Download Township v8.4.0 MOD APK 2021

Cara Mengetahui WA Disadap

Pada era informatika seperti sekarang ini keamanan data pada akun pribadi harus dijaga secara ekstra. Bahkan untuk akun pribadi seperti WA kadangkala kamu tidak tau jika sudah disadap. Nah, bagaimana cara mengetahui WA disadap oleh orang lain?

Cara tersebut perlu diketahui agar data pribadimu tidak bocor karena saat ini banyak oknum tertentu untuk memperoleh keuntungan sampai meretas akun WA. Akses peretasan ini bisa dianggap sebagai cara ilegal dalam menggunakan akun tanpa diketahui oleh pemilik.

Akun WA yang sudah disadap biasanya akan menunjukkan beberapa tanda-tanda tertentu. Nah, tanda-tanda tersebutlah yang akan menjadi cara tahu bahwa WA sedang disadap.

Cara Mengetahui WA Disadap Orang Lain

Jika kamu mengalami beberapa permasalahan di bawah berarti bisa jadi akun WA sedang digunakan orang lain. Oleh sebab itu, cara ini harus diketahui di luar kepala agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

👉 Trending  Lost Life Apk Original Pure Download Terbaru/Latest 2021

Biasanya untuk WA yang sudah disadap oleh oknum tertentu bisa diketahui dengan cara di bawah ini:

1. Melalui Notifikasi WhatsApp Web

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara melihat notifikasi yang muncul. Akan tetapi, kerap terjadi notifikasi tersebut cepat hilang sehingga tidak bisa kamu lihat.

Jangan bingung terlebih dahulu karena ada langkah tersendiri untuk mengetahui notifikasi WhatsApp Web yang hilang tadi, yaitu:

  • Bukalah aplikasi WhatsApp terlebih dahulu pada smartphone
  • Kemudian, terdapat beberapa pilihan opsi menu sehingga kamu bisa mengklik tombol opsi menu yang ditunjukkan dengan titik vertikal di sudut kanan atas.
  • Lalu, terdapat beberapa pilihan dan klik WhatsApp Web sehingga kamu bisa memeriksa perangkat apa saja yang memiliki akses ke WhatsApp kamu.
👉 Trending  FF10 X5A8 9WNF Kode Redeem FF Hadiah Psycho Maniac Head FF

Lalu, terdapat beberapa pilihan dan klik WhatsApp Web sehingga kamu bisa memeriksa perangkat apa saja yang memiliki akses ke WhatsApp kamu.

  • Jika kamu merasa tidak pernah menautkan WA pada perangkat lain namun disana terdapat satu atau beberapa komputer muncul maka akun WA sudah disusupi.

Penyusup pada perangkat lain tersebut adalah peretas yang telah memasuki akun WA kamu sehingga yang bisa kamu lakukan adalah menekan Logout dari semua perangkat yang terdapat di bagian bawah.

Baca juga: MB WhatsApp Apk

2. Melalui Aktivitas Pada Akun WhatsApp

Terkadang untuk cara mengetahui WA disadap bukan hanya lewat beberapa langkah-langkah. Namun, terdapat ciri-ciri tersendiri yang membuat akun WA kamu tidak seperti biasanya dan bahkan menjadi sangat aneh.

Ada beberapa kondisi yang dikategorikan sebagai ciri-ciri WA kamu sedang disadap oleh orang lain, yaitu:

👉 Trending  Twibbon NCIT Sambut NCT 127

a. Mendapatkan Kiriman Kode OTP

Mendapatkan Kiriman Kode OTP

Seperti yang diketahui saat ingin masuk ke dalam akun WA maka harus memberikan kode OTP yang biasanya dikirimkan melalui SMS atau Telepon. Jika kamu tidak melakukan apa-apa dan tiba-tiba dikirim kode OTP untuk aktivasi WA ada kemungkinan nomor WA sedang dikloning oleh orang lain.

Sayangnya, untuk melakukan kloning nomor WA harus mempunyai akses pada kartu SIM korban. Dan bisa saja, pengirim menggunakan alibi mengaku sebagai teman korban dan meminta mengirimkan kode tersebut agar dapat masuk.

Oleh sebab itu, saat terdapat kode OTP yang masuk ke nomor telepon kamu baik melalui SMS atau telpon, jangan sekali-kali menginformasikannya kepada orang lain.

👉 Trending  Cara Memilih Jasa Penulis Artikel yang Tepat – TukangKonten.Com

b. Pesan Telah Terbaca

Pesan Telah Terbaca

Ciri lainnya dalam cara mengetahui WA disadap adalah dengan melihat pesan yang padahal belum kamu ketahui namun sudah terbaca. Itu bisa saja terjadi karena peretas menggunakan kode QR yang biasa digunakan pada WhatsApp Web.

