15 Ide Kamar Mandi Putih 2021 Sederhana namun Elegan

BNI SMS Banking: Cara Daftar / Format / Biaya SMS untuk Transfer, Cek Saldo

BNI SMS Banking

BNI SMS banking merupakan layanan elektronik banking dari BNI untuk transaksi lewat SMS, kode USSD, serta aplikasi SMS banking sehingga nasabah tidak perlu ke ATM. Fitur tersebut dapat diakses melalui format SMS banking BNI (berbayar) ke 3346, sesuai dengan kode USSD *141*1# atau pun aplikasi SMS banking milik BNI.

Seperti yang saya bilang tadi, transaksi SMS banking milik BNI ini tidak gratis alias dipungut biaya, dan tarif termurahnya adalah Rp 500 per transaksi (Rp 250 x 2).

Layanan yang bisa kamu dapat dari SMS banking BNI di antaranya adalah cek saldo dan mutasi, transfer, bayar tagihan (BPJS, listrik, air, kartu kredit, internet, TV, telepon, dll), beli pulsa (ponsel, listrik, dll), top up BNI Debit Online, dan ganti PIN.

👉 Trending  MX Pro Player APK

Layanan SMS banking dari BNI ini sangat memudahkan bagi nasabah yang tidak mempunyai ponsel pintar maupun koneksi internet. Jika kamu punya ponsel pintar dan koneksi internet, sebaiknya gunakan saja aplikasi mobile banking BNI atau internet banking BNI karena gratis dan memiliki fasilitas yang lebih lengkap.

Cara Daftar SMS Banking BNI

bni-sms-banking

Daftar SMS banking BNI bisa dilakukan via ATM dan di kantor cabang BNI. Namun, hak akses yang akan didapat nasabah tidaklah sama. Jika melakukan aktivasi SMS banking BNI di ATM, kamu hanya akan mendapat akses ke menu transaksi non-finansial seperti cek saldo dan cek mutasi. Dan jika kamu melakukan aktivasi di kantor cabang, kamu akan mendapat akses penuh termasuk transaksi finansial seperti transfer dan pembayaran.

👉 Trending  Download MediaBox HD Apk v2.4.9.2 (Android/iOS) Latest Version

Setelah mengetahui perbedaan tersebut, selanjutnya kita akan membahas cara mengaktivasi SMS banking BNI.

Pertama, kamu harus pergi ke mesin ATM terdekat. Masukkan kartu ke dalam mesin dan tuliskan PIN. Berikutnya, pilih menu Registrasi E-Channel dan lanjut ke SMS Banking BNI. Kalau sudah, masukkan nomor ponsel yang ingin kamu gunakan. Pastikan nomor tersebut aktif dan memiliki pulsa di atas Rp 2.000. Selanjutnya, berikan PIN untuk masuk ke SMS banking. Nanti kamu akan mendapat SMS notifikasi dari 3346.

Nah, penjelasan di atas adalah cara melakukan aktivasi SMS banking melalui mesin ATM. Ingat, yang kamu dapat hanyalah akses ke menu non-finansial. Kalau ingin mengakses menu finansial, kamu harus pergi ke kantor cabang BNI. Sebelum berangkat, pastikan kamu membawa KTP, buku tabungan, dan kartu ATM.

👉 Trending  WhatsApp Mod iOS

Tarif SMS Banking BNI

cek nomor smart dengan sms

Biaya yang harus dikeluarkan saat menggunakan SMS banking BNI via kode USSD *141*6# lebih murah daripada biaya SMS ke 3346 (2x biaya = kirim SMS + terima SMS).

Saya akan memberi contoh memakai kartu Telkomsel.

Tarif BNI SMS banking lewat kode USSD adalah Rp 250. Sedangkan tarif lewat SMS adalah Rp 250 untuk kirim dan Rp 600 untuk terima. Jadi totalnya Rp 850. Dan itu merupakan tarif minimum. Belum lagi, biaya untuk transaksi finansial jumlahnya dua kali lipat dibanding transaksi non-finansial, yakni mencapai Rp 1.320.

