Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan serba guna yang selalu kita gunakan untuk berkomunikasi setiap hari. Bisa dibilang hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi WhatsApp terinstall di gadget mereka.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan WhatsApp adalah sinkronisasi kontak dari hp ke aplikasi yang dilakukan secara otomatis. Setiap kontak yang tersimpan di hp akan muncul di WhatsApp lengkap dengan nama dan foto profilnya.

Sama halnya dengan menggunakan aplikasi android yang lain, saat menggunakan WhatsApp kita juga mungkin akan mengalami error tanpa sebab yang kita ketahui secara pasti. Salah satunya adalah kontak di WhatsApp yang tidak bisa dibuka, nama kontak tidak muncul, atau tidak bisa menyimpan kontak baru.

👉 Trending  Aplikasi Nonton Film

Pada kesempatan kali ini kita akan coba bahas apa sebenarnya yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab kontak WhatsApp tidak muncul

Untuk bisa menemukan solusi yang tepat bagaimana caranya kita mengatasi error kontak di WhatsApp ini kita harus cari tahu dulu sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya.

Beberapa hal yang mungkin jadi penyebab kontak WhatsApp tidak muncul adalah:

  • Kontak terhapus dari hp
  • Kontak terblokir di aplikasi WhatsApp
  • Aplikasi kontak yang korup, ini bisa menyebabkan tidak bisa menyimpan kontak baru
  • Aplikasi WhatsApp belum diberikan izin akses ke kontak
  • Nama kontak tidak muncul karena kita belum menyimpan nomor tersebut

Coba teliti lagi apa yang jadi penyebab masalah kontak WhatsApp di hp kalian, kira-kira dari penyebab di atas mana yang jadi sumber masalahnya. Kalau sudah tahu baru kita lanjut ke solusi-solusi yang bisa kita coba untuk mengatasinya.

👉 Trending  Official Social Spy WhatsApp Sadap WhatsApp Online 2021

Mengatasi kontak tidak muncul di WhatsApp

1. Periksa izin WhatsApp untuk mengakses kontak

Saat kita ingin chat seseorang kemudian kita menemui bahwa tidak ada kontak yang muncul di aplikasi WhatsApp maka bisa jadi penyebabnya adalah masalah permission aplikasi.

Saat pertama kali diinstall, aplikasi WA akan meminta izin untuk bisa mengakses kontak di hp kita, namun sewaktu-waktu bisa saja izin ini terhapus karena adanya kesalahan sistem atau bug. Oleh karena itu kita perlu lakukan cek ulang.

Cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak sangat mudah, pertama kita masuk dulu ke menu settingan hp:

Settings > Apps > WhatsApp > Permissions > beri centang pada Contact

cara mengatasi kontak whatsapp yang tidak muncul

Memberikan izin WhatsApp mengakses kontak ini caranya hampir sama di semua merek hp android baik itu Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Asus, Realme, Nokia, maupun Huawei.

👉 Trending  PicsArt Pro Mod Apk

Khusus untuk pengguna iPhone caranya adalah dengan masuk ke: Settings > Privacy > Contacts > hidupkan pada pilihan WhatsApp

2. Cek apakah kontak yang tidak muncul masuk dalam list blokir

Salah satu efek memblokir nomor WhatsApp adalah nomor tersebut tidak akan muncul lagi pada list kontak WA kita. Nomor yang sudah diblokir masuk ke dalam list blokir dan untuk membukanya kita harus masuk ke settingan.

Jadi kalau satu atau beberapa nomor secara tidak sengaja terblokir maka nama kontak tersebut tidak akan muncul lagi di WhatsApp. Oleh karena itu jangan bingung kalau kontak di WhatsApp tiba-tiba menghilang, mungkin kalian perlu cek jangan-jangan nomor tersebut terblokir.

👉 Trending  Download TuneIn Radio Pro Live Radio 23.3 Apk+ Mod Full Paid

Caranya buka aplikasi WhatsApp kemudian tekan tanda titik tiga di pojok kanan atas aplikasi lalu pilih Settings > Account > Privacy > Blocked contacts.

mengatasi kontak whatsapp tiba tiba hilang

Lihat apakah ada nomor yang secara tidak sengaja terblokir sehingga membuatnya tiba-tiba hilang dari daftar kontak, kalau ada, segera unblock nomor tersebut. Caranya dengan tap satu kali pada nomor yang dimaksud lalu pilih unblock.

Baca juga:

Cara menghapus kontak WA yang sudah diblokir

3. Install aplikasi kontak yang baru

Kontak WhatsApp yang tidak muncul bisa juga disebabkan karena aplikasi kontak yang korup atau rusak, terutama yang menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai aplikasi default kontak di hp. Tapi tidak menutup kemungkinan aplikasi kontak bawaan juga bisa error dan korup.

👉 Trending  Download – 10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik Tanpa Watermark dan Gratis

Biasanya aplikasi kontak yang korup ini ada ciri-cirinya, seperti tidak bisa menyimpan kontak baru, kontak tidak bisa dibuka, atau pada saat ada telepon masuk nama kontak tidak muncul lagi tapi hanya nomor saja. Kalau ini terjadi maka kemungkinan besar penyebab kontak WhatsApp tidak muncul adalah aplikasi kontak yang rusak.

Cara untuk mengatasinya cukup mudah, kita tinggal install aplikasi kontak yang baru. Salah satu aplikasi kontak yang saya rekomendasikan adalah aplikasi kontak dari Google.

Download Google Contact App

Setelah menginstall aplikasi Google Contacts, langkah selanjutnya adalah menjadikan aplikasi tersebut sebagai aplikasi kontak default. Caranya masuk ke Settings > Apps > Contacts > Set as default.

cara mengatasi whatsapp tidak muncul nama kontak

Setelah selesai, restart dulu hp kalian agar sistem dimuat ulang. Setelah hp hidup kembali buka aplikasi WhatsApp dan lihat apakah kontak yang hilang sudah muncul? Coba juga untuk menyimpan nomor baru ke kontak, seharusnya saat ini sudah bisa.

👉 Trending  Download Castle Clash v1.6.7 Apk + Mod (Full + Data) Latest

4. Nomor harus disimpan ke kontak agar nama muncul di WhatsApp

Penyebab utama WhatsApp tidak ada nama kontak adalah nomor yang mengirim pesan atau menelepon kita itu belum kita simpan. Jadi kontak WhatsApp itu sama saja seperti kontak hp, kalau nomor belum disimpan maka nama tidak akan muncul.

Jika kalian sudah memastikan aplikasi kontak bagus, tidak ada nomor yang diblokir, sudah mengizinkan akses kontak tapi nama kontak tetap tidak muncul di WhatsApp, maka bisa dipastikan nomor tersebut belum kalian simpan.

5. Reinstall aplikasi WhatsApp

Solusi terakhir kalau semua sudah dicoba tapi belum juga berhasil adalah dengan install ulang aplikasi WhatsApp. Mungkin saja penyebab kontak yang tidak muncul itu karena aplikasi WhatsApp sendiri yang korup atau karena menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi.

👉 Trending  Bagaimana Cara Mendapatkan Karakter Crono Gratis Di Game Free Fire ?

Jangan lupa untuk backup dulu semua chat dan media WhatsApp agar tidak hilang, jadi nanti kita tinggal restore untuk mengembalikannya seperti semula.

Tutorialnya bisa lihat di sini:

Cara backup kontak, chat, dan media WhatsApp

Pastikan juga nomor yang digunakan untuk WhatsApp masih aktif, karena nanti ketika login kita akan diminta verifikasi. Cek dulu apakah nomornya masih aktif, kalau ternyata nomor sudah tidak aktif maka gunakan cara ini untuk mengatasinya:

Cara memindahkan WhatsApp yang nomornya tidak aktif lagi

Kalau sudah selesai semua, coba buka lagi WhatsApp dan lihat apakah kontak sudah muncul? Semoga kali ini berhasil.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan mengenai cara mengatasi berbagai masalah pada kontak WhatsApp, semoga bisa membantu.

👉 Trending  CCleaner Pro APK