IMEI

6 Cara Melacak HP yang Hilang

Terkadang manusia bisa melakukan hal-hal ceroboh seperti menghilangkan HP secara tidak sengaja. Namun, pastinya setelah menyadari bahwa HP hilang tidak rela begitu saja pasti Anda akan mencarinya. Salah satunya bisa dengan cara melacak HP yang hilang.

Baik dalam kondisi mati maupun hidup, Anda tidak perlu susah-susah mencarinya secara konvensional seperti menelusuri jalan yang telah Anda lalui. Gunakanlah internet maka proses pencarian akan berjalan dengan efektif dan handphone segera ditemukan.

Cara Melacak HP yang Hilang Secara Efektif

Jika Anda menggunakan HP Smartphone kemudian hilang atau dicuri maka lakukan pencarian dengan cepat. Ada beberapa alternatif untuk melacaknya. Selalu jaga data Anda seperti merek, nomor IMEI, serta beberapa akun Handphone Anda.

πŸ‘‰ Trending  Cara Translate Bahasa Inggris – Indonesia Secara Otomatis

Hal tersebut akan membantu Anda dalam mencari HP dengan menggunakan cara di bawah ini:

1. IMEI

IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas untuk smartphone Anda. Biasanya nomor ini membuktikan bahwa ponsel telah terdaftar pada sistem pembuat HP.

Anda bisa menggunakan pihak seluler untuk melacak HP menggunakan IMEI ini karena operator provider membutuhkan agar keberadaan HP akurat ditemukan. Cukup menghubungi call center provider dan memberikan nomor IMEI, proses pelacakan akan berjalan dengan sendirinya.

2. Gmail

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan Gmail yang telah login ke Smartphone Anda. Biasanya hal ini bisa digunakan jika pernah mencoba login pada perangkat lain kemudian ada inbox verifikasi keamanan. Manfaatkanlah fitur tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Login Gmail Anda pada browser atau Google Chrome.
  • Disana akan terdapat ikon kotak yang dapat dimanfaatkan.
  • Kemudian Anda akan mendapatkan informasi mengenai akun Anda lalu masuklah ke kolom search atau pencarian
  • Ketikkan Find your Phone.
πŸ‘‰ Trending  Cara Cek Nomor 3 + Gambar Lengkap

Ketikkan-Find-your-Phone

  • Jika sudah ketemu, maka kliklah pilihan tersebut yaitu Find your Phone.
  • Pilihlah merek HP Anda pada daftar perangkat terhubung dengan akun Gmail tersebut.
  • Isikan password sebagai cara verifikasi, lalu klik next.
  • Pada menu Find your Phone pilihlah opsi Locate yang akan mengalihkan ke fitur Find My Device.

Pada-menu-Find-your-Phone-pilihlah-opsi-Locate-yang-akan-mengalihkan-ke-fitur-Find-My-Device

  • Dari sini maka Anda akan mampu mengamankan HP Anda dengan cara menguncinya.

Setelah itu, lokasi akan diketahui kemudian tinggal penelusuran lebih dalam lagi. Temukan HP Anda yang hilang dengan tepat dan akurat menggunakan Gmail.

3. No. HP

No.-HP

Cara untuk menemukan HP hilang dengan No HP yaitu meneleponnya. Jika masih berada di dalam satu ruangan maka dering atau getarnya akan dapat Anda rasakan. Kemudian akan dapat ditemukan untuk Hpnya.

πŸ‘‰ Trending  3 Cara Aktivasi KMS Office 2019 Gratis

Atau Anda dapat menghubungi provider dan polisi terdekat untuk melacak posisi HP agar lebih akurat. Pastikan nomor Anda aktif dan masih mendapatkan banyak baterai. Jika Anda memiliki HP saat ini pastikan bahwa sering melakukan charging untuk mendapatkan daya yang cukup.

4. Google Maps

Saat ini, fitur GPS sangat banyak digunakan oleh pengguna Android. Khususnya untuk mencari peta pada alamat tertuju. Selain itu, bisa juga digunakan untuk cara melacak HP yang hilang.

Cara ini dirasa sangat efektif karena menunjukkan lokasi yang sebenarnya untuk HP Anda yang hilang. Caranya untuk menemukan HP tersebut yaitu:

  • Bukalah aplikasi Google Maps pada HP teman Anda atau HP Anda yang lainnya.
  • Aplikasi akan berjalan dan terbuka, kemudian pilihlah menu Option.
  • Masuk ke dalam Daftar atau Friend List.
  • Anda akan diberi wewenang untuk menambah teman dengan klik Tambah Teman atau Add Friend.
  • Invite sebanyak mungkin bisa keluarga, teman, pacar, maupun kerabat yang lainnya pada posisi HP tersebut akan Anda lacak.
πŸ‘‰ Trending  5 Cara Download Story Instagram

Invite-sebanyak-mungkin-bisa-keluarga-teman-pacar-maupun-kerabat-yang-lainnya-pada-posisi-HP-tersebut-akan-Anda-lacak

  • Nomor HP tersebut harus dipastikan bahwa telah menerima invite atau undangan dari Anda tadi.
  • Salah satu teman yang Anda pilih akan dilakukan pelacakan oleh Google Maps.
  • Secara otomatis Anda akan diberitahukan dimana letak HP saat ini.

