Setelah-itu-pilih-icon-lampiran-yang-berbentuk-seperti-pencapit-kertas-atau-peniti

2 Cara Share Lokasi di Whatsapp Android/Iphone

Share lokasi menjadi fitur unggulan yang dimiliki oleh WhatsApp. Melalui fitur ini maka membantu penggunanya bisa berbagi lokasi dengan teknologi Global positioning system atau GPS. Ternyata cara share lokasi di WhatsApp bisa dilakukan dengan sangatlah mudah hanya cukup beberapa kali klik saja.

Melalui fitur ini maka pengguna Whatsapp bisa berbagi lokasi kepada siapapun tanpa harus menulis alamat atau mencari tahu keberadaannya sekarang. WhatsApp memberikan dua pilihan untuk berbagi lokasi yaitu melalui lokasi Real Time atau share live location dan berbagi lokasi saat ini.

Cara Share Lokasi di Whatsapp

Jika menggunakan share live location maka akan memungkinkan bagi penggunanya untuk berbagi lokasi saat posisinya sedang bergerak atau mobile. Hal ini berarti ketika pengguna berpindah lokasi contohnya ketika berada dalam perjalanan maka lokasi yang sudah dibagikan akan dimutakhirkan.

๐Ÿ‘‰ Trending  Cara Transfer Pulsa Telkomsel/Simpati

Sedangkan server your current location mengirimkan titik lokasi dan tidak akan berubah walaupun pengguna berpindah tempat. Untuk keamanan dari fitur share lokasi WhatsApp ini sudah dilindungi menggunakan enkripsi ujung ke ujung.

Dengan demikian maka lebih memungkinkan pengguna supaya dapat mengontrol dengan siapa saja berbagi lokasi dan sudah berapa lama menggunakannya. Ikuti cara share lokasi di WhatsApp:

1. Melalui Loc Share Live Location

  • Bukalah aplikasi WhatsApp yang ada di Smartphone.
  • Kemudian bukalah ruang obrolan pada kontak yang ingin Anda bagikan lokasinya.
  • Setelah itu pilih icon lampiran yang berbentuk seperti pencapit kertas atau peniti.

Setelah-itu-pilih-icon-lampiran-yang-berbentuk-seperti-pencapit-kertas-atau-peniti

  • Berikutnya pilih send your current location.
  • Pilih share live location
๐Ÿ‘‰ Trending  QTranslate โ€“ Aplikasi Kamus Penerjemah Kalimat (Indonesia Inggris)

Pilih-share-live-location

  • Proses selesai
  • Anda sudah berhasil berbagi lokasi melalui Whatsapp.

2. Send Your Current Location Whatsapp

  • Anda harus membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  • Kemudian mencari kontak yang ingin Anda bagikan lokasi.
  • Selanjutnya pilih icon peniti atau penjepit kertas yang ada di sebelah kanan bawah.
  • Kemudian pilih Share location.

Kemudian-pilih-Share-location

  • Anda dapat menentukan waktu sesuai yang diinginkan. Misalnya seperti 15 menit, 1 jam bahkan hingga 8 jam. Anda juga bisa menambahkan keterangan tertentu jika dibutuhkan.
  • Proses selesai.

Cara Mengikuti Serlok di WA

Jika Anda berperan sebagai posisi penerima share location maka harus mengikuti lokasi yang sudah di share ke Anda. Untuk menggunakannya sangatlah mudah asalkan GPS Anda dalam kondisi yang aktif dan akurat.

๐Ÿ‘‰ Trending  5 Aplikasi Recovery Data Terbaik yang Terhapus di Windows

Smartphone yang Anda gunakan juga harus terhubung dengan jaringan internet dengan kecepatan yang stabil supaya GPS juga dapat bekerja maksimal. Dengan begitu Anda bisa sampai ke lokasi tanpa tersesat.

Berikut ini cara untuk mengikuti peta lokasi yang dikirimkan melalui Sherlock pada WhatsApp di antaranya:

  • Anda dapat membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  • Kemudian buka bagian pesan dari kontak yang berisi peta lokasi yang sudah Anda terima.
    Kemudian bukalah aplikasi pembaca peta atau Google Maps.
  • Bisa juga dengan langsung mengklik Sherlock yang sudah dikirimkan kepada Anda.
  • Setelah itu ketuk bagian tombol petunjuk arah maupun Direction yang letaknya ada di bagian pojok kiri bawah.
๐Ÿ‘‰ Trending  4 Cara Menonaktifkan WA (Whatsapp) Sementara

Setelah-itu-ketuk-bagian-tombol-petunjuk-arah-maupun-Direction-yang-letaknya-ada-di-bagian-pojok-kiri-bawah

  • Selanjutnya Anda dapat ketuk tombol mulai yang ada pada jendela di sebelah kanan bawah.
  • Langkah terakhir secara otomatis satelit atau GPS akan memandu Anda ada menggunakan aplikasi Google Maps agar bisa sampai ke lokasi tujuan dan lebih dengan cepat.
  • Pada aplikasi Google Maps ini Anda bisa mengetahui informasi seputar jalanan, misalnya apakah jalanan macet, jalanan satu arah, dan dua arah, ataupun yang lainnya. Selain itu Anda juga dapat menentukan pilihan jenis transportasi yang Anda gunakan seperti kendaraan bermotor, mobil, kereta, jalan kaki atau yang lainnya.

