cara install aplikasi di laptop

Cara Install Aplikasi di Laptop

Cara Install Aplikasi di Laptop-Seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman, sekarang banyak pekerjaan yang ada mengharuskan anda untuk memiliki laptop. Selain mudah dibawa kemana pun, anda juga bisa bekerja secara remote dari mana saja. Untuk itu laptop pun biasanya memiliki sejumlah aplikasi untuk menunjang pekerjaan anda.

Apakah anda memiliki banyak aplikasi di smartphone anda? Sama seperti halnya dengan smartphone, anda juga bisa menginstall berbagai macam aplikasi ke dalam laptop anda. Hanya jika dengan smartphone anda bisa dengan mudahnya menginstal aplikasi apapun yang anda inginkan tanpa melalui proses install yang repot. Lain halnya apabila anda hendak menginstall aplikasi di laptop.

👉 Trending  Urutan Rank Mobile Legends

Bagi anda yang sehari-hari berkutat dengan laptop, tentunya ini bukanlah hal yang asing dan sulit untuk dilakukan. Namun bagi anda yang awam, biasanya merasa kebingungan dan repot untuk melakukan proses instalasi tersebut. Hal ini bisa jadi karena kita merasa akan ribet dengan proses teknikal yang berbeda dengan smartphone. Sebenarnya tidak sesulit yang anda bayangkan.

Pertama-tama anda harus tahu bahwa cara install aplikasi di laptop memiliki beberapa cara. Ini pun juga tergantung dengan sistem operasi yang anda miliki,yaitu Windows atau macOS. Kita akan membahas bersama langkah-langkah yang diperlukan. Berikut cara untuk laptop anda yang menggunakan sistem operasi Windows.

cara install aplikasi di laptop

 

Cara Install Aplikasi di Laptop

Setidaknya kita akan menemukan beberapa cara untuk dapat menginstall aplikasi pada laptop anda. Dengan begitu anda bisa memilih cara yang dianggap cukup mudah, yaitu sebagai berikut.

👉 Trending  4 Cara Downgrade MIUI (11, 10 ke 9, 9 ke 8,7) Tanpa PC

Menggunakan file. exe

Anda bisa menemukan banyak aplikasi atau software gratis yang tersedia untuk sistem operasi Windows di internet. Banyak juga aplikasi gratis ini yang menyediakan fitur premium seperti versi berbayarnya.

  • Setelah anda selesai mendownload aplikasi/software, buka folder dimana anda menyimpan aplikasi tersebut
  • Biasanya aplikasi yang ada download memiliki file.exe
  • Klik kanan pada file.exe tersebut lalu klik open
  • Selanjutnya anda akan melihat kotak dialog User Account Control (UAC), pilih OK
  • Lalu anda biasanya cukup memilih opsi Next hingga proses install selesai
  • Setelah proses instalasi selesai, anda bisa klik Finish
  • Anda sudah berhasil melakukan instalasi aplikasi di laptop anda

Menggunakan platform Microsoft Store

Seperti sistem operasi pada umumnya, Windows pun memiliki update sistem. Untuk Windows 8 dan 10, anda bisa menggunakan digital store milik Microsoft yang bernama Microsoft Store. Disini anda bisa mendownload aplikasi untuk laptop anda seperti fungsi play store yang ada pada android.

  • Langkah awal adalah anda harus membuka platform Microsoft Store tentunya
  • Untuk Windows 8, anda bisa mengarahkan kursor ke bagian ujung kanan atas atau bawah hingga menu Search muncul
  • Untuk Windows 10, anda bisa ke bagian taskbar dan akan menemukan menu Search.
  • Lalu pilih program Microsoft Store
  • Pilih aplikasi atau software yang ingin anda install
  • Klik menu Get dan aplikasinya akan otomatis terdownload
  • Setelah selesai didownload, anda tinggal klik pilihan Launch dan aplikasi sudah terinstall di laptop anda
👉 Trending  Cara Backup Chat WhatsApp ke iCloud

Menggunakan emulator

Selain menginstall aplikasi khusus untuk laptop, anda juga bisa menginstall aplikasi android di laptop anda. Untuk hal ini, anda membutuhkan emulator. Ada banyak emulator yang tersedia di internet seperti Bluestack, Gameloop, LD Player, Nox, Genymotion dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Install terlebih dahulu emulator yang anda pilih
  • Jika emulator sudah berhasil diinstall anda bisa memulai menginstall berbagai aplikasi android di laptop anda

