Gift-Wallet

Cara Menghapus Virus Dengan CMD

Cara menghapus virus dengan CMD di Windows 10 dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu tujuan utama Microsoft saat meluncurkan Windows 10 sebenarnya adalah untuk meningkatkan sistem keamanan dari seri-seri sebelumnya.

Meskipun demikian, kehadiran Windows 10 dengan sistem keamanan yang lebih baik tidak membuat sistem operasi ini aman dari ancaman virus. Guna mmebersihkan perangkat dari gangguan virus, Anda dapat menggunakan berbagai cara melalui Command Prompt atau CMD salah satunya.

Jenis-Jenis Malware Pada Komputer

Sebelum membahas mengenai cara menghapus virus dengan CMD di Windows 10, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu jenis Malware. Definisi dari malware sendiri adalah sebuah program yang sengaja didesain untuk merusak komputer, sistem atau jaringan.

👉 Trending  Paket Nelpon XL Lengkap Dengan Gambar

Tidak semua Malware adalah virus sehingga tidak semuanya dapat dihapus begitu saja dengan menggunakan CMD. Pada beberapa kasus bahkan malware dapat menyebabkan penggunanya untuk melakukan format ulang harddisk komputer.

1. Virus

Virus

Virus adalah termasuk jenis Malware yang paling sering ditemui oleh semua orang. Bentuk paling menjengkelkan dari virus ini adalah biasanya berbentuk shortcut. Biasanya virus akan disisipkan pada banner iklan atau software untuk mengelabui pengguna internet.

2. Spyware

Spyware

Sesuai dengan namanya, Spyware berfungsi untuk mengintai aktivitas dari pengguna yang terjangkit malware ini. Software ini dapat merekam segala aktivitas yang dilakukan oleh pengguna baik itu kegiatan browsing hingga saat mengetik pesan pada aplikasi perpesanan instan.

👉 Trending  4 Cara Cek Saldo ATM BRI

3. Trojan

Trojan

Trojan, adalah jenis kode atau perangkat lunak berbahaya yang terlihat meyakinkan tetapi dapat mengendalikan komputer Anda. Trojan dirancang untuk merusak, mengganggu, mencuri, atau secara umum menimbulkan beberapa tindakan berbahaya lainnya pada data atau jaringan internet Anda.

4. Adsware

Adsware

Adsware adalah sebuah malware yang didesain untuk menampilkan iklan-iklan tertentu pada sebuah perangkat. Nyaris semua pengguna pasti pernah mengalami kejadian tiba-tiba ketika browsing mengeluarkan sebuah iklan otomatis. Itu adalah deksripsi bagaimana adware bekerja.

Cara Menghapus Virus Dengan CMD di Windows 10

Menghapus virus tidak hanya bisa dilakukan dengan bantuan software anti-virus, namun juga bisa melalui CMD. Memang pada dasarnya menghapus melalui CMD akan lebih rumit dibandingkan dengan yang lain karena harus mengetikan beberapa perintah yang cenderung agak rumit.

👉 Trending  Cara Membuka 2 Akun WhatsApp di PC Tanpa HP

Namun faktanya melalui CMD, Anda bahkan dapat menemukan file yang memang sebelumnya sudah diatur untuk tersembunyi atau tidak terlihat. Agar Anda tidak kebingungan bagaimana menggunakan CMD untuk mengahpus virus, ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini :

  • Buka Program CMD caranya Klik Start lalu pada kolom search ketikan CMD lalu Klik Enter. Klik Kanan lalu pilih Run As Administrator.

Buka-Program-CMD-caranya-Klik-Start-lalu-pada-kolom-search-ketikan-CMD-lalu-Klik-Enter.-Klik-Kanan-lalu-pilih-Run-As-Administrator

  • Akan muncul tampilan kotak hitam yang bisa dijalankan melalui perintah tertentu.
  • Ketikan perintah CD/ lalu tekan Enter agar mengarah ke partisi Root Drive. Misalnya root drive pada laptop Anda ada pada Drive C maka akan menjadi C:>.
  • Setelah Path Driver CMD sudah dalam posisi C:> ketikan lokasi Drive yang diduga terdapat virus didalamnya misalnya Driver D, E atau G.
  • Setelah memilih lokasi Drive, Ketikan perintah Attrib. Kemudian akan muncul semua file yang ada pada drive tersebut lengkap beserta dengan atribut dari masing-masing file.
  • Kemudian lanjutkan dengan mengetik perintah :dir/a:hs. Fungsinya adalah untuk menampilkan file atau virus yang memang biasanya tersembunyi, sehingga file yang hidden akan secara otomatis terbuka.
  • Guna mengecek ada atau tidaknya virus cari file dengan nama autorun.inf. Jenis file ini memang selalu ada pada bagian virus.
  • Jika sudah menemukan file autorun.inf hapus fungsi hidden pada file agar dapat terlihat melalui perintah seperti berikut ini attrib-h -s autorun.inf.
  • Lanjutkan dengan perintah del autorun.inf. untuk menghapus virus tersebut.
👉 Trending  3 Cara Dapat Uang dari Tiktok Lite

Bila proses tidak berhasil kemungkinan drive tempat virus tersebut bersembunyi sedang dikunci sehingga harus dilakukan secara manual. Buka folder tempat dimana virus karena sudah tidak tersembunyi berada lalu delete secara manual.

Jangan lupa juga untuk selalu gunakan Run as Administrator ketika mengakses CMD, agar perintah Anda dapat dieksekusi dengan baik oleh komputer.

Penyebab CMD Access Denied

Ketika mencoba cara menghapus virus dengan CMD melalui Windows 10 seringkali terhalang oleh masalah yang disebabkan oleh akses yang dibatasi atau Access Denied. Nah, hal ini kebanyakan disebabkan oleh akses yang memang terbatas

Oleh karena itu ketika mengakses CMD harus melalui mode Run as Administrator. Namun jika Run as Adminstrator sudah dijalankan tetapi masih belum berhasil, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini karena masih ada cara agar CMD bisa berfungsi, berikut langkah-langkahnya :

👉 Trending  Cara Download Video di Instagram

  • Klik Start kemudian Run Ketikan CMD atau Command Prompt.
  • Klik Kanan lalu pilih Run as Administrator.
  • Ketikan perintah net user Administrator/active: yes guna mengaktifkan administrator built-in.

net-user-Administrator-active-yes.

  • Coba kembali mengulang mengetikan perintah yang Anda gunakan ketika mencoba untuk menghapus virus melalui CMD.

Apakah File Virus Akan Otomatis Hilang Setelah Dihapus Melalui CMD ?

Apakah-File-Virus-Akan-Otomatis-Hilang-Setelah-Dihapus-Melalui-CMD

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika CMD tidak dapat menghilangkan semua jenis virus. Terlebih lagi jika malware yang menjangkiti perangkat Anda masuk dalam kategori Trojan. Agar lebih aman pastikan juga melengkapi perangkat Anda dengan software anti-virus.

Misalnya saja jika yang menjangkiti perangkat Anda adalah virus seperti shortcut atau adsware, CMD bisa digunakan untuk menghapus file tersebut. Dua jenis file ini biasanya juga diletakan secara tersembunyi sehingga CMD bisa diandalkan untuk menonaktifkan fungsi hidden dari file virus.

👉 Trending  7 Efek Blokir Kontak WhatsApp Yang Harus Kamu Tahu

Berbeda dengan software anti-virus yang memang didesain untuk mencegah dan menangani virus atau malware. Apalagi jika Anda menggunakan versi premium maka sudah dipastikan fitur perlindungan akan lebih maksimal.

Tips Menghindari Virus Pada Laptop dan PC

Tips-Menghindari-Virus-Pada-Laptop-dan-PC

Ada banyak cara memang yang tersedia untuk menghapus virus yang menjangkiti perangkat komputer Anda. Namun tentu akan jauh lebih baik jika Anda menghindari penyebaran virus karena memang ada beberapa virus yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Contohnya adalah virus trojan Wanna Cry yang beberapa tahun lalu sempat viral dan digunakan untuk meminta tebusan kepada pengguna perangkat.  Menggunakan CMD saja tentu tidak akan cukup untuk menghapus virus ini, oleh karena itu akan lebih baik jika menghindarinya.

👉 Trending  WhatsApp Web

  • Pasang Software Anti-Virus pada perangkat, bisa menggunakan software gratis.
  • Selalu teliti sebelum mengunduh software dan pastikan cek terlebih dahulu. Bisa melalui review pengguna atau scan dari software anti-virus.
  • Download aplikasi hanya dari sumber terpercaya, kecuali sudah ada review real yang menyatakan jika aplikasi tersebut aman.
  • Jangan sembarangan membuka attachment dari email karena virus juga bisa disebarkan melalui email.
  • Gunakan VPN apabila memakai WiFi di ruang publik agar mengenkripsi data pribadi Anda.

Cara menghapus virus dengan CMD di Windows 10 memang merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Sayangnya, cara ini tidak menjamin semua virus akan terhapus. Agar lebih aman lengkapi juga perangkat Anda dengan software Anti-Virus.

👉 Trending  Activator Office 2016

Lihat Juga :