yang terlibat dalam suatu ekosistem ini, kedua komponen ini tentunya saling mempengaruhi, contohnya saja hubungan heewan dengan air.

Interaksi antara makhluk hidup dan tidak hidup ini akan membentuk suatu kesatuan dan keteraturan. Setiap komponen yang terlibat memiliki fungsinya masing-masing, dan selama tidak ada fungsi yang terngganggu maka keseimbangan dari ekosistem ini akan terus terjaga.

Dalam pernyataan dari suatu kejadian dengan sistem biologi dan ekologi, suatu organisme (Yunani: Organon, yang berarti instrument) adalah kumpulan molekul yang saling mempengaruhi sehingga dapat berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup.

👉 Trending  Kata Sapaan : Pengertian, Contoh Kalimat, Jenis, Ciri

Istilah ini mengacu pada organisme kompleks organisme yang memiliki lebih dari satu sel. Nama-nama lain yang sering disebut selain organisme adalah sesuatu yang hidup terdiri dari organisme manusia, tanaman, hewan dan mikro-organisme.


Karakteristik Umum Makhluk Hidup

Karakteristik yang umum di banyak organisme adalah sebagai berikut :

  • Membutuhkan nutrisi / makanan
  • Bernafas
  • Bergerak
  • Tumbuh
  • Berkembang biak
  • Sensitif terhadap rangsangan
  • Beradaptasi, dan ada komposisi kimia
  • Mengeluarkan zat sisa

Namun, sifat-sifat ini tidak universal. Mikroorganisme seperti bakteri tidak bernapas, tetapi penggunaan jalur kimia lainnya. Banyak organisme tidak dapat bergerak secara independen dan banyak organisme tidak dapat berkembang biak, meskipun spesies ini mampu.


Komponen Dalam Ekosistem

Berdasarkan fungsi dan aspek penyusunannya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua komponen, yaitu sebagai berikut:

👉 Trending  Bloody Bastard Mod Apk All Unlocked Unlimited Money Terbaru 2021

Komponen Abiotik, yaitu komponen yang terdiri atas bahan-bahan tidak hidup (nonhayati), yang meliputi komponen fisik dan kimia, seperti tanah, air, matahari, udara, dan energi. Komponen biotik, yaitu komponen atas bahan-bahan hidup (hayati), seperti tumbuhan, hewan dan manusia.

Dalam suatu ekosistem ada 2 pembagian komponen biotik, yaitu Organisme Autotrof dan Organisme Heterotrof.

Organisme Autotrof adalah semua organisme yang mampu membuat atau mensintesis makanannya sendiri, berupa bahan organik dan bahan-bahan anorganik dengan bantuan energi matahari melalui proses fotosintesis. Semua organisme yang mengandung klorofil terutama tumbuhan hijau daun disebut organisme autotrof. Ada dua pembagian atas Organisme autotrof ini yaitu :

  1. Fotoautotrof yang merupakan organisme pemanfaat energi cahaya untuk mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik.
  2. Kemoautotrof yang merupakan organisme pemanfaat energi dari reaksi kimia untuk membuat bahan makanan sendiri dari bahan organik. Contohnya adalah bakteri besi, dalam menjalankan proses ini mereka membutuhkan oksigen.
👉 Trending  Paket Nelpon Kartu 3 Tri Murah + Cara Daftar Terbaru

Interaksi Dalam Ekosistem

Setiap makhluk hidup akan berusaha untuk mempertahankan populasinya, tentu dengan cara mencari makanan dan terus berkembang biak, seperti yang kita ketahui ada makhluk hidup karnivora dan herbivora hal ini akan menimbulkan hubungan erat yang biasa dinamakan rantai makanan dan jaring jaring makanan.


Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem


Kata individu berasal dari bahasa latin in berarti tidak dan dividus yang berarti dapat dibagi. Dalam Ekologi individu adalah makhluk hidup tunggal (yang tidak dapat dibagi-bagi). Seorang manusia, sebatang pohon kelapa, seekor kucing dan seekor kupu-kupu merupakan individu. Demikian juga dengan seekor sapi dari sekumpulan sapi, seekor ikan dalam kelompoknya, dan tiap-tiap pohon karet dalam suatu perkebunan.

👉 Trending  Download Last Pirate: Island Survival 0.500 Apk + Mod Latest



Satu atau lebih individu suatu spesies yang hidup di suatu tempatdisebut populasi.Misalnya, di dalam ekosistem sawah terdapat populasi tumbuhan padi., populasi rumput, populasi ular, populasi wereng dan populasi burung pipit.


Seluruh komponen biotik suatu ekosistem danamakan komunitas. Suatu komunitas tersusun atas semua populasi yang ada di dalam ekosistem yang bersangkutan. Sebagai contoh, dalam suatu ekosistem hutan komunitas pohon beranggotakan semua populasi berupa berbagai jenis pohon. Komunitas burung beranggotakan semua populasi berbagai jenis burung. Dengan kata lain, interaksi antar populasi membentuk suatu komunitas.


Komunitas hidup di tempat tinggal alminya, ditambah faktor-faktor abiotik (tak hidup) lingkungan (Udara, air, tanah dan cahaya) membentuk suatu ekosistem. Suatu danau adalah sebuah ekosistem yang terdiri ats komunitas bermacam-macam hewan dan tumbuhan danau, air, mineral-mineral, oksigen terlarut, tanah, dan cahaya. Contoh ekosistem : Ekosistem laut, sawah, sungai. Setiap ekosistem memilki karakter sendiri.

👉 Trending  Paket Roaming HongKong (HK) termurah: Telkomsel, XL, 3, Indosat


Beberapa ekosistem daratn yang memiliki struktur dan kenampakan vegetasi yang sama, memilki sifat-sifat lingkungan yang sama, dan memilki karakteristik komunitas hewan yang sama pula membentuk suatu biom. Beberapa contoh biom adalah biom hutan hujan tropis, biom tundra, biom savanna. Gabungan semua biom yang ada di muka bumi ini disebut biosfer.


Demikianlah artikel dari kolamgue.com mengenai Macam Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem : Pengertian Karakteristik, Komponen, Iteraksi, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan