Cara Download MP3 Dari YouTube di PC dan Laptop (No Ribet)

Agar kuota tidak boros, kita bisa download Mp3 dari video YouTube lalu mendengarkannya secara offline kapan saja kita mau. Pada kesempatan kali ini teknosentrik akan berikan beberapa cara paling mudah untuk melakukannya khusus buat kamu yang menggunakan PC dan laptop.

YouTube adalah tempat berkumpulnya beragam video musik menarik dari seluruh dunia, mau lagu genre apa saja pasti ada di sana. Saya sendiri sering sekali mendengarkan musik dari YouTube dengan cara streaming, kadang-kadang malah kebablasan dengerin musik-musik random, kalau kuota lagi banyak sih tidak jadi masalah, tapi kalau kuota lagi tipis? Bisa habis seketika kalau streaming terus.

Nah untuk mendapatkan file Mp3 dari video musik yang ada di YouTube, kita bisa mengunduhnya menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Kalau beberapa tahun yang lalu caranya masih dengan download videonya dulu lalu convert secara manual menjadi Mp3, namun sekarang sudah lebih praktis lagi. Kita bisa langsung download file Mp3-nya sehingga tidak perlu repot-repot mengubahnya lagi.

Berikut ini adalah beberapa cara download Mp3 dari video YouTube yang bisa dicoba:

1. Menggunakan Add-on Google Chrome

cara download mp3 dari video youtube tanpa aplikasi

Cara download lagu dari video YouTube yang saya rekomendasikan pertama kali adalah menggunakan Add-on browser Google Chrome. Ada banyak sekali Add-on yang bisa membantu kita melakukannya, tapi tidak semuanya work, ada bebrapa yang sudah mati dan tidak bisa dipakai lagi. Saya sudah mencoba beberapa Add-on dan yang saya rekomendasikan adalah Youtube Mp3 Converter dari addoncrop.com

👉 Trending  Tutorial Cara Melihat Password Gmail Sendiri Dengan Gambar

Add-on ini bisa bekerja dengan lancar di browser Google Chrome, kita bisa download Mp3 dari video mana saja yang ada di YouTube, hebatnya kita hanya perlu menekan tombol saja tanpa harus meninggalkan halaman YouTube atau copas link ke situs lain. Kita juga sangat leluasa memilih kualitas Mp3 yang ingin didownload, mulai dari 60 kbps hingga yang paling bagus 320 kbps. Langsung saja akan saya tunjukkan caranya.

Cara download Mp3 di YouTube menggunakan Add-on Google Chrome:

  1. Buka Google Chrome
  2. Download Add-on dari sini: https://addoncrop.com/youtube-mp3-converter/
  3. Ekstrak file hasil download
  4. Kembali ke Google Chrome, klik tombol menu (titik tiga di pojok kanan atas) pilih More Tools > Extensions
  5. Centang opsi Developer Mode yang ada di pojok kanan atas
  6. Klik tombol Load unpacked yang ada di pojok kiri atas
  7. Pilih folder hasil ekstrak Add-on tadi
  8. Tunggu sebentar, Add-on akan terinstall ke browser
  9. Selanjutnya buka YouTube, temukan video yang ingin didownload
  10. Klik tombol Download yang ada di bawah tombol Subscribe
  11. Pilih kualitas Mp3 yang diinginkan, untuk kualitas terbaik yang paling jernih pilih 320 Kbps
  12. Klik Download

Ini adalah cara favorit saya karena sangat praktis, kita bisa mencari video musik di YouTube kemudian download filenya menjadi Mp3 hanya dengan satu kali klik saja. Tidak perlu lagi bolak-balik copas url jadi kita tidak perlu meninggalkan halaman YouTube, mau download dalam jumlah banyak juga tidak jadi masalah karena tinggal klik-klik saja.

