20 Jenis Kaktus yang Bisa Anda Tanam di Dalam dan Luar Ruangan

20 Jenis Kaktus yang Bisa Anda Tanam di Dalam dan Luar Ruangan

Kaktus adalah tanaman yang bagus jika Anda baru mulai berkebun. Nah, bahkan jika Anda ahli dalam hal itu, satu atau dua kaktus adalah tambahan yang bagus untuk rumah. Ingin tahu lebih banyak tentang kaktus? Lanjutkan membaca. Disini kami akan memberi tahu Anda jenis kaktus, tips memilih kaktus yang tepat, tips tumbuh dan FAQ.

20 Jenis Kaktus untuk Taman Indoor atau Outdoor Anda

Kaktus benar-benar tanaman yang menakjubkan. Mereka yang mudah dirawat bisa ditanam baik di luar maupun di dalam ruangan. Di bawah ini, kami mencantumkan 20 jenis kaktus yang bisa Anda tanam di luar atau di dalam ruangan.

Jenis Kaktus Terbaik untuk Ditanam Dalam Ruangan

Mari kita mulai dengan varietas dalam ruangan terlebih dahulu. Tanaman kaktus tidak diragukan lagi merupakan tambahan yang bagus untuk rumah mana pun. Tentu saja, itu termasuk di dalam ruangan juga.

Jika Anda ingin menanam satu atau dua tanaman kaktus di dalam ruangan, perhatikan jenis-jenis berikut ini.

1. Sayap Malaikat

Kaktus dengan hiasan bunga palsu harus dihindari
Sumber: homedepot.com

Opuntia microdasys, lebih dikenal sebagai Angel Wings atau Bunny Ears, adalah sejenis kaktus yang berasal dari Meksiko tengah dan utara. Bentuk kaktusnya unik karena menyerupai semak belukar yang lebat.

Sayap Malaikat biasanya tumbuh setinggi 40 hingga 60 cm. Batangnya bisa tumbuh dengan panjang 6 sampai 15 cm, lebar 4 sampai 12 cm.

Tidak seperti beberapa jenis kaktus lainnya, Sayap Malaikat tidak memiliki tulang belakang. Sebaliknya, mereka memiliki glochid putih atau kuning yang tumbuh berantakan.

Hal menarik lainnya dari kaktus jenis ini adalah mereka memiliki ruas-ruas individu yang berisi tubuh kaktus. Bagian tanaman tumbuh berpasangan, menghasilkan bentuk seperti telinga kelinci.

Angel Wings adalah kaktus gurun. Artinya, Anda perlu menyiramnya secara rutin saat ditanam di pot baru untuk menumbuhkan akar yang kuat. Jangan menyirami tanaman selama musim dingin.

2. Barrel Cactus

Barrel Cactus
Sumber: britannica.com

Secara teknis, Barrel cacti terdiri dari berbagai spesies yang termasuk dalam genera Echinocactus dan Ferocactus. Genera ini berasal dari bagian barat daya Amerika Utara.

Kaktus barel dapat tumbuh hingga lebih dari 1 meter saat mencapai kematangan. Beberapa yang lain bahkan bisa mencapai ketinggian 3 meter. Dari segi lebar, mereka bisa tumbuh hingga 30 sentimeter.

Umur rata-rata kaktus Barrel diperkirakan 100 tahun. Di habitat aslinya, kaktus ini hidup di bawah sinar matahari langsung dan panas yang ekstrim. Jadi untuk pertumbuhan terbaik, Anda perlu meniru kondisi ini sedekat mungkin.

Kebutuhan air kaktus barel rendah. Anda bahkan dapat menyiraminya setiap 2 hingga 3 bulan dan mereka akan tetap hidup.

Kaktus barel, tidak seperti jenis kaktus lainnya, sulit untuk diperiksa airnya karena bentuknya. Jadi, cukup sirami jika menurut Anda perlu untuk menghindari pembusukan akar. Hindari overwatering.

3. Topi Uskup

Topi Uskup
Sumber: gardeningknowhow.com

Mirip dengan Sayap Malaikat atau Telinga Kelinci, nama kaktus ini menggambarkan tumbuhan. Lihat saja bentuknya. Tampak seperti topi atau topi, bukan?

Topi Uskup, juga dikenal sebagai Topi Uskup, adalah sejenis kaktus asli Meksiko tengah dan timur laut.

Tidak seperti beberapa jenis kaktus lain dalam daftar, topi uskup tidak dapat mengambil cahaya yang kuat, terutama ketika mereka masih muda. Inilah mengapa mereka lebih baik ditanam di dalam ruangan daripada di luar ruangan.

Kaktus ini dapat tumbuh dengan tinggi 70 hingga 100 cm dan diameter 10 hingga 20 cm. Topi Uskup menghasilkan bunga tetapi bisa memakan waktu hingga enam tahun untuk berbunga.

Jika Anda ingin menanam Bishop’s Cap, hindari menempatkan tanaman di bawah sinar matahari penuh.

Topi Uskup tidak membutuhkan banyak air. Selama musim panas, sering-seringlah menyirami tanaman. Selama musim dingin, hindari menyiram tanaman sama sekali.

4. Kaktus Natal

Kaktus Natal
Sumber: prairiemoon.com

Mengapa kaktus ini dinamai Kaktus Natal? Betul sekali. Karena mereka mekar di sekitar Natal. Jadi jika Anda mencari tanaman yang dapat membantu dekorasi Natal Anda, ini dia.

