Cara Membuat System Restore Point di Windows 10

System Restore Point adalah salah satu fitur backup yang cukup bermanfaat pada sistem operasi Windows. Saat komputer kita mengalami error dan tidak menemukan solusinya, maka dengan menggunakan fitur ini kita bisa mengembalikan sistem pada keadaan di mana error belum terjadi.

Misalnya kita menginstall sebuah program baru, kemudian karena sesuatu hal komputer menjadi sering crash atau aplikasi lain jadi tidak bisa dibuka maka kita tinggal restore sistem menggunakan fitur ini dan error pun akan hilang. Bagi pengguna Windows 10, System Restore Point juga bisa bermanfaat untuk mengatasi Microsoft Store yang tidak bisa dibuka atau error.

Intinya mengaktifkan fitur ini cukup penting agar Anda tidak perlu panik saat komputer tiba-tiba error sementara pekerjaan yang harus diselesaikan sedang menumpuk. Jika sudah diaktifkan, kita bisa mengatasi error apa saja dengan menggunakan fitur ini. Pada kesempatan kali ini teknosentrik akan tunjukkan bagaimana caranya.

๐Ÿ‘‰ Trending  5 Cara Membuat Nada Dering

Cara membuat System Restore Point

1. Pastikan komputer dalam keadaan sehat

Sebelum mengaktifkan dan membuat System Restore Point, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan tidak ada error pada Windows 10. Fitur ini bekerja dengan mengembalikan sistem ke keadaan sebelumnya pada saat System Restore Point dibuat, oleh karena itu kita harus membuatnya pada saat sistem Windows kita sedang sehat, tidak ada error atau masalah lainnya.

2. Masuk ke System Protection

Selanjutnya buka Control Panel > System > System Protection, kemudian perhatikan pada bagian Protection Settings, di sana akan ada keterangan apakah System Restore Point sudah aktif atau belum. Kalau sudah aktif maka keterangannya adalah on, kalau belum keterangannya adalah off.

cara mengaktifkan system restore point di windows 10

Pada contoh gambar di atas, System Restore Point masih belum diaktifkan, baik untuk drive C (system) maupun pada drive D (data). Jika pada komputer kalian kasusnya sama seperti itu maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengaktifkannya terlebih dahulu.

๐Ÿ‘‰ Trending  Cek Kuota 3

Caranya klik pada drive C > klik Configure.

cara mengaktifkan sistem restore poin di windows

Setelah jendela baru terbuka, centang pada Turn on system protection kemudian tentukan berapa besar kapasitas disk space yang akan kita gunakan untuk backup, saya contohkan misalnya 10%.

Berapa besaran disk space ini bebas saja, tidak ada patokan baku, semakin besar maka semakin banyak restore point yang bisa dibuat. Kalau space yang kita buat kecil, maka Windows akan menghapus restore point yang lama saat space penuh sementara kita ingin membuat restore point yang baru.

menentukan space untuk system restore point

Setelah selesai klik tombol OK.

Kalau Anda merasa drive C yang ada pada komputer terlalu kecil, maka bisa besarkan dulu kapasitasnya. Lihat caranya di sini:

๐Ÿ‘‰ Trending  111.90.l50.204 Nonton Video Full Bokeh Jap Museum

Cara menambah kapasitas drive C

Saat kembali ke jendela awal maka kita akan melihat keterangan pada drive C sudah berubah menjadi On. Ini artinya kita sudah bisa membuat System Restore Point pada Windows.

system restore point sudah aktif di windows

Kalau Anda sudah mengatifkan System Restore Point dengan benar maka akan terlihat seperti gambar di atas.

3. Buat Restore Point

Masih pada jendela System Protection, klik tombol Create untuk membuat Restore Point baru. Setelah itu beri nama restore point yang akan dibuat kemudian klik tombol Create.

membuat restore point baru di windows 10

Tunggu hingga proses selesai.

4. Cek restore point yang sudah dibuat

Setelah proses berhasil, kita bisa mengecek restore point yang sudah dibuat tersebut dengan klik pada tombol System Restore > klik Next.

๐Ÿ‘‰ Trending  Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Dengan IMEI, Apa bisa?

Nanti akan terlihat daftar restore point yang ada pada sistem, contohnya seperti pada gambar di bawah ini:

daftar system restore yang ada di windows

Bila di kemudian hari terjadi error pada Windows atau aplikasi yang ada di dalamnya maka kita bisa menggunakan restore point yang sudah dibuat ini untuk mengatasinya.

5. Jadwalkan pembuatan restore point secara berkala

Pastikan Anda membuat restore point secara berkala, terutama setelah menginstall aplikasi-aplikasi penting karena menggunakan restore point akan menghapus aplikasi yang diinstall setelah restore point dibuat.

Itulah cara untuk mengaktifkan dan membuat System Restore Point di Windows 10. Sangat mudah bukan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.