Sangat mudah bukan? Anda bisa menemukan HP Anda melalui HP teman Anda. Sayangnya, jika ingin menggunakan fitur ini Anda harus memastikan bahwa HP dalam kondisi aktif internet.

Agar lebih hemat kuota Anda bisa menggunakan koneksi berdasarkan time based dan bukan berdasarkan pada volume based.

Selain itu, Google Maps juga memiliki fitur lain untuk menemukan HP Anda yang hilang, yaitu :

  • Driving Directions sebagai cara mengetahui jalur jalan maupun arah yang dilewati oleh HP dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
  • Transit and Walking Direction untuk mendapatkan rute tujuan maupun jadwal perjalanan HP dengan menggunakan cara apapun, sepeda motor, jalan kaki, maupun naik bus.
  • Street View agar dapat menampilkan peta jalan termasuk pada lokasi tempat-tempat pada peta Gmaps Anda.
  • Business Listings biasanya digunakan untuk mencari nama suatu area hingga wilayah tertentu baik tempat biasa maupun tempat penting lainnya sebagai tempat bisnis.
  • Latitude untuk melacak lokasi nomor handphone teman Anda.
  • My Location bisa digunakan untuk mengetahui posisi nomor ponsel meskipun sedang tidak menggunakan perangkat GPS aktif.
  • Traffic untuk mendapatkan informasi mengenai lalu lintas maupun trafik agar dapat memantau kondisi lalu lintas jalan raya secara langsung.
πŸ‘‰ Trending  7 Cara Potong Video di PC dan HP

Anda bisa menggunakan beberapa fitur tersebut untuk mendapatkan handphone Anda yang hilang. Dijamin lebih efektif dan akurat karena akan menunjukkan tempat sebenarnya.

5. GPS

GPS

Mintalah bantuan pada GPS atau Global Positioning System dengan tidak menambah aplikasi tambahan karena HP sudah memiliki fitur GPS tersendiri khususnya untuk para Android.

Bukalah situs www.SAT-GPS-Tracker.com kemudian pilih Track a Phone Number here. Berarti Anda disuruh mengetikkan nomor HP dengan menyertakan kode negara jika Indonesia yaitu 62. Klik search dan tunggu beberapa saat nantinya Anda akan mendapatkan informasi letak HP Anda saat ini.

6. Google Find My Device

Aplikasi ini dapat disebut sebagai Android Device Manager. Memang ini merupakan aplikasi tambahan namun sangat bermanfaat jika untuk melacak HP hilang. Langkah-langkahnya yaitu :

  • Anda bisa membuka aplikasi tersebut jika sudah menginstalnya di HP
  • Login menggunakan Gmail aktif Anda yang terdaftar di Hp Anda yang hilang
  • Sign in as guest adalah cara untuk masuk ke HP yang hilang tersebut.
  • Akan ada layer perizinan maka izinkan agar aplikasi dapat mengakses lokasi perangkat, klik Allow.
  • Jika berhasil maka lokasi HP akan ditemukan saat itu juga.
πŸ‘‰ Trending  6 Cara Memperbesar Ukuran File JPG

Jika-berhasil-maka-lokasi-HP-akan-ditemukan-saat-itu-juga

Segera datangi HP Anda dengan memanfaatkan ikon berwarna hijau yang terhubung dengan Gmaps kemudian lakukan langkah preventif dengan mengunci HP Anda.

Selain itu, Anda bisa menghubungi pihak-pihak berwajib untuk melakukan pencarian lebih dalam jika memang HP Anda merupakan hal yang penting. Pertama yaitu menghubungi customer service dari provider Anda agar nomor diamankan sehingga tidak terjadi penyalahgunaan.

Jika di dalam HP terdapat M-banking atau E-banking maka hubungi customer service dari bank terkait. Hal tersebut merupakan cara mengamankan agar rekening bank Anda aman dan saldo tidak berkurang.

Tindakan selanjutnya yaitu menghubungi pihak polisi untuk membuat laporan kehilangan. Disana biasanya Anda harus menyertakan identitas HP yaitu nomor telepon, tipe, merek, nomor IMEI, hingga bagaimana proses kejadiannya.

πŸ‘‰ Trending  Cara Mengetahui Password Wifi ( Lengkap Dengan Gambar )

Untuk mendapatkan cara melacak HP yang hilang secara efektif maka bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tutorial di atas bisa bekerja dengan baik. Berhati-hatilah serta jaga HP Anda dengan baik agar tidak hilang di waktu yang tidak tepat.

Β 

  1. 7 Cara Menghilangkan Iklan di Internet PC dan HP Android

  2. 6 Cara Mengetahui Handphone/WA Disadap Orang Lain

  3. 7 Cara Cek IMEI HP Android dan iPhone

  4. 5 Cara Membuat Google Form di PC dan HP (Lebih dari 1 Halaman)

  5. Ukuran Kertas F4

  6. 2 Cara Downgrade iOS

  7. Cara Downgrade Android

Daftar Isi