Alasan Whatsapp Tidak Dapat Share Lokasi Dan Solusinya

Beberapa kondisi terkadang WhatsApp memang mengalami error. Contohnya mengalami kegagalan ketika menggunakan fitur share lokasi. Namun tenang saja segala permasalahan dapat diatasi dengan sangat mudah.

๐Ÿ‘‰ Trending  9 Aplikasi Pembobol Wifi

Jika sekiranya cara share lokasi di WhatsApp tidak dapat dilakukan, maka bisa mengetahui beberapa solusi yang ada di bawah ini dan sesuaikan dengan penyebab yang Anda alami:

1. Melakukan Update Whatsapp

Melakukan-Update-Whatsapp

Alasan mengapa WhatsApp tidak bisa melakukan share lokasi yaitu mungkin karena WA yang Anda gunakan tersebut sudah versi lama. Untuk itu Anda harus melakukan update aplikasi WhatsApp supaya fitur share loc dapat digunakan.

Sedangkan fitur share lokasi hanya dapat muncul dan tersedia di aplikasi WhatsApp keluaran terbaru. Sementara pihak develover atau pengembang akan melakukan pembaruan dengan fitur yang jauh lebih lengkap dan canggih.

2. Koneksi Internet

Koneksi-Internet

Saat mengirimkan lokasi kepada orang lain melalui WA memang membutuhkan internet. Untuk itu sebelum berbagi lokasi maka pastikan terlebih dahulu bahwa jaringan internet yang ada di Smartphone Anda stabil. Jika jaringan internet lambat maka bisa melakukan restart terlebih dahulu.

๐Ÿ‘‰ Trending  3 Cara Reset HP Samsung

Bisa juga dengan mematikan data sebentar kemudian menghidupkan lagi. Koneksi internet sangat berpengaruh terhadap tingkat akurasi atau ketepatan dari titik lokasi yang Anda kirimkan.

3. Mengaktifkan GPS

Mengaktifkan-GPS

Fitur berbagi lokasi pada WhatsApp dapat berjalan karena adanya dukungan GPS pada smartphone yang Anda gunakan. Oleh karena itu pastikan bahwa GPS sudah diaktifkan sebelum berbagai lokasi. Apabila Anda berbagi lokasi dengan GPS yang tidak aktif, maka lokasi yang terkirim tidak akan akurat.

4. Mencoba Di Luar Ruangan

Mencoba-Di-Luar-Ruangan

GPS tidak akan bekerja sendiri, karena GPS juga menggunakan satelit yang bisa menentukan posisi pada suatu objek di bumi. Untuk itu tanpa adanya sinyal satelit ke GPS maka fitur share lokasi pada WhatsApp tidak akan berjalan. Terlebih lagi jika satelit ke GPS mengalami halangan.

๐Ÿ‘‰ Trending  5 Cara Download Status Whatsapp

Tentu saja hal ini bisa membuat Anda gagal berbagi lokasi. Solusi yang perlu dilakukan yaitu dengan menjalankan share lokasi pada luar ruangan. Setelah itu pastikan juga di lingkungan sekitar tidak terdapat penghalang.

Fitur yang dimiliki Share Lokasi

Bagi pengguna fitur WhatsApp wajib mengetahui bahwa ternyata share lokasi ini juga mempunyai fitur yang sangat membantu. Oleh karena itu berikut ini 2 fitur share lokasi yang dapat Anda ketahui di antaranya:

1. Send Your Current Location

Send-Your-Current-Location

Untuk fitur yang pertama ini membantu Anda untuk mengirimkan lokasi saat ini dimana Anda berada. Fitur inilah yang hanya mengirimkan lokasinya saja. Sehingga meskipun sudah berpindah ke tempat lain maka lokasinya tidak akan berubah.

๐Ÿ‘‰ Trending  Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Dengan IMEI, Apa bisa?

Anda bisa mengirimkan lokasi ini kepada teman jika sedang berencana bertemu di 1 lokasi yang telah ditentukan.

2. Fitur Share Live Location

Fitur-Share-Live-Location

Fitur ini membantu untuk memudahkan Anda dalam membagikan lokasi secara real-time. Fitur ini juga seringkali disebut sebagai fitur pelacak. Alasannya karena pada setiap pergerakan yang dikirimkan melalui sinyal satelit maka WhatsApp akan memberikan kebebasan durasi ketika melakukan share loc.

Fitur tambahan yang ada pada WhatsApp seperti share lokasi lebih memudahkan pengguna ketika ingin berbagi lokasi melalui WhatsApp. Beberapa cara share lokasi di WhatsApp seperti di atas dapat dijadikan referensi bagi Anda yang sering kali bertemu dengan orang lain agar lebih mudah.

๐Ÿ‘‰ Trending  5 Cara Ganti Password Wifi First Media D-Link, Cisco, Huawei

ย