Ini 4 Cara Ganti Password Gmail via HP dan PC (Tutorial Step by Step)

kolamgue.com Penggantian password email di Gmail sebaiknya dilakukan secara berkala, tujuannya adalah untuk melindungi akun Gmail dari orang yang ingin menghack atau melakukan sesuatu pada email tersebut. Cara ganti password Gmail ini sangat mudah, dan bisa dilakukan di HP atau di PC.

Apalagi kalau kamu memilih kata sandi yang mudah ditebak dan terdiri dari kata atau angka yang sederhana, sebaiknya lakukan penggantian password dengan menggunakan kata sandi yang lebih sulit agar tak mudah diretas.

Email di Gmail memang cukup rentan dalam pembobolan yang dilakukan oleh para hacker. Maka pergantian password secara berkala, akan membuat akun email menjadi aman dan tak mudah diserang oleh hacker.

👉 Trending  Cara Daftar Paket Yellow Indosat

Cara Ganti Password Gmail via HP dan PC

Dalam mengubah password atau kata sandi di akun Gmail ini tentu kamu harus punya akses menuju ke email tersebut, yaitu alamat email dan juga passwordnya. Ada beberapa langkah yang bisa kamu tempuh dalam mengganti password email diantaranya yaitu:

1. Log in atau Masuk ke Gmail Terlebih Dulu

 

Langkah paling pertama adalah dengan masuk atau log in terlebih dulu ke akun Gmail kamu. Yaitu dengan masuk ke browser dan masukkan alamat email serta kata sandi yang lama di sana.

 

Setelah bisa membuka emailnya, kamu bisa langsung masuk ke pengaturan dengan mengklik tombol Gear yang ada di sebelah kanan dan pilih menu Lihat Semua Setelan. Lalu pilih menu Akun dan Impor dan Ubah sandi.

👉 Trending  Download Higgs domino Mod Apk

3. Membuat Password yang Baru

 

Langkah ketiga dalam cara ganti password Gmail adalah dengan melihat tab yang baru. Untuk memasukkan password lama atau password yang saat ini masih digunakan, untuk melakukan verifikasi.

Setelah itu klik tombol Berikutnya supaya bisa melanjutkan pada tahap lainnya. Masukkan password yang baru untuk mengubah password yang lama. Masukkan password tersebut 2 kali lalu klik lagi tombol Ubah Sandi.

4. Berhasil Mengganti Password Gmail

 

Proses dalam mengganti password pada akun Gmail akhirnya berhasil dilakukan. Dalam melakukan pengecekan maka kamu harus log in kembali pada perangkat lain, atau pada browser yang berbeda dengan menggunakan password yang baru.

👉 Trending  Warna yang Sesuai dengan Warna Merah untuk Interior Megah Anda

Tips Membuat Password yang Baru pada Akun Gmail

 

Cara ganti password Gmail ini ternyata sangat mudah, dan tidak membutuhkan waktu yang lama atau cara yang rumit. Kemudahan tersebut juga akan membantu kamu dalam melakukan pergantian password Gmail dengan rutin.

Walaupun kelihatannya merepotkan jika harus terus menerus mengganti password, tetapi pergantian password dengan teratur itu akan membantu mengurangi risiko terjadinya hal yang tak diinginkan dan melindungi keamanan dari akun Gmail tersebut.

Hal yang tak diinginkan tersebut bisa berupa apa saja misalnya dalam bentuk data yang dicuri atau bisa juga dari tangan-tangan hacker, dalam meretas data di dalamnya. Maka ikuti tips berikut ketika kamu mengganti password email dengan yang baru.

👉 Trending  Alamat Kantor Traveloka Pusat (Jakarta) dan Nomor CS Terbaru

Password baru yang kamu buat ini diharapkan akan jauh lebih kuat, sulit ditebak, dan tak mudah diretas. Berikut sejumlah tispnya di bawah ini:

  • Buatlah kata sandi yang panjang, yang bisa berupa angka, huruf, atau gabungan antara angka dan juga huruf.
  • Membuat password dari penggabungan kata yang sulit untuk bisa ditebak oleh orang lain.
  • Menggunakan kombinasi antara huruf kapital, angka, huruf kecil, dan juga simbol.
  • Jangan memasukkan elemen informasi yang sifatnya pribadi/personal, karena akan lebih mudah ditebak.
  • Jangan menggunakan password yang sama pada beberapa akun yang berbeda.

Dalam menghindari peretasan atau pencurian data dengan membuat kata sandi yang panjang, atau gabungan dari huruf, angka, simbol, dan sebagainya, memang tampak lebih merepotkan. Apalagi password yang membingungkan akan sulit diingat bahkan oleh kamu sendiri.

👉 Trending  Ide Ruang Tamu Sofa Biru yang Tidak Dapat Anda Lewatkan

Untuk itu kamu bisa menggunakan perangkat lunak tambahan yaitu Software Password Manager. Software tersebut akan membantu kamu dalam menyimpan pasword untuk sejumlah akun yang kamu miliki di internet.

Apalagi jika kamu harus melakukan pergantian password dengan rutin maka dibutuhkan penyimpanan khusus dan aman, untuk menyimpan password baru tersebut.

Tips Agar Tidak Mudah Lupa dengan Kata Sandi Gmail

Banyak orang yang tidak bisa membuka akun sosial media atau emailnya hanya karena lupa password, dan sering kali pergantian password atau menemukan password yang baru juga tidak mudah.

Untuk itu, lakukan tips berikut ini supaya kamu tidak mudah lupa dengan password Gmail, apalagi jika akun email tersebut digunakan untuk pekerjaan. Berikut beberapa tips dan penjelasan lengkapnya:

👉 Trending  Ide Kamar Tidur Minnie Mouse untuk Masa Kecil yang Menyenangkan

1. Menuliskan Kata Sandi di Kertas/Buku

 

Sebaiknya tuliskan kata sandi yang kamu pilih untuk email atau akun Gmail di buku/kertas. Lalu simpan buku tersebut di tempat yang aman, yang tidak bisa sembarangan orang melihat atau membukanya.

Pada saat kamu lupa dengan password akun Gmail tersebut maka kamu bisa membuka kertasnya kembali. Untuk melihat password apa yang ada di sana. Jika sudah ditulis maka sebaiknya gunakan kata sandi yang panjang dan tak mudah ditebak.

2. Menggunakan Aplikasi Khusus untuk Lupa Password Gmail

 

Saat ini sudah banyak aplikasi yang dibuat khusus bagi para pengguna yang lupa dengan password emailnya. Nah, kamu bisa memanfaatkan aplikasi tersebut jika keseringan lupa password baik password untuk akun Gmail atau akun sosial media lainnya.

👉 Trending  Alamat Bank Indonesia (BI) Pusat dan Nomor Kontak Pentingnya

Pilih aplikasi yang terpercaya dan juga aman, dalam menyimpan password tersebut. Maka saat kamu lupa dengan password yang sudah kamu buat sendiri, kamu bisa langsung membuka aplikasinya.

Misalnya kamu menyimpan sejumlah data penting di akun email atau hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Maka segalanya akan menjadi ribet, dan email tersebut juga tidak bisa dipakai.

Aplikasi yang Bisa Membantu Kamu yang Sering Lupa dengan Password Email

Softaware password manager yang bisa kamu pakai dan gunakan, untuk menyimpan atau mengingat password email diantaranya yaitu:

1. Keepass2Android

 

Aplikasi ini terbilang aman dalam menyimpan password email kamu atau password lainnya.

Aplikasi Keepass merupakan jenis aplikasi yang mengelola password dengan gratis dan merupakan open source, yang dimana versi secara resminya hanya ada pada sistem operasi windows.

👉 Trending  Fitur Unggulan, Spesifikasi dan Harga ZTE Blade A7 Vita

Tak hanya menyimpan password saja, tapi kamu juga bisa menyimpan pin kartu kredit, catatan penting, dan sebagainya di aplikasi ini.

2. Bitwarden

 

Masih ada lagi aplikasi untuk menyimpan password yang lainnya, yaitu Bitwarden. Aplikasi ini bisa menyimpan seluruh kata sandi yang kamu pakai, kartu kredit, sejumlah catatan penting, kartu ID dan sebagainya.

Tingkat keamanan pada aplikasi Bitwarden ini sangat tinggi, bahkan kamu bisa menyimpan kata sandi yang sangat kuat dengan menggunakan fitur Password Generator.

3. My Vault

 

Aplikasi yang dinamakan dengan My Vault ini mampu menyimpan semua catatan yang penting, atau kata sandi dari akun Gmail. Sehingga kamu bisa menggunakannya tanpa harus menghubungkan ke internet.

👉 Trending  Ide Rak Ruang Tamu Sebagai Aspek Kreatif dan Menarik

Cara ganti password Gmail yang sudah dijelaskan bisa menjadi panduan untuk kamu yang rutin menggnati password pada akun Gmail.