Bagaimana-Aturan-Registrasi-Kartu-Perdana-Indosat

3 Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredo (SMS, Online, CS)

Memilih operator seluler yang tepat tentunya sebuah keharusan. Salah satu provider yang menyediakan banyak promo paket internet, telepon, dan SMS yang murah adalah Indosat. Lalu, bagaimana cara registrasi kartu Indosat?

Saat pertama kali membeli kartu perdana, untuk mengaktifkannya memang tidak semudah dulu. Oleh karena itu, Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang tepat agar bisa segera menikmati berbagai layanan dari Indosat.

Bagaimana Aturan Registrasi Kartu Perdana Indosat?

Bagaimana-Aturan-Registrasi-Kartu-Perdana-Indosat

Pada dasarnya, untuk mengaktifkan kartu Indosat tidak jauh berbeda saat mengaktifkan provider lainnya. Namun Anda tetap harus mengikuti prosedur yang disediakan.

Seperti yang telah diketahui, cara registrasi kartu perdana sudah mengikuti aturan baru sejak 2018 lalu. Adapun persyaratan yang wajib dimasukkan saat melakukan registrasi adalah sebagai berikut.

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor Kartu Keluarga (KK)
πŸ‘‰ Trending  4 Cara Paket Iflix XL Menjadi Paket Reguler

Baik pengguna lama maupun baru, diwajibkan melampirkan nomor NIK dan KK. Tidak hanya untuk pengguna Indosat, aturan ini berlaku untuk semua pengguna layanan provider di tanah air. Untuk melakukan registrasi kartu indosat, Anda bisa memilih cara yang paling mudah.

Registrasi kartu Indosat bisa dilakukan melalui website resmi Indosat, via SMS, dan secara langsung dengan mendatangi Galeri Indosat. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana melakukan registrasi kartu Indosat, silahkan simak cara-caranya di bawah ini.

3 Cara Registrasi Kartu Indosat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kartu Indosat. Anda harus mengikuti prosedurnya dengan tepat. Jika tidak, nomor tersebut jadi tidak bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Pilihlah cara yang paling tepat, diantaranya melalui SMS, website, dan mendatangi Galeri Indosat.

πŸ‘‰ Trending  6 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat Ooredo + Kode Promo

1. Melalui SMS

Cara registrasi pertama yang bisa dilakukan adalah melalui SMS. Metode ini tergolong sangat mudah sehingga banyak dipilih. Pengguna hanya perlu menyiapkan nomor NIK dan nomor KK lalu kirimkan melalui SMS ke nomor 4444.

Untuk melakukan registrasi, pastikan NIK dan KK yang digunakan adalah benar-benar milik Anda. Untuk mengetahui nomor NIK, bisa dilihat di KTP maupun KK. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk registrasi Indosat via SMS adalah sebagai berikut.

a. Untuk Pengguna Lama Indosat

Untuk-Pengguna-Lama-Indosat

Seperti yang telah disebutkan di atas, pengguna lama Indosat juga harus melampirkan nomor NIK dan KK untuk registrasi ulang. Bagi pengguna Indosat Ooredoo maupun Mentari, silahkan ikuti format SMS berikut ini.

πŸ‘‰ Trending  Paket Nelpon Indosat IM3 Ooredo Murah + Cara Daftar

Ketik: Ulang#NIK#Nomor KK# lalu kirim ke 4444

Contoh: Ulang#3204567546534253#3201090056445345#

b. Untuk Pengguna Baru Indosat

Untuk-Pengguna-Baru-Indosat

Nah, cara ini bisa dipilih bagi Anda yang baru membeli kartu perdana Indosat, baik Indosat Ooredo maupun Mentari. Untuk melakukan registrasi, silahkan ikuti formatnya berikut ini.

Ketik: NIK#Nomor KK# lalu kirim ke 4444

Contoh: 3210384746282947#3210273645275627#

Apabila proses di atas sudah berhasil,Β  Anda akan mendapatkan balasan untuk mengisi informasi bahwa registrasi berhasil dilakukan. Pastikan proses registrasi menggunakan NIK dan nomor KK yang sesuai untuk kelancaran proses validasi ke database Disdukcapil.

Metode melalui tidak hanya mudah dilakukan, Anda tidak akan dibebani pulsa minimum perihal registrasi. Baik untuk pengguna lama maupun baru.

πŸ‘‰ Trending  Cara Cek + Perpanjang Masa Aktif Indosat

2. Melalui Website Resmi Indosat

Metode berikutnya untuk melakukan registrasi kartu Indosat adalah melalui website resminya. Cara ini termasuk mudah digunakan karenaΒ  pada website sudah disediakan kolom untuk mengisi data diri. Dapun langkah-langkah untuk mengikuti cara ini adalah sebagai berikut.

Pada-kolom-yang-disediakan-masukkan-NIK-atau-nomor-KTP-yang-dimiliki

  • Selanjutnya, masukkan nomor KK (Kartu Keluarga).
  • Pastikan sudah memasukkan digit nomor yang tepat, lalu beri centang pada kotak I’m not a robot.
  • Klik Periksa untuk memastikan data diri yang dimasukkan sudah benar.

