Apa-Itu-Barcode-WA

2 Cara Melihat Barcode WA Sendiri

WhatsApp kini telah digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang dari 180 negara, agar tetap terhubung dengan keluarga dan teman di mana saja dan kapan saja. Banyaknya penggunaan dari aplikasi ini, karena WA memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan, mengirim pesan, dan juga mengirim file.

Berhubungan dengan aplikasi WhatsApp, kali ini akan dibahas mengenai cara melihat barcode WA sendiri. Sama seperti kebanyakan aplikasi atau situs saat ini, WhatsApp juga memungkinkan Anda untuk mempunyai barcode dari akun WhatsApp yang dimiliki.

Apa Itu Barcode WA?

Apa-Itu-Barcode-WA

Sebenarnya barcode pada WA ini adalah sebuah QR Code, dimana kedua jenis kode tersebut memiliki tingkat kecanggihan yang berbeda. Namun karena banyak orang yang menyebutnya sebagai barcode, maka kita juga akan beranggapan bahwa pengkodean pada WA tersebut adalah barcode.

πŸ‘‰ Trending  183.63.l53.200 Link Jepang

Barcode WA ini merupakan pengkodean dua dimensi yang kini sudah banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan. Diciptakannya barcode ini, bertujuan untuk menyampaikan informasi sederhana hingga mendetail hanya dengan menggunakan kode berupa image kotak-kotak kecil.

Nantinya barcode tersebut akan dibaca dengan menggunakan teknologi pemindai QR khusus yang saat ini sudah ada pada hampir semua smartphone. Dengan bentuknya yang berbeda seperti barcode biasa, maka lebih banyak informasi yang dapat disimpan di dalamnya.

Fungsi Barcode WA

Fungsi-Barcode-WA

Fungsi utama dari barcode WA ini adalah untuk mengakses akun dan juga fungsi keamanan. Untuk penggunaanya, Anda perlu memindai akun pada saat akan membuka aplikasi WA versi PC atau versi web dengan menggunakan ponsel yang berisikan akun WA yang akan dibuka.

πŸ‘‰ Trending  5 Cara Update Windows 10 Terbaru

Begitupun juga dari sisi keamanan, pihak Google selaku pemilik aplikasi WhatsApp juga telah membuat barcode yang tampil pada layar komputer yang nantinya dapat dipindai. Maksudnya, jika Anda baru pertama kali mendapati halaman WA web dengan barcode, maka harus langsung memindainya.

Jika terlalu lama (beberapa menit) tidak juga dipindai, maka kode tersebut akan berubah. Nah, perubahan pada barcode ini yang berfungsi menjadi alat keamanan bagi pengguna akun itu sendiri. Jadi barcode tersebut tidak dapat disimpan menjadi gambar, dan beresiko diketahui oleh orang lain.

Selain itu, barcode WA juga berfungsi untuk membagikan akun WA Anda dengan lebih mudah. Jadi orang lain tidak perlu menuliskan nomor WA secara manual. Mereka hanya perlu memindai barcode WA yang Anda miliki dan dapat langsung terhubung ke dalam room chat WA.

πŸ‘‰ Trending  4 Cara Upgrade Windows 8.1 ke Windows 10

Cara Melihat Barcode WA Sendiri

Setelah Anda mengetahui sedikit informasi mengenai barcode WA di atas, maka kini saatnya untuk melihat barcode akun WA yang dimiliki. Sebenarnya metode yang satu ini cukup mudah. Namun Anda tetap harus memperhatikan setiap langkah dari cara melihat barcode WA sendiri sebagai berikut.

  • Langkah pertama, buka aplikasi web browser yang ada di PC atau laptop. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi WhatsApp versi desktop yang ada. Kode QR (barcode) akan terlihat di bagian tengah jendela aplikasi atau web.

Langkah-pertama-buka-aplikasi-web-browser-yang-ada-di-PC-atau-laptop.-Selain-itu-Anda-juga

  • Setelah itu, bukalah aplikasi WhatsApp yang ada di HP Android Anda. Jika belum login, maka silahkan login terlebih dahulu dengan menggunakan akun WA yang dimiliki. Jangan lupa untuk verifikasi pula.
  • Kemudian buka pengaturan WhatsApp dengan ikon titik tiga yang ada di bagian kanan atas aplikasi. Nantinya akan muncul sebuah menu drop-down lanjutan.
  • Nah, pada menu drop-down yang muncul tersebut, Anda perlu memilih opsi WhatsApp Web.
πŸ‘‰ Trending  Cara Download Video di Instagram

Nah-pada-menu-drop-down-yang-muncul-tersebut-Anda-perlu-memilih-opsi-WhatsApp-Web