👉 Trending  Cara Mengatasi Bluetooth Hilang dan Tidak Berfungsi di Windows 10

Kelebihan menggunakan cara ini:

  • Bisa download Mp3 langsung dari situs YouTube
  • Mudah dan masih work
  • Gratis
  • Tidak perlu bolak-balik copas url
  • Bisa convert dan download video musik durasi panjang

2. Menggunakan situs YTMP3

cara download musik dari video youtube di pc dan laptop

Cara paling praktis tanpa ribet unuk download Mp3 dari video Youtube yang kedua adalah menggunakan bantuan situs downloader. Ada banyak sekali situs-situs semacam ini yang bisa digunakan secara gratis, beberapa di antaranya masih work dan ada juga yang sudah tidak bisa lagi. Saya sudah mencoba beberapa situs dan yang terbaik adalah YTMP3 ini.

Sampai postingan ini dibuat, YTMP3 masih bisa digunakan, yang kita perlu lakukan hanyalah copy link dari video YouTube yang diinginkan lalu paste ke situs. Nanti video akan otomatis diubah formatnya menjadi Mp3 dan kita tinggal download ke komputer agar bisa diputar secara offline.

Saya lebih suka dengan cara yang praktis seperti ini karena tidak perlu repot-repot install aplikasi tambahan. Saya akan tunjukkan langkah-langkahnya.

Cara download Mp3 dari YouTube tanpa aplikasi di PC dan laptop:

  1. Buka YouTube.
  2. Temukan video musik yang ingin didownload.
  3. Copy alamat url
  4. Buka situs ytmp3.cc
  5. Paste url ke bar yang ada di sana
  6. Klik tab Mp3
  7. Klik tombol Convert
  8. Tunggu hingga proses convert selesai
  9. Klik tombol Download
  10. File Mp3 akan otomatis didownload ke komputer
  11. Coba putar file Mp3 untuk memastikan hasilnya bagus
👉 Trending  3 Cara Membuat Akun Youtube/Channel di PC dan Android

Kelebihan menggunakan cara ini:

  • Praktis tanpa ribet
  • Tanpa aplikasi tambahan
  • Bisa dilakukan di PC dan laptop dengan OS Windows, Linux, dan MacOS selama ada aplikasi browser

Kekurangannya:

  • Tidak bisa menentukan kualitas file Mp3 yang didownload, hasilnya terbatas pada 192 kbps. (Tapi menurut saya sudah cukup jernih)
  • Hanya bisa download satu file Mp3 dalam satu waktu, tidak bisa sekaligus banyak

Kalau kamu tipe orang yang tidak suka ribet maka cara ini cocok sekali, apalagi kalau video musik yang ingin diambil Mp3-nya hanya satu atau dua saja. Kita tidak perlu repot-repot lagi keluar dari browser dan membuka aplikasi lain karena semua bisa dilakukan dengan browser tanpa aplikasi tambahan.

Soal keterbatasan kualitas file Mp3 yang dihasilkan saya rasa juga bukan masalah besar, karena dengan kualitas 192 kbps sudah cukup bagus untuk diputar di laptop atau di hp. Tapi kalau memang yang kamu inginkan adalah file Mp3 dengan kualitas yang lebih tinggi maka cara ini kurang cocok. Nanti saya akan tunjukkan bagaimana caranya download Mp3 dari YouTube dengan kualitas 320 kbps.

👉 Trending  5 Cara Cek Tagihan PDAM dan Cara Bayarnya Secara Online

3. Menggunakan situs Y2Mate

cara download mp3 dari youtube dengan browser

Pada cara yang kedua ini kita bisa download Mp3 dengan kualitas yang paling bagus, yaitu 320 kbps. Metode yang digunakan masih sama, kita akan manfaatkan situs downloader yang bernama Y3Mate.

Mengapa kok harus 320 kbps? Jawabannya jelas saja karena masalah kualitas. Lagu Mp3 dengan bitrate ini akan menghasilkan suara yang jernih, terutama jika dalam musiknya ada banyak bas, saat diputar akan terasa lebih nendang dibandingkan dengan bitrate yang lebih rendah. Saat diputar menggunakan speaker laptop dan hp juga suaranya tidak pecah dan lebih bulat.

