Ukuran-Kertas-A5-Dalam-MM-CM-Inchi-Pixel-dan-PT

Ukuran Kertas A5

Jika Anda terjun ke dunia desain maupun percetakan, maka harus paham ukuran kertas seperti A5. Mengingat ukuran A5 ini lebih sering digunakan untuk berbagai macam produk. Sehingga Anda harus tahu ukuran A5 dalam mm, cm, inchi, pixel dan pt.

Setelah bisa memahami bermacam-macam ukuran itu, maka pekerjaan Anda di dunia desain maupun percetakan jadi lebih lancar dan mudah.

Ukuran Kertas A5 Dalam MM, CM, Inchi, Pixel dan PT

Ukuran-Kertas-A5-Dalam-MM-CM-Inchi-Pixel-dan-PT

Kalau Anda melihat dalam skala dunia atau internasional, maka ukuran kertas ini ada beberapa kelas yaitu dari A, B, C, D, F dan juga R. Umumnya yang sering digunakan adalah kelas A dan juga R yang biasa ada pada ukuran foto.

πŸ‘‰ Trending  7 Cara Bypass Membuka Layar Kunci Aman Android Ketika Anda Lupa Password, Pola atau PIN

Untuk ukuran A ini juga sangat sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya A4 biasa digunakan untuk buku gambar standar. Kemudian A5 biasanya digunakan untuk ukuran buku tulis normal dan beberapa produk desain lainnya.

Jika didasarkan pada standar ISO 216, maka ukuran kertas A5 ini memiliki kisaran Β½ dari kertas dengan ukuran A4. Jadi dalam bahasa mudahnya satu kertas A4 bisa digunakan untuk 2 kertas A5 sama besar.

Namun sebenarnya masih ada juga penjelasan yang lebih terperinci mengenai ukuran A5 dalam mm, cm, inchi, pixel dan pt. Berikut penjelasannya:

1. Dalam Milimeter (mm)

Biasanya ukuran kertas memang dinyatakan dalam besaran milimeter atau mm. Untuk kertas A5 sendiri memiliki satuan dalam mm yaitu 148mm x 210mm. Jika melihat dari ukuran ini maka artinya lebar kertasnya adalah 148mm dan panjangnya 210mm.

πŸ‘‰ Trending  6 Cara Melihat Story Instagram Tanpa Diketahui Pemiliknya

2. Dalam Centimeter (cm)

Pernyataan ukuran kertas yang juga biasa digunakan adalah dalam centimeter atau cm. Untuk kertas A5 ini jika dinyatakan dalam centimeter, maka memiliki lebar kertas 14,8cm dan panjangnya 21,0cm atau secara singkat yaitu 14,8cm x 21,0cm.

3. Dalam Inci

Ukuran kertas yang disebutkan dalam satuan inchi ini sebenarnya jarang digunakan. Karena ukuran inci dinilai memiliki skala yang jauh lebih besar dibandingkan centimeter dan milimeter. Sehingga lebih sering digunakan untuk kertas ukuran A3 sampai dengan A1.

Kalau Anda ingin tahu ukuran A5 dalam satuan inci, maka bisa dinyatakan lebarnya 5,83 inci dengan panjang 8,27 inci atau 5,82 inci x 8,27 inci.

πŸ‘‰ Trending  Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer Di Windows 10

4. Pixel

Ukuran dalam pixel ini juga sangat jarang disebutkan. Karena ukuran pixel hanya biasa tersedia untuk hasil-hasil digital seperti foto, desain dan lain-lain. Pixel sebenarnya juga lebih menunjukkan seberapa besar kerapatan pada sebuah foto.

Namun untuk kertas ukuran A5 ini bisa juga dinyatakan dalam pixel seperti berikut ini:

  • A5 72 PPI (420 x 595)
  • A5 200 PPI (1167 x 1653)
  • A5 300 PPI (1751 x 2479)
  • A5 400 PPI (2335 x 3305)
  • A5 600 PPI (4958 x 3502)
  • A5 1200 PPI (7004 x 9961)

Dari beberapa ukuran di atas, cara membacanya adalah saat ada A5 dengan kerapatan 72 PPI maka dinyatakan dengan lebar 420 pixel x 595 pixel.

πŸ‘‰ Trending  Cara Setting HP Android Sebagai Mikrofon

5. Dalam Points (PT)

Sementara itu ketika dinyatakan dalam poin atau pt, ukuran A5 bisa disebutkan dengan 419,6 x 595,5 points

Cara Membuat/Setting Ukuran A5 yang Akurat

Ukuran A5 dalam mm, cm, inchi, pixel dan pt memang menjadi standar ukuran yang digunakan banyak orang untuk berbagai macam produk. Kalau Anda ingin membuat produk dengan ukuran A5, maka harus tahu bagaimana cara membuatnya.

Karena setiap aplikasi memiliki cara pembuatan yang berbeda. Ada cara tersendiri untuk ukuran A5 pada Microsoft Word, Corel Draw dan lain-lain. Berikut ini beberapa caranya:

1. Microsoft Word

  • Cara pertama buka dulu dan jalankan aplikasi Microsoft Word.
  • Setelah itu bisa memilih β€œBlank Document”.
πŸ‘‰ Trending  Ukuran Kertas A4

Setelah-itu-bisa-memilih-Blank-Document

  • Kemudian jika halaman kosong sudah siap, bisa menekan tombol bertuliskan β€œLayout”.
  • Lalu perhatikan beberapa toolbar di bawahnya dan cari tulisan β€œSize”.
  • Pada beberapa versi Ms Word ada banyak pilihan yang muncul setelah Anda klik Size. Carilah ukuran A5 sesuai yang Anda inginkan.