Sekarang kita akan mulai membahas bagaimana cara install aplikasi di laptop yang menggunakan sistem operasi macOS. Untuk anda yang penggemar sekaligus pengguna laptop keluaran Apple ini, simak langkah-langkah berikut :

Menggunakan App Store

Memiliki fungsi yang sama seperi Microsoft Store, anda bisa menginstall aplikasi dengan menggunakan app store yang dimiliki Apple. Langkah yang dilakukan untuk menginstall aplikasi di laptop dan iphone sebenarnya sama, untuk lebih jelasnya bagi anda yang tidak memiliki iphone, inilah langkah-langkahnya :

  • Buka App Store yang ada pada laptop dengan sistem macOS anda
  • Cari aplikasi atau software yang ingin anda install
  • Klik pilihan Get pada aplikasi tersebut
  • Pilih menu install dan tunggu hingga selesai
  • Dan selanjutnya anda akan diminta untuk login ke Apple ID anda
  • Setelah login aplikasi akan muncul di Launchpad
  • Anda sudah berhasil melakukan proses instalasi tersebut
👉 Trending  Cara Video Call Group di WhatsApp

Baca juga: Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Menggunakan file.dmx

Anda bisa mencari berbagai aplikasi dan software yang tersedia di internet.

  • Setelah anda selesai mendownload aplikasi/software, buka folder dimana anda menyimpan aplikasi tersebut
  • Aplikasi yang anda download memiliki file.dmg
  • Klik dua kali pada file.dmg untuk membukanya dan memulai tahap install
  • Selanjutnya anda akan melihat kotak dialog _End User License Agreement_ dan klik Agree untuk melanjutkan proses instalasi
  • Setelah proses loading selesai, pindahkan aplikasi dengan cara klik lalu drag ke folder Application
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai
  • Anda sudah berhasil melakukan proses instalasi di laptop anda

Itulah langkah-langkah yang bisa anda gunakan untuk cara install aplikasi di laptop. Setelah mengetahuinya, prosesnya tidak sesulit yang anda bayangkan bukan? Alih-alih meminta orang lain untuk melakukannya, anda sudah bisa melakukan proses instalasi tersebut sendiri. Langkah-langkah yang dibutuhkan sudah dijelaskan dengan singkat dan mudah dimengerti.

👉 Trending  6 Cara Duet di TikTok Agar FYP Tanpa Aplikasi Mudah!!

Sebagai tambahan, anda juga perlu memperhatikan versi aplikasi atau software yang akan anda install. Ini berguna untuk memastikan apakah versi tersebut kompatibel atau tidak dengan sistem operasi yang dimiliki oleh laptop anda. Karena jika anda sudah mengikuti cara install aplikasi di laptop akan tetapi ternyata tidak kompatibel untuk dijalankan, waktu dan usaha anda menjadi terbuang sia-sia. Jadi anda jangan lupa untuk mengecek versi yang ada.

Bagi anda yang merupakan pekerja kantoran, pastinya anda sudah sering dituntut untuk selalu siap mengerjakan atau menyelesaikan job anda dimana saja. Apalagi jika anda sering berpergian untuk meeting atau melakukan tugas di luar kota, laptop akan sangat berguna dan dibutuhkan dalam pekerjaan anda. Maka dari itu, memiliki aplikasi yang menunjang pekerjaan anda memang bisa dibilang penting. Hal ini akan tentunya membuat anda lebih mudah dalam melakukan pekerjaan.

👉 Trending  Bagi-Bagi Akun FF Sultan Gratis 2021 100% Masih Bisa Login

Selain aplikasi, spesifikasi laptop juga perlu diperhatikan. Apakah anda membutuhkan spesifikasi khusus dan tinggi, atau spesifikasi yang biasa saja sudah cukup? Harga yang ditawarkan tentunya pun beragam. Mulai dari perbedaan merek, perbandingan spesifikasi dan juga model laptop sendiri.

Namun dari semua itu, hal yang penting adalah anda bisa memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda punya. Tidak perlu mementingkan gengsi semata dan malah menyusahkan diri anda sendiri. Yang penting laptop tersebut bisa membantu dan menunjang anda dalam bekerja. Setelah anda membeli laptop pilihan, anda bisa kemari untuk melihat cara install aplikasi di laptop.

Baca juga: Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop OS Windows

👉 Trending  Cara Logout Whatsapp

Penutup

Akhir kata, silakan mencoba langkah-langkah di atas untuk anda yang sedang bingung dan merasa repot dengan bagaimana cara menginstall aplikasi di laptop anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.