Pilih-Jenis-Yang-Sesuai

10 Merk Mesin Bor Listrik yang Murah, Bagus & Berkualitas

Mesin bor listrik di jaman sekarang, tidak hanya diperuntukkan bagi tukang bangunan. Berbagai kegiatan DIY (Do It Yourself) pun membutuhkan alat yang satu ini. Kegiatan sederhana seperti memasang pigura di kamar pun bisa memanfaatkan alat ini. Berbagai merk mesin bor listrik, bisa didapat dengan mudah.

Pasalnya, mesin atau alat bor ini sudah banyak dijual di pasaran. Penggunaannya yang praktis pun menjadi cukup populer di kalangan masyarakat. Sebelum membelinya, Anda sebaiknya mempertimbangkan beberapa faktor fungsi dari bor itu sendiri. Sehingga Anda mendapatkan produk yang sesuai.

Cara Mudah Memilih Mesin Bor Listrik

Bagi Anda yang masih asing dengan alat ini, berikut di bawah ini ada beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk memilih bor listrik terbaik:

👉 Trending  10 Merk Dispenser Terbaik yang Bagus dan Awet

1. Pilih Jenis yang Sesuai

Pilih-Jenis-Yang-Sesuai

Bor listrik terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari bor tangan, bor kecil, hingga bor beton. Jika Anda ingin menggunakan bor untuk berbagai keperluan, sebaiknya pilih bor tangan. Untuk Anda yang masih pemula, bor kecil lebih cocok untuk digunakan.

2. Perhatikan Daya Penggunaannya

Perhatikan-Daya-Penggunaannya

Bor listrik memiliki dua varian daya yang digunakan. Jenis pertama menggunakan daya listrik kabel. Jenis kedua menggunakan daya baterai yang bisa diisi ulang dengan charger.

Bor berdaya baterai bisa digunakan di dalam maupun luar ruangan. Sedangkan bor dengan kabel lebih terbatas penggunaannya, sesuai dengan panjang kabel.

3. Ketepatan Torsi

Ketepatan-Torsi

Satuan ukuran torsi bor adalah newton per meter. Semakin besar nilai ukuran torsi, maka kemampuan mengencangkan bautnya juga akan semakin baik.

👉 Trending  3 Merk Obat Sakit Gigi Terbaik yang Bagus dan Aman

4. Sesuaikan Kecepatan Putaran dengan Material Objek

Sesuaikan-Kecepatan-Putaran-Dengan-Material-Objek

Putaran bor yang hanya memiliki 2000 rpm, tentu akan kurang optimal digunakan untuk objek logam atau sejenisnya. Karenanya, sebaiknya pilih produk bor dengan CVT yang bisa difungsikan untuk mengatur custom kecepatan putaran bor, sesuai dengan objek yang dikerjakan.

5. Pertimbangkan Fitur Tambahan

Pertimbangkan-Fitur-Tambahan

Fungsi utama bor memang sudah cukup digunakan untuk tujuan bor itu sendiri. Namun, tidak ada salahnya mempertimbangkan fitur tambahan yang ada padanya.

 

10 Merk Mesin Bor Listrik Terbaik dan Berkualitas

Bagi Anda yang sedang mencari produk bor listrik terbaik, maka di bawah ini ada beberapa rekomendasi mesin bor berkualitas yang bisa jadi pilihan. Diantara rekomendasinya adalah:

👉 Trending  5 Merk Velg Motor Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

1. Fisch (Cordless Screwdriver)

Fisch-Cordless-Screwdriver

Bor listrik ini dibuat dengan menggunakan daya baterai Ni-cd. Dengan daya ini, waktu pengisian yang dibutuhkan adalah sekitar 3 hingga 5 jam untuk bisa penuh. Bor listrik ini punya kecepatan berkisar 180 rpm dan kapasitas chucknya mencapai 6,35 mm.

Produk bor dari Fisch ini juga dilengkapi dengan fitur reversible untuk memutar bor secara bolak-balik. Bor ini cocok digunakan pada objek yang ringan-ringan saja.

2. Modern (Cordless Drill)

Modern-Cordless-Drill

Produk dari Modern ini juga dibekali dengan penggunaan daya baterai bertipe Li-ion. Kecepatan putarannya lebih banyak dibandingkan produk dari Fisch di atas, yakni 700 rpm. Kapasitas chucknya juga mencapai 10 mm.

👉 Trending  10 Merk Jaket Lokal untuk Dewasa (Denim, Bomber, Gunung)

Beberapa fitur tambahan yang melengkapinya adalah seperti lampu indikator baterai, lampu LED, dan reversible. Meskipun putarannya cukup tinggi, namun bor ini tidak cocok untuk digunakan pada objek logam atau kayu yang keras.

3. Dewalt (Rotary Drill)

Dewalt-Rotary-Drill

Jika bor sebelumnya memakai daya baterai, maka berbeda dengan bor yang satu ini. bor dari Dewalt ini memakai daya listrik AC dengan kebutuhan daya sekitar 550 watt. Kecepatan putaran mesinnya mencapai 2.800 rpm, dengan kapasitas chucknya 10 mm.

Mesin bornya cukup kuat untuk diaplikasikan pada objek baja, plastik, dan kayu. Meskipun begitu, bobot bor listrik dari Dewalt ini cukup ringan, sehingga memudahkan Anda dalam pengerjaan.

