Ide Kamar Tidur Minnie Mouse untuk Masa Kecil yang Menyenangkan

Cara Mengetahui Posisi Seseorang Melalui Chat WhatsApp Dengan Mudah

Ngomong-ngomong soal lacak melacak posisi seseorang melalui chat WhatsApp pasti kalian akan teringat dengan adegan di film-film barat. Bagaimana dengan mudahnya seorang hacker mengetahui posisi akurat seseorang hanya dengan mengetikkan kode-kode di laptop.

Tapi sayangnya kita tidak akan membahas pelacakan model seperti itu, karena saya juga tidak mengerti, lagi pula tidak semua adegan di film itu benar adanya, sebagian besar hanya rekayasa saja.

Untuk mengetahui posisi seseorang hanya dengan chatting via WhatsApp sebenarnya sangatlah mudah, pihak WhatsApp sendiri sudah memasukkan sebuah fitur sharing location yang bisa kita gunakan dengan lawan chatting kita untuk mengetahui lokasi mereka secara (cukup) akurat. Nantinya kita bisa melihat lokasi mereka melalui google maps.

👉 Trending  Cara Hapus Akun DANA di TikTok Lite

Sejauh ini saya sendiri sudah sering menggunakan cara ini untuk mengetahui lokasi teman saya saat ingin nongkrong atau menghadiri acara yang saya belum tahu persis alamatnya, dan memang fitur ini cukup membantu

Oke langsung saja, mungkin di antara kalian masih ada yang belum tahu dan saya akan sharing bagaimana caranya.

Cara Mengetahui Posisi Seseorang Melalui Chat WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp lakukan chatting dengan teman/target

Langkah pertama tentu saja kalian perlu membuka dulu aplikasi WA dan lakukan chatting dengan target.

2. Minta target untuk menekan tombol share location

Untuk mendapatkan lokasi persis di mana target sedang berada, minta dia untuk menekan tombol share location. Caranya tekan tombol attachment > pilih Location

Cara mengetahui posisi seseorang melalui chat WhatsApp 1

3. Tentukan apakah kita hanya ingin mengetahui posisi sekarang, atau ingin melihat pergerakan target di map secara real time

👉 Trending  Cara Menggunakan 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Tanpa Root

Setelah menekan tombol location, nanti akan ada pilihan untuk membagikan lokasi sekarang (Send current location) atau membagikan live location (pergerakan target akan terlihat di map, jadi kita tahu dia pergi ke mana saja). Pilih salah satunya.

Cara mengetahui posisi seseorang melalui chat WhatsApp 2

4. Klik map yang muncul di WhatsApp kita

Nanti di hp kita akan terkirim pesan berupa embedded google maps yang berisi lokasi target, langsung saja klik map tersebut dan kita akan dibawa ke aplikasi google maps langsung pada lokasi target berada.

Cara mengetahui posisi seseorang melalui chat WhatsApp 3

5. Selesai. Kita sudah bisa melacak lokasi lawan chatting kita melalui aplikasi WhatsApp

Cuma itu saja caranya, cukup mudah dan simpel. Tidak perlu melakukan tracking yang serem-serem sperti di film.

👉 Trending  Paket Nelpon simPATI

Sebenarnya cuma itu cara untuk mengetahui lokasi seseorang melalui chat WA yang paling akurat. Tapi memang kita harus melakukannya atas izin/kemauan dari si target untuk membagikan lokasi mereka, tidak bisa dilakukan secara diam-diam tanpa diketahui oleh target.

Baca juga: Cara Melacak HP Hilang Melalui Nomor HP

Untuk melakukan pelacakan secara diam-diam ada trik yang bisa kita gunakan tapi menurut saya cukup ribet dan hasilnya juga tidak seakurat menggunakan metode share location di atas, yaitu dengan mengirimkan link tracking pada target, ketika target mengklik link tersebut maka otomatis IP addres dari device mereka akan terecord. Dari IP tersebutlah kita akan melacak lokasi target.

👉 Trending  Solusi Bluetooth Gagal Mengirim dan Menerima File di Windows 10

Karena cara ini cukup panjang langkah-langkahnya, saya akan membuatnya pada postingan yang terpisah. Kalian bisa baca tutorialnya di postingan ini: Cara Melacak IP Address Seseorang Melalui Chat WhatsApp