Ide Kamar Tidur Minnie Mouse untuk Masa Kecil yang Menyenangkan

5 Cara Memperlancar Game Berat di PC dan Laptop (No lag lag club)

Hari ini hampir semua game membutuhkan spek laptop atau pc yang tinggi agar bisa dimainkan dengan lancar. Semakin bagus grafiknya maka akan semakin berat game tersebut dimainkan di laptop dengan spek yang pas-pasan.

Jika kalian punya spek yang pas-pasan dengan game yang ingin dimainkan, maka pada postingan ini saya akan berikan tips bagaimana caranya memperlancar game berat di PC dan laptop agar tidak lag saat dimainkan.

Cara memperlancar game berat di PC

1. Tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan saat bermain game

Aplikasi seperti browser akan memakan banyak sekali resource (ram) laptop kita, saat menjalankannya bersamaan dengan game maka akan semakin memberatkan sistem. Jadi sebaiknya aplikasi berat seperti ini kita tutup saat bermain game. Lagi pula apa enaknya browsing sambil bermain game dalam waktu bersamaan.

👉 Trending  Apk KT (Kunoichi Trainer) Game Ninja Wanita Naruto yang Viral

Saat membuka beberapa tab di browser ram yang digunakan bisa mencapai 1 GB lebih, bayangkan jika ram di laptop kita hanya 4 GB pasti game yang dimainkan akan semakin berat bahkan lag. Gambar di bawah ini adalah ram yang terpakai oleh browser chrome saat saya browsing dan hanya membuka 4 tab, sudah hampir 1 GB memori yang terpakai.

Cara memperlancar game berat di laptop 1

2. Matikan antivirus

Antivirus juga terkadang bisa memakan resource yang besar apalagi jika real time protection atau auto scanningnya sedang berjalan. Proses ini bisa membuat laptop kita jadi berat. Jadi saat bermain game, sebaiknya antivirus dimatikan saja, nanti setelah selesai bermain kita bisa menghidupkannya kembali.

3. Boosting system menggunakan aplikasi game booster

Untuk mengoptimalkan resource di laptop kita saat bermain game, kita juga bisa menggunakan aplikasi game booster. Aplikasi ini bisa memperlancar game berat di laptop dengan mengosongkan lebih banyak memori dari proses yang berjalan di background, yang mana proses ini tidak diperlukan oleh game.

👉 Trending  Begini Cara Cari Teman Mabar Game di Aplikasi Lita

Ada banyak sekali aplikasi game booster gratis yang bisa kalian gunakan, tapi saya rekomendasikan untuk menggunakan Razer Cortex Game Booster, karena saya sendiri menggunakan aplikasi ini dan cukup puas dengan hasilnya.

Cara memperlancar game berat di laptop 2

Razer Cortex ini bisa membuat game menjadi lebih lancar dengan memfokuskan resource di laptop kita pada game, jadi saat melakukan boosting, aplikasi Razer Cortex akan men-suspend proses-proses yang tidak dibutuhkan oleh game.

Hasilnya, space memori yang kosong akan bertambah dan bisa dipakai untuk game. Saat kita telah selesai bermain game proses yang disuspend tadi akan direstore kembali oleh Razer Cortex sehingga sistem kita bisa berjalan dengan normal lagi.

4. Gunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan file sampah yang bikin berat

File-file seperti temporary files, caches, dan berbagai jenis junk files lainnya juga harus kita bersihkan secara berkala karena bisa membuat sistem laptop kita menjadi berat. Kalian bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk melakukannya secara otomatis.

👉 Trending  Moonlight Sculptor : Pengenalan, Fitur, dan Cara Bermainnya

Ada beberapa aplikasi cleaner di Windows yang bisa kalian gunakan, saya sudah membuat postingan mengenai aplikasi cleaner terbaik yang sudah pernah saya coba. Kalian bisa membacanya di sini: 5 Aplikasi Cleaner Terbaik di Windows

5. Utamakan performa daripada tampilan grafis

Cara memperlancar game berat di laptop dan pc yang terakhir adalah dengan mengatur sedemikian rupa settingan dalam game agar lebih fokus ke performa dibanding tampilan grafis.

Kita bisa mengatur grafis pada settingan medium bahkan low dan utamakan settingan frame rate-nya. Karena game yang lancar lebih enak dimainkan daripada game dengan tampilan grafis tinggi tapi patah-patah.

Mungkin itu saja yang perlu kita lakukan untuk mengoptimalkan performa laptop atau pc kita agar lancar bermain game berat tanpa lag dan patah-patah. Berhasil atau tidaknya tips ini kembali lagi pada spek laptop yang kita pakai, jika memang berada dibawah spek minimum yang dibutuhkan oleh game, mungkin kalian tidak bisa berharap banyak dengan hasilnya. Semoga membantu.

👉 Trending  Hacker Dark VIP Mod Apk, Aplikasi Hack Akun FF Sultan 2021