Pandemic hits 'critical point' as Europe deaths top one million

Penyebab dan Cara Mengatasi “Sayangnya Google PlayStore Telah Berhenti”

Doyan download atau unduh berbagai macam aplikasi maupun game di Google PlayStore? Jika iya, mungkin saja Anda pernah mengalami error secara tiba – tiba yang menyebabkan Google PlayStore tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, alias terhenti tanpa Anda ketahui apa penyebabnya.

Seperti yang sudah kita tahu bersama, bahwa Google Playstore merupakan pasar aplikasi utama yang jadi pilihan utama bagi banyak orang pada saat mereka ingin mendapatkan aplikasi atau game – game kesukaan.

Di Google Playstore tersebut Anda bisa mendapatkan beragam aplikasi atau game, baik itu secara gratisan atau pun berbayar.

Tentu saja ada banyak hal yang menjadi penyebab Google Playstore berhenti secara tiba – tiba. Biasanya yang demikian tersebut terjadi dengan dibarengi oleh pesan yang muncul seperti berikut,

👉 Trending  Cara Pindai Kata Sandi Anda yang Tersimpan di Chrome untuk Menemukan & Mengganti Info Masuk yang Disusupi

Sayangnya, Google PlayStore telah berhenti”.

Tentu saja pesan tersebut akan sangat mengganggu aktivitas Anda, apalagi jika pesan ini terus – terusan muncul. Makanya pada kesempatan yang baik kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda tentang cara mengatasi Google PlayStore terhenti tiba – tiba lebih lengkapnya, namun sebelumnya simak dulu beberapa penyebabnya di bawah ini.

Penyebab Google PlayStore Terhenti Secara Tiba – Tiba

1. Adanya cache yang menumpuk di smartphone Anda

Penyebab Google PlayStore terhenti secara tiba – tiba yang pertama adalah adanya cache yang menumpuk. Asal Anda tahu saja bahwa setiap kali Anda menggunakan aplikasi PlayStore di smartphonemu, maka aplikasi tersebut akan membuat file cache dan tersimpan di memori internal ponsel.

👉 Trending  5+ Cara Mengganti Background Foto

Jika yang demikian ini dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin file cache akan menumpuk dan sebabkan aplikasi PlayStore Anda alami error.

2. Versi PlayStore di ponselmu sudah kadaluarsa

Mungkin saja yang demikian ini kelihatannya sepele, akan tetapi faktanya hal tersebut bisa sebabkan Google PlayStore yang ada di smartphonemu terhenti secara tiba – tiba.

Meskipun pada dasarnya aplikasi PlayStore ini akan update secara otomatis pada saat ada pembaharuan versi, akan tetapi kadang kalanya update otomatis tersebut bisa saja alami kegagalan karena adanya masalah jaringan internet, atau pun Anda memang menonaktifkan update otomatis PlayStore-nya. Makanya apabila PlayStore tidak diperbaharui maka bisa sebabkan error.

👉 Trending  Cara Screenshot di Laptop

3. RAM ponsel yang penuh

Penyebab
terakhir adalah saat Anda sedang jalankan banyaknya aplikasi di ponsel dalam
waktu bersamaan, maka yang demikian ini ternyata bisa sebabkan memori RAM di
ponselmu penuh dan tidak mampu lagi menampung jalannya aplikasi Google
PlayStore.

