Ide Plafon Kamar Mandi 2021 (Kesegaran Menjadi Milik Anda)

Cara Backup Chat, Media, dan Kontak WhatsApp

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana caranya membuat backup chat dan kontak WhatsApp hanya dengan beberapa langkah yang mudah.

Agar chat WhatsApp tidak hilang saat kita ganti hp baru atau install ulang aplikasi WhatsApp maka kita harus membuat backup.

Backup WhatsApp ini juga akan sangat berguna kalau sewaktu-waktu hp kita hilang, error, atau rusak secara tiba-tiba, kita tidak perlu khawatir chat di WhatsApp juga ikut hilang karena nanti kita tinggal restore saja dan semua akan kembali seperti semula.

Baca juga: Cara melacak lokasi seseorang lewat WhatsApp

Cara membuat backup chat dan kontak WhatsApp

1. Hubungkan WhatsApp dengan Google Drive

πŸ‘‰ Trending  Download Line Mod Apk v9.72 Premium Unlimited Coin Terbaru

Pertama hubungkan dulu WhatsApp dengan akun google.

Caranya masuk ke menu Setting > Chats > Chat backup > Account. Login dengan akun google kalian, lalu pilih Allow (izinkan).

2. Backup Chat

Setelah WhatsApp terhubung dengan google drive kita sudah bisa membuat backup. Caranya langsung saja tekan BACKUP.

Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa kehilangan chat dan kontak 4

Nanti secara otomatis semua pesan di WhatsApp akan diupload ke google drive.

3. Backup Kontak

Selanjutnya kita akan membuat backup kontak WhatsApp yang ada di hp.

Untuk melakukannya kita bisa gunakan aplikasi Super Backup & Restore, aplikasi ini bisa diinstall dari playstore. Setelah diinstall jalankan aplikasinya, pilih Contacts > Backup All.

Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa kehilangan chat dan kontak 6

4. Upload Kontak ke Google Drive

πŸ‘‰ Trending  √ Download Camfrog Pro APK Full Version Terbaru 2021 Gratis

Kontak yang sudah di backup menggunakan aplikasi Super Backup & Restore bisa langsung kita upload ke Google Drive.

Jadi nanti bisa dengan mudah kita restore kembali sewaktu-waktu dibutuhkan. Dengan menguploadnya ke Google Drive kita juga tidak khawatir lagi saat hp error atau hilang karena file kontak sudah tersimpan di Google Drive.

Cara upload kontak ke Google Drive:

Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa kehilangan chat dan kontak 3

Masih di aplikasi Backup & Restore, pilih Contacts > Send To Cloud > Pilih file kontak yang sudah di backup tadi (file dengan ekstensi .vcf) > Send to Google Drive. Jika diminta permission pilih allow.

Cara restore chat WhatsApp dan kontak

Cara restore chat WhatsApp ini sangat mudah. Setelah install aplikasi WhatsApp kita login menggunakan nomor kita seperti baisa, nanti saat ada pilihan untuk restore file dari Google Drive pilih restore.

πŸ‘‰ Trending  X8 Speeder Versi China

Lalu login dengan akun google yang tadi kita gunakan. Jika ada diminta permission pilih Allow. Proses restore akan memakan waktu selama beberapa menit.

Cara restore kontak:

Buka aplikasi Google Drive, lalu download file kontak yang sudah kita backup tadi. Buka file explorer di hp tempat file kontak yang sudah didownload tadi tersimpan, lalu tekan satu kali untuk memuat kembali kontak ke hp.

Baca juga: Cara mengetahui IP Address lewat chat WhatsApp dan melacak lokasinya

Jika kalian memiliki chat-chat penting di WhatsApp yang ingin tetap disimpan, maka bisa juga dengan melakukan backup otomatis secara berkala.

Caranya dengan memilih Settings > Chats > Chat Bakcup > Backup to Google Drive > Pilih Weekly (mingguan) atau Monthly (bulanan).

πŸ‘‰ Trending  Kacamata pintar Facebook disoroti otoritas Irlandia

Tujuannya adalah jika sewaktu-waktu terjadi error pada hp maka kita sudah punya cadangannya di Google Drive yang bisa kita kembalikan dengan mudah.