15 Ide Kamar Mandi Anak 2021 (Buat Kamar Mandi Anda Lebih Menarik)

Cara Download File Gambar Langsung Ke Google Drive

Bisakah kita download file gambar dan foto dari internet langsung ke google drive tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu di komputer lokal? Jawabannya bisa. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan bantuan ekstensi Google Chrome bernama Save to Google Drive.

Dengan bantuan ekstensi ini kita bisa mendownload beberapa jenis file seperti file gambar dan halaman web ke Google Drive. Ekstensi ini juga bisa digunakan untuk mengambil screenshot penuh dari suatu halaman web. Langsung saja berikut ini cara menggunakannya.

Cara download file langsung ke Google Drive

1. Install ekstensi Save to Google Drive

Pertama kita harus menginstall ekstensi Save to Google Drive ke browser chrome.

👉 Trending  Pulsa IM3 Tersedot Terus?

2. Buka halaman tempat file gambar yang ingin di download

Selanjutnya buka halaman web tempat file gambar yang ingin di download berada. Pada tutorial ini saya akan mendownload gambar dari Pexels.

3. Buka file gambar ukuran penuh di browser

Setelah kita berada di halaman web tempat gambar yang ingin didownload berada, kita harus membuka gambar tersebut hingga ke ukuran penuh. Hal ini bertujuan agar ukuran gambar yang terdownload nantinya juga besar, bukan thumbnailnya.

4. Klik kanan pada gambar > Save to Google Drive

Cara download file gambar ke google drive 1

Untuk mendownload gambar langsung ke Google Drive kita tinggal klik kanan pada gambar > Save to Google Drive > Save Image to Google Drive.

👉 Trending  Cheat GTA 5

5. Login dengan akun Google

Cara download file gambar ke google drive 2

Kita akan diminta untuk login ke Google Drive, login dengan menggunakan akun gmail yang ingin kita gunakan Drive-nya.

6. Beri izin ekstensi dengan menekan tombol Allow

Cara download file gambar ke google drive 3

Agar ekstensi Save to Google Drive bisa bekerja, kita harus memberinya izin akses ke akun Google Drive kita. Saat diminta izin akses pilih tombol Allow.

7. Tunggu hingga proses download selesai

Cara download file gambar ke google drive 4

Ekstensi secara otomatis mulai mendownload file gambar ke Google Drive. Biasanya hanya memakan waktu beberapa detik saja.

8. Rename file gambar lalu klik tombol close

Cara download file gambar ke google drive 5

Setelah proses download file selesai, kita bisa langsung mengganti nama file tersebut tanpa harus membuka file manager Google Drive. Cara ini cukup efektif untuk membuat file yang didownload lebih rapi. Klik tombol Close bila sudah selesai.

👉 Trending  Kunjungi Eventff getsviip7 com

9. Selesai. Gambar yang kita download tadi akan tersimpan di Google Drive

Cara download file gambar ke google drive 6

Selanjutnya cek file gambar tadi di akun Google Drive kita. Jika ingin mendownload lebih banyak gambar kita tinggal klik kanan pada gambar yang diinginkan lalu pilih Save to Drive dan file akan otomatis tersimpan di Google Drive. Jangan lupa untuk memastikan file gambar sudah terbuka pada ukuran penuh sebelum mendownloadnya.

Cara download file gambar dari internet langsung ke Google Drive ternyata tidak sulit bukan?

Saya biasanya menggunakan cara ini untuk mengoleksi gambar-gambar bagus yang nantinya akan saya gunakan untuk keperluan blogging dan marketing. Dengan cara ini kita bisa lebih hemat space di komputer, dan folder Downloads kita tidak cepat berantakan.

👉 Trending  Cara Menggunakan Whatsapp Web

File-file gambar yang sudah tersimpan di Google Drive juga dengan mudah bisa kita gunakan di device lain seperti smartphone atau tablet. Jadi rasanya cara ini cukup efektif untuk mengoleksi gambar atau foto dari internet yang akan kita gunakan untuk keperluan kita.