Cara Mengatasi Google PlayStore Terhenti Secara Tiba – Tiba

1. Paksa berhenti dan hapus cache atau data PlayStore

mengatasi sayangnya google playstore telah berhenti

Ada beberapa cara untuk mengatasi Google PlayStore terhenti tiba – tiba, salah satunya adalah dengan cara paksa berhenti dan menghapus data – data. Cara ini harus dilakukan untuk pulihkan kembali aplikasi PlayStore yang ada di smartphone Anda. Langkah mudahnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama – tama, silakan Anda masuk ke Setelan atau Pengaturan yang ada di smartphonemu. Lalu lanjutkan dengan memasuki menu Aplikasi Terinstal atau App Manager.
  • Karena aplikasi PlayStore ini merupakan aplikasi sistem, maka Anda harus memilih opsi Tampilkan Aplikasi Sistem di smartphone Anda. Jika sudah, silakan cari saja aplikasi Google PlayStore-nya.
  • Jika sudah ketemu, buka kemudian pilihlah Paksa Berhenti atau Force Close. Dan lanjutkan dengan memilih opsi Penyimpanan dan pilih hapus cache.
  • Apabila langkah tersebut sudah selesai Anda lakukan, silakan coba jalankan kembali PlayStore seperti biasa.
  • Jika masih belum bisa maka ulangi langkah di atas dan pilih hapus data
👉 Trending  Cara Downgrade Android

2. Update PlayStore ke versi terbaru

Cara untuk mengatasi PlaySotre telah berhenti yang kedua adalah dengan mengupdatenya ke versi terbaru.

Kadang masalah Google PlayStore yang error ini disebabkan oleh hal sepele yaitu aplikasinya yang sudah usang atau “outdate”. Nah untuk mengatasi hal ini cukup dengan mengupdate aplikasi ke versi yang terbaru.

3. Hapus aplikasi yang diinstall terakhir kali

Aplikasi di android juga kadang-kadang saling bentrok satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa menimbulkan berbagai error pada sistem dan aplikasi lainnya termasuk membuat Google PlayStore berhenti.

Coba Anda ingat-ingat lagi, apakah error pada Google PlayStore di hp Anda muncul setelah menginstall aplikasi tertentu. Jika iya, coba hapus dulu aplikasi tersebut. Mungkin saja itulah yang menjadi penyebabnya.

👉 Trending  3 Cara Cek IMEI Garansi Samsung

4. Instal apilkasi PlayStore yang baru

Google PlayStore juga bisa berhenti tiba-tiba akibat error yang muncul akibat aplikasinya yang sudah korup atau rusak. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menghapus dulu aplikasi PlayStore dari hp lalu menginstall yang baru.

Anda bisa mendownload file PlayStore melalui tombol di bawah ni:

Setelah file apk didownoad, langsung saja install dan jalankan. Anda juga mungkin perlu mengupdatenya ke versi yang terbaru.

5. Factory reset

Jika cara-cara di atas belum bisa mengatasi masalah “Sayangnya Google PlayStore telah berhenti”, maka dengan sangat terpaksa kita harus menggunakan solusi terakhir yakni mereset hp ke settingan pabrik atau factory reset.

👉 Trending  5 Cara Membuat Feed Instagram Nyambung

Peringatan: cara ini akan menghapus semua aplikasi yang bukan aplikasi bawaan, kontak di memory internal, dan data user. Factory reset akan mengembalikan kondisi hp seperti saat kita pertama kali membelinya.

Sangat disarankan sebelum melakukan factory reset ini Anda harus membuat back up semua data-data penting seperti kontak, pesan sms, chat WhatsApp, dan aplikasi-aplikasi lain yang menurut Anda penting.

Berikut ini langkah-langkah melakukan factory reset:

Buka Settings > Additional settings > Backup & reset > Factory data reset. Tap pada tombol Reset phone.

factory reset untuk mengatasi error google playstore

Jika muncul pertanyaan pilih saja OK/Yes. Nanti hp akan melakukan reset secara otomatis, tunggu saja hingga prosesnya selesai. Jangan lupa untuk memastikan baterai hp dalam kondisi penuh agar proses reset tidak berhenti karena hp tiba-tiba mati.

👉 Trending  10 Cara Memblokir Akun FB (Facebook) Sendiri

Itulah penyebab dan beberapa cara mengatasi error Google PlayStore yang terhenti secara tiba – tiba. Semoga bermanfaat.