Juru-Bicara

Juru Bicara adalah

Juru Bicara – Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Peran, Prinsip, Syarat & Contoh – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Juru Bicara yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, fungsi, peran, syarat dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Juru-Bicara

Pengertian Juru Bicara

Juru bicara atau yang biasa disebut juga dengan jubir adalah seseorang yang diberikan tanggung jawab untuk menerangkan kondisi atau situasi orang lain yang mengutusnya.


Peranan jubir dalam lembaga negara sangat penting untuk mewakili lembaga yang dipegangnya dalam konferensi pers, atau dalam melakukan wawancara dengan wartawan maupun media.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Contoh Syair


Atau dalam hal ini orang yang kerjanya memberi keterangan resmi dan sebagainya kepada umu, pembicara yang mewakili suara kelompok atau lembaga, atau juga sebagai penyambung lidah.

👉 Trending  Paragraf adalah

Berikut ini terdapat beberapa juru bicara menurut para ahli, terdiri atas:


Juru bicara atau disingkat dengan jubi adalah seseorang yang diberikan tanggung jawab untuk mengambarkan kondisi atau situasi orang lain yang mengutusnya.


Menurut KBBI Juru bicara yakni orang yang kerjanya memberi keterangan resmi dan sebagainya kepada umum; pembicara yang mewakili bunyi kelompok atau lembaga; penyambung lidah.


Fungsi Juru Bicara

Dalam hal ini salah satu fungsi juru bicara ialah menyampaikan informasi-informasi mengenai kebijakan-kebijakan dan kegiatan organisasinya kepada publik, baik masyarakat maupun media massa. Dengan maksud pihak yang bersangkutan memiliki perngetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai organisasi tersebut dengan harapa pemberi dukungan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Tata Bahasa adalah


Peran Juru Bicara

Adapun peran juru bicara yang diantaranya yaitu:

  • Orang yang menguasai masalah yang didukung oleh data dan fakta sebagai bukti pendukung.
  • Sebelum tampil dan menyampaikan informasi kepada publik ia harus mengetahui secara lengkap konteks permasalahan yang terjadi berkaitan dengan organisasinya.
  • Bisa meyakinkan mana informasi yang pantas untuk disajikan menjadi informasi publik dan mana yang tidak boleh disampaikan.
  • Dan mengenai informasi publik itu harus berkaitan dengan undang-undang yang terkait.
👉 Trending  Teks Cerita Ulang

Prinsip Juru Bicara

Berikut ini terdapat beberapa prinsip juru bicara, terdiri atas:

  1. Jubir harus menceritakan sesuatu dengan tepat dan mampu menjelaskan secara detail masalah.
  2. Bahasa seorang jubir adalah sebuah keterwakilan, maka itu mesti lugas, jelas dan mampu dipahami oleh obyek yang meminta keterangan contohnya pers, wartawan, medi de el el..
  3. Seorang Jubir harus menguasai masalah, dan berpenampilan profesional serta menggunakan bahasa santun, baik, serta tata bahasa yang baik pula.
  4. Jubir tidak membahkan bahkan mengurangi hal yang akan dijelaskan, sesuai dengan masalah yang sebenarnya. Dalam hal ini jubir mesti jujur.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Contoh Gurindam


Syarat Juru Bicara

Dalam hal ini seorang juru bicara harus memliki kemampuan dan berpengalaman dalam mengkomunikasikan program.

👉 Trending  Contoh Pamflet

Sikap yang harus dimiliki seorang juru bicara ialah kewibawaan dalam memberikan pernyataan. Selain berwibawa, seorang juru bicara juga dituntut memiliki sikap yang tegas supaya pernyataan yang dikeluarkan tidak simpang siur.
Seorang juru bicara juga harus memiliki berwawasam luas dan pengetahuan yang cukup dalam bidang komunikasi politik.


Seorang juru bicara memberikan penyampaian komunikasi kepada khalayak lewat pemberitaan media, tentu pernyataan tersebut harus jujur apa adanya dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Seorang juru bicara juga memegang suatu kepercayaan dan amanat.


Contoh Juru Bicara

JAYAPURA- Juru Bicara PSI Pusat Ir. Azmi dan Dara A. Kesuma Nasution, S. Sos bersama Pengurus PSI Papua dan PSI Kota Jayapura sabangi Kantor Graha Pena Papua dalam rangka bersilaturahmi dan safari pentingnya menjaga toleransi dan kebangsaan.

👉 Trending  Sinopsis Adalah

Juru bicara PSI Pusat Dara A. Kesuma Nasution, S. Sos mengatakan kunjungannya datang ke Papua untuk safari toleransi dan kebangsaan karena melihat Papua adalah contoh toleransi yang baik di Indonesia. “Kegiatan ini dalam rangka safari toleransi.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Membaca Ekstensif adalah


PSI ingin menyediakan kampanye berbasis program dan gagasan sehingga masyarakat dapat langsung menyampaikan gagasan kepada kami kader PSI sehingga nantinya kami akan memperjuangkan semua program dan gagasan tersebut,”Ungkapnya di Kantor Graha Pena, Senin (1/4)


Dara menyampaikan PSI konsisten menyikapi teloransi di Papua dan Indonesia. Dirinya juga menyampaikan jika ingin Memenangkan Jokowi jadi Presiden maka masyarakat Papua dapat memilih partai atau kader PSI.

👉 Trending  Surat Niaga

Sementara itu juru bicara PSI Lainnya, Ir. Asmi memgatakan penting bagi PSI untuk datang ke Papua untuk sosialisasi toleransi dan kebangsaan. “Isu kebangsaan harus kita hadirkan kembali, kebangsaan bukan berporos ke satu agama, suku dan kelompok saja namun kebangsaan harus bagian dari semua pihak dan tempat di Indonesia,” Ungkap Azmi.


Sementara itu Pemred Cenderawasih Pos Lucky Ireeuw mengatakan bahwa Cenderawasih Pos pada terbuka untuk semua partai mana saja sehingga dalam pemberitaan pihaknya menaati aturan yang di keluarkan oleh KPU dan juga aturan-aturan jurnalis yang ada.


“Kita sebagai media terbuka untuk siapapuan dan partaimanapun sehingga dalam pemberitaan kami menaati aturan dan batasan-batasan yang di keluarkan KPU Pusat , KPU Daerah dan juga aturan jurnalis yang ada,”pungkasnya.

👉 Trending  Konjungsi adalah

Demikianlah pembahasan mengenai Juru Bicara – Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Peran, Prinsip, Syarat & Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan