[Review] AOMEI Partition Assistant: Aplikasi Partisi Hard Disk Yang Powerful

AOMEI Partition Assistant adalah salah satu aplikasi partisi hard disk terbaik yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Fiturnya sangat lengkap dengan tampilan antar muka yang mudah dipahami.

Dengan menggunakan satu aplikasi ini saja, hampir semua proses pengelolaan hard disk bisa kita lakukan. Mulai dari membagi partisi, melakukan pengecekan kesehatan hard disk, hingga membuat bootable disk.

Pada kesempatan ini teknosentrik akan memberikan review berdasarkan pengalaman selama menggunakan aplikasi ini. Bagian yang akan kita ulas adalah poin-poin penting yang menentukan kualitas sebuah aplikasi, yakni tampilan antar muka, fitur-fitur, dan performanya.

Versi yang saya gunakan adalah AOMEI Partition Assistant Standard Edition yang merupakan freeware, jadi Anda juga bisa menggunakannya secara gratis. Anda bisa download aplikasinya lewat link berikut ini:

👉 Trending  10 Merk Kosmetik Indonesia yang Bagus & Terbaik 2021

Review AOMEI Partition Assistant

1. Tampilan antar muka yang user friendly

Kesan pertama saat berhadapan dengan tampilan antar muka aplikasi ini adalah “clean”. AOMEI Partition Assistant memiliki tampilan antar muka yang nyaman di mata. Desainnya terlihat profesional dan tidak abal-abal.

Dari segi navigasi dan tata letak menu-menunya juga sangat rapi. Tidak butuh waktu lama bagi saya untuk memahami berbagai fungsi dari menu-menu dan tombol yang ada pada aplikasi ini.

Meskipun digunakan oleh pemula, saya rasa Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi ini.

Sebagai gambaran Anda bisa melihat tampilan layar utama dari aplikasi AOMEI Partition Assistant berikut ini:

Tampilan antar muka AOMEI Partition Assistant

Bisa Anda lihat dari tangkapan layar di atas, aplikasi ini punya tampilan yang bersih. Semua menu penting tersusun rapi di bagian sebelah kiri, dan beberapa fitur tambahan ada di bagian atas. Tidak butuh waktu lama untuk bisa memahami aplikasi ini meskipun baru pertama kali menggunakannya.

👉 Trending  8 Merk Baking Powder Terbaik yang Bagus

2. Fitur-fiturnya lengkap dan bisa jadi “one stop solution” untuk mengelola hard disk

Kata “terbaik” yang saya sematkan pada aplikasi AOMEI Partition Assistant di awal tadi bukanlah basa-basi semata, tapi memang datang dari penglaman saya sebagai pengguna dari aplikasi ini.

Dari segi fitur, AOMEI Partition Assistant menyediakan fitur yang sangat lengkap sekali pada versi gratisnya. Aplikasi ini tidak hanya bisa membantu kita membagi partisi hard disk saja, tapi hampir semua aktivitas pengelolaan hard disk bisa kita lakukan hanya dengan satu aplikasi ini.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang kita dapatkan dari AOMEI Partition Assistant:

Fitur Freeware Pro
Support Windows 10/8.1/8/7/Vista/XP
(32/64-bit)
Ya Ya
Resize, shrink, move, extend, merge,
create, delete, format, and wipe partitions
Ya Ya
Disk Copy Wizard Ya Ya
Partition Copy Wizard Ya Ya
NTFS to FAT32 Converter Ya Ya
Create WinPE Bootable Media Ya Ya
Windows To Go Creator Ya Ya
Integrate to Recovery Environment Ya Ya
Change partition type ID Ya Ya
Convert data disk between MBR and GPT
styles
Ya Ya
Migrate OS from MBR disk to MBR SSD or
HDD
Ya Ya
Migrate OS from MBR disk to GPT SSD or
HDD
Tidak Ya
Migrate OS from GPT disk to MBR SSD or
HDD
Tidak Ya
Migrate OS from GPT disk to GPT SSD or
HDD
Tidak Ya
Convert system/boot disk between MBR and
GPT styles without data loss
Tidak Ya
Allocate free space from one partition to
another
Tidak Ya
Partition alignment Tidak Ya
Quick partition Tidak Ya
Command line partitioning Tidak Ya
Resize dynamic disk, such as spanned,
striped, mirrored volume
Tidak Ya
Convert dynamic disk to basic without
data loss, and vice versa
Tidak Ya
Convert primary partition to logical
drive without data loss, and vice versa
Tidak Ya
Recover lost or deleted partitions Split
partition SSD secure erase wizard Extend partition wizard
Tidak Ya
Change serial number Tidak Ya
👉 Trending  7 Merk Cat Plitur Kayu dan Cat Duco Terbaik & Tahan Lama

Bisa Anda lihat sendiri, pada versi gratisnya saja aplikasi ini sudah bisa memenuhi hampir semua kebutuhan pengelolaan hard disk yang paling sering digunakan seperti mengubah ukuran, menggabungkan, menghapus, dan membuat partisi baru.