Christmas Cactus menumbuhkan bunga-bunga indah yang berwarna putih, merah muda, kuning, ungu, dan merah. Bunganya umumnya tumbuh sepanjang 3 inci.

Kaktus Natal adalah sejenis kaktus yang berasal dari daerah pesisir Brasil. Inilah mengapa iklim lembab sangat ideal bagi mereka.

Kaktus jenis ini membutuhkan cahaya alami untuk tumbuh dengan baik. Meski begitu, sinar matahari langsung harus dihindari jika Anda tidak ingin mendorong tanaman untuk mekar.

Kaktus Natal membutuhkan sedikit air. Sirami tanaman setiap 3 hingga 4 minggu. Sirami mereka hanya saat pot kering saat Anda menyentuhnya. Ingatlah bahwa ketika tanaman sedang berbunga, itu akan membutuhkan lebih banyak air.

5. Kaktus Bulan

Kaktus Bulan
Sumber: tidak biasaseeds.net

Nama ilmiah kaktus adalah Gymnocalycium mihanovichii tetapi lebih dikenal sebagai kaktus bulan.

Jenis kaktus ini berasal dari Argentina dan Paraguay tetapi juga dapat ditemukan di bagian lain Amerika Selatan.

Yang membuat kaktus bulan menonjol adalah warnanya yang kuning, oranye, merah muda, atau merah. Bagian dengan warna ini biasanya berbentuk bola.

Kaktus bulan tidak membutuhkan banyak air. Sirami tanaman saat tanah kering. Selama musim dingin, hindari menyiram tanaman kecuali tanaman masih muda. Jika tanaman masih muda, sirami tetapi lakukan seminimal mungkin.

Kaktus ini tumbuh subur jika diletakkan di area terang. Hanya saja, jangan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Karena tanaman ini adalah kaktus dengan perawatan rendah, ini adalah pilihan yang bagus jika Anda baru mulai menanam kaktus.

6. Nyonya Tua Kaktus

Nyonya Tua Kaktus
Sumber: candidgardening.com

 

👉 Trending  Download – Filter IG Squid Game Terbaru 2021

Mammillaria hahniana atau Old Lady Cactus adalah sejenis kaktus yang berasal dari Meksiko tengah. Kaktus ini dapat tumbuh dengan lebar 10 inci kali 20 inci (25 cm kali 50 cm) dan lebar 12 cm.

Biasanya tanaman ini ditutupi oleh duri berwarna putih. Nyonya Tua bisa menghasilkan bunga ungu atau merah.

Meskipun kaktus Nyonya Tua biasanya ditemukan di daerah kering, mereka membuat tanaman dalam ruangan yang bagus. Tempatkan saja di tempat yang cerah, jangan di atas air, dan itu akan tumbuh dengan baik.

Untuk pertumbuhan optimal, pilih tanah berpori untuk tanaman. Pilih tanah yang cepat kering, mencegah akarnya terendam air terlalu lama. Jangan lupa tambahkan perlit ke dalam tanah.

Dalam hal kebutuhan air, Nyonya Tua tidak membutuhkan banyak. Sirami setiap minggu atau dua kali seminggu ketika tanah hampir kering.

7. Kaktus Ekor Tikus

Kaktus Ekor Tikus
Sumber: thespruce.com

Aprocactus flagelliformis, atau Rat Tail cactus, adalah sejenis kaktus asli Meksiko. Meskipun kami memasukkan kaktus ini ke dalam daftar di dalam ruangan, mereka dapat ditanam di luar ruangan dan di rumah kaca juga.

Yang membedakan jenis kaktus ini dengan jenis lainnya adalah jenisnya yang tumbuh panjang, batangnya menjuntai. Cabang dapat tumbuh dengan ketebalan 8 hingga 24 milimeter dan panjang 1 hingga 2 meter.

Ekor Tikus adalah kaktus berbunga, yang tumbuh selama musim semi dan musim panas. Bunganya biasanya berwarna jingga, ungu, merah atau merah jambu dan dapat bertahan selama beberapa hari.

Perlu diingat bahwa Ekor Tikus membutuhkan cahaya penuh untuk tumbuh secara optimal. Karena itu, pastikan Anda meletakkannya di tempat yang bisa mereka jemur di bawah sinar matahari.

Ekor Tikus dapat tumbuh dengan baik pada suhu kamar selama musim semi, musim panas, dan awal musim gugur. Namun, selama musim dingin, tempatkan mereka dalam suasana yang lebih santai.

8. Kaktus Saguaro

Kaktus Saguaro
Sumber: plantshopseattle.com

Kaktus Saguaro, atau Carnegia gigantean, adalah sejenis kaktus asli Gurun Sonora. Kaktus ini bisa tumbuh sangat tinggi, hingga lebih dari 40 kaki atau 12 meter. Jadi, mengapa menanamnya di dalam ruangan?

Inilah jawabannya: meskipun kaktus Saguaro bisa tumbuh sangat tinggi, mereka tumbuh sangat lambat. Dibutuhkan sekitar satu dekade agar jenis kaktus ini mencapai ketinggian 1 inci.

Umur kaktus Saguaro diperkirakan 150 tahun. Kaktus Saguaro berbentuk tong. Mereka bisa menumbuhkan batang perifer, disebut sebagai lengan.

Setelah 75 hingga 100 tahun, beberapa kaktus menumbuhkan lengan samping pertamanya. Beberapa lainnya tidak menumbuhkan lengan sama sekali.

Kaktus Saguaro adalah kaktus berbunga, yang mereka lakukan antara bulan April dan Juni. Bunga kaktus terbuka setelah matahari terbenam dan kemudian tutup pada sore hari.

Kaktus Saguaro perlu disiram setiap 10 hingga 14 hari.

Jenis Kaktus Terbaik untuk Ditanam di Luar Ruangan

Saat kami menyebutkan outdoor, yang kami maksud bukan halaman yang kering dan membosankan. Jika ada, kaktus menambahkan sesuatu yang menarik ke halaman mana pun. Mereka adalah tambahan yang bagus, terutama jika Anda mencari tampilan yang segar dan unik.

Jika Anda ingin menanam kaktus di luar ruangan, jenis kaktus berikut adalah beberapa pilihan terbaik Anda.

9. Gooseberry Barbados

BarbadosGooseberry
Sumber: ebay.com

Ingin kaktus yang menghasilkan daun dan buah yang bisa dimakan di kebun Anda? Tidak perlu mencari lagi selain gooseberry Barbados.

Secara ilmiah disebut sebagai Pereskia aculeate, gooseberry Barbados adalah sejenis kaktus asli Amerika tropis. Kaktus menghasilkan daun dan buah yang bisa dimakan, yang mengandung protein dan zat besi, di antara nutrisi lainnya.

Daun dan buah yang bisa dimakan bukanlah satu-satunya hal unik yang dimiliki kaktus ini. Ia juga memiliki tanaman merambat, tidak seperti jenis kaktus lainnya. Pohon anggur gooseberry Barbados dapat tumbuh hingga 10 meter atau 33 kaki.

Bunga kaktus berwarna krem, putih, atau merah muda. Ukuran bunganya berkisar antara 2,5 hingga 5 cm (0,98 hingga 1,97 inci).

Gooseberry Barbados tumbuh paling baik di daerah kering. Mereka juga tidak perlu repotting biasa.

Untuk penyiraman, lebih baik tanaman di bawah air daripada di atas air. Jadi selalu ingat untuk menghindari overwatering. Siram hanya jika diperlukan.

10. Kaktus Lilin Biru

Kaktus Lilin Biru
Sumber: succulentcity.com

Jika Anda menyukai kaktus dan biru, Anda akan menyukai kaktus Lilin Biru. Mengapa? Karena, ya, warnanya biru. Kaktus semak ini bisa tumbuh setinggi 4 sampai 5 meter dengan diameter batang 6 sampai 10 cm.

Kaktus biru menghasilkan bunga berwarna putih krem ​​dengan diameter 2 sampai 2,5 cm. Mereka juga menghasilkan buah yang bisa dimakan berwarna ungu tua.

Secara ilmiah dikenal sebagai Myrtillocactus geometrizans, Blue Candle cactus pada umumnya merupakan tanaman dengan perawatan rendah. Anda perlu menyiram tanaman hanya saat tanah kering.

11. Melompat Kaktus Cholla

Melompat Kaktus Cholla
Sumber: succulentsbox.com

Cylindropuntia fulgida, lebih dikenal sebagai Jumping atau Hanging Cholla, adalah kaktus yang berasal dari bagian barat daya Amerika Serikat.

Jumping Cholla dapat tumbuh hingga 4 meter atau 13 kaki. Mereka adalah kaktus berbunga, dengan bunga lavender, putih dan merah muda.

Mengapa disebut “Melompat”, Anda bertanya? Nah, itu karena betapa mudahnya batang kaktus terlepas dengan sedikit sentuhan.

Jika Anda berencana menanam Jumping Cholla, tanamlah di tanah yang agak asam (sekitar 6 pH atau lebih). Berhati-hatilah saat Anda merepotingnya karena duri dapat melukai Anda.

Kaktus Jumping Cholla membutuhkan sedikit cahaya. Inilah mengapa mereka tumbuh dengan baik di rumah kaca.

Seperti kebanyakan jenis kaktus dalam daftar, Jumping Cholla tidak membutuhkan banyak penyiraman. Sebelum Anda menyiram tanaman, periksa dulu tanahnya. Jika tanah lembab, tunggu hingga mengering lalu sirami.

12. Kaktus Kingcup

Kaktus Kingcup
Sumber: etsy.com

Secara ilmiah bernama Echinocereus triglochidiatus, kaktus Kingcup adalah sejenis kaktus yang berasal dari barat daya Amerika Serikat dan Meksiko utara.

Ciri yang paling membedakan dari kaktus adalah bunganya. Bunganya merah tua atau oranye-merah, mekar di akhir musim semi.

Kaktus Kingcup membutuhkan sinar matahari parsial dan sedikit kelembapan. Mereka tumbuh paling baik di tanah berpori yang memiliki drainase baik.

13. Kaktus Pos Pagar Meksiko

Kaktus Pos Pagar Meksiko
Sumber: meadowview.com

Ada banyak sekali kaktus yang mendapatkan namanya dari penampilannya. Yang ini berbeda. Dinamai karena “fungsinya”. Itu benar. Banyak orang Meksiko menggunakannya sebagai pagar, karena itulah namanya.

Secara ilmiah dikenal sebagai Pachycereus marginatus, kaktus Pos Pagar Meksiko adalah tanaman yang tumbuh lambat. Saat tanaman dewasa, mereka menumbuhkan “lengan”.

Ketinggian kaktus Pos Pagar Meksiko dewasa berkisar antara 3,7 hingga 6,1 m (sekitar 12 hingga 20 kaki), sedangkan batangnya dapat tumbuh hingga 9 hingga 10 cm (sekitar 3 hingga 4 inci) dengan diameter.

Kaktus Pos Pagar Meksiko adalah kaktus berbunga, mekar di musim semi. Tanaman menghasilkan buah berwarna kuning dan merah yang mengandung biji hitam.

Untuk pertumbuhan terbaik, tanam kaktus Pos Pagar Meksiko di tanah berpori dan letakkan di tempat mereka bisa mendapatkan sinar matahari penuh dan teduh parsial. Untuk penyiraman, sirami tanaman sesekali selama bulan-bulan yang kering dan panas.

14. Kaktus Orang Tua

Kaktus Orang Tua
Sumber: planetdesert.com

Sebelumnya kita berbicara tentang Kaktus Nyonya Tua. Yang ini adalah Pak Tua. Seaneh kedengarannya, kaktus ini nyata. Cephalocereus senili, atau kaktus Orang Tua, adalah tanaman asli Meksiko timur.

Orang Tua adalah spesies kaktus berbentuk kolom. Batangnya yang berkelompok bisa tumbuh setinggi 5 sampai 15 meter.

Ciri yang paling membedakan dan mencolok dari kaktus adalah rambut putih dan bulunya yang acak-acakan, yang jika dilihat, Anda akan membayangkan rambut yang tidak terawat dari seorang lelaki tua. Ya, dari sanalah nama itu berasal.

Kaktus Orang Tua menyukai tanah yang memiliki drainase yang baik dan tumbuh dengan baik di iklim Mediterania. Mereka menyukai panas dan cahaya terang, jadi pilihlah tempat penanaman yang sesuai.

Anda tidak perlu sering menyiram tanaman. Cukup sirami tanaman dengan seksama saat tanah kering.

15. Organ Pipa Kaktus

Kaktus Pipa Organ
Sumber: solabeeflowers.com

Berikutnya adalah Stenocereus thurberi atau Organ Pipe cactus. Jenis kaktus ini asli Meksiko dan Amerika Serikat.

Kaktus memiliki beberapa batang dengan tebal 15 cm atau 6 inci. Tinggi rata-rata batang ini adalah 4,9 meter atau 16 kaki. Beberapa yang lain bahkan bisa tumbuh setinggi 23 hingga 26 kaki.

Untuk pertumbuhan terbaik, tanam kaktus Organ Pipe di tanah yang dikeringkan dengan baik dan berpasir. Kaktus Organ Pipe sebagian besar ditemukan di gurun berbatu, jadi akses ke sinar matahari penuh disarankan.

Kaktus Organ Pipa memiliki umur 150 tahun.

Jika menyangkut penyiraman, sirami sesuai kebutuhan. Anda bisa menyiram tanaman secara teratur di awal musim semi. Seperti kebanyakan jenis kaktus lain dalam daftar, hindari penyiraman berlebihan.

16. Kaktus Kacang

Kaktus Kacang
Sumber: etsy.com

Jika Anda sedang mencari kaktus yang dapat ditanam baik di luar maupun di dalam ruangan, Echinopsis chamaecereus, yang lebih dikenal sebagai kaktus Kacang, adalah pilihan yang tepat.

Berasal dari Argentina, kaktus ini menyukai sinar matahari, jadi yang terbaik adalah menanamnya di tempat mereka bisa mendapatkan sinar matahari sebanyak mungkin.

Kaktus kacang tanah memiliki batang yang panjang dengan lebar 1 cm atau lebar 0,4 inci. Tanamannya cukup kecil, hanya mencapai ketinggian 15 cm atau 6 inci

Kaktus Kacang adalah kaktus berbunga. Mereka menghasilkan bunga oranye selebar 4 cm atau 6 inci di akhir musim semi.

Kaktus ini rentan terhadap pembusukan. Jadi berhati-hatilah saat menyiram. Sirami tanaman hanya ketika beberapa inci permukaan tanah sangat kering. Jika permukaannya masih basah, jangan disiram

17. Kaktus Pir Berduri

Kaktus Pir Berduri
Sumber: pixels.com

Kaktus Pir Berduri adalah sejenis kaktus asli Amerika. Kaktus menghasilkan pir atau buah berduri yang disebut Tuna.

Kaktus ini dapat tumbuh hingga 5 hingga 7 meter atau setinggi 16 hingga 23 kaki. Duri bisa tumbuh hingga 2,5 sentimeter meski ada beberapa Kaktus Prickly Pear yang tidak bertulang.

Buah kaktus adalah makanan lezat di Meksiko. Warna buahnya bervariasi dari hijau, merah anggur, kuning-oranye, hingga merah. Bergantung pada kematangannya, buah ini bisa dimakan mentah.

Bantalannya, yang disebut Nopals, juga bisa dimakan. Mereka telah digunakan dalam berbagai masakan Meksiko seperti salad dan telur.