4. Makita (Cordless Driver Drill)

Makita-Cordless-Driver-Drill

Bor milik brand Makita ini dilengkapi dengan mode obeng. Desainnya dibuat dengan ergonomis dan ada lapisan karet pada gagangnya. Daya yang digunakan bor ini adalah baterai Li-ion. Kecepatan putarannya cukup besar, yakni 1.700 rpm.

👉 Trending  7 Merk Masker Wajah yang Bagus untuk Berminyak

Meskipun putaran kecepatannya cukup besar, namun bor ini belum mampu digunakan pada objek keras seperti beton. Fitur tambahan yang melengkapi mesin bor ini antara lain; Lampu LED, reversible, kait sabuk, variasi kecepatan, chuck tanpa kunci, dan pengaturan kecepatan.

5. Bosch (Cordless Impact Drill)

Bosch-Cordless-Impact-Drill

Bor listrik Bosch ini menggunakan data listrik yang cukup bagus. Pengisian daya hingga penuh bisa dilakukan hanya dalam kurun waktu 94 menit saja. Kemampuannya cukup bagus untuk objek tembok, baja, dan kayu.

Salah satu fitur unggulnya adalah single-sleeve chuck. Fitur ini bisa memudahkan Anda untuk melakukan pergantian mata bor. Selain itu, bor ini juga dilengkapi dengan lampu LED ketika digunakan. Kecepatan putaran yang dimilikinya berkisar 1.300 rpm.

👉 Trending  10 Merk Moisturizer untuk Kulit Kering & Berminyak (Terbaik)

6. Black & Decker TB555-B1

Black-Decker-TB555-B1

Kali ini Anda disuguhan dengan mesin bor listrik berbahan kuat dan tahan terhadap resiko pecah. Penggunaan dalam kurun waktu 5 jam pun aman menggunakan bor ini, karena kumparan tembaga yang cukup kuat.

Mesin bor ini didesain dalam dua mode. Mode pertama adalah hammer untuk pengeboran objek sejenis beton. Sedangkan mode kedua adalah rotary untuk pengeboran jenis kayu maupun logam.

Produk ini juga dilengkapi dengan kapasitas kecepatan putar hingga 2900 rpm. Jenis yang digunakannya adalah daya listrik AC.

7. Hitachi D10VC2

Hitachi-D10VC2

Brand bor listrik Hitachi yang satu ini, dibuat dengan penggunaan daya listrik AC. Meskipun begitu, penggunaan listriknya dijamin lebih hemat. Hanya sekitar 460 watt saja daya yang dibutuhkan alat bor ini. Pengeboran jenis kayu dan baja, bisa Anda lakukan dengan bor ini.

👉 Trending  10 Merk Mesin Las Listrik Terbaik

Fitur dial speed control merupakan salah satu keunggulan bor ini. Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur kecepatan penggunaan bor. Namun kecepatan putaran mesinnya punya kapasitas hingga 2300 rpm.

8. IKEA (FIXA Screwdriver/ Drill)

IKEA-FIXA-Screwdriver-Drill

Bagi Anda yang membutuhkan bor listrik ringan untuk kebutuhan yang ringan-ringan saja, maka bor dari brand IKEA yang satu ini bisa Anda andalkan dengan baik. Putaran kecepatannya hanya 400 rpm. Bor ini menggunakan daya baterai Li-ion dengan kapasitas pengisian 3 sampai 8 jam.

Tidak hanya itu, kekuatan baterainya dilindungi dengan fitur overheating saat pengisian daya. Hal ini mengatasi resiko kerusakan baterai saat terlewat dari batas pengisian daya. Cocok untuk Anda yang ingin mengaplikasikannya pada kegiatan DIY.

👉 Trending  12 Merk Mixer yang Bagus dan Berkualitas

9. Kenmaster (Cordless Screwdriver)

Kenmaster-Cordless-Screwdriver

Untuk Anda yang suka membawa bor kemana-mana, maka bor listrik dari Kenmaster ini sangat cocok jadi pilihan. Daya yang digunakan adalah baterai dengan lama pengisian daya sekitar 3 hingga 5 jam saja.

Bentuknya yang minimalis dan kecepatan putaran yang hanya 150 rpm, memungkinkan alat ini digunakan hanya pada pengeboran ringan seperti mengencangkan sekrup kecil pada tempat yang sulit dijangkau.

10. Hasston Prohex Art. 3075-006

Hasston-Prohex-Art.-3075-006

Bor dari bran Hasston Prohex Art ini, punya kelebihan pada motor yang super kencang. Daya hantam yang dimiliki bor listrik ini mencapai 46.400 rpm. Daya konsumsi listrik untuk penggunaan bor ini adalah 500 watt.

👉 Trending  10 Merk Conditioner Rambut yang Bagus dan Berkualitas

Merk mesin bor listrik di atas, punya kualitas yang berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikan berbagai spesifikasinya dengan kebutuhan penggunaan. Pertimbangkan juga budget yang Anda punya.

 

Lihat Juga :

  1. 10 Merk Pipa Air Dingin & Panas Tanpa Timbal (Rekomended!)
  2.  10 Merk Keran Air Berkualitas (Anti Karat) Terbaik dan Bagus
  3.  10 Merk Shower Kamar Mandi Terbaik, Anti Karat, dan Kuat
  4.  10 Merk Tandon Air Anti Lumut dan Tahan Panas yang Bagus
  5. 10 Merk Alat Cukur Rambut Terbaik (Murah & Berkualitas)

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan

Daftar Isi