Settingan PUBG Mobile NOX Terbaik (No Lag No Lemot)

Bermain PUBG Mobile di Emulator NOX bisa jadi alternatif kalau PC yang kalian pakai tidak kuat bermain dengan emulator Tencent Gaming Buddy (sekarang namanya Gameloop). NOX ini bisa dibilang termasuk salah satu emulator ringan terbaik yang cocok dipakai di PC dengan spek mid-end.

NOX sudah mendukung fitur smart keymapping yang memungkinkan kita mengatur tombol-tombol yang dipakai saat bermain sesuai dengan keinginan kita. Kita juga dengan leluasa bisa mengotak-atik spek emulator agar bisa mengimbangi kebutuhan game yang dimainkan. Berdasarkan pengalaman saya, bermain PUBG Mobile di emulator NOX bisa lancar tanpa lag asalkan kita menggunakan settingan yang tepat.

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana settingan yang saya pakai saat bermain PUBG Mobile dengan emulator NOX agar menjadi lebih ringan dan tidak patah-patah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini satu per satu.

👉 Trending  Konami tunjuk Neymar jadi duta merek PES 2021

1. Aktifkan VT dan tambah ukuran virtual memory

Agar bisa menggunakan emulator di sistem operasi windows, kita perlu mengaktifkan layer Virtualization Technology atau lebih sering disingkat dengan VT di PC kita. Jadi pastikan dulu VT di PC kalian sudah di-enable.

Cara mengeceknya sangat mudah, kita bisa melakukannya lewat task manager. Klik kanan pada task bar > lalu pilih Task Manager > masuk ke tab Performance > lihat pada bagian keterangan > Virtualization.

cara setting NOX PUBG Mobile agar ringan tidak lag patah patah

Jika keterangannya Enabled, berarti VT di PC sudah aktif.

Selanjutnya kita juga perlu menambah kapasitas Virtual Memory untuk membantu kinerja PC menjadi lebih ringan saat bermain PUBG Mobile menggunakan emulator NOX.

Virtual Memory (VM) merupakan perpanjangan dari RAM yang sangat berguna untuk menyimpan file-file idle berukuran besar saat suatu program dijalankan. Khusus untuk bermain PUBG Mobile menggunakan emulator, peran VM ini sangat penting agar game jadi lebih ringan dan tidak patah-patah.

👉 Trending  Daftar Kode Redeem FF

Cara menambah ukuran VM ini sangat mudah, saya sudah membuat panduannya secara terpisah di postingan ini:

Cara Menambah Ukuran Virtual Memory di Windows

Setelah menambah ukuran VM sesuai dengan spek PC yang kalian punya, jangan lupa untuk restart dulu, setelah itu lanjut ke settingan selanjutnya.

2. Settingan emulator NOX

Buka emulator NOX lalu klik pada tombol gear di pojok kanan atas untuk masuk ke menu Settings.

Pengaturan Umum

Pada tab ini tidak ada yang perlu diubah, kita hanya perlu memastikan untuk menggunakan NOX versi terbaru. Tekan tombol Perbarui untuk update NOX ke versi terakhir.

Advanced

Masuk ke tab Advanced, pertama kita ubah dulu alokasi CPU dan RAM yang diberikan untuk NOX. Agar bisa memainkan game PUBG Mobile dengan lancar setidaknya kita harus menggunakan settingan tinggi (4 core CPU, 3072 MB RAM).

👉 Trending  Logo Iphone FF

Tapi jika kalian memiliki RAM lebih dari 4 GB, misalnya 8 GB seperti saya maka bisa menambah ukuran RAM menjadi 4 atau 6 GB agar lebih mantap. Caranya dengan memilih opsi Mengubahsuai (Custom), kemudian ganti nilainya menjadi:

4 core CPU, 4096 MB RAM

atau

4 Core CPU, 6144 MB RAM

settingan PUBG Mobile di emulator NOX

Pada bagian resolusi sesuaikan dengan resolusi monitor PC atau laptop yang kalian pakai, saya menggunakan monitor dengan resolusi 1080p sehingga settingan yang saya pakai adalah 1920×1080.

Selanjutnya masuk ke bagian Mode rendering grafis, pada bagian ini kita harus menyesuaikan settingan yang berdasarkan dari kartu grafis (VGA) yang dipakai.