Kaktus Pir Berduri membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik, jadi pastikan untuk menemukan tempat yang bagus untuk mereka. Sedangkan untuk penyiraman, Anda bisa menyiram tanaman setiap dua hingga empat minggu sekali.

Jenis kaktus ini tidak membutuhkan pemangkasan. Tanah berpori yang dikeringkan dengan baik direkomendasikan untuk pertumbuhan terbaik.

18. Ratu Kaktus Malam

Ratu Kaktus Malam
Sumber: 123rf.com

Epiphyllum oxypetalum, sering disebut sebagai Queen of the Night cactus, tidak diragukan lagi adalah salah satu kaktus terindah.

Berasal dari Meksiko Selatan, Ratu Kaktus Malam adalah tanaman yang tumbuh cepat. Mereka berbunga dari akhir musim semi hingga keseluruhan musim panas.

Kaktus memiliki dua jenis batang. Yang pertama adalah batang utama yang panjangnya bisa mencapai 6 meter. Yang kedua batangnya pipih, lebih kecil, tumbuh menjadi 30 cm kali 10-12 cm.

Jika Anda tidak sabar untuk melihat bunganya, perlu diingat bahwa bunganya mekar di malam hari. Mereka kemudian layu sebelum fajar, jadi memiliki pengingat akan sangat membantu.

Bunga Ratu Malam cenderung memiliki aroma manis dan warna putih. Kaktus juga menghasilkan buah berwarna ungu-merah.

Meskipun kaktus ini tumbuh dengan baik di luar ruangan, yang terbaik adalah menyimpannya di bawah naungan. Sedangkan untuk penyiraman, siram bila perlu.

19. Kaktus Obor Perak

Kaktus Obor Perak
Sumber: canstockphoto.com

Pernahkah Anda melihat tanaman kaktus yang bentuknya seperti tiang salju? Jika belum, lihat Silver Torch Cactus.

Secara ilmiah dikenal sebagai Cleistocacus strausii, Kaktus Suluh Perak memiliki tampilan yang sangat unik. Kaktus berasal dari daerah pegunungan di Bolivia dan Argentina.

Kaktus dapat tumbuh hingga 3 meter atau 9,8 kaki dan memiliki kolom hijau atau abu-abu ramping dan tegak yang tumbuh sepanjang 6 cm atau 2,5 inci.

Itu adalah kaktus berbunga. Kaktus menghasilkan bunga merah anggur dan merah tua di musim panas.

Tanah terbaik untuk Silver Torch Cactus adalah tanah yang sangat kering. Tanaman menyukai sinar matahari. Namun, harap diingat. Meskipun sinar matahari penuh dibutuhkan, suhu tinggi tidak.

Kaktus Senter Perak membutuhkan banyak air selama musim panas tetapi selama musim dingin, mereka tidak membutuhkan sama sekali.

20. Tiang Totem Kaktus

Kaktus Tiang Totem
Sumber: hubpages.com

Sementara sebagian besar jenis kaktus dalam daftar memiliki duri yang terlihat, yang ini tidak. Sebaliknya, kaktus Totem Pole berkulit halus.

Secara ilmiah dikenal sebagai Pachycereus schottii f. Monstrosus, tumbuhan ini bisa mencapai tinggi 3,6 meter atau 12 kaki. Ini memiliki banyak benjolan kecil, yang membuat kaktus tampak seolah-olah diukir.

Kaktus Tiang Totem adalah kaktus berbunga, bunga merah muda yang mekar yang terbuka di malam hari dan tutup di pagi hari. Tanaman menghasilkan buah yang dapat dimakan yang memiliki bentuk seperti telur.

Kaktus ini perawatannya rendah. Secara praktis, bahkan jika mereka tidak diperhatikan, mereka bahkan dapat tumbuh sendiri. Tentunya untuk pertumbuhan yang optimal, Anda harus merawatnya.

Kaktus Tiang Totem tumbuh dengan baik di bawah naungan parsial. Tidak banyak menuntut dalam hal penyiraman. Sirami kaktus hanya jika dibutuhkan.

Tips Memilih Tanaman Kaktus yang Tepat

Sekarang Anda tahu ada banyak sekali jenis kaktus. Manakah yang paling tepat untuk Anda? Sayangnya, kami tidak dapat menjawabnya secara langsung untuk Anda.

Alih-alih memberikan jawabannya, kami akan memberikan beberapa tips untuk membantu Anda menemukan kaktus yang tepat untuk Anda.

1. Air sadah atau lunak

Air sadah atau lunak
Sumber: canstockphoto.com

Hal pertama yang pertama, air. Jenis air apa yang kamu punya Katakanlah Anda menggunakan air sadah. Dalam hal ini, Anda perlu mendapatkan dekalsifikasi.

Jika Anda tidak menggunakan dekalsifikasi, itu akan menyebabkan kekurangan zat besi untuk tanaman. Mengapa? Karena air sadah mengandung kalsium, yang menghalangi zat besi, sehingga menyebabkan kekurangan zat besi.

Jika Anda menggunakan air lunak, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

2. Saat berbelanja kaktus, periksa penampilan luarnya

Saat berbelanja kaktus, periksa penampilan luarnya
Sumber: beautifulflorist.com

Jangan memetik kaktus pertama yang Anda lihat. Periksa dulu penampilan kaktusnya, terutama batang dan paku.

