Signifikan Adalah

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Di era modern seperti saat ini, bisa dibilang bahwa ada banyak sekali cara untuk mendapatkan uang. Salah satu cara yang banyak dipilih masyarakat adalah dengan berkarir di YouTube. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube?

Ya, jika kamu melihat para YouTuber terkenal, tentu saja rata-rata kehidupan mereka seperti bergelimang harta kan? Ini membuktikan bahwa YouTube memang benar-benar bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang.

Jika kamu penasaran, simak info yang akan dijelaskan pada artikel kali ini.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa kamu lakukan, mulai dari adsense, sponsor, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa hal yang bisa mendatangkan uang dari mengolah akun YouTube.

πŸ‘‰ Trending  12 Paket Internet Simpati Loop Terbaru Murah + Cara Daftar

1. Dengan Google AdSense

Dengan Google AdSense

Cara mendapatkan uang dari YouTube yang pertama dan paling utama, adalah dengan Google AdSense. Dari jaman ramai-ramaina blogger hingga kini banyak YouTuber, AdSense menjadi penghasilan utama yang selalu diandalkan.

Sebenarnya tidak ada salahnya jika kamu hanya mengandalkan Google AdSense ini untuk memperoleh uang dari YouTube. Namun lama kelamaan, Google membuat ketentuan yang terbilang berat. Contohnya seperti harus lebih dari 1000 subscriber, konten ramah iklan, lolos verifikasi, dan lain sebagainya.

Jadi kamu harus memutar otak dan berpikir cara lain agar bisa mendapatkan uang dari YouTube. Meskipun begitu, masih banyak juga YouTuber yang mengandalkan Google AdSense sebagai salah satu penghasilan utama mereka di YouTube.

πŸ‘‰ Trending  2 Cara Flash ROM Xiaomi Menggunakan Mi Flash Tools

Dapat Sponsorship

Apa konten yang kamu upload di YouTube adalah konten yang memiliki tema khusus? Apabila iya, kamu bisa menawarkan diri pada beberapa produk yang sesuai dengan konten. Nantinya produk tersebut akan dimasukkan ke dalam konten YouTube kamu sebagai sponsor.

Mungkin kamu berpikir bahwa setiap perusahaan bisa memasang iklan di mana saja secara acak. Ya, hal itu memang benar, hanya saja pemasaran dengan konten yang senada biasanya akan mendapatkan engagement yang jauh lebih tinggi daripada pemasangan iklan secara acak.

Baca juga: Ukuran Video Youtube

3. Jual Produk Sendiri

Jual Produk Sendiri

Memberikan informasi dan berjualan secara bersamaan itu merupakan hal yang biasa bagi para YouTuber. Contohnya saja seperti ketika ada konten kreator yang membahas mengenai outfit, kemudian dia juga merekomendasikan untuk membeli outfit produknya sendiri.

πŸ‘‰ Trending  Apakah History Web Pengguna Wifi Bisa Dilihat Oleh Pemilik Wifi

Jadi jika kamu juga memiliki produk sendiri, jangan sungkan untuk menawarkannya melalui konten yang diupload di YouTube. Agar lebih menarik dan tidak terkesan mengada-ada, buatlah sehalus mungkin transisi dari informasi konten menuju ke bagian marketing yang kamu lakukan.

Banyak YouTuber yang telah membuktikan efektifitas dari metode ini. Setelah para penggemar melihat kamu memakai produk sendiri, mereka akan merasa tertarik untuk memilikinya juga. Nah, kamu bisa memberikan link redirect agar mereka bisa membeli produkmu dengan lebih mudah.

4. Jual Konten Kursus

Jual Konten Kursus

Apabila kamu tidak memiliki produk fisik yang bisa dijual, maka bisa juga mencoba untuk menjual skill set khusus yang dimiliki. Kamu dapat menjual skill ini berbalut konten eksklusif, yang mungkin hanya orang-orang tertentu yang akan menontonnya.

πŸ‘‰ Trending  9 Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul Saat Download

Namun, biasanya orang-orang tersebut adalah mereka yang benar-benar tertarik dengan konten tersebut. Setelah itu, jangan lupa untuk menampilkan link redirect menuju ke website atau blog kursus tempat dimana kamu akan berbagi skill.

5. Afiliasi Dengan Marketplace

Afiliasi Dengan Marketplace

Cara mendapatkan uang dari YouTube yang berikutnya adalah dengan berafiliasi dengan marketplace. Nah, jadi kamu bisa memberikan sebuah link redirect khusus untuk membuka barang tertentu yang ada di suatu marketplace.