Pada-beberapa-versi-Ms-Word-ada-banyak-pilihan-yang-muncul-setelah-Anda-klik-Size.-Carilah-ukuran-A5-sesuai-yang-Anda-inginkan

  • Kalau pilihan yang Anda cari tidak ada, bisa menekan tombol β€œMore Paper Size”.
  • Kemudian pilih saja pada tulisan β€œCustom Size” untuk membuat sendiri ukuran kertasnya.
  • Pada kolom β€œWidth” isi dengan angka 148mm dan pada Height 210mm.
  • Jika sudah diatur, bisa menekan tombol β€œOK” dan kertas ukuran A5 bisa Anda gunakan.
πŸ‘‰ Trending  Cara Transfer Pulsa Telkomsel/Simpati

Cara Custom Size bisa Anda pilih jika ukuran A5 tidak tersedia. Masalah ini bisa ditemukan pada aplikasi Microsoft Word tahun 2016. Tapi tenang saja, dengan Custom Size Anda tetap bisa menggunakan ukuran kertas A5.

2. Corel Draw

Selama ini aplikasi Corel Draw dikenal untuk pembuatan desain logo dan hal-hal yang berbau vektor. Tapi sebenarnya banyak juga yang membuat produk selebaran, kalender, undangan dan lain-lain dengan menggunakan Corel Draw.

Sehingga diharuskan juga untuk mengatur ukuran kertasnya jadi A5. Memang sebenarnya pengaturan ukuran kertas A5 bisa ditemukan dengan mudah. Namun masalahnya biasanya pihak percetakan hanya bisa memproses desain dengan ukuran A3 maupun A4.

πŸ‘‰ Trending  183.63.l53.200 Link Jepang

Oleh karena itu mau tidak mau harus mendesain ukuran A5 pada halaman Corel Draw A3. Agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik, Anda harus bisa mengatur ukuran A5 dalam mm, cm, inchi, pixel dan pt. Berikut ini caranya:

  • Pertama operasikan dulu aplikasi Corel Draw.
  • Setelah itu saat aplikasi terbuka, akan muncul pilihan ukuran halaman yang akan dibuat.
  • Pada kolom ukuran, isi saja menjadi 148mm x 210mm agar jadi A5.

Pada-kolom-ukuran-isi-saja-menjadi-148mm-x-210mm-agar-jadi-A5

  • Kalau harus menggunakan A3, maka Anda harus menyesuaikan ukuran pembagiannya agar bisa berukuran 148mm x 210mm.

Pemanfaatan Ukuran Kertas A5

1. Produk Selebaran

Produk-Selebaran

Ukuran kertas A5 bisa dinilai adalah ukuran yang paling pas dan cocok untuk produk selebaran. Karena jika Anda amati maka ketika menggunakan ukuran selain A5 seperti A4 akan terlalu besar dan tidak bisa dibawa dengan mudah.

πŸ‘‰ Trending  3 Cara Aktivasi Windows 7

Padahal produk selebaran memiliki fokus pembagian yang lebih luas dan membuat ukurannya harus kecil. Namun sebenarnya ada juga orang yang tidak menggunakan kertas A5 pada selebaran yang mereka buat.

Tapi mereka menggunakan A4 yang kemudian dipotong maupun dilipat. Pada akhirnya ukuran hasil akhir tetap seperti A5.

2. Buku

Buku

Siapa sangka ternyata ukuran A5 ini juga sangat umum sekali digunakan untuk buku-buku pada umumnya. Walaupun memang ada buku yang menggunakan ukuran sedikit lebih besar. tapi yang paling banyak menggunakan ukuran A5 seperti buku tulis.

Block note juga menggunakan ukuran A5. Kemungkinan alasan utamanya adalah karena memiliki jumlah baris yang banyak tapi tidak membuat ukuran totalnya terlalu besar. Sehingga tetap mudah dibawa.

πŸ‘‰ Trending  3 Cara Reset HP Samsung

3. Kalender Meja

Kalender-Meja

Mungkin Anda lebih sering melihat kalender dengan ukuran yang besar seperti dengan ukuran A3 maupun A2. Namun untuk kalender yang di tempatkan pada meja, maka ukurannya jauh lebih kecil dan rata-rata menggunakan A5.

Memang ukuran A5 untuk kalender meja ini sangat cocok sekali. Selain pas dan tidak terlalu besar, Anda juga bisa tetap membaca isi kalender dengan mudah. Karena lokasinya yang ada di meja membuat jarak pandang menjadi lebih dekat lagi.

Ukuran A5 dalam mm, cm, inchi, pixel dan pt ternyata mudah dipahami. Mengingat ukuran A5 lebih sering digunakan banyak orang. Jadi Anda harus memahami lebih jauh ukuran A5 dan beberapa ukuran lain yang juga sering digunakan.

πŸ‘‰ Trending  4 Cara Membuka Situs yang Diblokir

Β