Batang kaktus harus kokoh untuk disentuh dan kuat. Saat musim gugur atau musim dingin, batang kaktus mungkin akan sedikit keriput. Ini normal jadi seharusnya tidak menjadi masalah.

Sedangkan untuk paku, kaktus yang sehat akan memiliki paku yang lebat dengan warna yang bagus.

3. Jangan memilih kaktus yang menunjukkan tanda-tanda kurang perawatan atau sakit

Jangan memilih kaktus yang menunjukkan tanda-tanda perawatan yang buruk atau sakit
Sumber: ctsairplants.com

Anda menginginkan kaktus yang sehat. Jangan pernah memilih salah satu yang menunjukkan tanda-tanda perawatan yang buruk atau sakit. Untungnya, ini mudah dilakukan. Memar atau bercak mudah terlihat. Begitu juga tanda lain seperti batang pucat yang lemah.

4. Kaktus dengan hiasan bunga palsu harus dihindari

Kaktus dengan hiasan bunga palsu harus dihindari
Sumber: homedepot.com

Ada dua alasan mengapa. Pertama, bunga palsu dekoratif terlihat buruk sejak awal. Bunga alami jauh lebih unggul dari bunga palsu.

Kedua, dekorasi seperti itu memudahkan penyakit menular masuk ke kaktus.

Namun, jika Anda memutuskan untuk membeli kaktus dengan bunga palsu dekoratif, singkirkan bunganya. Ini akan meninggalkan luka kecil pada kaktus. Jangan khawatir. Luka ini akan sembuh dengan cepat.

Berbicara tentang bunga, apapun jenis kaktusnya, mereka membutuhkan waktu untuk mekar. Menggunakan bunga palsu tidak lebih dari taktik menjual.

5. Di mana Anda ingin menyimpannya? Di dalam atau di luar ruangan?

Di mana Anda ingin menyimpannya di dalam atau di luar ruangan
Sumber: pixels.com

Ini sangat penting. Di mana Anda ingin menyimpan kaktus? Anda harus memutuskan ini sebelum berbelanja kaktus. Memutuskan di dalam ruangan atau di luar ruangan akan membantu Anda menemukan kaktus dengan ukuran yang tepat.

Sekarang Anda telah mengetahui jenis kaktus yang paling baik tumbuh di dalam dan di luar ruangan, ini seharusnya tidak menjadi masalah bagi Anda.

6. Pertimbangkan wadah atau pot

 

👉 Trending  Mendapatkan Kerajinan dengan Harga Terbaik
Pertimbangkan wadah atau pot
Sumber: 123rf.com

Wadah atau pot itu penting, terutama jika Anda menanam di dalam ruangan. Ini tentang menahan air. Kaktus yang ditanam di luar ruangan menahan air lebih banyak karena tanaman itu tumbuh langsung di tanah.

Sebaliknya, kaktus yang ditanam di dalam ruangan membutuhkan bantuan untuk menahan air. Wadah atau pot terbaik untuk kaktus di dalam ruangan adalah yang terbuat dari plastik atau keramik.

Wadah atau pot semacam ini membantu menahan banyak air. Jangan menggunakan wadah atau pot yang terbuat dari tanah liat karena air akan lebih mudah menguap di dalamnya.

7. Jangan membeli hanya berdasarkan harga

Jangan membeli hanya berdasarkan harga
Sumber: zensability.com

Apapun yang kita beli, termasuk kaktus, harga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Karena itu, itu seharusnya tidak menjadi satu-satunya faktor penentu.

Mengapa? Karena harga memang berarti ada perbedaan kondisi dan kualitas kaktus. Kaktus yang lebih murah mungkin tidak memiliki kondisi dan kualitas sebaik kaktus yang lebih mahal.

8. Baru memulai? Mulailah dengan tipe perawatan rendah

Baru memulai Mulailah dengan tipe perawatan rendah
Sumber: indiagardening.com

Jenis kaktus sangat banyak. Untuk pemula, yang terbaik adalah memulai dengan jenis yang tumbuh dengan mudah dan perawatan yang rendah.

9. Jika Anda berbelanja online, periksa perkiraan waktu pengiriman

Jika Anda berbelanja online, periksa perkiraan waktu pengiriman
Sumber: worldsofsucculent.com

Ini demi kaktus. Anda tidak ingin ada penundaan pengiriman saat Anda membeli kaktus secara online.

10. Cara terbaik untuk membeli kaktus

Cara terbaik untuk membeli kaktus
Sumber: beautifulflorist.com

Belanja online tentunya menyenangkan dan nyaman. Tetapi cara terbaik untuk membeli kaktus adalah dengan membelinya dari toko. Saat Anda membeli kaktus dari toko, Anda dapat memeriksa kondisi dan kualitas tanaman secara langsung.

Tips Menumbuhkan Kaktus

1. Amati

Mengamati
Sumber: depositphotos.com

Mengamati kaktus Anda sangat penting. Ketika Anda mengamati tanaman Anda, Anda dapat menemukan masalah potensial apa pun yang menjadi masalah dan segera menyelesaikannya.

2. Campuran pot

Campuran Pot
Sumber: fotosearch.com

Kondisi kehidupan kaktus berbeda-beda dari satu spesies ke spesies lainnya. Ada kaktus yang tumbuh subur di tanah berpasir yang kering, ada kaktus yang tumbuh subur di hutan hujan, dan sebagainya.

