Cara Menambah Kapasitas Drive C (Windows 10, 8, 7)

Saat membeli laptop baru, seringkali kita mendapati hard disk di dalamnya sudah dibagi menjadi dua partisi, yakni drive C dan drive D. Biasanya drive C yang merupakan lokasi penginstallan sistem operasi dan program, ukurannya lebih kecil dari drive D tempat penyimpanan data.

Pembagian partisi hard disk semacam itu memang sudah sangat lazim, karena logikanya drive C hanya digunakan sebagai tempat untuk menginstall OS dan program saja jadi tidak perlu terlalu besar.

Tapi yang jadi masalah, ukuran yang diberikan kadang terlampau kecil. Bahkan ada teman saya yang membeli laptop baru dengan ukuran drive C cuma 46 GB, sementara total hard disk di laptop tersebut adalah 500 GB. Pelit sekali.

πŸ‘‰ Trending  Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel

Mungkin pihak distributornya lupa kalau saat ini rata-rata ukuran aplikasi semakin besar karena harus mengimbangi perkembangan tampilan grafis dan UI. Belum lagi buat mereka yang hobi main game atau download film bajakan YouTube, dijamin ukuran drive C yang seupil itu pasti sebentar saja penuh!

Untuk menjawab keresahan tersebut, saya akan sharing bagaimana cara menambah kapasitas partisi drive C dengan mudah dan aman. Meskipun kelihatannya sepele tapi banyak teman-teman yang masih takut untuk melakukannya. Takut salah lalu data malah jadi hilang. Karena itu saya akan tunjukkan caranya step by step hingga selesai.

Cara menambah kapasitas drive C

1. Install aplikasi pengelola partisi (partition manager)

πŸ‘‰ Trending  Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Windows (Laptop dan PC)

Untuk menambah ukuran partisi drive C baik di Windows 10, 8, dan 7, kita membutuhkan bantuan aplikasi pengelola partisi. Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah AOMEI Partition Assistant.

Aplikasi ini sudah pernah saya review di postingan sebelumnya dan merupakan aplikasi partisi terbaik gratis yang bisa kita dapatkan saat ini. Silakan download dan install dulu aplikasinya, link download bisa ditemukan di sini:

Langsung saja download dan install di laptop atau PC kalian lalu ikuti langkah selanjutnya.

2. Buka aplikasi AOMEI Partition Assistant

Setelah diinstall, jalankan aplikasinya. Tunggu hingga aplikasi selesai melakukan scanning semua partisi yang ada di hard disk kita.

3. Perhatikan posisi partisi hard disk lalu tentukan bagian mana yang bisa dipindah ke drive C

πŸ‘‰ Trending  Activator Office 2016

Pada tutorial ini saya contohkan dua buah partisi bernama Drive C dan Drive D.

Di antara kedua partisi ini tidak ada space hard disk yang kosong (unallocated) sehingga untuk memperbesar ukuran Drive C maka partisi Drive D harus digeser ke depan.

Cara menambah ukuran drive C

4. Geser drive D ke depan agar ada unallocated space yang bisa dipakai untuk menambah drive C

Karena kita akan menambah kapasitas partisi Drive C, maka harus ada space unallocated di pangkal Drive D. Jadi langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memindahkan partisi Drive D ke depan.

Caranya klik satu kali pada Drive D lalu pilih menu Resize/Move Partition.

Cara menambah ukuran partisi drive C

Setelah itu akan muncul jendela untuk mengubah ukuran dan memindahkan partisi di Drive D.

πŸ‘‰ Trending  Cara Masuk/Menjalankan Mode Clean Boot

Tarik pembatas ukuran ke depan untuk memindahkan partisi Drive D ke depan, sekaligus mengecilkan ukurannya sehingga nanti akan tercipta unallocated space baru di pangkal partisi.

Lihat gambar berikut agar lebih mudah memahami:

cara menambah ukuran drive C mengambil dari drive D

Jika sudah klik OK. Lalu klik tombol Apply yang ada di pojok kiri atas.

membesarkan ukuran drive c di windows

Selanjutnya aplikasi akan melakukan proses pemindahan dan mengubah ukuran partisi. Mungkin prosesnya bisa memakan waktu beberapa menit tergantung dari kapasitas hard disk yang kita punya. Semakin besar maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan.

5. Resize drive C untuk menambah kapasitas

Setelah proses selesai, kita akan melihat ada space unallocated di depan Drive C. Space kosong inilah yang akan kita pakai untuk menambah kapasitas partisi Drive C.

cara menambah kapasitas drive c di windows

Untuk menambah ukuran partisi Drive C maka kita harus menggabungkannya dengan unallocated space tersebut.

πŸ‘‰ Trending  Cara Dapat Kode Aktivasi FF Advance

Caranya klik pada Drive C > pilih menu Resize/Move Partition.

cara mengubah ukuran partisi C

Selanjutnya kita akan memperbesar ukuran Drive C > tarik pembatas ukuran hingga mentok ke ujung > Klik OK > Apply

cara menambah kapasitas partisi C di windows

Tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses selesai, kita akan mendapati ukuran Drive C sudah bertambah sebesar unallocated space yang tadi kita buat. Sampai di sini kita sudah berhasil memperbesar ukuran Drive C kita. Mudah bukan?

Tidak ada yang berbahaya dari mengotak-atik partisi hard disk selama kita paham apa yang sedang kita lakukan. Jadi teman-teman jangan takut lagi, kalau ada pertanyaan bisa layangkan lewat kolom komentar di bawah postingan ini.

Β 

Link Sponsor :

  1. Seva Mobil Bekas
  2. Seva Mobil Bekas
  3. Seva Mobil Bekas
πŸ‘‰ Trending  Manfaat dan Kegunaan System Restore Point di Windows