Cara di atas termasuk mudah dilakukan asalkan Anda memiliki koneksi internet untuk mengunjungi website resmi Indosat. Bagi yang masih bingung seputar registrasi kartu prabayar, Anda bisa melihat berbagai pertanyaan serupa di halaman berikut ini.

πŸ‘‰ Trending  Kode Voucher Indosat Gratis

indosatooredoo.com/id/personal/support/knowledge-management-system-faq-registrasi

3. Melalui Galeri Indosat secara Langsung

Melalui-Galeri-Indosat-secara-Langsung

Metode ini bisa dilakukan jika lokasi Galeri Indosat tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda. Terlebih jika sudah registrasi melalui SMS dan website gagal, tentunya bisa menggunakan cara ini.

Tidak jauh berbeda seperti cara sebelumnya, Anda juga harus membawa data diri seperti KTP dan nomor KK. Dimana saja lokasi Gerai Indosat? Silahkan kunjungi halaman di bawah ini https://indosatooredoo.com/gerai.

Bagaimana Mengetahui Registrasi sudah Berhasil atau Belum?

Bagaimana-Mengetahui-Registrasi-sudah-Berhasil-atau-Belum

Jika sudah melakukan prosedur registrasi yang sesuai, Anda bisa memeriksa apakah prosesnya sudah berhasil atau belum. Hal ini penting dilakukan agar pengguna mengetahui nomornya sudah bisa digunakan atau belum.

πŸ‘‰ Trending  Daftar Harga Paket Internet GIG Indosat 20, 30, 50 MB, 1 GB

Untuk mengeceknya, Anda bisa melakukanya via SMS dengan mengikuti format sebagai berikut.

Ketik: INFO#NIK atau INFO#MSISDN lalu kirim ke nomor 4444.

Setelah selesai mengirim pesan, penyedia layanan akan memberikan balasan berupa informasi status nomor Anda.

Jika sebelumnya sudah melakukan registrasi namun gagal, kira-kira apa penyebabnya? Anda bisa mengetahui alasannya berikut ini.

Penyebab Registrasi Kartu Indosat yang Gagal Dilakukan

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan proses registrasi Indosat gagal dilakukan. Jika terus dibiarkan karena nantinya nomor Anda jadi tidak bisa dilakukan.

1. Salah Input Data Diri

Salah-Input-Data-Diri

Salah satu penyebab umum proses registrasi gagal adalah karena salah memasukkan nomor NIK atau KK. Salah satu digit saja untuk kedua nomor identitas tersebut bisa menyebabkan proses registrasi gagal.

πŸ‘‰ Trending  Harga Paket Indosat Freedom Harian, Unlimited, Yellow, dll

Oleh karena itu, pastikan data diri yang dimasukkan sudah tepat dan sesuai. Jika data tidak sesuai dengan Ditjen Dukcapil, proses registrasi tidak bisa dilakukan dan tidak akan berhasil.

2. Data Diri Tidak Terdaftar

Data-Diri-Tidak-Terdaftar

Jika nomor NIK dan KK sudah sesuai yang tertera tapi tetap gagal, bisa jadi karena data diri Anda tidak terdaftar. Solusinya adalah dengan mendatangi kantor Ditjen Dukcapil tempat NIK dan nomor KK Anda didaftarkan.

Pastikan data Anda sudah terdaftar dan sesuai disana. Jika sudah sesuai, tentunya proses registrasi bisa dilakukan kembali.

3. Nomor NIK Sudah Digunakan

Nomor-NIK-Sudah-Digunakan

Nomor Induk Kependudukan atau NIK merupakan identitas yang sifatnya unik dan tidak bisa disamakan. Jadi, setiap penduduk yang terdaftar memiliki NIK yang berbeda. Nomor identitas ini bersifat privasi dan harus berhati-hati agar tidak tersebar sembarangan.

πŸ‘‰ Trending  Cara Daftar Internet Indosat 3G/4G Murah Terbaru

Saat melakukan registrasi prabayar, nomor NIK hanya bisa digunakan oleh satu orang yaitu pemiliknya sendiri. Jadi, ketika Anda sudah melakukan registrasi menggunakan NIK sendiri tapi gagal, bisa jadi NIK sudah ada yang menggunakan.

Oleh karena itu, Anda perlu unreg NIK terlebih dahulu untuk melakukan registrasi kartu perdana yang baru. Caranya adalah dengan mengetikkan format SMS: UNREG #NomorNIK lalu kirim ke 4444.

Cara registrasi kartu Indosat memang mudah dilakukan. Registrasi menggunakan NIK dan nomor KK penting dilakukan, baik untuk pengguna lama maupun baru. Pastikan prosedur registrasi kartu Indosat yang dilakukan sudah sesuai agar bisa segera menikmati layanan yang disediakan.

Β 

Lihat Juga :

πŸ‘‰ Trending  2 Cara Daftar Paket Unlimited Youtube Indosat dan Harganya

Β 

  1. 6 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat Ooredo + Kode Promo
  2. Β 6 Cara Cek Tagihan Kartu Halo + Informasi Cara Bayarnya Lengkap 2020
  3. Β Terbaru 3+ Cara Cek Kuota Indihome Dengan Cepat
  4. Daftar Paket Nelpon Indosat Mulai dengan 20 Ribu Sepuasnya
  5. 5 Cara Mengecek Nomor Indosat (IM3, Matrix, Mentari)

Daftar Isi