Inilah sebabnya mengapa tidak ada campuran pot yang cocok untuk setiap kaktus. Saat Anda memutuskan untuk menanam kaktus, lakukan penelitian sederhana tentang spesies dan kondisi kehidupannya.

Setelah itu, dapatkan campuran pot yang semirip mungkin dengan kondisi kehidupan alami kaktus.

3. Penyiraman

Pengairan
Sumber: 123rf.com

Seperti tanaman lainnya, kaktus perlu disiram. Pertanyaannya, seberapa sering Anda harus menyiram kaktus? Sama seperti campuran pot, tidak ada solusi tunggal untuk ini. Satu hal yang pasti: jadwal penyiraman diperlukan.

Sebagian besar jenis kaktus tumbuh selama musim panas. Saat ini, mereka perlu disiram dengan cukup. Namun, selama musim dingin, mereka tidak membutuhkan banyak air, jika ada.

Rata-rata, selama musim semi atau musim panas, Anda bisa menyirami kaktus setiap minggu atau lebih, tergantung apakah tanahnya sudah kering atau belum.

Persyaratan penyiraman juga tergantung pada penempatan kaktus. Kaktus yang diletakkan di bawah sinar matahari langsung membutuhkan lebih banyak penyiraman dibandingkan kaktus yang diletakkan di bawah naungan.

Baik pengairan dan pengairan harus selalu dihindari. Yang pertama membuat akar kaktus membusuk sedangkan yang terakhir membuat kaktus menjadi pucat dan bengkok. Anda tidak menginginkan keduanya.

Keseimbangan sangat penting di sini.

4. Pupuk

Pupuk
Sumber: ebay.com

Nutrisi diperlukan agar tanaman tumbuh sehat dan baik. Ini, tentu saja, berlaku untuk kaktus juga. Untungnya, pupuk yang dirancang untuk kaktus tersedia secara luas.

Untuk sebagian besar tanaman kaktus, musim tanam di bulan-bulan hangat. Pada saat inilah pupuk diperlukan.

Saat mencari pupuk, pastikan untuk memilih pupuk yang memiliki kandungan fosfor tinggi tetapi kandungan nitrogennya rendah. Pupuk jenis ini akan membantu menjaga kesehatan kaktus.

Jika Anda baru-baru ini membuat pot atau repot kaktus, jangan gunakan pupuk sampai kaktus tumbuh sendiri di pot baru. Proses ini bisa memakan waktu hingga dua bulan.

5. Sinar matahari

Sinar matahari
Sumber: alamy.com

Berikutnya adalah sinar matahari. Ini, sekali lagi, bervariasi tergantung pada jenis kaktus. Misalnya, kaktus gurun menyukai sinar matahari langsung. Sebaliknya, kaktus tropis lebih menyukai naungan parsial.

Bagaimana dengan kaktus dalam ruangan? Untuk memastikan mereka mendapatkan cukup cahaya, tempatkan mereka sekitar 4 kaki dari jendela yang menghadap ke selatan atau timur. Putar kaktus setiap bulan atau lebih. Terlalu banyak sinar matahari akan membuatnya putih atau kuning.

Bagaimana jika Anda tidak dapat memberikan sinar matahari yang cukup untuk kaktus? Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan lampu tumbuh sebagai penggantinya.

6. Hama

Hama
Sumber: plantsshack.com

Dalam hal hama, kaktus tidak membutuhkan banyak pelindung seperti tanaman lain. Hama jarang menjadi masalah bagi kaktus. Itu dikatakan, sesekali, mereka mungkin menimbulkan masalah.

Untuk mengelola hama, lakukan tindakan pencegahan hama. Misalnya, menjaga kaktus sesehat mungkin. Itu berarti memastikan tanaman mendapat cukup sinar matahari, air, dan drainase yang baik.

Jika kaktus tumbuh subur, kecil kemungkinannya terkena serangan hama. Selain itu, jaga agar pot tetap bersih dari daun-daun mati yang mungkin menarik hama.

Jika Anda menemukan hama pada kaktus Anda, Anda dapat menggunakan sabun insektisida untuk menghilangkannya. Ingatlah bahwa sabun dapat merusak kaktus. Jadi, pastikan sabun aman digunakan untuk kaktus sebelum diaplikasikan.

7. Repotting

Repotting
Sumber: pixels.com

Ketika Anda memperhatikan bahwa akar kaktus Anda tumbuh di luar pot, sekarang saatnya untuk merepoting tanaman tersebut. Dianjurkan untuk merepoting kaktus setiap 2 hingga 4 tahun sekali.

Saat Anda merepoting kaktus, pastikan untuk menggunakan alat yang diperlukan untuk memastikan keamanan Anda dan tanaman Anda.

FAQ Kaktus

Penasaran dengan kaktus? Pertanyaan yang sering diajukan ini mungkin memiliki jawaban atas pertanyaan Anda.

1. Apa isi kaktus?

Apa yang ada di dalam kaktus
Sumber: pixels.com

Kaktus memiliki batang sukulen yang lebat dan berdinding kokoh. Batang sukulen ini dapat menahan air di dalam batang. Kedua batang ini berwarna hijau, berdaging, dan berfotosintesis.