Bagi pengguna VGA AMD yang sudah support OpenGL+ maka disarankan untuk memilih settingan OpenGL+

👉 Trending  Link Download Fidget Toys Trading Mod Apk Versi Terbaru

Bagi pengguna VGA lain selain AMD maka bisa menggunakan opsi DirectX.

settingan NOX untuk PUBG Mobile agar tidak lag

Pemilihan mode rendering ini sifatnya tidak baku, kalian bisa bereksperimen dulu untuk menemukan mana yang paling cocok di PC kalian. Jika menggunakan OpenGL+ atau OpenGL masih terasa lag maka bisa ganti ke settingan DirectX, begitu pula sebaliknya.

Saya sendiri cocok menggunakan settingan OpenGL+, game menjadi lebih ringan dan jarang terjadi drop frame bila dibandingkan dengan settingan DirectX.

Untuk settingan lain pada bagian Advanced ini biarkan saja default seperti pada gambar di atas.

Atribut Pengaturan

Pada tab Atribut Pengaturan tidak ada yang perlu diubah, kalian hanya perlu memastikan opsi Mengaktifkan koneksi internet dalam keadaan dicentang.

settingan PUBG Mobile NOX agar tidak lag

Antarmuka Pengaturan

👉 Trending  Unlimited Gems/Coins | Download Selera Nusantara MOD APK v1.1.8 Terbaru 2021

Pada tab Antarmuka pengaturan kalian bisa mengubah settingannya sesuai kebutuhan dan selera. Saya sendiri tidak mengotak-atik settingan ini alias dibiarkan saja seperti default.

Pintas Pengaturan

Settingan ini juga bisa dibiarkan seperti default atau dibuah-ubah sesuai selera.

3. Settingan in-game

Setelah selesai mengatur settingan NOX selanjutnya buka game PUBG Mobile, kita akan mengotak-atik settingan di dalam game.

Graphics

Pada settingan Graphics, saya biasanya menggunakan settingan yang berbeda tergantung dari RAM yang digunakan (4 GB dan 8 GB)

Settingan RAM 8 GB:

settingan PUBG Mobile NOX RAM 8 GB
  • Graphics: HD
  • Frame Rate: Extreme
  • Style: Classic
  • Anti-aliasing: Disable
  • Brightness: 100%
  • Non-Standard Screens: Normal
  • Auto-adjust graphics: Enable

Settingan RAM 4 GB:

settingan PUBG Mobile NOX RAM 4 GB
  • Graphics: Balanced
  • Frame Rate: High
  • Style: Classic
  • Anti-aliasing: Disable
  • Brightness: 100%
  • Non-Standard Screens: Normal
  • Auto-adjust graphics: Enable
👉 Trending  PUBG Mobile ingin bangun ekosistem esports berkelanjutan di Indonesia

Sensitivity

Settingan sensitivity sangat berpengaruh saat bermain, terutama saat melakukan aiming. Jika settingan teralu liar maka kita akan kesulitan untuk menembak secara akurat. Jadi settingan harus benar-benar pas, tidak terlalu liar dan tidak terlalu berat.

Saya sudah bereksperimen dengan mencoba banyak sekali variasi settingan sensitivity saat bermain PUBG Mobile di NOX, akhirnya settingan di bawah ini adalah yang dirasa paling enak. Kalian bisa mencobanya, jika di rasa ada yang kurang pas tinggal diubah-ubah saja sedikit-sedikit.

settingan sensitivity PUBG Mobile emulator NOX
settingan sensitivity PUBG Mobile emulator NOX 2

4. Optimalkan performa PC

Langkah terakhir yang harus kita lakukan agar bisa bermain PUBG Mobile dengan lancar tanpa lag dan patah-pata di NOX adalah memastikan PC atau laptop yang dipakai dalam keadaan OK.

👉 Trending  Lego Junior Mod Apk

Tips berikut ini mungkin bisa membantu:

Cara memperlancar game berat di PC

Gunakan juga aplikasi cleaner PC untuk membersihkan file-file sampah yang memberatkan sistem. Bila perlu gunakan game booster untuk membantu menekan pemakaian resource oleh aplikasi-aplikasi yang tidak penting saat sedang bermain PUBG Mobile.