Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk dan Kartu Memori

Data yang ada di flashdisk dan kartu memori memang sangat rawan sekali terhapus atau rusak.

Flashdisk yang sering pindah dari satu laptop ke laptop lain juga bisa terkena virus yang menyebabkan data-data di dalamnya jadi korup, bahkan ada jenis virus tertentu yang menyebabkan flashdisk terformat sehingga semua data di dalamnya jadi hilang.

๐Ÿ‘‰ Trending  5 Cara Hapus Akun Telegram

Jika di dalam flashdisk atau kartu memori itu ada data-data penting seperti file kerjaan, dokumen, video, atau foto-foto berharga milik kita tentu saja kita tidak bisa membiarkannya hilang begitu saja. Kita harus mencari cara bagaimana agar data yang terhapus di kartu memori itu bisa dikembalikan.

Pada kesempatan kali ini teknosentrik akan berbagi tips bagaimana mengembalikan file yang terhapus, rusak, atau terformat di flashdisk dan kartu memori. Simak penjelasannya step by step dilengkapi dengan gambar berikut ini.

๐Ÿ‘‰ Trending  Cara Mengubah Pdf Ke Word

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk dan Kartu Memori

1. Install aplikasi recovery data

Untuk mengembalikan data yang terhapus atau tertimpa di flashdisk kita membutuhkan aplikasi recovery. Saat ini ada beberapa aplikasi recovery gratis yang cukup powerful, saya sudah mencoba beberapa di antaranya dan rekomendasi saya adalah Recuva.

Download dan install dulu Recuva terbaru, link download bisa ditemukan di sini: Aplikasi Recovery Data Terbaik

๐Ÿ‘‰ Trending  Solusi Bluetooth Gagal Mengirim dan Menerima File di Windows 10

2. Jalankan aplikasi Recuva

Setelah aplikasi diinstall, colok flashdisk yang datanya terhapus ke laptop atau PC. Lalu jalankan aplikasi Recuva.

Pada tutorial ini saya akan menggunakan contoh sebuah flashdisk yang berisi berbagai macam data mulai dari foto, video, teks, word, excel, pdf hingga file program berekstensi exe.

cara mengembalikan file terhapus di flashdisk

File-file tersebut akan saya hapus. Lalu kita akan coba mengembalikannya lagi dengan aplikasi Recuva.

๐Ÿ‘‰ Trending  Cara Mengecilkan Ukuran Foto

3. Scan flashdisk yang datanya terhapus

Lakukan scanning pada flashdisk. Tunggu hingga proses scanning oleh aplikasi Recuva selesai. Nanti akan terdeteksi semua file-file yang pernah terhapus dan tertimpa di flashdisk.

Caranya sangat mudah, setelah membuka aplikasi Recuva ganti bagian disk menjadi flashdisk kalian. Lalu klik scan. Lihat gambar berikut ini:

cara recovery data terhapus di flashdisk

4. Pilih file mana saja yang ingin dikembalikan

๐Ÿ‘‰ Trending  Solusi Partisi Drive C Tidak Bisa Di-Extend

Setelah proses scan selesai nanti akan terlihat data-data lama yang pernah terhapus, tertimpa, atau terformat di flashdisk kita.

Selanjutnya kita tinggal memilih data-data mana saja yang ingin dikembalikan dengan cara mencentangnya.

cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk

5. Tekan tombol Recover untuk mengembalikan file-file yang terhapus di flashdisk

Setelah semua file yang ingin dikembalikan sudah dicentang, selanjutnya kita tinggal klik tombol Recover yang ada di pojok kanan bawah lalu pilih lokasi penyimpanan. Sebaiknya pilih tempat penyimpanan file yang berbeda dari flashdisk, misalnya drive D. Tunggu hingga proses recovery selesai. Nanti file-file tersebut akan muncul lagi di flashdisk.

๐Ÿ‘‰ Trending  8 Cara Membuat Wallpaper Transparan Tiktok

Untuk mengembalikan file terhapus di kartu memori (sd card) caranya juga sama, kita bisa menggunakan aplikasi Recuva ini via PC. Untuk keberhasilannya tergantung dari seberapa lama file tersebut sudah dihapus.

Biasanya file yang belum terlalu lama di hapus masih bisa dikembalikan dengan sempurna, tapi kalau file sudah dihapus dalam waktu yang lama akan lebih sulit untuk dikembalikan secara sempurna. Bisa saja file jadi rusak atau korup.

๐Ÿ‘‰ Trending  7 Cara Cek Nomor XL Sendiri

Untuk mengembalikan file dokumen seperti word, excel, dan power point yang tertimpa atau terhapus juga bisa dilakukan tanpa aplikasi, saya sudah bagikan tipsnya pada postingan ini:

Oke sampai di sini dulu sharing saya kali ini. Semoga bisa membantu. Kalau masih ada masalah yang belum bisa diatasi atau ada pertanyaan bisa komen di bawah.

๐Ÿ‘‰ Trending  Cara Setting APN 3 4G Tercepat dan Paling Stabil