Mp3 dengan kualitas yang rendah biasanya kurang enak didengar menggunakan speaker, apalagi pakai speaker bluetooth, rasanya seperti mendengarkan musik pakai hp jadul tahun 2000an. Padahal YouTube sudah support untuk menghasilkan file Mp3 dengan bitrate maksimal 320 kbps. Saya akan tunjukkan bagaimana caranya.

Cara download Mp3 YouTube dengan kualitas paling bagus:

  1. Buka YouTube
  2. Temukan video musik yang kamu suka
  3. Copy alamat url video tersebut
  4. Buka halaman https://www.y2mate.com/en13/youtube-mp3
  5. Paste url yang tadi dicopy ke bar pada situs
  6. Klik tombol Start
  7. Scroll ke bawah, lihat di sana akan muncul keterangan judul video, di sampingnya ada 2 tombol
  8. Tombol pertama untuk memilih kualitas Mp3, tombol kedua untuk Download
  9. Tekan tombol pertama untuk memilih kualitasnya, pilih 320 kbps
  10. Tekan tombol Download
  11. Tunggu hingga selesai
  12. Cek file Mp3 dan coba putar menggunakan player yang ada di laptop untuk memastikan filenya bagus
👉 Trending  6 Cara Scan Foto/Dokumen Lewat HP

Kelebihan menggunakan cara ini:

  • Bisa menentukan kualitas Mp3 sesuai keinginan, saat ini situs Y2mate bisa menghasilkan Mp3 dengan semua jenis bitrate (320 kbps, 256 kbps, 192 kbps, 128 kbps, 96 kbps, 64 kbps)
  • Kualitas Mp3 bagus tapi kapasitas filenya relatif kecil
  • Praktis tanpa ribet
  • Tanpa install aplikasi tambahan
  • Gratis
  • Bisa download dengan cepat, caranya cukup dengan tambahkan huruf “pp” sebelum .com lalu tekan enter.
  • Masih work sampai postingan ini dibuat

Kekurangannya:

  • Tidak bisa download sekaligus banyak
  • Hanya bisa convert dan download satu file dalam satu waktu

Seperti yang saya katakan sebelumnya, buat kamu yang ingin mendapatkan file Mp3 dari video YouTube dengan kualitas paling maksimal maka bisa gunakan cara ini. Ada saja masanya kita sangat suka dengan sebuah lagu dan ingin punya filenya untuk diputar offline, pasti saat itu kita ingin kualitas yang paling jernih agar lebih puas.

Saya sudah mencoba banyak sekali situs dan aplikasi YouTube Mp3 downloader, biasanya ukuran file untuk kualitas 320 kbps bisa mencapai hingga 15 MB, terlalu besar untuk Mp3 berdurasi 3-4 menit. Nah Y2mate ini bisa menghasilkan file berkualitas bagus tapi kapasitasnya kecil, cocok buat kamu yang mau mengoleksi musik dalam jumlah banyak tapi tidak ingin hard disk cepat penuh.

👉 Trending  2 Cara Share Lokasi di Whatsapp Android/Iphone

4. Menggunakan Youtube Mp3 Converter

cara download youtube mp3 di pc

Cara download musik dari video YouTube tanpa aplikasi dan otomatis convert menjadi Mp3 yang selanjutnya adalah menggunakan situs YouTube Mp3 Converter. Saya meletakkan situs ini di posisi ketiga karena memang fitur yang dimilikinya tidak selengkap dua situs sebelumnya. Tapi hingga saat ini situs tersebut masih work, dan jauh lebih baik dari segi tampilan bila dibandingkan situs-situs lainnya.

Situs ini bisa melakukan convert video YouTube menjadi Mp3 secara online dan file hasilnya akan bisa kita download ke komputer. Saya sudah mencoba download beberapa video musik dan hasilnya cukup memuaskan. Kamu akan mendapatkan file Mp3 dengan kualitas yang bagus.

Cara download lagu dari video YouTube di laptop:

  1. Buka YouTube
  2. Cari video musik yang ingin kalian jadikan Mp3
  3. Copy url video tersebut
  4. Buka situs https://mp3-youtube.download/en/better-online-converter
  5. Paste url pada kolom yang tersedia
  6. Klik tombol Download
  7. Tunggu hingga proses convert selesai
  8. Klik tombol Download setelah file Mp3 tersedia

Kelebihan:

  • Gratis
  • Download tanpa install aplikasi tambahan
  • Masih work
  • Tampilan tidak membingungkan

Kekurangan:

  • Tidak bisa memilih kualitas Mp3
  • Ada masking di tombol download, saat kita klik maka akan langsung diarahkan ke jendela baru berisi iklan (langsung tutup saja)
  • Tidak bisa download Mp3 dengan durasi panjang
👉 Trending  Cara Download Instagram Story di PC dan Laptop (Tanpa Aplikasi)

Cara yang ketiga ini untuk jaga-jaga saja kalau dua cara sebelumnya sudah tidak work lagi, karena biasanya situs-situs downloader seperti ini tidak bertahan lama. Tapi sayangnya saat saat mencoba untuk download video musik yang durasinya 1 jam lebih selalu gagal, sepertinya memang tidak bisa. Tapi kalau yang ingin kalian ambil durasinya hanya 3 – 5 menitan masih bisa dan sangat lancar.

5. Menggunakan Add-on Mozilla Firefox

cara download lagu dari youtube di pc

Buat kamu yang menggunakan browser Mozilla Firefox untuk internetan ada sebuah cara yang sangat praktis untuk download Mp3 dari setiap video musik di YouTube yang kamu suka. Caranya dengan menambahkan Add-on downloader. Salah satu Add-on terbaik yang sampai saat ini masih work adalah YouTube Mp3 Downloader yang dikembangkan oleh ytmp3.eu

Dengan menggunakan Add-on ini membuat proses download menjadi lebih simpel lagi, kita tidak perlu copy-paste url dari YouTube ke situs lain tapi cukup dengan satu kali klik tombol saja. Cara ini juga bisa digunakan pada Windows, MacOS, atau Linux sekalipun selama kamu menggunakan browser Mozilla Firefox. Saya akan tunjukkan caranya.

Cara download Mp3 dari video YouTube menggunakan Mozilla Firefox:

  1. Install Add-on YouTube Mp3 Downloader dari sini: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/yt-to-mp3-converter-ytmp3/
  2. Bila ada request permission jawab Yes
  3. Setelah Add-on terinstall, buka YouTube
  4. Temukan video musik yang kamu inginkan
  5. Klik tombol Add-on di pojok kanan atas browser Mozilla Firefox
  6. Kita akan dibawa ke situs ytmp3.eu, pilih kualitas Mp3 misal 320 kbps
  7. Klik tombol Start Link Conversion
  8. Save file Mp3 ke komputer
👉 Trending  Cara Membuka WhatsApp Web di PC Tanpa Scan Barcode (Windows 7, 8, & 10)

Cara kerja Add-on ini sebenarnya sama saja dengan situs downloader lainnya, hanya saja prosesnya menjadi lebih simpel karena kita tidak perlu copas link secara manual. Setiap video yang kita buka bisa didownload dengan menekan tombol Add-on. File Mp3 yang dihasilkan juga ukurannya tidak terlalu besar meskipun kita pakai kualitas yang paling bagus. Buat kamu yang tidak ingin ribet, cara ini cocok untuk digunakan.