Bisa saja kamu melihat pesan sudah tiba-tiba terbuka dan dibaca oleh penyadap. Hal ini juga bisa terjadi pesan tersebut sudah dihapus untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kecurigaan dari kamu. Dengan begitu, pastikan bahwa WA yang kamu gunakan sudah aman dari penyadapan.

c. Keluar Akun WA Secara Tiba-Tiba

Keluar Akun WA Secara Tiba-Tiba

Seperti yang diketahui bahwa akun WA tidak bisa digunakan secara bersamaan di ponsel yang berbeda. Apabila nomor tersebut digunakan pada perangkat lain maka otomatis akun WA akan keluar dengan sendirinya.

👉 Trending  HTTP Injector Pro APK

Sedangkan jika satu nomor didaftarkan pada perangkat lainnya maka akan muncul notifikasi bahwa nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon dan disarankan untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu agar dapat masuk ke dalam akun WA yang sudah keluar tersebut.

Saat kamu mendapatkan notifikasi seperti di atas maka jangan tekan Oke terlebih dahulu. Atau kamu bisa menekan verifikasi agar akun WA tidak berpindah ke ponsel lain. Hal ini berlaku jika bukan kamu sendiri yang memindah akun WA ke ponsel lainnya.

d. Mengirimkan Pesan yang Tidak Dikirim Pengguna

Mengirimkan Pesan yang Tidak Dikirim Pengguna

Bisa saja peretas sudah melakukan aksinya yaitu dengan mengirimkan pesan ke kontak kamu padahal kamu tidak melakukan mengirim pesan tersebut.

👉 Trending  Asumsi

Biasanya hal semacam ini akan dilakukan untuk mendapatkan uang atau disalahgunakan untuk memeras korban lainnya dengan menggunakan identitas akun WA kamu. Jadi, untuk berhati-hati maka jangan sampai ada orang yang tertipu.

Baca juga: GB WhatsApp Pro Mod Apk

e. Status Online Padahal Tidak Aktif WA

Status Online Padahal Tidak Aktif WA

Status online pada WA tidak bisa dimatikan kecuali kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Oleh sebab itu, aktivitas WA yang mencurigakan ini bisa saja terjadi pada akun WA kamu yang sudah dibajak orang lain.

Kamu bisa mengeceknya pada akun WA lain seperti milik orang tuamu, saudaramu, atau temanmu. Apakah status WA kamu online, padahal kamu tidak membuka WA sama sekali. Hal ini pastinya harus diwaspadai sehingga melakukan pencegahan agar akun WA tidak disadap orang lain.

👉 Trending  Cara Nonton Youtube Dibayar

f. Baterai Handphone Cepat Habis

Baterai Handphone Cepat Habis

Jika WA terkena sadap berarti WhatsApp bekerja dua kali lipat yaitu pada perangkat kamu dan pada perangkat lain yang telah melakukan penyadapan. Jika kondisi HP kamu masih baik-baik saja dan prima namun terasa baterai lebih cepat habis dari biasanya padahal aplikasi yang berjalan tidak banyak.

Akan tetapi, langkah ini masih dalam penelitian lebih lanjut karena bisa saja baterai cepat habis pada ponsel terjadi karena adanya aktivitas lain.

Setelah mengerti cara mengetahui WA disadap maka kamu harus ekstra hati-hati dan menggunakan WA harus dengan lebih aman. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar WA tidak mudah disadap oleh orang lain, yaitu:

  • Mengaktifkan verifikasi dua faktor (two step verification) yang terdapat pada pengaturan umum whatsapp agar penyadap tidak bisa masuk ke WA meskipun dengan membajak kode QR.
  • Mengaktifkan pemindai sidik jari yang diatur pada pengaturan privasi WhatsApp dan untuk masuk ke dalamnya harus menggunakan sidik jari yang sudah terdaftar.
  • Melogout seluruh WhatsApp Web yang sudah dijelaskan pada cara di atas.
  • Melakukan pasang ulang WhatsApp agar mendapatkan kode OTP terbaru dan mengambil alih akun WA yang sudah disadap oleh peretas akun WA.
  • Menonaktifkan akun WA dengan mengirimkan pesan ke support@whatsapp.com untuk melaporkan hilang atau dicuri sehingga WA akan dinonaktifkan selama 30 hari.
👉 Trending  10+ Contoh Desain Poster HUT Kemerdekaan Indonesia Ke 74

Baca juga: Cara Menyadap Whatsapp Jarak Jauh Tanpa Root

Dengan melakukan beberapa upaya di atas akan memudahkan kamu dalam mengatasi WA yang sudah disadap. Namun harus tetap diperhatikan bahwa menggunakan akun media sosial harus berhati-hati dalam berkomunikasi agar tetap aman dan tidak mudah disalahgunakan oleh pihak manapun.

Daftar Isi