Adakah Cara Agar Chat WhatsApp Tidak Bisa di-Screenshot?

WhatsApp adalah aplikasi berkirim pesan paling banyak digunakan di Indonesia saat ini. Jutaan pesan dikirimkan baik itu berupa teks, foto, video, maupun dokumen lain. WhatsApp memang menawarkan fitur yang lengkap namun tetap menjaga aplikasinya tetap ringan dan cepat.

Namun dibalik itu semua, ada sebuah isu privasi yang seringkali harus kita hadapi, yaitu screenshot. Percakapan yang kita lakukan via WhatsApp bisa direkam menggunakan screenshot oleh lawan bicara kita, bahkan terkadang tanpa kita sadari.

Sebenarnya ini adalah pelanggaran privasi, terutama jika orang tersebut melakukan screenshot chat tanpa meminta izin terlebih dahulu kemudian menyebarkannya ke publik.

Bisakah kita mencegah orang lain mengambil screenshot chat WhatsApp?

Sempat terdengar kabar kalau WhatsApp akan mengeluarkan sebuah fitur untuk mencegah agar penggunanya tidak bisa screenshot chat. Tapi hingga sekarang fitur ini masih belum ada. Saya sudah membaca berbagai sumber dan ternyata masih banyak yang salah mengartikan apa sebenarnya fitur yang dimaksud.

👉 Trending  Cara Membuat Mind Mapping Menarik Di Microsoft Word

Fitur baru pada WhatsApp terebut adalah bagian dari fitur otentifikasi menggunakan sidik jari, jika fitur ini diaktifkan maka pengguna tidak akan bisa mengambil screenshot chat di akun WhatsApp mereka. Jadi yang dimaksud adalah kita tidak bisa screenshot chat kita sendiri, bukannya mencegah orang lain agar tidak bisa screenshot chat kita.

Saya sudah melakukan update ke versi terbaru, dan sayangnya fitur blok screenshot ini sudah tidak ada lagi, sepertinya hanya beberapa pengguna saja yang sempat menemuinya karena sempat mengunduh update versi beta. Jika kalian melakukan update WhatsApp sekarang, kalian hanya akan mendapatkan fitur fingerprint lock dan tidak bisa melakukan blokir screenshot.

cara agar orang lain tidak bisa screenshot whatsapp

Jadi kesimpulannya belum ada fitur pada aplikasi WhatsApp resmi untuk mencegah agar orang lain mengambil screenshot pesan WhatsApp kita. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah meminta secara langsung ke orang yang bersangkutan agar tidak melakukan hal tersebut.

👉 Trending  4 Cara Ubah Foto Ukuran 3×4 Online

Saya tidak tahu jika diluar sana ada aplikasi yang bisa melakukan hal ini karena memang tidak pernah mencobanya, dan kalian pun lebih baik tidak mencobanya karena WhatsApp terkenal cukup sensitif dengan aplikasi pihak ketiga yang bukan aplikasi resmi mereka. Menggunakan versi WhatsApp yang tidak resmi malah bisa menyebabkan nomor WhatsApp diblokir.

Tips meningkatkan keamanan WhatsApp

Meskipun hingga saat ini belum ada fitur pada aplikasi WhatsApp resmi untuk memblokir screenshot, masih ada beberapa tips lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keamanan dan privasi saat menggunakan WhatsApp yaitu:

1. Aktifkan security notifications

Ketika kita membuka chat dengan device berbeda, misalnya menggunakan laptop, maka WhatsApp akan membuat kode keamanan baru untuk kedua device. Hal berfungsi untuk menjaga agar chat tetap terenkripsi. Jika fitur ini diaktifkan maka kita akan menerima notifikasi setiap kali kode keamanan baru dibuat.

👉 Trending  Cara Menambah Virtual Memory di Windows 7, 8, dan 10

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings > Account > Security > aktifkan Show security notifications.

2. Aktifkan two-step verification

Fitur ini berguna untuk mencegah akun WhatsApp dibajak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Jika fitur ini diaktifkan maka setiap kali ada orang lain yang berusaha membajak akun kita maka mereka membutuhkan PIN untuk bisa masuk, dan ini bisa menjaga akun WA kita tetap aman.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings > Account > Two-step verification > Enable.

3. Matikan preview pesan

Untuk mencegah agar pesan WhatsApp tidak dibaca secara tidak sengaja oleh orang yang ada di dekat kita karena notifikasi pop up yang memperlihatkan isi pesan, maka kita perlu mematikannya. Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama mematikannya melalui settingan notifikasi hp atau lewat fitur fingerprint lock.

👉 Trending  Nonton Bebas Video Gunakan 183.63.153.200 Link Tanpa VPN

Caranya masuk ke Settings hp > Notifications > WhatsApp > Ganti tipe notifikasi menjadi sound baik untuk chat personal maupun grup.

mencegah chat whatsapp dibaca orang lain

Cara kedua bisa juga dengan mengaktifkan fitur fingerprint lock kemudian matikan opsi Show content on notifications.

tips mengamankan chat whatsapp

Jika kita sudah melakukan hal ini maka nanti setiap kali ada pesan masuk hanya akan muncul notifikasi suara dan icon kecil pada bar, pop up yang menampilkan isi pesan tidak akan muncul sehingga menghindari kemungkinan akan terbaca oleh orang lain. Kalau kalian termasuk orang yang suka menjaga percakapan di hp kalian tetap privat maka tips ini wajib dilakukan.

Berikut ini trik lainnya yang mungkin kalian suka:

👉 Trending  Cara Gunakan Perangkat Android Anda sebagai Monitor Kedua untuk PC Windows Anda

Cara membaca pesan grup WhatsApp tanpa ketahuan

Cara tidak terlihat online saat chatting WhatsApp

4. Jangan mudah memberikan data-data pribadi

Waspadai juga para penipu yang banyak berkeliaran menggunakan WhatsApp sebagai alat mereka untuk menipu. Jangan mudah percaya dengan orang yang tidak kalian kenal, apalagi jika mereka sampai meminta data-data yang sifatnya pribadi seperti alamat, tanggal lahir, nama orang tua, foto KTP dan semacamnya. Data-data ini sifatnya sensitif dan bisa disalahgunakan dan bisa merugikan kita.

5. Hindari menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi

Meskipun aplikasi WhatsApp MOD menawarkan fitur-fitur yang unik, tapi tetap saja aplikasi tersebut bukanlah aplikasi resmi dari WhatsApp. Kalau kalian hanya menggunakan WhatsApp untuk keperluan komunikasi maka aplikasi resminya saja sudah cukup. Menggunakan aplikasi WhatsApp MOD populer seperti YoWhatsApp, GBWhatsApp, Fouad WhatsApp tetap berisiko membuat akun kita kena ban. Kalau saya sendiri sih tidak tertarik.

👉 Trending  7 Cara Ganti Font Xiaomi