Namun tidak mungkin kan, kamu memberikan link dari suatu barang yang tidak ada kaitannya dengan konten? Maka dari itu, pastikan konten kamu juga berhubungan dengan barang tersebut. Contohnya saja konten review barang atau memberikan edukasi dalam pemakaiannya.

πŸ‘‰ Trending  Cara Menggunakan Printer HP Deskjet 3775 via USB & WiFi

Nah, afiliasi ini tidak bisa kamu lakukan dengan sembarang. Setidaknya kamu harus meminta izin terhadap pemilik toko di marketplace terlebih dahulu. Jika mereka tahu kamu terlibat dalam promosi, maka mereka juga akan memberimu bonus.

Baca juga: Cara Nonton Youtube Dibayar

6. Jadi Konsultan Online

Jadi Konsultan Online

Dalam sebuah konten di YouTube, kamu bisa membagikan beberapa dasar untuk mengelola manajemen atau memberi motivasi kepada karyawan. Bisa dikatakan ini adalah hal-hal yang biasa dicari oleh para petinggi perusahaan, yang kemungkinan besar akan memberi kamu imbalan.

Namun untuk memperjelas tujuan dan keinginanmu, kamu bisa menawarkan konsultasi secara khusus bagi pengusaha dan startup dalam menjalankan bisnisnya. Namun untuk melakukan metode ini, kamu juga perlu menguasai elemen-elemen yang memang dibutuhkan.

πŸ‘‰ Trending  Cara Memotong, Menghapus, dan Mengurangi Halaman PDF

7. Buat Jasa Bantu Video Editing

Buat Jasa Bantu Video Editing

Tahukah kamu, jika ingin memperoleh uang dari YouTube itu tidak harus tampil di depan layar? Ya, jika kamu memiliki skill video editing yang mumpuni, maka tidak ada salahnya menawarkan diri untuk membantu para YouTuber dalam mengedit videonya.

Bahkan, untuk saat ini banyak YouTuber yang memilih untuk membuka lowongan pekerjaan video editing daripada mengedit videonya sendiri. Jika kamu tertarik akan hal ini, sediakan banyak portofolio hasil edit video yang paling menarik dan tawarkan pada para YouTuber yang sedang butuh video editor.

8. Buat Jasa Penulisan Script

Buat Jasa Penulisan Script

Kebanyakan konten YouTube yang memiliki rating tinggi, adalah konten video yang nyaman untuk ditonton. Rahasia dari kenyamanan ini, sebenarnya berasal dari penulisan script yang baik dan mampu meningkatkan kualitas konten.

πŸ‘‰ Trending  2 Cara Siaran Langsung di Tiktok (Sendiri & Bareng Teman)

Sama halnya seperti seorang video editor, penulis script ini adalah orang yang bekerja di balik layar. Namun menulis script untuk konten video ini bukanlah hal yang mudah. Selain keinginan dari konten kreator, kamu juga bisa menyesuaikan dengan target pasarnya.

9. Buat Program YouTube Premium

Buat Program YouTube Premium

Jika kamu telah berhasil mendapatkan penggemar setia, maka bisa membuka pendaftaran sebagai member premium. Nah, dengan banyak orang yang mendaftar sebagai member premium, tentu saja pendapatan kamu akan meningkat.

Namun, pastikan juga konten premium yang kamu buat ini benar-benar spesial dan hanya para member premium saja yang bisa menikmatinya. Pastikan para member premium untuk akun YouTube kamu benar-benar puas dengan konten khusus yang dihadirkan.

πŸ‘‰ Trending  Sound of Text WA

Jangan sampai mereka kecewa, dan berhenti berlanggan konten premium. Selain penghasilan melalui konten premium hilang, hal ini bisa saja mengancam eksistensi kamu di dunia YouTube. Karena mereka sudah menilai bahwa konten kamu tidak layak lagi.

10. Buat Event

Buat Event

Layaknya di dunia nyata, kamu juga bisa membuat sebuah event khusus. Dengan membuat event ini, maka kamu bisa sekaligus mengumpulkan dari berbagai sumber, mulai dari sponsor, donator, crown founding, dan masih banyak lagi.

Ini dapat kamu lakukan dengan membuat event jamming band-band lokal atau semacam talk show untuk para YouTuber lokal yang disiarkan secara live streaming. Namun untuk membuat event ini, kamu tentu membutuhkan modal dan kerjasama dengan YouTuber lainnya.

πŸ‘‰ Trending  Cara Menambahkan Lagu di Story IG

Baca juga: Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

Dengan beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube di atas, apakah kamu masih meremehkan platform penyedia konten video tersebut? Manfaatkan kemampuan yang ada di dalam dirimu untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak dari YouTube.