Tergantung pada kaktusnya, bagian dalam batang agak padat atau kenyal. Lapisan tebal dan lilin di dalam kaktus mencegah air menguap.

2. Mengapa kaktus memiliki duri?

Mengapa kaktus memiliki duri
Sumber: sanbenito.com

Ini mungkin salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang kaktus. Mengapa tumbuhan ini memiliki duri?

Kaktus memiliki bintik-bintik yang dikenal sebagai sol, tempat duri tumbuh. Dalam arti tertentu, spin dapat dianggap sebagai daun yang dimodifikasi. Duri melindungi tanaman dari predator, meskipun duri tidak selalu membuat kaktus aman.

3. Apakah kaktus succulents?

Apakah kaktus succulents
Sumber: 123rf.com

Jawaban singkatnya: ya. Ya begitulah. Perlu diingat, bagaimanapun, meskipun setiap kaktus adalah sukulen, tidak semua sukulen adalah kaktus.

Kaktus menahan air dengan mudah. Tumbuhan ini menyimpan air di seluruh bagiannya yang berdaging. Apa yang membuat kaktus berbeda dari succulents lainnya adalah mengandung isolat.

Isolat adalah area tempat duri kaktus tumbuh. Sebagian besar succulents lain tidak memiliki ini, memungkinkan kaktus menonjol darinya.

4. Apakah pohon kaktus?

Apakah pohon kaktus
Sumber: amazon.com

Tidak, tetapi tidak dapat disangkal bahwa mereka memang menyerupai pohon dalam banyak hal. Terlepas dari kemiripan ini, kaktus tidak dianggap sebagai pohon. Yang terlihat sangat mirip dengan pohon disebut seperti pohon.

Beberapa kaktus memiliki ciri khas yang dimiliki pohon. Misalnya kulit kayu, daun, dan kemampuan tumbuh menjadi bentuk seperti pohon.

Singkatnya, tanaman kaktus dianggap sebagai bagian dari Cactaceae. Mereka bukan pohon.

5. Apakah bunga kaktus?

Apakah bunga kaktus
Sumber: pixels.com

Kebanyakan kaktus tidak dianggap sebagai bunga. Konon, beberapa spesies kaktus diketahui memiliki bunga yang tumbuh di luarnya.

Misalnya, varietas seperti Echinopsis menghasilkan bunga yang indah, menyebabkan banyak orang beranggapan bahwa kaktus adalah bunga.

Sebagian besar, kaktus adalah tuan rumah bagi bunga. Inilah mengapa kaktus selalu dianggap sebagai tumbuhan. Beberapa kaktus hanya tumbuh duri dan tidak berbunga sama sekali, jadi istilah bunga tidak berlaku untuk mereka.

6. Bisakah kaktus tumbuh di dalam ruangan?

Bisakah kaktus tumbuh di dalam ruangan
Sumber: gardentags.com

Jawabannya tentu saja ya. Kaktus bisa tumbuh di dalam ruangan. Yang penting diperhatikan adalah agar kaktus dapat tumbuh dengan baik, mereka membutuhkan suasana yang mirip dengan habitat aslinya.

Secara umum, itu berarti menempatkan kaktus di tempat yang mendapat cukup sinar matahari.

Tanah tempat tanaman tumbuh juga penting. Dianjurkan untuk menggunakan tanah yang berbeda untuk memberikan pengaturan yang serupa seperti habitat alami kaktus. Misalnya menggabungkan pasir dan air.

7. Bisakah kaktus tumbuh dalam wadah atau pot?

Bisa kaktus tumbuh dalam wadah atau pot
Sumber: houzz.com

Tentu saja bisa. Kaktus tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ada banyak sekali jenis kaktus yang bisa tumbuh di dalam wadah atau pot.

Padahal, kaktus yang bisa tumbuh dalam wadah atau pot termasuk jenis yang paling digemari masyarakat yang ingin membudidayakan kaktus.

Kaktus ini sangat nyaman untuk dibawa pulang. Mereka bisa menjadi dekorasi di rumah, apartemen, atau taman juga. Yang terbaik dari semuanya, mereka adalah tanaman dengan perawatan rendah dan sangat mudah dirawat.

8. Bisakah kaktus tumbuh di tanah biasa?

Bisakah kaktus tumbuh di tanah rata-rata
Sumber: gardentags.com

Ya mereka bisa. Namun, mereka tidak akan tumbuh dengan sehat dan baik. Tanah yang rata-rata tidak memberikan kondisi optimal bagi kaktus untuk tumbuh sehat dan baik.

Untungnya, tanah pot kaktus tersedia secara luas. Menanam kaktus tidak bisa lebih mudah, berkat itu.

9. Bisakah kaktus tumbuh di pasir?

Bisakah kaktus tumbuh di pasir
Sumber: mykaktus.online

Kebanyakan tanaman kaktus liar tumbuh di campuran tanah dan pasir, tetapi ya, bisa tumbuh di pasir. Kaktus bisa tumbuh di pasir atau di sekitar pasir. Mengapa? Karena pasir adalah bagian penting dari susunan lingkungan habitat kaktus.

Ada berbagai jenis kaktus yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Dari kaktus berbunga, kaktus yang bisa tumbuh sangat tinggi, hingga kaktus yang mekar setiap natal atau paskah. Jadi, tipe yang mana yang paling kamu suka?

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

kaktus lilin
👉 Trending  Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Terbaru

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *