Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7

Downgrade windows 10 ke windows 7-Menjadi sebuah gebrakan terbaru dari microsoft, sistem operasi terbaru mereka windows 11 ini di klaim sebagai penyempurnaan dari semua edisi sistem yang pernah dirilis microsoft.

Sejauh ini, memang ada windows 10 cukup diterima dengan baik oleh penggunanya. Tetapi banyak juga diantara penggunanya tidak menyukai tampilan juga sistem terbaru tersebut. Ditambah dengan adanya fitur forced update yang bisa dinonaktifkan.

Peer-to-peer update yang bisa menghubungkan perangkat komputer kita ke perangkat komputer orang lain dan itu kadang menarik kuota internet, padahal kita tidak menggunakan apa-apa.

Jika kamu rindu akan tampilan windows 7, kamu bisa menurunkan (Downgrade) versi windows dengan sangat mudah dari pengaturan (setting). Tapi kamu perlu tahu downgrade dengan setting ini hanya bisa dilakukan perangkat komputer/laptop yang baru saja diupdate dalam 1 bulan dan ini tidak berguna untuk perangkat komputer/laptop yang sudah menginstal windows 10.

👉 Trending  12 Cek + Perpanjang Masa Aktif Smartfren + Mengaktifkan Kartu

Hanya memerlukan waktu kurang lebih 10-20 menit untuk mendowngrade windows 10 ke windows 7. Ada beberapa cara yang dapat anda coba yaitu melalui folder windows old dan USB instalasi atau menggunakan CD. Tetapi ini akan memakan waktu dan tenaga yang lebih ekstra. Langsung saja sekarang kita bahas tutorialnya seperti berikut ini.

downgrade windows 10 ke 7 terbaru

Cara Downgrade Windows 10

Sebenarnya cara melakukan downgrade ini tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Anda tinggal mengikuti beberapa langkah seperti berikut ini.

Pertama kita harus membuka pengaturan (settings) dan klik tobol start menu yang ada di layar sebelah pojok bawah. Sesudah panel terbuka, klik ikon settings. Setelah itu jendela seting akan membuka.

👉 Trending  Cara Memperbesar Ukuran PDF

Klik tombol update dan security

Jika jendela setting sudah terbuka lalu klik tombol update dan security dari daftar konfigurasi dan pengaturan. Jika kamu sulit menemukannya kamu bisa cari di kolom search yang bertuliskan”find a settings.

Masuk ke tab recovery dan klik tombol “Get started”

Kamu akan dialihkan ke halaman update & security . kemudian klik “Recovery” di bagian kiri yang memunculkan adanya pengaturan recovery. Klik tombol “Get started” dibagian “Go Back To Windows 7.

Pilih alasan downgrade windows

Seiring  berjalannya proses, microsoft akan menyuguhkan pertanyaan tentang alasan kamu downgrade windows 10 ke windows 7. Kamu hanya pillih alasan yang sudah tersedia atau berikan centang pada kolom “for another reassion”  kemudian isi alasan lainnya pada kolom “Tell us more” jika kamu menginginkannya. Jangan khawatir alasan yang kamu pilih bisa berpengaruhi pada proses dan hasil downgrade. Pentingnya kamu memberi alasan ini akan dikirim ke microsoft sebagai kritik dan saran .

👉 Trending  200++ Nama FF Keren Cewek Imut, Lucu Belum Dipakai

Klik tombol next dan tunggu proses downgrade selesai

Jika kamu sudah mengisi alasan, klik yombol “next” dan sistem selalu mengingatkan bahwa kita bisa beralih ke windows 10, maka dari itu jangan pernak melupakan password dan akun. Kemudian akan muncul tulisan “konfirmasi tindakan penurunan windows” . lalu klik “Go back to windows 7” untuk menyetujuinya. Tunggu prosesnya sampai dengan selesai dan kamu kembali ke windows 7 tanpa kehilangan data sedikitpun.

Jika muncul notifikasi” We’re sorry, but you can’t go back” itu berarti data windows sebelumnya mengalami masalah. Maka dari itu kamu bisa menggunakan cara reinstall manual.

Reinstall manual

Jika dari awal perangkat komputer kamu suda menggunakan windows 10, maka kamu wajib menggunakan cara reinstall manual untuk melakukan proses downgrade.

👉 Trending  Cek Lokasi Nomor HP

Karena jika kamu dari bawaanya menggunakan windows 10, kolom Go to back windows 7 tidak akan muncul.

Cara ini juga bisa bermanfaat jika data di folder windows.old kehapus. Berikut ini tutorialnya:

  • Siapkan USB bootable atau dvd yang berisikan ISO windows 7
  • Persiapkan kode serial untuk windowsnya
  • Kemudian lakukan reinstall windows 7
  • Selesai

Kamu wajib backup data dulu biar tidak kehilangan data yang bersifat penting. Kamu hanya perlu menghapus drive sistem untuk mengatur partisi yan lain tidak perlu dihapus yha ! caranya dengan menghapus volume dan membuat volume baru. Hal ini bertujuan agar bawaan sistem lama tidak ikut tersimpan di windows 7.

Baca juga: Cara Mengganti Tema Windows 10

👉 Trending  Cara Unreg Kartu Axis

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan tentang cara mendowngrade windows 10 ke windows 7, bukan hanya windows 7 saja tapi juga ini berlaku jika ingin kembali ke windows 8.

Setiap windows pastu mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Tapi  disesuaikan juga dengan kebutuhan dan faktor lainnya. Agar sistem bekerja secara optimal. Terimakasih mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.