Format SMS Banking BNI

Untuk melakukan SMS banking BNI dapat dengan cara mengirim format SMS ke nomor SMS banking BNI, yakni 3346. Pastikan nomor yang sudah kamu daftarkan berada di SIM 1 dan pulsanya mencukupi untuk mengirim SMS.

👉 Trending  Download Epsxe Apk Terbaru dengan Grafis Bagus

Kalau sudah, kamu tinggal mengetikkan kode dan kirim ke 3346.

Pertama, transaksi dasar. Untuk melakukan pengecekan saldo, kamu bisa mengetikkan “SAL” tanpa tanda kutip. Untuk mengganti PIN, kamu bisa mengetikkan “PIN (PIN baru) (PIN lama)” tanpa tanda kutip. Untuk mengecek mutasi rekening kamu bisa mengetikkan “HST” tanpa tanda kutip.

Kedua, transfer ke sesama BNI. Jika ingin tanpa berita, kamu bisa mengetikkan “TRANSFER(nomor rekening tujuan) (nominal transfer)” tanpa tanda kutip. Jika ingin ada berita, kamu bisa mengetikkan “TRANSFER(nomor rekening tujuan) (nominal Transfer) #Berita#” tanpa tanda kutip. Jika ingin terdapat notifikasi pada ponsel penerima, kamu bisa mengetikkan “TRANSFER (nomor rekening tujuan) (nominal transfer) (no telepon penerima)” tanpa tanda kutip.

👉 Trending  Download – Guitar Flash MOD APK v1.81 Terbaru 2021

Ketiga, melihat info tagihan telepon pasca bayar. Jika memakai nomor Telkom, kamu bisa mengetikkan “TAG TELKOM (4 digit kode area + nomor telepon)” tanpa tanda kutip. Jika memakai nomor Telkomsel HALO, kamu bisa mengetikkan “TAG HALO(nomor HP Kartu HALO)” tanpa tanda kutip. Jika memakai nomor Indosat, kamu bisa mengetikkan “TAG INDOSAT (nomor ponsel Indosat)” tanpa tanda kutip.

Jika memakai nomor XL Xplor, kamu bisa mengetikkan “TAG XPLOR(nomor ponsel Xplor)” tanpa tanda kutip. Jika memakai nomor Esia, kamu bisa mengetikkan “TAG ESIA(nomor HP Esia)” tanpa tanda kutip. Jika memakai nomor Tri, kamu bisa mengetikkan “TAG 3 (nomor ponsel Tri)” tanpa tanda kutip. Jika memakai nomor Smartfren, kamu bisa mengetikkan “TAG SMARTFREN (nomor ponsel Smartfren)” tanpa tanda kutip.

👉 Trending  7 Aplikasi Android untuk Membuat Logo Terbaik

Keempat, bayar urusan keagamaan. Untuk melakukan pembayaran zakat, kamu bisa mengetikkan “ZAKAT (nama badan zakat) (nominal)” tanpa tanda kutip. Untuk melakukan pembayaran infak, kamu bisa mengetikkan “INFAQ (nama badan infak) (nominal)” tanpa tanda kutip. Untuk melakukan pembayaran kurban, kamu bisa mengetikkan “QURBAN (nama badan kurban) (nominal)” tanpa tanda kutip.

Kelima, bayar kebutuhan bulanan. Untuk melakukan pembayaran PNBP AHU, kamu bisa mengetikkan “PAY PNBPAHU (nomor tagihan)” tanpa tanda kutip. Untuk melakukan pembayaran listrik, kamu bisa mengetikkan “PAY PLN (nomor pelanggan)” tanpa tanda kutip. Untuk melakukan pembayaran PDAM, kamu bisa mengetikkan “PAY PAM (nama kota) (nomor pelanggan)” tanpa tanda kutip.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai cara mendaftar, format, dan biaya BNI SMS banking. Semoga artikel ini bisa membantu.

👉 Trending  Download Art of Conquest (AoC) v1.23.00 (Full) Apk + Data