Cara Mengatasi Download Configuration Failed di COD Mobile

Beberapa waktu lalu saya sempat mengalami error saat bermain Call of Duty Mobile menggunakan emulator Gameloop. Pesan errornya berbunyi β€œDownload configuration failed. Make sure your device is connected to a network and then restart the game” dan efeknya game jadi tidak bisa dibuka alias loading tidak jalan.

Masalah ini muncul secara tiba-tiba saja, padahal sebelumnya saya sudah sering bermain tanpa masalah. Buat teman-teman yang bermain COD Mobile menggunakan emulator Gameloop mungkin juga akan mengalami error ini.

πŸ‘‰ Trending  Cara Kirim Skin Mobile Legends ke Teman dengan atau Tanpa Diamond

Salah seorang teman juga pernah berkomentar di postingan saya tentang Settingan COD Mobile Gameloop, dia juga mengalami error yang sama. Bahkan dia mengalami error tersebut pada semua game yang ada di Gameloop.

cara mengatasi download configuration failed di cod mobile gameloop

Karena saat itu saya belum pernah mengalami sendiri errornya, jadi masih belum bisa memberi jawaban yang spesifik. Saya pikir itu karena bug pada versi Gameloop yang dia pakai. Tapi kemudian saya juga secara kebetulan ikut mengalaminya, padahal versi Gameloop saya adalah yang terbaru, dan sebelumnya lancar-lancar saja.

πŸ‘‰ Trending  7 Cara Mengatasi LOL: Wild Rift Authentication Error

Penyebab error Download configuration failed

Mengapa error ini muncul? Dari awal saya sudah curiga kalau penyebabnya karena bug atau karena masalah koneksi, karena pada pesan errornya ada perintah suruh cek koneksi internet.

Berdasarkan yang saya alami, penyebab error ini memang betul karena koneksi internet yang bermasalah atau karena kita menggunakan VPN. Sejauh ini belum ketemu penyebab lainnya, jadi kalau kalian mengalami error ini, asumsikan saja kalau koneksi internetnya yang bermasalah, dan bagian itulah yang harus diperbaiki terlebih dahulu.

πŸ‘‰ Trending  Event Hideout FF. Event Tersembunyi Dari Garena Berhadiah Item Menarik

Error ini tidak hanya muncul saat kita mau membuka game COD Mobile, tapi juga kadang terjadi ditengah-tengah proses match dan saat akan kembali ke lobi.

Cara mengatasi error Download configuration failed

1. Tukar koneksi internet

Penyebab utama terjadinya error ini adalah karena koneksi internet yang bermasalah, biasanya karena gangguan. Untuk mengatasinya coba kalian tukar koneksi internet yang dipakai. Kalau menggunakan WiFi coba ganti jadi pakai USB Modem atau tethering pakai hp. Setelah itu restart game. Cara ini work, saya sudah coba sendiri.

πŸ‘‰ Trending  Cara Menyelesaikan Misi Callback Free Fire Terbaru 2021

2. Matikan VPN, pakai IP polosan saja

Saat ini COD Mobile sudah bisa dimainkan di semua negara sehingga menggunakan VPN sudah tidak diperlukan lagi. Jadi kalau komputer kalian pakai VPN dan error ini muncul, coba matikan dulu VPN-nya, pakai IP polosan dari ISP saja. Setelah itu restart game.

3. Main di server SEA

Pada saat menginstall COD Mobile di Gameloop ada step dimana kita diminta untuk memilih server, pastikan server yang dipilih adalah Southeast Asia.

πŸ‘‰ Trending  Sensitivitas Rasya Rasyid Free Fire Auto Headshot Terbaru 2021

Beberapa waktu lalu untuk mengganti server ini bisa dilakukan lewat game center di emulator Gameloop, tapi sepertinya sudah ada update dan tombol tersebut saat ini tidak ada lagi. Jadi memang harus dipilih dari awal pada saat install.

Caranya lihat di sini:

Cara Install COD Mobile di PC dengan Gameloop

Settingan emulator, grafik, sensitivitas, dll bisa lihat di sini:

πŸ‘‰ Trending  Cafe Racer Mod Apk 2021 Download Unlimited Money Free Shopping

Settingan COD Mobile Gameloop

4. Reinstall dengan menghapus semua file sisa

Ini adalah solusi terakhir kalau semua cara di atas tidak ada yang work, yaitu fresh install Gameloop ke versi terbaru. Tapi sebelumnya semua file sisa harus dihapus dulu agar tidak bentrok, karena file sisa dari emulator lama sering sekali menyebabkan error.

πŸ‘‰ Trending  Download Retro Shooting 2019 v2.3.8 Apk+ Mod (Money/Unlocked)

Caranya:

  1. Uninstall Gameloop seperti biasa dari control panel
  2. Hapus folder D:TempTxGameDownload
  3. Hapus folder C:Program Files (x86)TxGameAssistant
  4. Hapus folder C:UsersNamaAppDataLocalTencent
  5. Hapus folder C:UsersNamaAppDataRoamingTencent
  6. Install lagi COD Mobile Gameloop versi terbaru

*ganti Nama dengan username di komputer.

Semoga berhasil!

Daftar Isi