4 Cara Merekam Game di Android

Ada banyak cara merekam game di Android untuk membuat konten video, tapi cara paling tepat yang perlu Anda gunakan akan sangat tergantung pada versi Android yang dimiliki oleh perangkat Anda.

Sebelum Android KitKat 4.4, tidak ada fungsi bawaan resmi untuk merekam perangkat Android Anda, jadi orang biasanya meletakkan kamera di depan Android untuk merekam. Tapi saat ini ada banyak cara yang lebih modern dan salah satunya dengan menggunakan aplikasi screen recorder (perekam layar).

Cara Merekam Game di Android untuk Membuat Konten Video

Bagian terbaik dari aplikasi perekam layar ini adalah harganya biasanya sangat terjangkau dan bahkan ada yang versi gratis meskipun dengan beberapa kekurangan, seperti ada beberapa batasan pada kemampuan perekaman.

👉 Trending  Cek Kuota 3

Bagi Anda yang kebetulan sudah menggunakan Android versi 5.0 Lollipop atau di atasnya, inilah beberapa pilihan aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk merekam game:

1. Google Play Game

Jika Anda sudah menggunakan Android versi 5.0 Lollipop ke atas, aplikasi Google Play Game pastinya sudah terinstall otomatis di Android Anda karena aplikasi ini adalah bawaan perangkat. Namun, aplikasi gratis dari Google LLC ini hanya bisa digunakan untuk merekam game yang ada di dalam aplikasi.

Jadi Google Play Game ini sebenarnya adalah aplikasi game bawaan dari Google untuk setiap perangkat Android yang kebetulan juga dilengkapi dengan fitur perekam layar.

Dengan kata lain, Anda harus bermain game di dalam aplikasi untuk menghasilkan gameplay. Beberapa contoh game yang ditawarkan oleh aplikasi ini termasuk Snake, PAC-MAN, Solitaire, dan Cricket.

👉 Trending  Cara Gunakan Odin untuk Flash Samsung Galaxy Stock Firmware

Meski termasuk jadul, tapi game di dalam aplikasi ini bisa Anda mainkan secara offline, jadi tidak harus selalu konek ke internet. Sedangkan cara untuk merekam game dalam aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Cari dan buka aplikasi Google Play Game.
  • Pilih menu “My Game (Game Saya)”.
  • Pilih salah satu game yang ingin Anda mainkan tapi sebelum memulainya klik “tombol bulat berwarna merah” agar aplikasi bisa mulai merekam. Jangan lupa untuk memilih kualitas dari rekaman.

Pilih-salah-satu-game-yang-ingin-Anda-mainkan-tapi-sebelum

  • Jika sudah selesai, klik lagi “tombol bulat” tadi dan proses perekaman akan dihentikan. Secara otomatis, hasil rekaman ini akan langsung tersimpan di galeri perangkat Android Anda.
  • Jika Anda juga ingin merekam wajah Anda saat bermain game, Anda bisa klik “ikon kamera” untuk mengaktifkan kamera, dan jika ingin merekam suara Anda, klik “ikon mic” dan mulailah berbicara.
👉 Trending  4 Cara Membuat Barcode Lokasi Google Maps

2. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder menjadi salah satu aplikasi perekam layar yang paling banyak digunakan oleh pengguna Android saat ini.

Pihak developer mengklaim bahwa aplikasi ini bisa memberikan hasil rekaman yang stabil dan berkualitas tinggi dalam opsi 30FPS dan 60FPS. Kelebihan lainnya adalah tidak ada batas waktu perekaman, jadi Anda bisa merekam dengan durasi sangat panjang. Android pun juga tidak perlu root.

Selain itu, AZ Screen Recorder ini memiliki banyak fitur berguna mulai dari screen video recorder, screen capture, video editor, hingga live stream screen yang bisa memudahkan Anda dalam merekam permainan game di Android, membuat tutorial video, mungkin juga mengabadikan momen video call, live shows, dll.

👉 Trending  5 Cara Mengubah Word Ke PDF

Jika tertarik mencoba, Anda bisa download aplikasinya dari sini dan mulai menggunakannya secara gratis. Tapi tersedia juga pembelian produk dalam aplikasi dengan harga mulai dari Rp 19.279 – Rp 139.000/item.