Kelebihan menggunakan cara ini:

  • Praktis tanpa ribet, cuma dengan satu kali klik saja
  • Gratis
  • Bisa dipakai laptop Windows, Linux, dan MacOS
  • Bisa download unlimited Mp3 dari YouTube
  • Bisa download video berdurasi panjang

Kekurangannya:

  • Tidak bisa download langsung dari halaman YouTube
  • Tidak bisa download sekaligus banyak
  • Situs downloader ada popup besar yang cukup mengganggu pemandangan

6. Menggunakan aplikasi desktop (Windows)

cara download lagu dari youtube sekaligus banyak

Untuk download lagu Mp3 dari YouTube juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi desktop, sebagian orang mungkin lebih suka dengan cara ini. Saya juga sering memakai aplikasi untuk download dan convert video YouTube terutama jika jumlahnya banyak. Alasannya karena sejauh ini belum ada situs atau Add-on yang support fitur download sekaligus seperti ini.

👉 Trending  Cara Membersihkan File Sampah dan Cache di Drive C Windows 10

Aplikasi yang saya gunakan adalah HD Video Converter Factory Pro yang dikembangkan oleh WonderFox. Software ini berbayar, kebetulan saya punya yang versi pro, dikasih gratis karena waktu itu diminta review oleh perusahaanya. Tapi tenang saja, masih ada beberapa aplikasi lain yang bisa dipakai secara gratis, daftarnya sudah pernah dibahas di postingan situs ini.

Kalau kamu tertarik bisa lihat di sini:

Aplikasi download Mp3 YouTube terbaik di PC

Saya akan tunjukkan cara download lagu Mp3 dari YouTube sekaligus banyak menggunakan aplikasi HD Video Converter Factory Pro.

  1. Buka YouTube
  2. Temukan video-video yang ingin didownload jadi Mp3
  3. Copas semua url video tersebut, kumpulin di notepad
  4. Buka aplikasi HD Video Converter Factory Pro
  5. Klik menu Downloader
  6. Klik tombol New Download
  7. Paste url ke bar yang ada di sana
  8. Klik Analyze
  9. Pilih format audio
  10. Klik OK
  11. Klik lagi New Download
  12. Paste url selanjutnya
  13. Ulangi hingga semua video yang ingin didownload Mp3-nya masuk ke aplikasi
  14. Klik tombol Download All

Setelah menekan tombol Download All nanti semua video akan otomatis diconvert menjadi Mp3 dan didownload ke komputer, kita juga leluasa untuk menentukan kualitas Mp3 yang diinginkan.

Kelebihan menggunakan cara ini:

  • Bisa download Mp3 dari YouTube sekaligus banyak
  • Bisa menentukan kualitas yang diinginkan
👉 Trending  Cara Menampilkan Jam Beda Negara

Kekurangannya:

  • Harus install aplikasi
  • Tidak semua aplikasi bisa digunakan dengan gratis

7. Menggunakan aplikasi Android

Meskipun postingan kali ini fokus membahas cara-cara untuk download Mp3 dari YouTube di PC tapi kita tetap bisa menggunakan aplikasi Android. Alasannya karena memang beberapa aplikasi Android punya fitur yang lebih lengkap dan lebih mudah digunakan. Kita bisa menggunakan emulator android seperti MEmu atau NOX untuk menjalankannya.

Aplikasi mana yang harus dipakai, nah pada postingan sebelumnya hal ini sudah pernah dibahas, kamu bisa melihatnya di sini.

Aplikasi download Mp3 YouTube terbaik di Android

Saya sendiri kurang suka dengan cara ini, tapi kalau kalian ingin mencobanya ya silakan. Saya lebih suka menggunakan Add-on browser atau copas url ke situs downloader karena lebih praktis. Kita tinggal rajin-rajin saja mencari Add-on atau situs baru yang masih work, karena biasanya umur mereka tidak lama.

Itulah beberapa cara download Mp3 dari video YouTube yang bisa saya sharing pada kesempatan kali ini, semoga membantu. Kasih tahu kalau link yang saya berikan di atas ada yang mati atau sudah tidak work lagi. Selamat mencoba!