Fitur yang sangat saya suka adalah Make Bootable Media dan Windows To Go Creator. Dengan fitur ini kita bisa mengubah flashdisk menjadi Windows portable yang bisa kita gunakan di komputer mana saja.

Saya biasanya harus menggunakan aplikasi lain untuk melakukan ini, tapi dengan menggunakan AOMEI Partition Assistant semua disederhanakan dalam satu aplikasi. Mantap!

Anda mungkin tidak bisa berharap banyak aplikasi lain akan mau menyediakan fitur selengkap ini secara cuma-cuma. Silakan buktikan sendiri, pasti Anda akan kesulitan menemukannya.

👉 Trending  10 Loose Powder Terbaik untuk Kulit Berminyak & Kering

3. Semua proses berjalan dalam wizard mode sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula

Wizard mode aomei partition assistant

Dari segi kemudahan dalam penggunaannya, aplikasi AOMEI Partition Assistant ini juga sangat mudah sekali digunakan oleh pemula sekalipun. Semua task dijalankan dalam wizard mode yang hanya butuh klik-klik saja. Tidak perlu skill khusus untuk bisa mengoperasikan aplikasi ini.

4. Uji coba performa AOMEI Partition Assistant

Selanjutnya kita akan ulas bagaimana performa dari aplikasi ini. Saya akan melakukan uji coba untuk membagi partisi pada flashdisk berukuran 8 GB. Sebelumnya saya akan mengubah tipe partisinya dulu menjadi NTFS.

Jadi 2 fitur yang akan kita coba adalah fitur Convert to NTFS dan fitur Create partition.

👉 Trending  10 Merk Mayonaise Terbaik yang Paling Enak

Pada uji coba fitur Convert to NTFS, semua berjalan dengan sangat lancar. Dan flashdisk yang tadinya FAT32 berhasil diubah menjadi NTFS hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Convert flashdisk to NTFS

Selanjutnya saya akan coba membagi partisi flashdisk tersebut menjadi 2 partisi. Prosesnya sangat mudah sekali, gambar berikut ini sudah menjelaskan semua langkah-langkah yang harus dilakukan melalui wizard mode.

Cara membuat partisi baru dengan aplikasi AOMEI Partition Manager

Setelah menekan tombol OK, kita akan kembali ke jendela utama. Selanjutnya kita tinggal menekan tombol Apply yang ada di pojok kiri atas untuk memulai proses pembagian partisi.

Proses pembagian partisi berjalan lancar:

Cara membuat partisi baru dengan aplikasi AOMEI Partition Manager 2

Hasil uji coba pada fitur Convert to NTFS dan Create Partition ini SUKSES, lancar tanpa ada masalah.

👉 Trending  10 Merk Facial Scrub yang Bagus Mengangkat Kulit Mati

Saya juga langsung mengembalikan partisi pada flashdisk seperti semula dan mengubah lagi formatnya menjadi FAT32 dan berhasil. Semua proses berjalan hanya dalam hitungan detik saja.

Masih banyak fitur lain yang pada kesempatan ini mungkin tidak bisa saya uji performanya satu per satu, tapi yang jelas aplikasi AOMEI Partition Assistant ini sangat powerful sekali untuk ukuran aplikasi gratisan.

5. Penutup

Berurusan dengan partisi hard disk memang terkadang membuat kita sedikit grogi, apalagi jika ini adalah pengalaman pertama Anda ingin membagi atau menggabungkan partisi hard disk di komputer.

Melakukan kesalahan saat membagi partisi hard disk malah bisa membuat data-data di dalamnya jadi korup bahkan lenyap. Karena itulah Anda harus melakukannya dengan sangat cermat. Dan yang terpenting harus dilakukan dengan aplikasi yang tepat.

👉 Trending  10 Merk Jet Cleaner Terbaik dan Berkualitas (Modern!)

Berdasarkan review yang telah dipaparkan di atas kita bisa menarik kesimpulan jika AOMEI Partition Assistant ini bisa menjadi one stop solution untuk semua keperluan kita dalam mengelola hard disk.

Anda tidak perlu khawatir bingung dalam mengoperasikannya karena tampilan antar mukanya yang user friendly, dan yang paling penting semua fitur-fitur utamanya sudah bisa kita dapatkan secara gratis.

Akhir kata, berdasarkan pengalaman sebagai pengguna, aplikasi AOMEI Partition Assistant sangat direkomendasikan untuk melakukan pengelolaan hard disk dengan mudah dan aman.

Daftar Isi