  • Kemudian halaman yang berfungsi untuk memindai kode QR (barcode WA) akan muncul.
  • Jika halaman pemindai sudah terbuka, maka Anda dapat kembali ke WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop di PC, dan klik pada tombol dengan ikon + yang ada di bagian kanan atas layar.
  • Langkah selanjutnya, arahkan kamera HP Anda pada barcode WA yang muncul di layar komputer. Jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat, agar proses pemindaian berhasil.
  • Tunggu selama beberapa saat hingga proses pemindaian oleh aplikasi WA benar-benar selesai.
  • Jika kode sudah berhasil dipindai, maka halaman WhatsApp web akan refresh secara otomatis.
  • Ketika halaman WA Web di PC Anda akan menampilkan pesan dan percakapan yang sama seperti pada aplikasi WhatsApp di HP, maka dapat dipastikan jika cara melihat barcode WA sendiri ini telah berhasil.
πŸ‘‰ Trending  Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara Paling Ampuh

Ketika-halaman-WA-Web-di-PC-Anda-akan-menampilkan-pesan-dan-percakapan-yang-sama

Cara Membuat Barcode WA Sendiri

Seperti yang tadi telah dikatakan, jika barcode WA ini juga berfungsi dalam hal membagikan kontak atau akun WA. Lalu bagaimana cara untuk membuat barcode WA agar orang lain bisa langsung memindainya? Simak informasi yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Membuat Link WhatsApp

Tahapan pertama dalam membuat barcode WA adalah membuat link terlebih dahulu. Bagi sebagian orang terutama yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis online, tentunya link WA bukanlah hal baru lagi. Nah, berikut ini cara untuk membuat link WA dengan mudah.

  • Pertama, Anda dapat menyalin link berikut: https:/api.whatsapp.com/send?phone=nomor wa. Pada bagian β€œnomor wa” gantilah dengan menggunakan nomor WhatsApp yang Anda miliki. Ingat, jangan sampai salah dalam menuliskan nomor WA karena hasilnya akan berbeda.
  • Setelah itu, cek link tersebut dan periksalah apakah link dapat berfungsi atau tidak dengan cara mengunjunginya melalui aplikasi web browser.
  • Jika link berfungsi, maka halaman akan menampilkan nomor WA Anda beserta kotak bertuliskan kirim pesan yang berfungsi untuk terhubung dengan nomor WA yang tertulis di atasnya.
πŸ‘‰ Trending  Cara Pindai Kata Sandi Anda yang Tersimpan di Chrome untuk Menemukan & Mengganti Info Masuk yang Disusupi

Jika-link-berfungsi-maka-halaman-akan-menampilkan-nomor-WA-Anda-beserta-kotak-bertuliskan-kirim-pesan

  • Cobalah tekan kotak tersebut, jika masuk ke dalam room chat dengan nomor WA Anda, maka link-nya berfungsi.

2. Membuat Gambar Barcode WA

Jika sudah berhasil dalam urusan link, maka Anda dapat langsung membuat barcode WA-nya. Agar lebih mudah, maka disarankan untuk menggunakan bantuan aplikasi ketiga yang bernama Barcode Generator. Berikut ini langkah-langkah yang perlu untuk dilakukan.

  • Langkah pertama, download dan install dulu aplikasi Barcode Generator dari Google Play Store.
  • Jika aplikasi Barcode Generator sudah berhasil dipasang, maka langsung saja buka aplikasi tersebut.
  • Perhatikan pada menu utama, tap pada tombol setelan yang ada di bagian kiri atas layar.
  • Kemudian pilih opsi Add Code, maka akan muncul banyak pilihan.
  • Setelah itu, pilih opsi QR Code, dan tap opsi URL pada halaman berikutnya.
πŸ‘‰ Trending  7+ Settingan APN Smartfren 4G Tercepat dan Stabil

Setelah-itu-pilih-opsi-QR-Code-dan-tap-opsi-URL-pada-halaman-berikutnya

  • Nah, masukkan link WA yang tadi sebelumnya telah Anda buat, dan tap pada tombol centang yang ada di bagian atas kanan.
  • Jika sudah selesai, maka barcode akan langsung dibuat dan muncul pada halaman selanjutnya.
  • Untuk menyimpan barcode tersebut, tap pada logo kartu memori di bagian menu atas.
  • Tentukan lokasi penyimpanannya, dan tap tombol Export.

Tentukan-lokasi-penyimpanannya-dan-tap-tombol-Export

Dengan mengetahui beberapa informasi mengenai barcode WA seperti yang telah dijelaskan di atas, maka penggunaan dari aplikasi WA ini akan terasa lebih efisien dan juga dapat ditingkatkan lagi. Anda juga tidak perlu kerepotan untuk membagikan kontak WA agar dapat diakses oleh orang lain.

Β 

Daftar Isi