Cara merekam game di Android untuk membuat konten video dengan aplikasi ini sebenarnya mirip seperti menggunakan Google Play Game tadi, yaitu:

  • Buka aplikasi dan masuklah ke menu “Videos & Settings”.
  • Pilih kualitas rekaman di antara 30FPS dan 60FPS. Jika ingin merekam suara, geser tombol di sebelah tulisan “Record audio”.
  • Sekarang pilih game yang ingin dimainkan.
  • Jika sudah siap memulai, klik tombol perekam layar yang biasanya berbentuk bulat atau seperti gambar kamera dengan tulisan “Record”.
👉 Trending  Urutan Versi Android

Jika-sudah-siap-memulai-klik-tombol-perekam-layar-yang-biasanya-berbentuk-bulat-atau-seperti-gambar-kamera-dengan-tulisan-Record

3. Mobizen Screen Recorder

Aplikasi lain yang memiliki banyak review bagus di Google Play adalah Mobizen Screen Recorder dari developer Mobizen. Meski tidak mendapat bintang 4.5 seperti AZ Screen Recorder, tapi aplikasi ini mendapat 4.3 bintan dengan banyak komentar positif.

Menurut sejumlah review yang ada, aplikasi ini termasuk mudah digunakan dan memiliki beberapa fitur keren yang sangat berguna seperti fitur Facecam, Fitur Pengeditan Video, Video Intro & Outro, bisa merekam tanpa batas waktu, Rekaman Layar Jelas dalam FULL HD, dan tidak ada watermark.

Secara keseluruhan, aplikasi ini cukup solid dan menyediakan versi gratis namun dengan opsi pembelian dalam aplikasi seharga Rp 11.000 – Rp 690.000/item. Anda bisa buktikan langsung kecanggihan aplikasi ini dengan mendownloadnya dari sini. Langkah-langkah menggunakannya adalah sebagai berikut:

👉 Trending  5 Cara Merekam Layar HP Android dan Iphone

  • Setelah terinstall, buka aplikasi dan centang kotak kecil di bagian “terms and conditions” atau “privacy policy” yang akan muncul otomatis di layar saat Anda pertama kali membuka aplikasi ini. Kemudian klik tombol “Next”.
  • Karena Anda adalah pengguna baru, sekarang Anda harus membuat akun terlebih dulu dengan mengisi alamat email dan buatlah password pada kolom yang sudah disediakan.
  • Sekarang buka email Anda dan buka “kotak masuk” untuk melakukan verifikasi pendaftaran akun, dengan cara klik link yang dikirimkan oleh aplikasi tadi.
  • Setelah berhasil mendaftar, masuklah ke akun Anda dengan username berupa alamat email tadi dan input password yang sudah Anda buat.
  • Jika aplikasi sudah terbuka dan di bagian home, akan muncul otomatis nama dari masing-masing fitur yang ada di dalam aplikasi ini lengkap dengan cara menggunakannya, termasuk fitur screen recorder.
👉 Trending  4 Cara Download File Torrent Dengan IDM

Jika-aplikasi-sudah-terbuka-dan-di-bagian-home-akan-muncul-otomatis

4. NO-ROOT Record Screen to Video

NO-ROOT-Record-Screen-to-Video

Persis seperti namanya, aplikasi ini bisa digunakan untuk merekam layar Android untuk berbagai tujuan, mulai dari merekam game, tutorial, promosi aplikasi tertentu, atau bahkan memata-matai seseorang saat mereka menggunakan hp Anda tanpa izin.

Aplikasi yang dikembangkan oleh ImpressionCodes ini berfungsi dengan baik pada perangkat Android 4.4 dan lebih rendah, tapi karena keterbatasan sistem operasi pada versi yang lebih rendah, mungkin saja Anda membutuhkan root.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini memiliki frame rate tinggi yang dapat disesuaikan dengan 24 bingkai per detik yang bisa membantu Anda membuat video HD profesional.

Opsi lanjutannya juga akan membantu Anda menyesuaikan video sesuai dengan kebutuhan, sudah dilengkapi dengan pemeriksa root bawaan, penghitung waktu mundur bisa disesuaikan, dan tidak ada watermark.

👉 Trending  5 Cara Melacak HP Yang Hilang dalam Keadaan Mati

Antaramuka aplikasi ini sangat ramah pengguna sehingga Anda bisa dengan mudah mengoperasikan dan memulai merekam game meskipun baru pertama kali membuka aplikasi. Cara merekam game menggunakan aplikasi ini mirip seperti cara-cara sebelumnya, yaitu cukup cari dan klik fitur rekam layar.

Jika bermain game adalah salah satu kegiatan paling menyenangkan untuk Anda dan Anda mulai ingin mengabadikan momen permainan tersebut atau bahkan menguploadnya ke media sosial, Anda bisa coba cara merekam game di Android untuk membuat konten video dengan beberapa opsi di atas.

 

Lihat Juga :

Daftar Isi